Aplikasi Belajar Piano

Untuk bisa memainkan piano biasanya para pemula lebih memilih untuk mengikuti kursus musik atau menggunakan jasa guru piano dengan mengundangnya ke rumah. Namun, karena biaya kursus yang lumayan mahal banyak orang yang mengurungkan niatnya.

Jika Anda ingin belajar piano tanpa khawatir dengan biaya Anda wajib mempertimbangkan beberapa aplikasi belajar piano yang akan Sipitek ulas di sini. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja secara gratis.

Meskipun demikian, materi pembelajaran yang disuguhkan juga cukup lengkap, Anda dapat mempelajari chord dasar piano, skala hingga belajar memainkan lagu-lagu populer.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan materi pembelajaran yang berbeda-beda. Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi belajar piano gratis terbaik yang bisa Anda gunakan di Android. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Belajar Piano Terbaik di Android

1. Perfect Piano

Perfect Piano

Kalau Anda mencari aplikasi belajar piano yang menyediakan materi dan fitur yang lengkap Perfect Piano bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh Revontulet Soft Inc ini memang menyediakan fitur dan materi pembelajaran yang cukup lengkap.

Aplikasi ini menyediakan Modus Belajar Piano, melalui modus ini Anda akan ditantang untuk memainkan sebuah lagu dengan tiga tingkat kesulitan yang berbeda, selain itu Perfect Piano juga dilengkapi dengan Modus Air Terjun dimana Anda bisa melihat tuts mana saja yang harus ditekan untuk memainkan sebuah nada yang harmonis.

Tidak hanya itu saja, Perfect Piano juga dilengkapi dengan fitur Multiplayer Online Gaming yang memungkinkan pengguna untuk beradu kemampuan dengan pemain lain di seluruh dunia secara real-time.

2. Pianist HD

Pianist HD Piano

Ingin belajar memainkan piano dengan iringan instrumen musik yang lain? Pianist HD merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan lebih dari 50 ribu sampel lagu yang dapat diputar untuk mengiringi permainan Anda.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini juga menyediakan lebih dari 128 suara alat musik MIDI. Menariknya lagi, pengguna juga bisa mengatur kecepatan ketukan musik sesuai dengan keinginan.

3. Real Piano Teacher

Real Piano Teacher

Real Piano Teacher hadir menyediakan dua mode, pertama adalah mode belajar, melalui mode ini Anda akan belajar memainkan not tunggal, belajar mengiringi lagu, belajar ritme, belajar kunci piano, hingga belajar membaca not.

Sedangkan pada mode permainan, Anda dapat beradu kemampuan dengan teman atau keluarga untuk memainkan lagu-lagu populer mulai dari lagu Twinkle Little Stars, Merry Christmas, Beethoven dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Mobobi LLC ini juga menyediakan mode gaya bebas, di dalam mode ini Anda bisa memainkan piano dengan bebas sesuai dengan keinginan Anda.

4. Piano Melody Free

Piano Melody Free

Lagi nyari aplikasi yang menyediakan materi pembelajaran seputar melodi piano? Piano Melody Free merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, melalui aplikasi ini Anda akan belajar memainkan melodi dari 600 lagu dengan genre yang berbeda.

Anda dapat menyesuaikan ukuran tuts piano sesuai dengan kenyamanan Anda, bahkan pengguna juga bisa memperlambat dan mempercepat tempo lagu dan mengatur volume sesuai dengan keinginan.

5. Piano Yokee

Piano Yokee

Piano Yokee merupakan aplikasi belajar piano yang sederhana dan mudah digunakan, aplikasi ini diklaim dapat membawa Anda merasakan keseruan menjadi seorang pemain piano profesional.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat dapat memainkan beragam jenis lagu dengan tingkat kesulitan yang berbeda, mulai dari tingkat pemula, menengah, hingga tingkat lanjut. Ada banyak lagu yang bisa Anda pilih, mulai dari lagu bergenre Rock, Pop, Rap, Tradisional dan lain sebagainya.

6. Simply Piano by JoyTunes

Simply Piano by JoyTunes

Ingin bisa memainkan piano dengan cepat? Simply Piano by JoyTunes merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta ini diklaim dapat membantu para pemula menjadi pemain piano profesional dalam waktu yang singkat.

Melalui aplikasi ini Anda dapat belajar mulai dari hal dasar seperti membaca not musik hingga memainkan piano menggunakan dua tangan. Menariknya lagi, aplikasi ini juga punya banyak lagu yang dapat dimainkan untuk mengiringi permainan Anda, termasuk lagu Chandelier, All Of Me, Counting Stars dan lain sebagainya.

7. Yousician

Yousician

Berbeda dengna aplikasi yang lainnya, Yousician sebetulnya tidak hanya menyediakan materi pembelajaran piano saja, akan tetapi aplikasi besutan Yousician Ltd ini juga menyediakan materi pembelajaran untuk alat musik yang lain seperti gitar, bass, ukulele dan lain sebagainya.

