Games

22 Game Asah Otak Android Terbaik Untuk Meningkatkan Kecerdasan

game asah otak

Saat ini ada banyak sekali game mobile yang bisa kita mainkan secara gratis, akan tetapi sebagian besar para pemain game biasanya lebih banyak memainkan game yang lebih mengutamakan keseruan, padahal game tersebut tidak banyak memberikan manfaat lho.

Kalau memang tujuannya untuk hiburan saja sih memang game tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh.

Tapi kalau dipikir-pikir…

Daripada waktumu terbuang sia-sia, tentunya akan lebih baik lagi kalau kamu memainkan game yang berdampak baik terhadap otak entah itu tentang pengetahuan ataupun game yang memberikan manfaat pada pemikiran.

Meskipun demikian game asah otak juga tidak kalah seru dengan jenis permainan yang lainnya. Bahkan game jenis ini juga nggak hanya bisa dijadikan sebagai media hiburan saja, kamu juga bisa memainkannya untuk mempertajam kemampuan otak.

Tentunya bermain game bisa menjadi lebih berfaedah.

Akan tetapi, karena ada banyak sekali jenis game asah otak yang tersedia dan bisa dimainakan secara gratis, terkadang kita juga bingung memilihnya.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan beberapa rekomendasi game asah otak terbaik, yang bisa kamu pasang di smartphone android secara gratis.

Sipitek juga akan memberikan sedikit ulasan di masing-masing game, agar kamu bisa memilih game yang tepat sesuai dengan selera.

Game Asah Otak Terbaik untuk Android

Setiap game punya konsep yang berbeda-beda.

Silahkan simak semua ulasan game di bawah sebelum kamu memilih salah satu game yang akan dimainkan, karena bisa jadi ada yang lebih seru dari game tersebut.

1. Brain it On! Physics Puzzles

brain it on

Game asah otak yang pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah Brain it On!. Game besutan Orbital Nine Game ini mengusung konsep puzzle fisika yang tak mudah untuk diselesaikan, tingkat kesulitannya akan mulai terasa saat mencapai level 15.

Di dalam game ini, tugas kamu adalah menggambar sebuah bentuk untuk menyelesaikan misi tertentu.

Gambar diatas adalah tantangan di level 6, kamu harus menggambar sebuah objek untuk memasukkan objek yang kamu buat ke dalam benda yang berbentuk seperti gelas. Di sana kamu juga tidak boleh menggambar di bagian yang berwarna merah.

Ketepatan dalam menggambar objek merupakan salah satu kunci untuk menyelesaikan permainan ini. Kira-kira benda seperti apa yang akan kamu buat?

2. Brain Dots

brain dot

Kalau tidak sanggup untuk menyelesaikan tantangan pada game Brain it On!, kamu bisa memilih game Brain Dots sebagai alternatifnya.

Cara bermainnya hampir sama, dimana kamu harus menggambar sebuah bentuk untuk menyelesaikan misi tertentu, hanya saja tantangan yang ada di game ini jauh lebih mudah.

Di dalam game ini akan ada dua bentuk bola berwarna biru dan merah, pada setiap level letak kedua bola tersebut akan berubah-ubah dan akan semakin sulit.

Tugas kamu adalah menggambar sebuah benda, agar bola biru dan merah bisa saling berbenturan.

Brain Dots menyediakan lebih dari 300 tantangan yang perlu diselesaikan. Berani untuk menyelesaikannya?

3. Roll the Ball: puzzle geser

roll the ball

Sebagai pengembang, Bitmango bisa dibilang sukses meluncurkan game asah otak yang satu ini, pasalnya Roll the Ball saat ini sudah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store dan mendapatkan banyak ulasan positif.

Tentu saja kalau kita melihat total unduhnya, itu bukan jumlah yang sedikit.

Namun jika kita lihat permainannya, tidak heran kalau game ini cukup banyak peminatnya. Selain punya konsep yang sederhana, Roll the Ball juga cukup seru saat dimainkan.

