aplikasi edit foto android terbaik

Bagi Kamu yang suka eskis di sosial media sebelum mengunggah foto mungkin seringkali mempertimbangkan terlebih dahulu foto yang Kamu unggah agar terlihat lebih menarik ketika dilihat oleh orang lain di sosial media.

Tidak heran jika akhir-akhir ini banyak muncul smartphone keluaran teranyar menyajikan kualitas kamera yang cukup mumpuni, bahkan kualitas hasil jepretannya tidak kalah dengan kamera digital.

Mereka yang suka eksis pada saat membeli smartphone cenderung akan lebih mempertimbangkan kamera daripada komponen lain agar jepretan yang dihasilkan bisa lebih tajam.

Namun tidak bisa di pungkiri meskipun jepretan yang dihasilkan cukup bagus sedikit banyak tentu Kamu butuh sebuah aplikasi edit foto untuk memolesnya supaya terlihat jauh lebih menarik

Kualitas kamera bukanlah salah satu cara yang bisa Kamu gunakan untuk menghasilkan foto yang menarik.

Pasalnya, meskipun kamera yang digunakan biasa-biasa saja foto bisa terlihat seperti hasil jepretan kamera digital lho asalkan kita bisa mengeditnya dengan baik.

Tidak perlu menggunakan aplikasi edit foto di perangkat desktop atau komputer karena sekarang ini juga banyak aplikasi edit foto yang bisa Kamu gunakan di perangkat Android.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi edit foto Android terbaik di tahun 2019.

Saya akan mengurutkan aplikasi-aplikasi edit foto terbaik dari total download di Plays Store dan hasil riset yang telah saya dapatkan.

Jika aplikasi tersebut memang bagus dapat dipastikan banyak orang yang mendownload dan bukan?

16 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik di 2019

Setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda.

Nah biar kamu bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, yuk simak dulu semua ulasannya.

1. PicsArt Photo Studio

picsart

PicsArt Photo Studio merupakan salah satu aplikasi edit foto yang kaya dengan alat pengeditan dan tersedia berbagai macam efek atau filter yang bisa Kamu gunakan sesuka hati.

Dengan menggunakan PicsArt tentunya Kamu bisa melakukan pengeditan dengan bebas, karena fitur yang tersedia pada aplikasi ini sangatlah lengkap.

PicsArt menyediakan berbagai macam efek yang bisa Kamu gunakan hampir mirip dengan Prisma, namun tentu saja ada beberapa efek khas yang hanya tersedia di PicsArt saja.

Selain itu Kamu juga bisa menghapus bagian foto yang tidak penting tanpa meninggalkan bekas sedikitpun pada foto yang di edit.

Aplikasi ini juga menyediakan banyak template kolase yang bisa langsung Kamu gunakan tanpa ribet.

Salah satu fitur yang paling lama tersedia di PicsArt adalah fitur stiker, dimana Kamu bisa menambahkan stiker yang di tempelkan kebagian foto sebagai penghias.

Tidak heran jika aplikasi ini selalu di rekomendasikan oleh editor Play Store, aplikasi ini diperkirakan telah di unduh di Play Store oleh 100 juta orang lebih dan mendapatkan rating 4,4.

Lebih dari 4 juta pengguna PicsArt memberikan rating 5 di Play Store.

Meskipun demikian aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah tampilan antarmuka kurang tertata dengan baik.

Bagi Kamu yang pertama kali menggunakan PicsArt mungkin akan merasa kebingungan.

Tetapi jika Kamu sudah akrab dengan tampilannya pasti Kamu bisa mengedit foto sesuai dengan keinginan.

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Dalam dunia desain grafis nama Adobe memang sudah tidak asing lagi karena Adobe merupakan salah satu perusahaan yang menciptakan aplikasi yang dapat membantu seseorang dalam dunia desain terutama pada perangkat komputer.

Selain menghadirkan aplikasi untuk perangkat komputer, Adobe juga memiliki aplikasi edit foto untuk perangkat Android lho, yaitu Adobe Photoshop Express.

Berbeda dengan PicsArt, Adobe Photoshop Express memiliki antar muka yang lebih mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Fitur yang disediakan juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan PicsArt.

Banyak orang yang menganggap bahwa aplikasi ini sama dengan Adobe Photoshop di perangkat desktop.

Nyatanya hal ini tidaklah benar karena fitur yang disematkan di dalam Adobe Photoshop Express tidak selengkap seperti yang ada pada versi desktop.

Meskipun demikian Adobe Photoshop Express juga punya beragam fitur menarik, diantaranya adalah fitur crop, red eye, adjust color dan fitur menarik lainnya.