Melalui aplikasi ini Anda akan ditantang untuk menyelesaikan lebih dari 1500 misi dan materi pembelajaran seputar musik, termasuk belajar akord dan melodi. Menariknya setiap materi juga dilengkapi dengan video pembelajaran untuk memudahkan pengguna dalam memahami materi tersebut.

Kerennya lagi, semua materi yang disematkan di dalam aplikasi ini juga dirancang oleh guru musik profesional lho.

8. Real Piano

Real Piano

Real Piano merupakan aplikasi yang cocok untuk pemula, melalui aplikasi ini pengguna bisa belajar akord dan membaca not musik secara gratis.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Bilkon ini juga hadir menyuguhkan beragam fitur menarik yang dapat memudahkan Anda saat proses pembelajaran.

Melalui aplikasi ini Anda dapat mengatur ukuran tuts sesuai dengan kenyamanan Anda, selain itu Anda juga bisa memilih instrumen sesuai dengan keinginan Anda, termasuk Grand Piano, Organ, Flute, Synth dan lain sebagainya.

9. Best Piano Lessons

Best Piano Lessons

Sesuai dengan namanya, Best Piano Lessons merupakan aplikasi belajar piano terbaik yang dirancang oleh musisi profesional. Melalui aplikasi ini Anda bisa belajar memainkan lebih dari 42 lagu yang berbeda.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Netigen ini juga sudah mendukung beberapa fitur menarik termasuk multitouch, perekam, grafis HD dan lain sebagainya. Pengguna juga bisa menyesuaikan jumlah tuts piano mulai dari 10 hingga 24.

10. Piano Keyboard

Piano Keyboard

Paino Keyboard merupakan aplikasi yang akan mengajarkan Anda untuk memainkan nada jazz, klasik, pop dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam jenis suara alat musik lain yang bisa Anda mainkan sebagai pengiring permainan piano Anda.

Aplikasi yang mendukung multitouch ini juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik lainnya, seperti fitur perekam, pemutar musik dan lain sebagainya. Menariknya lagi, semua fitur yang ada di aplikasi ini bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis.

11. Piano Chord, Scale, progression Companion

Piano Chord, Scale, progression Companion

Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan Songtive ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin belajar chord, skala dan progresi piano. Melalui aplikasi ini Anda dapat mempelajari lebih dari 1500 kunci piano dan 10 ribu skala mulai dari pentatonik, blues, major, minor, kromatik dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa memasukkan akord sendiri dan mengatur grafik akord sesuai dengan keinginan. Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga mendukung keyboard MIDI eksternal.

Melalui aplikasi ini Anda juga bisa belajar piano dengan nyaman tanpa risih dengan iklan, karena memang Piano Chord bersih dari iklan yang mengganggu.

12. Piano Scales & Chords Free

Piano Scales & Chords Free

Mirip seperti aplikasi sebelumnya, melalui aplikasi ini Anda juga bisa belajar skala, chord dan belajar berimprovisasi menggunakan piano untuk menghasilkan nada yang harmonis. Saat berimprovisasi Anda juga bisa memutar backing track dan metronom.

Total ada lebih dari 100 akord dan skala yang bisa Anda temukan di dalam aplikasi ini. Menariknya lagi, semua fitur yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga bisa Anda nikmati secara gratis.

13. Flowkey

Flowkey

Flowkey hadir menyediakan lebih dari 1000 lagu yang dapat dimainkan secara gratis. Melalui aplikasi ini Anda bisa belajar not, akord dan teknik bermain piano. Tak hanya menyediakan materi dalam bentuk teks, Flowkey juga menyediakan video tutorial berkualitas tinggi yang dibuat oleh pianis profesional.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini juga menyediakan fitur lain yang dapat memudahkan Anda saat proses pembelajaran, mulai dari fitur loop untuk belajar memainkan piano pada bagian lagu tertentu hingga fitur untuk mengatur tempo.

14. Note Trainer Lite Learn Piano

Note Trainer Lite Learn Piano

Sesuai dengan namanya, Note Trainer Lite Learn Piano merupakan aplikasi belajar piano sederhana yang dapat membantu Anda belajar not musik dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Melalui aplikasi ini Anda juga dapat memeriksa statistik untuk mengecek kesalahan tertentu ketika Anda memainkan piano. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Modus Pkratek yang dapat memudahkan Anda dalam mempelajari materi seputar not pada piano.

15. Note Teacher

Note Teacher

Aplikasi belajar piano yang terakhir pilihan Sipitek adalah Note Teacher. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang khusus untuk pengguna yang ingin belajar membaca not musik.

Di dalam aplikasi ini Anda akan dihadapkan pada not musik tertentu dan menjawabnya dengan menekan tuts piano yang sesuai dengan not yang muncul di layar. Menariknya lagi, aplikasi ini juga mendukung USB MIDI.

Itulah deretan aplikasi belajar piano gratis terbaik di Android yang berhasil Sipitek rangkum. Dengan mengunduh salah satu aplikasi yang ada di atas, kini Anda bisa belajar piano di mana saja dan kapan saja tanpa harus memikirkan biaya kursus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here