Aplikasi Belajar Gitar

Ingin bisa bermain gitar tapi tidak punya biaya untuk mengikuti kursus? Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk belajar bermain gitar mulai dari tingkat dasar hingga ke tingkat lanjut.

Dengan menggunakan aplikasi tentunya Anda tak perlu khawatir soal biaya karena sebagian besar aplikasi yang ada di sini bisa Anda gunakan secara gratis sehingga Anda bisa mempelajarinya di mana saja dan kapan saja.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, akan tetapi masing-masing tentunya menawarkan materi pembelajaran yang berbeda-beda, ada yang membahas materi seputar kunci gitar, fingerpicking, akord, melodi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu supaya Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan materi yang ingin dipelajari yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

10 Aplikasi Belajar Gitar Terbaik di Android

1. Yousician

Yousician

Tahukah Anda dari banyaknya aplikasi yang menyediakan materi pembelajar seputar gitar, Yousician merupakan salah satu yang cukup populer. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini memang menyediakan materi pembelajaran yang cukup lengkap.

Melalui aplikasi ini Anda dapat mempelajari tata cara memetik, memainkan melodi, fingerpicking dan lain sebagainya. Tak hanya gitar saja, Yousician juga menyediakan materi pembelajar untuk alat musik yang lain, termasuk piano, ukulele, bass dan vokal.

Setiap materi pembelajaran yang disediakan di dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan video, sehingga Anda dapat belajar dengan lebih mudah dan jelas. Menariknya lagi, semua materi yang ada di sini juga dirancang oleh guru musik profesional.

2. Ultimate Guitar

ultimate guitar

Ingin belajar memainkan lagu-lagu populer menggunakan gitar? Ultimate Guitar merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Ultimate Guitar USA LLC ini menyediakan lebih dari 800 ribu lirik lagu yang dilengkapi dengan kunci gitar, tab, bass, dan ukulele.

Melalui aplikasi ini Anda dapat menyimpan lirik dan kunci gitar ke tab favorit supaya bisa diakses secara offline. Anda dapat mencari lagu berdasarkan genre lagu, tingkat kesulitan dan rating.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga sangat cocok untuk Anda yang memainkan gitar dengan tangan kiri atau kidal, pasalnya Ultimate Guitar memang menyediakan modus kidal.

3. Guitar Chords and Tabs

Guitar Chords and Tabs

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Guitar Chords and Tabs juga hadir untuk pengguna yang ingin belajar memainkan lagu-lagu populer. Pasalnya, aplikasi besutan Xssemble ini menyediakan lebih dari 800 ribu lagu dilengkapi dengan kunci gitar dan tab.

Anda juga bisa mengakses lirik lagu tertentu secara offline dengan cara menambahkannya ke tab favorit.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang disematkan di dalam aplikasi ini adalah fitur Autoscroll, dengan adanya fitur ini Anda tak perlu ribet menggulirkan halaman secara manual untuk melihat lirik atau kunci gitar di halaman berikutnya.

4. Guitar 3D – Basic Chords

Guitar 3D – Basic Chords

Guitar 3D merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang ingin belajar kunci gitar. Pasalnya, aplikasi besutan Polygonium Music ini memang hanya fokus menyuguhkan materi seputar kunci gitar saja.

Ada banyak variasi kunci gitar yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi ini, mulai dari kunci major, minor, seventh, sus4, sus2, 7sus4 dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, setiap chord juga dilengkapi dengan gambar 3D yang dapat memudahkan Anda dalam mengamati posisi jari dari berbagai sudut pandang.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan proses transisi jari dari kunci yang satu ke kunci gitar yang lain, sehingga Anda bisa mempelajarinya dengan mudah supaya jari tidak kaku saat berpindah kunci.

5. Guitar Lessons Beginners LITE

Guitar Lessons Beginners LITE

Sesuai dengan namanya, Guitar Lessons Beginners LITE merupakan aplikasi belajar gitar yang sederhana dan ringan. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena memang sangat ringan bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 2 MB lho.

Meskipun demikian ada banyak materi pembelajaran gitar yang bisa Anda temukan dalam aplikasi ini, total ada empat level pembelajaran yang bisa Anda pelajari, dimana setiap level memiliki materi pembelajaran yang berbeda-beda.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Webrox ini juga menyediakan 60 video pembelajaran yang dapat diperlambat dan diperbesar.

6. Justin Guitar Beginner Course

Justin Guitar Beginner Course

Justin Guitar Beginner Course merupakan aplikasi belajar gitar yang cocok untuk pemula. Melalui aplikasi ini Anda bisa belajar chord, tab, strumming, scales, fingerpicking, capo dan cara memainkan ratusan lagu populer.

Selain itu, aplikasi besutan Musopia ini juga menyediakan lebih dari 50 video pembelajaran yang dibuat oleh salah seorang guru gitar terbaik bernama Justin Sandercoe dari JustinGuitar.com.

Melalui aplikasi ini Anda juga bisa belajar dengan nyaman, pasalnya Justin Guitar Beginner Course memang bersih dari iklan yang mengganggu.

7. Guitar Lessons by GuitarTricks

Guitar Lessons by GuitarTricks

Ingin bisa bermain gitar dengan cepat? Guitar Lessons by GuitarTricks merupakan aplikasi yang wajib dipertimbangkan. Pasalnya, menurut survei yang dilakukan, aplikasi ini diklaim dapat membantu pengguna belajar gitar dengan lebih cepat dari aplikasi yang lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh GuitarTricks ini menyediakan lebih dari 11 ribu materi pembelajaran dan 700 lirik dilengkapi dengan chord lagu dari artis populer, termasuk Ed Sheeran, Rihana, The Beatles dan lain sebagainya.

8. Coach Guitar

Coach Guitar

Coach Guitar dirancang oleh guru gitar berpengalaman yang dapat membantu pemula, menengah ataupun pemain gitar berpengalaman untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya.

Melalui aplikasi ini pengguna bisa belajar memainkan lebih dari 600 lagu, belajar teknik bermain gitar, belajar progresif bules, rock, reggae dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Manomaya SA ini juga menyediakan materi pembelajaran yang dikemas dalam format video HD.

9. Acoustic Guitar Lessons

Acoustic Guitar Lessons

Sesuai dengan namanya, Acoustic Guitar Lessons merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna yang ingin belajar bermain gitar akustik. Aplikasi yang dikembangkan oleh Music Lessons ini menyediakan beragam materi pembelajaran untuk pemula maupun tingkat lanjut.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis, karena Accoustic Guitar Lessons tidak dilengkapi dengan fitur berbayar.

10. Fretello

Fretello

Aplikasi terakhir yang Sipitek rekomendasikan adalah Fretello. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk pemula, melalui aplikasi ini Anda akan diajarkan secara detail mulai dari duduk dan memegang gitar yang benar, belajar menguasai not, ritme, melodi dan lain sebagainya.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50 ribu kali ini juga dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan yang dapat melacak kemampuan permainan gitar Anda dari waktu ke waktu.

Itulah deretan aplikasi belajar gitar terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di Android. Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas kini Anda bisa belajar bermain gitar di mana saja dan kapan saja tanpa ribet mengikuti kursus yang harganya bikin kantong jebol. Selamat belajar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here