Untuk mengatur warna dan kecerahan foto, Adobe juga menyediakan fitur yang bisa Kamu sesuaikan sendiri, diantaranya brightness, white balance dan fitur lainnya.

Jika Kamu malas mengatur secara manual jangan khawatir karena pada aplikasi ini juga tersedia berbagai macam efek atau filter yang bisa langsung Kamu gunakan.

Jika proses pengeditan sudah selesai Kamu bisa langsung membagikan foto tersebut ke sosial media karena aplikasi ini menyediakan tombol share untuk Facebook, Instagram, Twittter, Flickr, Tumblr, bahkan melalui Email.

Adobe Photoshop Express telah di unduh oleh 50 juta orang di Play Store dan mendapatkan rating 4,1.

Sebagian besar para pengguna aplikasi ini adalah mereka yang menyukai efek foto dramatis karena memang di aplikasi ini banyak tersedia efek semacam itu.

Untuk Kamu yang mengharapkan aplikasi edit foto dengan fitur yang lengkap mungkin Adobe Photoshop Express bukan pilihan yang tepat.

Karena memang aplikasi ini lebih menonjol pada fitur efek saja.

Tetapi jika Kamu memang sedang mencari aplikasi dengan efek yang ciamik, Adobe Photoshop Exrpress perlu Kamu coba.

3. Pixlr

Pixlr

Kalau kamu menginginkan aplikasi edit foto dengan fitur yang lengkap Pixlr bisa menjadi aplikasi yang tepat buat kamu.

Dengan beragam fitur yang tersedia pada aplikasi ini Kamu bisa memanipulasi foto lho.

Contohnya, jika Kamu yang ingin mengambil keindahan kota Paris tidak perlu datang ke kota tersebut karena bisa Kamu edit dengan aplikasi ini.

Tidak perlu khawatir ketahuan foto hasil editan karena hasilnya juga susah untuk dibedakan asalkan Kamu mengeditnya dengan rapi.

Tidak hanya itu saja dengan menggunakan Pixlr kamu juga bisa menambahkan efek fokus foto sesuai keinginan layaknya hasil jepretan kamera DSLR.

Fitur yang tersedia di Pixlr diantaranya yaitu, fitur Crop, Rotate, Blur, Color Fix, Contrast, Brightness, Red Eye, Sharpen, Reduction dan lain sebagainya.

Tetapi jika Kamu tidak bisa menyesuaikan fitur-fitur tersebut Pixlr telah menyediakan fitur Auto Fix.

Dimana fitur ini akan secara otomatis mengatur parameter tersebut ke takaran yang lebih pas sesuai dengan foto yang diedit.

Untuk fitur efek atau filter, Pixlr menyediakan beragam efek yang lebih modern.

Yang paling membedakan dengan aplikasi lain adalah efek yang tersedia pada Pixlr bisa diatur tingkat ketebalannya.

Selain itu Pixlr juga menyediakan efek Overlay dimana Kamu bisa mengganti background foto dengan efek-efek yang telah disediakan seperti efek bokeh atau yang lainnya.

Ffek tersebut bisa kamu sesuaikan sendiri posisinya supaya lebih pas dengan foto utama, begitu juga dengan bingkai.

Akan tetapi ada salah satu kekurangan kecil tetapi fatal, Pixlr tidak memunculkan notifikasi persetujuan ketika pengguna menekan tombol kelua.

Jadi apabila Kamu sedang mengedit dan tak sengaja menekan tombol kembali semua pengaturan yang sudah Kamu terapkan akan hilang dan Kamu harus memulainya dari awal lagi.

Pada beberapa perangkat Android terutama ponsel Xiaomi 4X dan 4A aplikasi ini seringkali mengalami masalah pada saat mengimpor foto yang ingin di edit.

Biasanya akan muncul notifikasi “Cannot open the image“, untuk mengatasinya Kamu bisa menggunakan aplikasi galeri pihak ke tiga.

Di Play Store aplikasi ini sudah di unduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dan mendapatkan rating 4,4.

Sekitar 756 ribu pengguna memberikan bintang 5 untuk aplikasi yang satu ini.

4. Snapseed

snapseed

Snapseed merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa teknologi yaitu Google.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur profesional untuk keperluan para fotografer.

Ini merupakan aplikasi handal yang perlu dicoba untuk para fotografer.

Bagi Kamu yang masih awam dalam dunia fotografi aplikasi ini mungkin akan membantu Kamu memperlajari berbagai macam fitur editing dalam dunia fotografi.