Sesuai dengan namanya, di dalam permainan ini kamu ditugaskan untuk menggeser kotak yang berisi pipa yang digunakan sebagai jalan bola,

Kamu harus membuat pipa yang ada dalam kotak tersebut saling terhubung satu sama lain agar bola yang ada di kotak putih bisa menggelinding sampai ke kotak merah.

Meskipun terlihat sederhana, Roll the Ball bisa bikin otak ngebul lho. Tapi tenang saja, kalau sudah merasa kesulitan kamu juga bisa menggunakan fitur petunjuk.

4. Unblock Me FREE

unblock me free

Masih dengan game asah otak yang menggunakan papan sebagai media permainannya, namun cara bermain game Unblock Me Free berbeda dari game sebelumnya.

Game besutan Kiragames Co,. Ltd. ini membutuhkan logika yang kuat, pasalnya dalam permainan ini kamu akan dituntut menggeserkan balok berwarna coklat agar balok yang berwarna merah bisa berjalan tanpa hambatan dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya.

Tentu saja ini bukan permainan yang mudah, karena susunan balok coklat akan berantakan dan posisinya juga tidak beraturan. Namun jika memang kamu mencari game yang membutuhkan pemikiran ekstra, Unblock Me FREE bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nggak tanggung-tanggung, total ada sekitar 16.000 tantangan yang harus kamu taklukkan.

Game yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini juga tersedia dalam 4 tingkat kesulitan mulai dari tingkat pemula hingga ahli.

Selain itu Unblock Me FREE juga punya mode multiplayer, dimana dengan menggunakan mode ini kamu bisa bersaing mendapatkan skor tertinggi dengan pemain lain yang ada di seluruh dunia. Berani nggak?

5. Infinity Loop

infinity loop

Sederhana merupakan kesan pertama yang akan kamu dapatkan saat pertama kali menjalankan game asah otak android yang satu ini.

Di dawal permainan, kamu akan dihadapkan pada tutorial singkat mengenai cara bermainnya. Menggabungkan setiap garis agar saling terhubung merupakan tantangan yang perlu kamu selesaikan.

Supaya setiap garis bisa saling terhubung, kamu hanya tinggal menekan setiap garis yang akan dihubungkan, nantinya garis tersebut akan berputar secara otomatis.

Sesuai dengan namanya, game ini tidak terbatas dengan level. Kamu bisa memainkannya hingga level berapapun, saya sendiri sudah mencoba hingga level 1000-an dan sampai sekarang masih belum selesai.

Selain itu Infinity Loop juga menyediakan dark mode, dimana dalam mode ini tugas kamu adalah kebalikan dari mode sebelumnya.

Dalam mode gelap, kamu ditugaskan untuk memutuskan semua hubungan setiap garis agar tidak saling terhubung.

Kamu juga hanya bisa memainkannya sampai level 100, kalau ingin melanjutkan ke level berikutnya kamu harus menjadi pelanggan berbayar.

6. Peak – Brain Game & Training

peak

Nggak main-main, game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store ini merupakan hasil kerjasama para ahli dalam bidang ilmu saraf, kognitif, dan pendidikan, untuk membuat game asah otak yang menyenangkan dan bermanfaat.

Di dalam game Peak – Brain Game & Training terdapat ada 35 jenis game yang bisa kamu mainkan, setiap game memberikan tantangan yang berbeda-beda.

Semua game yang ada dalam permainan ini akan mengasah kemampuan yang dikendalikan oleh otak, diantanya yaitu kemampuan ingatan, perhatian, pemecahan masalah, keterampilan mental, bahasa, dan kontrol emosi.

Buat kamu yang gampang marah, game ini bisa menjadi pilihan yang tepat, emosimu akan diuji dalam game ini.

7. Tukang Pipa (Plumber)

plumber

Game asah otak bernama Plumber ini cara bermainnya hampir sama seperti Infinity Loop, hanya saja yang dihubungkan di sini adalah pipa.

Ya, kamu harus menghubungkan pipa-pipa yang ada di dalam game agar saling terhubung dan air bisa mengalir dengan lancar melalui pipa tersebut.

