Bagi pengguna smartphone low-end memilih game Android yang ringan dan punya ukuran MB yang kecil menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan supaya game yang dimainkan bisa berjalan dengan baik.

Akan tetapi untuk menemukan game tersebut tentu tidak mudah karena ada banyak game yang bisa kita unduh di Google Play Store. Akan tetapi melalui artikel ini Anda tak perlu ribet mencarinya sendiri.

Karena di sini Sipitek telah mengumpulkan beberapa game ringan untuk Android yang punya ukuran kecil dan bisa dimainkan secara offline maupun online, bahkan sebagian besar game yang ada di sini memiliki ukuran di bawah 50 MB lho.

Akan tetapi tentunya setiap game hadir dengan gameplay yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih game yang tepat dan sesuai dengan selera keseruan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

30 Game Android Ringan yang Ukuran MB-nya Kecil

1. Dr. Driving

Dr Driving

Ada banyak game balapan yang bisa diunduh di Google Play Store, akan tetapi hanya sedikit game yang ukurannya kecil, salah satunya adalah Dr. Driving. Di dalam game ini pemain akan ditantang untuk mengendalikan mobil supaya bisa sampai ke garis finis dalam waktu yang singkat.

Meskipun ukurannya kecil, game yang hanya berukuran 11 MB ini juga dikemas dengan grafis yang cukup realistis sehingga balapan akan terasa lebih nyata. Selain itu, game besutan SUD Inc ini juga bisa dimainkan secara offline maupun online.

2. Glow Hockey

Glow Hockey

Kalau Anda sering bermain game di Time Zone pasti sudah tak asing lagi dengan game yang satu ini. Yap, Glow Hockey merupakan permainan hoki yang dikemas dengan konsep yang sederhana namun sangat seru ketika dimainkan.

Selain bisa dimainkan secara offline, game yang dikembangkan oleh Natenai Ariyatrakool ini juga menyediakan mode dua pemain, dengan adanya mode ini Anda bisa bermain bersama teman di smartphone yang sama.

Menariknya lagi, Glow Hockey juga menyediakan mode single player dimana Anda bisa bertanding melawan komputer dengan kemampuan yang tak kalah hebat dengan manusia, ada empat tingkat kesulitan yang bisa Anda pilih.

3. Tap Tap Dash

Tap Tap Dash

Lagi nyari game ringan Android yang bikin nagih? Tap Tap Dash merupakan game yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, konsep permainan yang disuguhkan di dalam game ini memang cukup seru dan bikin nagih.

Di dalam game ini Anda akan ditantang untuk mengontrol karakter lucu supaya ia bisa berjalan di jalur yang tepat, untuk melompat dan membelokkan karakter tersebut Anda bisa mengontrolnya hanya dengan mengetuk layar saja.

Meskipun demikian, ketelitian juga sangat dibutuhkan di dalam game ini karena nantinya semakin tinggi level permainan maka semakin meningkat pula kecepatannya, total ada lebih dari 400 level yang harus Anda selesaikan di dalam game ini.

Bosan dengan karakter yang disediakan? Tak perlu khawatir karena game yang hanya berukuran 16 MB ini menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat karakter baru sesuai dengan keinginannya.

4. Stack

Stack

Sama seperti game sebelumnya, Stack juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman bersantai, pasalnya gameplay yang disuguhkan di dalam game ini cukup seru dan bikin nagih.

Di dalam game ini tugas Anda adalah menumpuk balok setinggi mungkin, nantinya akan ada balok yang muncul dari arah kanan dan kiri, Anda harus bisa menyentuh layar dengan tepat ketika balok tersebut berada tepat di tumpukan balok yang telah disusun.