Snapseed hadir dengan tampilan antar muka yang sedikit membingungkan, mungkin Kamu perlu waktu untuk bisa lebih nyaman menggunakan aplikasi ini.

Saat ini aplikasi Snapseed telah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang di Play Store dan mendapatkan rating 4,5.

Lebih dari 463 ribu pengguna memberikan rating 5 untuk aplikasi ini.

Meskipun demikian, tak sedikit mereka yang merasa puas dengan fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi Snapseed hingga mengajak pengguna lain untuk memasang aplikasi ini.

5. Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom

Sama halnya dengan versi desktop aplikasi ini lebih mengutamakan fitur efek filter yang ciamik untuk mempercantik penampilan foto Kamu.

Fitur-fitur editing Phosothop Lightroom memang tak selengkap seperti yang lainnya.

Akan tetapi jika Kamu ingin menggunakan aplikasi dengan berbagai macam efek keren Kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop Lightroom ini.

Saat ini aplikasi Adobe Photoshop Lightroom telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating 4,3.

Banyak dari mereka yang merasa kesulitan menggunakannya ketika di perbarui ke versi terbaru.

Alasannya karena fitur yang disajikan terus-menerus ditambahkan sehingga membuat bingung beberapa penggunanya, mereka malah lebih memilih versi yang lama daripada yang baru.

6. Aviary

Aviary

Aviary merupakan salah satu aplikasi sederhana yang memiliki fitur lumayan lengkap.

Dilengkapi dengan berbagai macam jenis efek atau filter yang bisa Kamu gunakan dengan berbagai pilihan.

Aviary memang mengutamakan kesederhanaan dan kemudahan pengguna.

Bagi Kamu yang tidak mau ribet dan ingin lebih cepat dalam proses pengeditan, Aviary merupakan aplikasi yang perlu Kamu coba.

Saat ini Aviary telah di unduh oleh lebih dari 50 juta orang di Play Store dan mendapatkan rating 4,4.

7. Photo Lab

Photo Lab

Jika Kamu mencari aplikasi yang menyediakan banyak efek atau filter dan bingkai, Photo Lab bisa menjadi pilihan yang tepat buat Kam.

Pasalnya, aplikasi ini menyediakan 800 bingkai dan filter atau efek untuk membuat foto menjadi tampak lebih keren.

Tidak hanya itu saja Photo Lab juga menyediakan fitur yang dapat mengubah wajah seseorang pada foto menjadi wajah orang lain.

Atau kamu juga bisa mengubahnya dengan wajah binatang.

Beberapa fitur yang tersedia juga bisa Kamu gunakan untuk membuat efek manipulasi pada foto.

Aplikasi ini telah di unduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di Play Store dan mendapatkan rating 4,5.

8. PhotoDirector

PhotoDirector

PhotoDirector merupakan aplikasi pendatang baru dalam dunia editing khususnya pada perangkat Android.

Akan tetapi aplikasi ini juga tidak bisa diremehkan begitu saja, karena aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur menarik.

Aplikasi ini hanya menyediakan beberapa efek atau filter saja karena memang berfokus pada alat-alat editing dasar saja.

Diantaranya seperti fitur RGB Color, HDR, brihtness, darkness, exposure, dan berbagai macam fitur canggih lainnya.

Photo Director juga menyediakan fitur untuk menghapus objek tertentu pada foto tanpa meninggalkan bekas.

Aplikasi ini telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating yang sangat bagus.

Banyak komentar positif dari para pengguna Play Store dan mereka merasa sangat puas dengan aplikasi ini.

9. AirBrush

airbrush

AirBrush lebih cocok digunakan untuk pengguna yang suka selfie.

Apabila Kamu seringkali merasa tidak percaya diri karena noda hitam terbawa ketika mengambil gambar saat selfie, AiBrus bisa jadi solusinya.

Pasalnya, aplikasi ini memang bisa menghilangkan objek-objek tertentu seperti jerawat atau noda hitam secara rapi.

Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa mencerahkan warna gigi agar senyuman terlihat lebih manis.

AirBrush juga menyediakan teknologi Real-Time Editing, dimana fitur ini bisa menerapkan efek tertentu sebelum kamu mengambil gambar alias hasilnya bisa terlihat langsung meskipun kamu tidak memotretnya.

Bagi Kamu yang ingin terlihat lebih cantik dan cakep saat selfie bisa menggunakan aplikasi ini.

Saat ini aplikasi AirBrush telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating yang sangat bagus yaitu 4,8.

Terbukti memang aplikasi ini membuat para penggunanya merasa sangat puas dengan foto yang dihasilkan dari aplikasi ini.