Tapi di sinilah tantangannya, kamu juga harus teliti dan fokus memilih pipa yang mana yang harus dihubungkan dan mana yang harus dibiarkan, karena tidak semuanya harus kamu hubungkan.

Jika pipa terhubung dengan baik, secara otomatis air akan mengalir melalui pipa tersebut.

Plumber menyediakan dua mode permainan.

Yaitu mode arkade dimana pemain harus menghubungkan pipa dalam waktu yang cepat sebelum pipa yang berisi air penuh, dan mode tantangan dimana dalam mode ini kamu harus menyusun pipa dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Game besutan Magma Mobile ini dikemas dengan grafik HD yang epik dan dapat memanjakan mata pemain.

8. 2048

2048

Jika kamu membenci pelajaran matematika, setelah membaca judul game jebolan Androbaby ini mungkin akan membuat bulu kudukmu merinding.

Ya, di dalam game 2048 kamu memang akan berhadapan dengan angka. Tapi tenang saja, karena kamu nggak akan disuruh untuk menghitung sampai angka 2048.

Tugas kamu adalah menggabungkan angka yang sama yang tertera di setiap kotak yang berada di dalam papan permainan untuk mendapatkan skor yang tinggi.

Namun setiap kali kamu menggesernya, akan ada kotak baru yang akan memenuhi papan permainan tersebut.

Jadi, apabila tertarik memainkan game asah otak yang tampak menyeramkan ini, pastikan kamu menggeser kotak ke kotak yang memiliki angka yang sama.

Karena kalau salah geser, tentunya kotak baru akan memenuhi papan permainan, dan jika penuh maka gagal. Ada lima ukuran papan yang bisa kamu gunakan yaitu 3×3, 4×4, 5×5, 6×6, dan 8×8.

Game 2048 juga merupakan game asah otak yang cukup populer lho, di Play Store game ini sudah di unduh lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan banyak ulasan positif.

9. 100 Doors Seasons

100 doors seasons

Berbeda dari game asah otak sebelumnya, game 100 Doors Seasons tidak hanya otak saja yang di asah namun kamu juga perlu membutuhkan pemikiran logika yang cukup.

Cara bermainnya sangat sederhana, dimana kamu harus melarikan diri melewati 100 pintu. Setiap pintu punya cara tersendiri untuk membukanya.

Ada yang mengharuskan kamu untuk menggoyangkan HP agar kunci pintu terjatuh, ada juga teka-teki matematika dimana jawaban dari soal matematika tersebut bisa kamu temukan di sekitar pintu yang akan dibuka.

Selain memerlukan logika, tentunya kamu juga harus teliti untuk mengamati lingkungan sekitar pintu.

10. aa

aa

Game besutan General Adaptive Apps Pty Ltd ini memang memiliki nama yang agak aneh, tapi tenang saja permainan ini tidak begitu susah kok. Hanya saja kamu perlu ketelitian dan perhitungan yang matang untuk menyelesaikan tantangannya.

Kalau dilihat sekilas, game asah otak yang satu ini memang tampak sederhana, namun permainan aa bisa kamu gunakan untuk mengasah otak kanan dan kiri lho.

Dalam permainan ini kamu ditugaskan untuk mengetuk angka yang berjajar di bagian bawah layar satu per satu, hingga semua angka menempel pada lingkaran yang besar.

Tapi kamu tidak bisa asal menekan saja, karena kamu juga harus menempatkan semua angka tersebut tanpa bersentuhan dengan angka yang lain.

Meskipun game aa terbilang sederhana namun game ini berhasil menggaet 50 juta pengguna di Play Store.

11. That Level Again 3

that level again 3

That Level Again 3 merupakan game asah otak dengan tantangan yang cukup menarik, di dalam permainan ini kamu akan ditugaskan untuk mengambil sebuah kunci yang ada di dalam permainan.

Tentunya untuk mengambil kunci tersebut kamu harus berfikir dengan logika, karena kamu harus bisa membaca petunjuk yang ada di dalam permainan.

