Fisheye merupakan salah satu efek yang biasa ditemukan pada kamera GoPro, dengan menggunakan efek yang satu ini gambar akan tampak menjadi cembung dan lebar seperti halnya mata ikan.

Jika Anda ingin menggunakan efek yang satu ini, Anda tak perlu ribet membeli kamera GoPro atau lensa khusus yang harganya mahal. Pasalnya, saat ini sudah banyak aplikasi kamera cembung seperti GoPro yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan aplikasi saja Anda sudah bisa menggunakan efek fisheye di mana saja dan kapan saja. Soal kualitas tentunya tak kalah, bahkan beberapa aplikasi dibekali dengan beragam efek keren yang dapat mempercantik efek fisheye lho.

Akan tetapi tentunya tidak semua aplikasi layak untuk digunakan, nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi kamera cembung seperti GoPro yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Karena setiap aplikasi menawarkan fitur tambahan yang berbeda-beda, yuk simak dulu semua ulasannya supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

15 Aplikasi Kamera Cembung Terbaik di Android

1. Cymera Photo Editor

Cymera

Cymera merupakan salah satu aplikasi kamera dan edit foto terbaik yang telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna. Tak heran jika aplikasi besutan SK Xommunications ini sangat disukai oleh para pengguna Android.

Pasalnya, fitur yang disematkan di dalam aplikasi Cymera sangatlah lengkap. Anda dapat menggunakan salah satu dari tujuh macam lensa kamera dengan efek yang berbeda-beda, termasuk lensa fisheye, kamera lomo, dan lain sebagainya.

Selain itu, Cymera juga dapat dikontrol dengan mudah meskipun Anda menggunakan tongkat selfie, meskipun tongsis yang Anda gunakan tidak dilengkapi dengan tombol pengendali jarak jauh, Anda tetap bisa mengendalikannya menggunakan smartphone lain menggunakan koneksi Bluetooh.

2. Cameringo Lite

Cameringo Lite

Ingin mendapatkan gambar efek kamera fisheye seperti halnya foto hasil jepretan fotografer profesional? Cameringo Lite merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengontrol berbagai parameter sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari eksposur, kontras, kejenuhan, dan lain sebagainya.

Selain menyediakan efek kamera cembung dan wide-angel, aplikasi besutan Perraco Labs ini juga menyediakan lebih dari 300 efek foto dan 20 bingkai yang bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak hanya itu saja, selain menyuguhkan efek kamera, Cameringo Lite juga menyediakan efek khusus untuk video, mulai dari efek video slow-motion, pause, gerak cepat, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga hadir dengan efek selfie yang konyol, efek ini dapat mengubah bentuk wajah Anda menjadi tampak lucu. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga tak perlu risih dengan iklan, karena selain bisa digunakan secara gratis, Cameringo Lite juga bersih dari iklan yang mengganggu.

3. Fisheye Lens Pro

Fisheye Lens Pro

Lagi nyari aplikasi kamera fisheye yang ringan dan mudah digunakan? Fisheye Lens Pro merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Wombatica Software ini memang dikemas dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, selain itu aplikasi ini juga sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 8 MB lho.

Meskipun demikian, Fisheye Lens Pro juga hadir dengan fitur yang cukup lengkap, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini menyediakan lebih dari 28 tata letak, 90 filter warna dan 8 efek kamera cembung dengan keunikan yang berbeda-beda.

4. HDR Max

HDR Max

HDR Max merupakan aplikasi kamera cembung yang bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari aplikasi yang punya banyak fitur. Pasalnya, aplikasi besutan Wombatica Software ini memang menyediakan beragam efek dan fitur yang bisa digunakan untuk memoles foto supaya tampak lebih menarik.

Mulai dari efek HDR, 90 filter warna, fitur untuk mempertajam warna, efek kamera cembung, dan lain sebagainya. Selain itu, HDR Max juga menyediakan fitur dasar untuk mengedit foto, seperti pemangkas foto, fitur untuk menyesuaikan kontras, kecerahan, saturasi, temperatur warna, pencahayaan, dan lain sebagainya.

5. FishEye Camera for Instagram

FishEye Camera for Instagram

Sesuai dengan namanya, FishEye Camera for Instagram merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang ingin menggunakan efek fisheye untuk foto yang akan diunggah ke Instagram.

Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini menyediakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk membagikan foto hasil edit ke media sosial, termasuk Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Selain menyediakan efek kamera cembung, aplikasi yang dikembangkan oleh Wise Shark Software ini juga menyediakan puluhan efek menarik lainnya, termasuk efek lomo, sepia, vintage, polaroid, dan lain sebagainya.

6. Photo Camera HD for Instagram

Photo Camera HD for Instagram

Masih dikembangkan oleh developer yang sama dengan aplikasi sebelumnya, akan tetapi fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini tentunya memiliki perbedaan. Dengan menggunakan Photo Camera HD for Instagram, Anda dapat menggunakan lebih dari 12 filter foto yang keren.

Mulai dari efek retro, fisheye, sepia, film, foto lama, dan lain sebagainya. Menariknya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini menyediakan fitur penggabung foto, dengan adanya fitur ini Anda dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu secara langsung tanpa ribet mengunduh aplikasi penggabung foto secara terpisah.

7. FishEyeVideo Free

FishEyeVideo Free

Lagi nyari aplikasi kamera cembung yang ringan? FishEyeVideo Free merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi besutan Yubin Chen ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap, Anda dapat menggunakan salah satu dari 8 efek lensa fisheye dengan keunikan yang berbeda-beda.