10. Cymera

Cymera

Sama seperti AirBrush, Cymera juga di tujukan kepada para pengguna yang suka selfie namun Cymera sudah lebih dulu ada sehingga Cymera lebih populer dibandingkan dengan AirBrush.

Aplikasi dapat mempercantik Kamu yang suka selfie ada 130 macam Live Filters yang bisa Kamu gunakan dalam satu kali jepretan.

Selain itu Cymera juga menyediakan 7 jenis lensa diantaranya lensa Fisheye dan kamera lomo.

Bagi Kamu yang punya badan gemuk dan sering merasa tidak percaya diri, Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk merampingkan badan.

Tidak hanya itu saja aplikasi ini juga menyediakan 200 efek make up yang siap pakai untuk menghias wajah Kamu.

Saat ini aplikasi Cymera sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna tentunya ini angka yang cukup fantastis dan mendapatkan rating 4,4.

Beberapa pengguna ada yang masih belum puas dengan fitur yang disediakan Cymera ini namun jumlah unduhan yang sangat fantastis membuat aplikasi ini menjadi populer.

11. B612

B612

B612 juga ditujukan kepada para pengguna yang suka selfie aplikasi ini dikembangkan oleh LINE Corporation.

Jika mendengar kata LINE mungkin yang terlintas dalam benak kamu adalah aplikasi pesan instan atau chatting.

Akan tetapi nyatanya LINE tidak hanya mengembangkan aplikasi chatting saja mereka juga mengembangkan aplikasi selfie yaitu B612.

Salah satu fitur teranyar dari B612 adalah filter Augmented Reality.

Filter ini bisa Kamu gunakan untuk menghias foto selfie dengan bintang-bintang atau lentera yang menggantung sehingga tampak seperti lentera sungguhan.

Namun filter ini akan berjalan dengan baik jika smartphone yang Kamu gunakan memiliki sensor gyro.

Selain itu B612 juga dilengkapi dengan fitur animasi dimana fitur ini bisa mendeteksi wajah secara akurat.

Nantinya akan muncul efek-efek yang menarik seperti kepala binatang dan jenis filter lainnya yang secara otomatis menyesuaikan.

Total ada 350 filter yang bisa Kamu gunakan dalam berbagai tema.

Tidak hanya itu saja B612 juga menyediakan filter warna dan kolase foto serta beberapa fitur standar lainnya yang bisa Kamu gunakan dalam hal editing.

Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating 4,4.

akan tetapi pada Februari 2017 lalu LINE mengumumkan B612 telah diunduh oleh 300 juta orang.

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak menggunakan aplikasi ini.

12. Camera360

camera360

Bagi Kamu yang suka selfei mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Saking canggihnya aplikasi ini seringkali membuat penampilan seseorang menjadi berbeda dengan yang aslinya.

Bahkan tidak sedikit orang yang membuat meme kocak dengan tema Camera360.

Memang Camera360 ini menyediakan banyak fitur yang dapat menyulap penampilan seseorang menjadi lebih cakep dan cantik.

Diantaranya adalah fitur yang dapat mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, dan mengatur ukuran mata.

Aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 100 stiker yang bisa Kamu gunakan langsung yang dikelompokkan dalam berbagai macam jenis diantaranya stiker animasi, sketsa, emoji, dan lainnya.

Untuk bagian filter Camera360 dilengkapi dengan filter foto kartun dan artistik.

Sedangkan untuk filter bergerak tersedia Anime Sky, Starry Night, HDR, dan filter keren lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan beberapa bingkai foto yang cukup menarik.

Saat ini aplikasi Camera360 sudah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna dan mendapatkan rating 4,3.

13. Fotor

Fotor

Fotor menyediakan berbagai fitur dasar yang dibutuhkan dalam dunia fotografi diantaranya adalah fitur fokus yang bisa Kamu atur sesuka hati.

Fitur fokus ini biasanya tersedia pada kamera digital dimana objek yang menjadi bagian utama akan tampak jelas dan bagian yang lainnya akan tampak blur.

Nah dengan menggunakan fotor Kamu bisa membuatnya seperti itu dengan memanfaatkan fitur fokus.

Antarmuka yang ramah dan sederhana akan membuat Kamu lebih nyaman dalam proses pengeditan.

Seperti pada aplikasi yang lainnya Fotor juga memiliki efek-efek yang tak kalah keren diantaranya Vintage, Sepia, dan Retro.

Ada juga beberapa alat-alat standar yang sangat dibutuhkan dalam dunia fotografi.

Kamu yang suka dengan stiker tidak perlu khawatir karena Fotor juga banyak menyediakan beberapa stiker yang bisa kamu gunakan sebagai hiasan foto begitu juga dengan bingkai.