Di level awal, game yang dikembangkan IamTagir ini memang tidak begitu sulit, namun jika sudah mencapai level 5 akan mulai terasa kesulitannya.

12. Berburu Kata 2

berburu kata

Jago merangkai kata untuk si dia, belum tentu kamu jago merangkai kata di dalam permainan ini. Ya, Berburu Kata 2 merupakan game asah otak yang yang berkaitan dengan kata-kata.

Dalam permainan ini kamu ditugaskan untuk merangkai sebuah kata dari kotak-kota yang berisi huruf. Berburu Kata 2 juga menyediakan multiplayer online yang bisa kamu gunakan untuk bertanding melawan pemain lain yang ada di seluruh dunia.

13. Asah Otak Game

asah otak game

Game besutan SiltreeTech merupakan game asah otak yang bisa dimainkan oleh semua kalangan, entah itu anak-anak maupun orang dewasa.

Dalam permainan ini kamu harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di setiap level.

Di awal permainan, pertanyaan yang diberikan memang mudah, akan tetapi semakin tinggi level permainan maka akan semakin sulit pula pertanyaan yang haru kamu jawab.

Namun sebagian besar pertanyaan yang diberikan dalam game ini berkaitan dengan kehidupan sehari dan sejarah.

Dengan memainkan Asah Otak Game, selain bisa mengisi kekosongan waktu, kamu juga bisa menambah ilmu pengetahuan, berfaedah bukan?

14. Duel Otak

duel otak

Sesuai dengan namanya, dalam permainan ini kamu akan mengadu kecerdasan dengan orang lain secara online.

Cara bermainnya hampir sama dengan game sebelumnya, dimana kamu harus menjawab pertanyaan-pernyaan yang diberikan pada saat bertanding.

Hanya saja, kamu harus cepat saat menjawabnya, supaya tidak terjawab duluan oleh lawan. Kurang lebih ada 30.000 pertanyaan yang harus kamu jawab.

Menjadi nomor 1 dalam top list duel otak merupakan impian semua pemain.

15. Tebak Gambar

tebak gambar

Game besutan anak bangsa ini merupakan salah satu game asah otak yang cukup populer lho, di Play Store saja game ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali.

Dalam permainan ini, tugas kamu adalah menjawab sebuah soal yang cukup unik, dimana soal tersebut dipadukan dengan gambar maupun huruf, nah dari soal tersebut kamu akan menemukan jawaban berupa kata.

Contohnya seperti gambar di atas, di sana ada angka lima, jin, dan nasi, tepat di atas angka lima ada huruf “T” di coret, maka jawabannya adalah “imajinasi”.

Semakin tinggi levelnya, maka akan semakin sulit pula pertanyaan yang diberikan. Tebak Gambar juga bisa menambah pengetahuan kamu dalam penguasaan kosakata.

16. Teka-teki Silang

teka-teki silang

Suka main TTS? kini kamu nggak perlu lagi beli soal TTS dalam bentuk buku yang bikin boros, karena kalau semuanya sudah terjawab tentunya kamu nggak bisa menggunakannya lagi.

Namun dengan game Teka-teki Silang yang satu ini kamu bisa lebih hemat, dan game ini juga bisa kamu mainkan berulang kali.

Di dalam game asah otak TTS besutan Joy Kreatif ini setiap bulannya akan ada soal baru yang lebih menantang, sehingga kamu nggak akan bosan tantangannnya.

Game yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini berukuran tidak lebih dari 4 Mb, kamu juga bisa memainkannya secara offline maupun online.

17. Kuis Family 100

kuis family 100

Kalau kamu suka nonton acara kuis di TV pasti sudah tak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Ya, Kuis Falily 100 memang mengusung konsep yang sama seperti yang ada di acara televisi.

Di dalam game asah otak yang satu ini kamu akan diberikan pertanyaan yang dapat menguji ketangkasan otak dalam berfikir. Kamu juga dituntut menjawab pertanyaan dengan cepat, karena setiap pertanyaan akan diberi waktu untuk berfikir selama 20 detik, jika tidak di jawab dalam rentan waktu tersebut maka kamu akan gagal.