5. NinJump

NinJump

Kalau Anda suka memainkan game ninja, NinJump merupakan game ringan Android terbaik yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, di dalam game ini tugas pemain adalah memanjat dinding setinggi mungkin dan menghindari berbagai rintangan yang ada seperti tupai jahat, bom, ninja musuh, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir, karena karakter ninja yang Anda kontrol bisa digunakan untuk menyerang musuh-musuh tersebut. Menariknya lagi, game yang hanya berukuran 36 MB ini juga hadir dengan kontrol sentuh yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga Anda tidak akan kesulitan meskipun pertama kali memainkannya.

6. Modern Sniper

Modern Sniper

Lagi nyari game ringan Android yang lebih menantang? Modern Sniper merupakan game yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang penembak jitu yang harus menyelesaikan lebih dari 50 misi penembakan.

Meskipun game ini hanya berukuran 10 MB, akan tetapi Modern Sniper dikemas dengan grafis 3D yang cukup realistis. Selain itu, game besutan Candy Mobile ini juga menyediakan 7 senjata yang dapat digunakan untuk bertempur di 6 peta dengan medan yang berbeda-beda.

7. BMX Boy

BMX Boy

BMX Boy merupakan game sepeda yang akan menantang para pemain untuk bisa melewati berbagai rintangan dan melompat indah di udara dengan trik-trik lompatan yang keren, semakin banyak trik lompatan yang Anda tunjukkan maka akan semakin tinggi pula poin yang didapatkan.

Selain itu, game yang hanya berukuran 12 MB ini juga menyediakan lebih dari 90 level dengan tantangan yang berbeda-beda. Menariknya lagi, game besutan MiniCard ini juga bisa Anda mainkan secara offline maupun online.

8. Marble Legend

Marble Legend

Kalau Anda suka memainkan game Zuma Deluxe di perangkat komputer pasti Anda juga akan menyukai game Marble Legend. Pasalnya, gameplay yang disuguhkan di dalam game ini sangatlah mirip, dimana tugas pemain adalah menembakkan bola ke arah yang tepat sesuai dengan warna bola yang ditembakan.

Tidak hanya itu saja, game yang hanya berukuran 30 MB ini juga menyediakan dua mode permainan dengan tantangan yang berbeda-beda, selain itu game ini juga menyediakan banyak peta rahasia yang bisa membuat permainan menjadi lebih menantang.

9. Teka-teki Korek Api

Teka-teki Korek Api

Lagi nyari game ringan Android yang bisa mengasah otak? Teka-teki Korek Api merupakan game yang wajib Anda coba. Untuk bisa memainkan permainan teka-teki korek api, dulu kita harus membeli koreknya terlebih dahulu.

Akan tetapi saat ini Anda bisa langsung memainkannya melalui game yang dikembangkan oleh Bojan Klabjan ini. Game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini menyediakan lebih dari 1000 tantangan, Anda juga bisa memainkannya secara offline maupun online.

10. Devil Ninja 2

Devil Ninja 2

Devil Ninja 2 merupakan game petualangan pertempuran yang cukup seru dan menegangkan, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai ninja untuk berpetualang dan melawan berbagai monster yang menyeramkan.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena game yang hanya berukuran 11 MB ini menyediakan ratusan senjata. Menariknya lagi, meskipun ukurannya sangat kecil, game besutan Droid Studio ini juga dikemas dengan grafis dan dan efek suara yang cukup epik.

11. Chain Reaction

Chain Reaction

Chain Reaction merupakan game strategi yang dapat dimainkan hingga 8 pemain sekaligus. Di dalam game ini tugas Anda adalah menempatkan bola pada sel-sel yang ada di dalam permainan, nantinya bola tersebut akan bereaksi dan meledak hingga mengisi sel yang ada disekitarnya, termasuk sel yang berisi bola lawan.

Apabila Anda berhasil mengisi sel yang berisi bola lawan, maka bola tersebut akan beruabah warna sesuai dengan warna bola yang Anda pilih. Gameplay yang disuguhkan di dalam game ini memang tampak rumit, tapi sebetulnya sangat mudah lho.