Ada juga fitur yang bisa Kamu gunakan untuk menambahkan teks pada foto

Soal performa Kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi edit foto yang satu ini sangat ringan untuk digunakan.

Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa Fotor disebut-sebut sebagai Photoshop versi yang ringan.

Saat ini aplikasi Fotor telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating 4,5.

14. VSCO

VSCO

Mau aplikasi yang bisa menjadikan foto lebih lebih trend dan kekinian?

Coba deh gunakan VSCO, karena aplikasi ini menyediakan beberapa efek atau filter modern ala-ala selebgram.

Memang fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi ini tak selengkap seperti aplikasi editor lainnya, tetapi ada beberapa filter yang bisa Kamu gunakan supaya foto menjadi tampak lebih modern lho.

Salah satunya adalah fitur Color Temperature dimana fitur ini bisa Kamu gunakan untuk mengatur suhu warna.

Sehingga suhu yang tampak pada foto seolah-olah memiliki suhu dingin ataupun panas. VSCO juga menghadirkan fitur Exposure.

Bagi Kamu yang seringkali mengambil gambar dengan pencahayaan yang kurang memadai Kamu bisa mencerahkan dengan fitur Exposure.

Tetapi Kamu juga harus mengaturnya dengan pas karena efek ini juga dapat mengurangi ketajaman foto.

Fitur-fitur lain yang ada pada aplikasi VSCO diantaranya Contrast, Straighteen, Crop, Sharpen, Shadows Save, Highlight Save, Saturation, dan fitur menarik lainnya.

Aplikasi VSCO sudah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating 4,4.

Sebagian dari mereka merasa puas dengan fitur yang disediakan bahkan mereka juga mengaku fotonya menjadi lebih kekinian.

15. Photo Grid

Photo Grid

Photo Grid merupakan aplikasi terbaik di Play Store pada tahun 2016, bagi Kamu yang seringkali mengalami masalah pada rasio foto mungkin Photo Grid aplikasi yang sangat tepat untuk dipilih.

Dengan aplikasi ini Kamu bisa menyesuaikan rasio foto menjadi 1:1 atau menjadi berbentuk persegi tanpa ada bagian foto yang terpotong.

Aplikasi edit foto yang satu ini lebih mengutamakan fitur kolase ada 300 template kolase yang bisa Kamu gunakan selain membuat kolase foto Kamu juga bisa menyisipkan video lho.

Tetapi banyak juga alat-alat editing yang bisa Kamu gunakan dengan mudah diantaranya tersedia 100 lebih filter animasi yang lucu-lucu.

Sedangkan untuk alat editing lain diantaranya tersedia fitur untuk menyesuaikan kecerahan, kontras, dan ada 500 stiker lebih.

Bahkan Kamu juga bisa membuat wallpaper sendiri untuk menghias penampilan ponsel yang Kamu gunakan.

Saat ini aplikasi Photo Grid sudah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating 4,5.

Tidak heran jika aplikasi ini dibanjiri dengan komentar positif bahkan mereka sangat merasa puas dengan fitur-fitur yang disediakan pada Photo Grid ini.

16. Sweet Selfie

Sweet Selfie

Aplikasi edit foto terbaik untuk Android yang terakhir adalah Sweet Selfie.

Aplikasi memiliki fitur otomatis yang dapat menyesuaikan efek foto yang sesuai dengan karakter dan bentuk wajah Kamu sehingga Kamu tidak perlu ribet menghias wajah secara manual.

Selain itu aplikasi ini juga bisa menghilangkan jerawat, memutihkan gigi, fitur kolase, dan menyediakan banyak sekali efek filter yang menakjubkan.

Saat ini aplikasi Sweet Selfie sudah di unduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Play Store dan mendapatkan rating 4,5.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Lucu dan Unik Untuk Merubah Muka Jadi Kocak

Kesimpulan

Itulah deretan aplikasi edit foto Android terbaik di tahun 2019 menurut Sipitek.

Silahkan pilih salah satu aplikasi yang menurut Kamu paling sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Ada beberapa fitur aplikasi diatas yang tidak saya ulas karena banyak sekali fitur-fitur tersedia.

Jadi saya hanya mengulasnya secara singkat saja dari kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut.

Setidaknya setelah membaca ulasan di atas Kamu bisa memilih aplikasi yang menurut Kamu sesuai dengan kebutuhan.

Dari daftar diatas yang mana nih yang akan Kamu unduh?

Jika Kamu punya rekomendasi aplikasi yang lebih bagus tidak ada salahnya untuk berbagi melalui kolom komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here