Game dengan ukuran tidak lebih dari 2 Mb ini bisa kamu mainkan secara offline maupun online.

18. Cari Kata

cari kata

Jago nyari kata-kata yang pas buat si dia belum tentu kamu jago nyari kata di permainan ini.

Sesuai dengan namanya, game asah otak kali ini mengharuskan kamu untuk mencari sebuah kata dari kumpulan huruf yang ada dalam papan permainan.

Kalau sudah ketemu, kamu hanya tinggal menyentuh kata tersebut dari huruf pertama hingga huruf terakhir. Ketelitian merupakan kunci utama untuk menyelesaikan permainan ini.

Selain itu ada beberapa kategori yang bisa kamu pilih mulai dari alat musik, bisnis, antariksa, dan sebagainya. Kamu juga bisa memilih tingkat kesulitannya sendiri sesuai keinginan.

19. Lumosity – Latihan Otak

lumosity

Lumosity merupakan game asah otak yang dikembangkan oleh para ilmuwan yang ahli dalam bidang kognitif, game ini juga bekerjasama dengan lebih dari 40 peneliti di beberapa universitas yang ada di seluruh dunia.

Lumosity akan memberikan tugas-tugas kognitif dan neuropsikologis yang perlu kamu selesaikan untuk mengasah ingatan, perhatian, dan sebagainya.

Di dalam game ini ada lebih dari 25 permainan harian dengan konsep yang berbeda-beda.

20. Skillz – Permainan Otak

skillz

Asah logika dan otak dengan game Skillz. Game besutan App Holdings ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya ingat, melatih reflek, meningkatkan akurasi, meningkatkan kecepatan berfikir, mempelajari koordinasi warna, dan sebagainya.

Setiap kali kamu berhasil menyelesaikan setiap level permainan, kemampuanmu akan mendapatkan nilai dari 1 – 5 menggunakan animasi bintang, untuk melihat seberapa hebat kemampuanmu.

Game ini juga menyediakan mode multiplayer yang bisa kamu gunakan untuk beradu kemampuan otak dengan teman atau pemain lain secara acak.

21. NeuroNation – Focus and Brain Training

neuronation

NeuroNation merupakan game asah otak yang dikembangkan oleh ahli saraf dari Free University of Berlin, dimana mereka membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyempurnakan game yang satu ini.

Dengan memainkan game NeuroNation kemampuan otak akan terasah mulai dari kemampuan fokus, mempertajam pikiran, daya ingat, berpikir cepat, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, game yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta kali ini juga menggunakan algoritma canggih yang dapat memberikan soal-soal secara otomatis sesuai dengan kemampuan berpikir pemainnya.

Dalam game NeuroNation ini kamu bisa memainkan 29 jenis permainan dan 7 kursus yang telah disesuaikan.

22. Puzzle Otak Cepat – Latihan Matematika untuk Otak

puzzle otak cepat

Berapa nilai matematika yang kamu dapatkan di sekolah? saya berharap mendapatkan nilai yang besar. Tapi, tidak bisa dipungkiri pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang paling ditakuti dan dibenci oleh kebanyakan orang.

Namun di dalam game ini mata pelajaran tersebut mungkin akan membuat kamu jatuh hati, pasalnya di sini kamu bisa belajar matematika dengan cara yang menyenangkan lho.

Ya, sebagian besar soal yang harus kamu pecahkan dalam permainan ini adalah berhubungan dengan soal matematika.

Namun game ini juga menyediakan permainan lain yang mampu mengasah konsentrasi maupun kemampuan berpikir salah satunya adalah game 2048.

Akhir Kata

Itulah deretan game asah otak terbaik yang bisa kamu pasang di smartphone Android. Dengan memainkan salah satu game di atas, kamu tidak hanya bisa mendapatkan kesenangan saja namun kamu juga akan mendapatkan manfaat lain yang dapat merdampak positif pada otak.

Jadi, game mana nih yang akan kamu mainkan?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top