Selain itu, dengan memainkan game Chain Reaction, Anda juga tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu karena selain ringan game ini juga punya ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya 2,7 MB saja.

12. Don’t Touch The Spikes

Dont Touch The Spikes

Ketelitian dan konsentrasi yang tinggi sangat dibutuhkan di dalam game yang satu ini. Sesuai dengan namanya, di dalam game Don’t Touche The Spikes Anda akan ditantang untuk mengontrol burung kecil yang terbang supaya tidak menyentuh paku yang ada disekitarnya.

Semakin jauh jarak yang berhasil Anda lalui, maka akan semakin tinggi pula skor yang didapatkan. Menariknya lagi, game yang hanya berukuran 15 MB ini juga bisa dimainkan sepenuhnya secara offline, sehingga Anda tepat bisa menikmati keseruannya ketika kuota habis.

13. Zombie Frontier

Zombie Frontier

Lagi nyari game ringan Android yang seru dan menegangkan? Zombie Frontier merupakan game yang wajib Anda coba. Alur cerita di dalam game ini dimulai ketika virus T menyebar ke seluruh dunia dan membuat sebagian besar orang terinfeksi virus tersebut dan berubah menjadi zombie.

Supaya Anda bisa selamat dari wabah tersebut, Anda harus bisa memberantas semua zombie yang ada dengan menggunakan peralatan tempur ala militer, termasuk senjata api, dan lain sebagainya.

Meskipun ukurannya hanya 20 MB saja, akan tetapi game besutan FT Games ini dikemas dengan grafis dan efek suara menegangkan yang dapat membawa Anda merasakan pengalaman berperang yang lebih nyata.

14. Auto Theft Gangstres

Auto Theft Gangstres

Auto Theft Gangsters merupakan game open world yang akan menantang para pemain untuk bisa menaklukkan dunia kriminal yang cukup kejam. Mirip seperti game GTA, di dalam game ini Anda bisa melakukan beragam aktivitas, mulai dari bertarung dengan preman, mencuri mobil, berbuat rusuh, dan lain sebagainya.

Game yang hanya berukuran 25 MB ini juga menyediakan ratusan misi menantang yang digelar di lokasi yang berbeda-beda, termasuk San Andreas, Las Vegas, Liberty, dan lain sebagainya.

15. Jelly Jump

Jelly Jump

Sesuai dengan namanya, Jelly Jump merupakan game arkade yang hadir dengan gampelay yang sederhana dan bikin nagih. Di dalam game ini tugas Anda adalah mengontrol jeli supaya melompat dengan tepat hingga mendarat diatas balok.

Ketelitian juga sangat diperlukan saat memainkan game ini, pasalnya jika lompatan tidak pas jeli bisa terjepit atau terhalang oleh balok. Menariknya lagi, game besutan Ketchapp ini juga bisa Anda mainkan sepenuhnya secara offline.

16. One Touch Drawing

One Touch Drawing

One Touch Drawing merupakan game teka-teki yang hadir dengan konsep permainan yang seru dan bikin nagih, apalagi kalau Anda suka menggambar. Di dalam game ini tugas Anda adalah menggambar dengan mengikuti garis yang sesuai dengan gambar yang tampil di layar, mulai dari satu titik hingga kembali ke titik tersebut.

Akan tetapi, Anda tidak diperbolehkan untuk menggambar garis yang sama sebanyak dua kali. Game ringan yang berukuran 32 MB ini juga menyediakan ratusan tingkat permainan dengan desain gambar yang berbeda-beda.

17. Block Puzzle & Conquer

Block Puzzle & Conquer

Kalau dilihat sekilas, game besutan MTOY Games ini mirip seperti Tetris, akan tetapi konsep permainan yang disuguhkan di dalam game ini agak berbeda. Anda harus bisa menyusun balok-balok yang disediakan hingga membentuk persegi tanpa ada ruangan yang tersisa di dalamnya.