Selain itu, efek tersebut juga bisa digunakan secara real-time sebelum melakukan pengambilan gambar, sehingga Anda juga dapat mencari angel yang tepat sebelum memotretnya.

8. Fisheye Lens for Instagram

Fisheye Lens for Instagram

Sama seperti aplikasi sebelumnya, efek kamera cembung yang disuguhkan di dalam aplikasi Fisheye Lens for Instagram juga bisa digunakan secara real-time sebelum memotret atau bisa juga diterapkan pada gambar yang ada di galeri.

Akan tetapi, aplikasi yang dikembangkan oleh Dim&Pav ini tidak hanya menyuguhkan efek fisheye, namun Anda juga bisa menerapkan efek keren lainnya seperti efek retro, sketsa, dan lain sebagainya.

9. HD Panorama

HD Panorama

Sesuai dengan namanya, HD Panorama merupakan aplikasi yang tidak hanya menyediakan efek kamera cembung saja, akan tetapi Anda juga dapat menerapkan efek lain seperti efek panorama dan lain sebagainya.

Menariknya, gambar hasil edit aplikasi ini juga dapat disimpan dengan resolusi tinggi, sehingga Anda tak perlu khawatir gambar yang diedit mengalami penurunan kualitas. Menariknya lagi, aplikasi besutan Almalence ini juga bersih dari iklan yang mengganggu, sehingga Anda juga bisa menggunakannya dengan nyaman.

10. Camera Fisheye

Camera Fisheye

Camera Fisheye hadir dengan 4 pilihan efek fisheye yang dapat digunakan secara real-time sebelum mengambil gambar atau bisa juga diterapkan pada gambar yang sudah jadi, menariknya efek tersebut juga dapat digunakan dalam sudut pandang hingga 360 derajat lho.

Selain menyediakan efek kamera cembung, aplikasi besutan AppsNewLook ini juga menyediakan beragam jenis efek menarik lainnya, seperti efek lomo, monokrom, vintage, retro, dan lain sebagainya.

11. FISHEYE

FISHEYE

Sama seperti aplikasi sebelumnya, efek kamera cembung yang disematkan di dalam aplikasi ini juga dapat diterapkan secara langsung sebelum melakukan pemotretan atau bisa juga diterapkan pada gambar yang sudah jadi yang tersimpan di galeri smartphone.

Ada 4 efek fisheye yang bisa Anda terapkan di dalam aplikasi ini, bahkan beberapa diantaranya dapat menghasilkan gambar dalam sudut pandang hingga 170 derajat. Selain fisheye, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini juga menyediakan efek lain, diantaranya efek hitam putih, vintage, retro, lomo, dan lain sebagainya.

12. InstaFishEye Live

InstaFishEye Live

Kalau Anda sedang mencari aplikasi yang hanya menyediakan efek kamera cembung saja dan tidak menyediakan fitur yang lain, InstaFishEye Live merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, aplikasi besutan Muxixi ini memang hanya menyediakan efek fisheye saja tidak menyediakan fitur yang lain. Meskipun demikian, efek yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga dapat diterapkan secara real-time sebelum pengambilan gambar atau bisa juga diterapkan pada gambar yang sudah jadi.

Menariknya lagi, setelah foto berhasil diedit, Anda juga bisa membagikannya secara langsung ke media sosial tanpa ribet menyimpannya terlebih dahulu.

13. Fisheye Camera

Fisheye Camera

Lagi nyari aplikasi kamera cembung yang mirip seperti GoPro? Fisheye Camera merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi besutan SmartApp Launcher ini memang dirancang supaya bisa menghasilkan gambar yang mirip seperti kamera GoPro.

Namun sayangnya aplikasi Fisheye Camera tidak menyediakan efek lain selain fisheye. Akan tetapi jika Anda hanya membutuhkan efek fisheye saja, aplikasi ini tentunya sangat cocok untuk Anda.

14. Fisheye CameraLens

Fisheye CameraLens

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, Fisheye CameraLens memang tak sepopuler aplikasi sebelumnya, akan tetapi jika Anda mencari aplikasi yang kaya akan fitur, aplikasi besutan Koop Apps ini wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, selain menyuguhkan efek fisheye, Fisheye CameraLens juga menyediakan fitur menarik lainnya, seperti fitur untuk menambahkan teks ke dalam gambar, stiker, filter, dan lain sebagainya.

15. Camera Fish Eye Effect

Camera Fish Eye Effect

Aplikasi kamera cembung yang terakhir pilihan Sipitek adalah Camera Fish Eye Effect. Fitur-fitur yang disematkan di dalamnya hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya, selain menyuguhkan efek fisheye, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menambahkan stiker, teks, filter, dan lain sebagainya.

Hanya saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Magical App Zone ini menyuguhkan empat efek kamera fisheye dengan keunikan yang berbeda-beda. Selain itu, efek tersebut juga bisa digunakan secara langsung sebelum pengambilan gambar atau bisa juga diterapkan pada gambar yang sudah jadi.

Itulah deretan aplikasi kamera cembung terbaik di Android yang mampu menghasilkan efek fisheye seperti halnya gambar hasil jepretan kamera GoPro.

Tak perlu membeli kamera GoPro atau lensa yang harganya mahal, cukup unduh salah satu aplikasi yang ada di atas dan Anda bisa menerapkan efek tersebut secara gratis di mana saja dan kapan saja. Aplikasi mana yang paling keren menurut Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here