Game yang hanya berukuran 19 MB ini juga menyediakan lebih dari 100 ribu tantangan dengan tiga tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Selain bisa dijadikan sebagai teman bersantai, dengan memainkan Block Puzzle & Conquer Anda juga bisa mengasah logika dengan cara yang seru.

18. Plane Simulator 3D

Plane Simulator 3D

Tidak semua game pesawat terbang punya ukuran yang besar, jika Anda ingin belajar mengemudikan pesawat di smartphone low-end game Plane Sumlator 3D bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, game besutan TerranDroid ini sangatlah ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 20 MB lho. Meskipun demikian, Plane Simulator 3D hadir dengan grafis 3D dan animasi yang cukup realistis.

Selain itu Anda juga bisa menerbangkan lebih dari 24 jenis pesawat termasuk jet supersonik dan pesawat militer untuk menyelesaikan 10 misi yang telah disediakan.

19. Angry Gran 2

Angry Gran 2

Sesuai dengan namanya, Angry Gran 2 hadir dengan konsep permainan yang cukup unik, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang karakter pemarah yang bisa memukul orang-orang untuk mengumpulkan banyak poin.

Akan tetapi tidak semua orang bisa Anda pukul, karena jika salah pukul orang tersebut akan berbalik memarahi Anda, termasuk polisi. Game yang hanya berukuran 20 MB ini memang tampak sederhana, akan tetapi cukup seru ketika dimainkan.

20. Prehistoric Park Builder

Prehistoric Park Builder

Sesuai dengan namanya, Prehistoric Park Builder merupakan game membangun kota yang cukup seru dan menyenangkan, akan tetapi di dalam game ini Anda tidak akan ditantang untuk membangun kota modern, melainkan kota bergaya jadul dalam kehidupan prasejarah.

Ada banyak bangunan yang bisa Anda buat, mulai dari roller coaster, taman, bar, air mancur, dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu karena selain ringan ukuran game ini sangatlah kecil yaitu hanya 8,5 MB saja.

21. Snail Battles

Snail Battles

Suka dengan game tembak-tembakan? Snail Battles merupakan game yang tepat untuk Anda. Pasalnya, di dalam game ini Anda akan ditantang untuk membasmi virus dengan beragam senjata canggih.

Ada banyak senjata yang bisa Anda gunakan di dalam game ini, selain itu masing-masing juga bisa di-upgrade supaya punya kekuatan yang lebih besar. Menariknya lagi, Snail Battles juga menyediakan lebih dari 20 pahlawan dengan persenjataan dan keunikan yang berbeda-beda.

22. Chilly Snow

Chilly Snow

Chilly Snow merupakan game yang hadir dengan gameplay yang seru dan tidak membosankan. Di dalam game ini Anda akan ditantang untuk mengontrol bola yang menggelinding di atas salju supaya tidak menabrak pepohonan.

Semakin tipis jarak menghindar bola dari pohon maka akan semakin tinggi pula poin yang didapatkan. Menariknya lagi, selain bisa dimainkan secara offline game ini juga punya ukuran yang cukup kecil yaitu hanya 32 MB saja.

23. Cooking Tycoon

Cooking Tycoon

Ingin merasakan keseruan menjadi seorang pelanggan restoran? Cooking Tycoon merupakan game ringan Android yang wajib Anda coba.

Pasalnya, di dala game ini Anda akan berperan sebagai peutgas restoran yang harus membuat dan menyuguhkan masakan sesuai dengan keinginan pelanggan, mulai dari kentang goreng, sushi, hidangan penutup, dan lain sebagainya.

24. Pixel Dungeon

Pixel Dungeon

Lagi nyari game Android ringan yang ukuran MB-nya kecil? Pixel Dungeon bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya game yang dikemas dengan grafis pixel-art ini hadir dengan antarmuka yang sederhana dan mudah dimainkan, tak heran kalau ukurannya cukup kecil, 4,2 MB.

Meskipun demikian, game bergenre RPG ini juga cukup seru, Anda akan ditantang untuk melawan monster, mengumpulkan barang-barang berharga, dan lain sebagainya. Selain itu, game ini juga menyediakan empat karakter pahlawan dengan desain dan keunikan yang berbeda-beda.

25. Bubble Totem

Bubble Totem

Bubble Totem merupakan game yang bisa menjadi alternatif dari game Bubble Shooter. Pasalnya, konsep permainan yang disuguhkan di dalam game ini memang mirip dengan game tersebut.

Di dalam game ini Anda akan ditantang untuk menembakkan gelembung ke arah gelembung yang sesuai dengan warna gelembung yang ditembakan. Ada enam lokasi permainan yang bisa Anda temukan di dalam game ini, mulai dari hutan, gunung salju, dan lain sebagainya.

26. Rummy – Free

Rummy - Free

Suka bermain kartu remi? Kini Anda tak perlu ribet lagi beli kartu khusus untuk bisa memainkannya, dengan memainkan Rummy – Free Anda bisa menikmati keseruannya di mana saja dan kapan saja.

Game ringan Android yang hanya berukuran 11 MB ini bisa dimainkan hingga empat pemain sekaligus dengan melawan komputer. Menariknya lagi, Anda juga bisa memodifikasi peraturan jika memang ada peraturan yang tidak sesuai dengan permainan kartu remi yang biasa Anda mainkan.

27. Ninja Dash – Deluxe

Ninja Dash - Deluxe

Game ringan Android terbaik berikutnya yang ukuran MB-nya kecil adalah Ninja Dash – Deluxe. Di dalam game ini tugas Anda adalah mengontrol karakter ninja supaya ia bisa memanjat setinggi mungkin.

Game ini hadir dengan gameplay yang serba cepat, untuk mendapatkan skor yang tinggi Anda juga harus tau waktu yang tepat ketika menggunakan kemampuan super yang dimiliki ninja tersebut.

28. 2 Cars

2 Cars

2 Cars merupakan game ringan Android yang membutuhkan ketelitian tinggi, pasalnya di dalam game ini anda ditugaskan untuk mengontrol dua buah mobil sekaligus untuk menghindari objek berbentuk kotak dan menabrak objek berbentuk bulat.

Meskipun demikian, game yang hanya berukuran 10 MB ini juga cukup nagih dan bikin penasaran. Selain itu Anda juga bisa memainkan game ini dengan nyaman karena 2 Cars dikemas dengan grafis yang bersih dan epik.

29. Radiant Defense

Radiant Defense

Radiant Defense merupakan permainan tower-defense yang seru dan menegangkan, di dalam game ini Anda harus bisa mempertahankan menara supaya tidak hancur diserang oleh gerombolan alien yang jahat.

Ada lebih dari 400 gerombolan alien menyeramkan yang harus Anda hancurkan di dalam game ini. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada lebih dari 9 senjata yang bisa Anda gunakan, selain itu masing-masing senjata juga dapat di-upgrade.

30. Game Dev Story Lite

Game Dev Story Lite

Game ringan Android yang terakhir pilihan Sipitek adalah Game Dev Story Lite. Sesuai dengan namanya, di dalam game ini Anda akan ditantang untuk mengelola perusahaan supaya bisa berjalan dengan baik.

Anda juga dapat merekrut anggota staf dalam berbagai profesi, termasuk programmer, dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena game ini sangatlah ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 6 MB lho.

Itulah deretan game ringan Android terbaik yang ukuran MB-nya kecil, ada yang bisa dimainkan secara offline ada juga yang online. Dengan memainkan salah satu game yang ada di atas Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone Android terganggu, karena semuanya memang sangat ringan dan punya ukuran yang cukup kecil. Selamat bermain!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here