game rpg offline

Game RPG atau Role Playing Game merupakan salah satu jenis game yang cukup diminati oleh banyak gamer.

Di dalam game ini biasanya pemain akan memainkan peran di dalam sebuah cerita yang ada di dalam game tersebut.

Tentunya setiap game punya alur cerita yang berbeda-beda, ada yang menuntut pemain untuk menjadi pemberontak, namun ada juga yang mengharuskan pemain menjadi seorang pahlawan.

Dulu untuk memainkan game RPG kita hanya bisa memainkannya di perangkat komputer, akan tetapi saat ini kita juga bisa memainkannya lewat smartphone, apalagi di perangkat android.

Tidak jauh beda dengan jenis game yang lainnya, game RPG android juga ada yang hanya bisa dimainkan secara offline ada juga yang online.

Namun yang paling banyak diminati adalah game RPG offline, karena kita bisa memainkannya kapan saja dan di mana saja tanpa harus terhubung ke internet.

Meskipun demikian, game RPG yang bisa dimainkan secara offline tidak kalah seru dengan yang online.

Penasaran kan? biar kamu bisa memilihnya dengan mudah, Sipitek telah merangkum beberapa game RPG offline android terbaik di 2019 yang wajib kamu pertimbangkan.

22 Game RPG Offline Android Terbaik

Karena setiap game RPG punya konsep dan alur cerita yang berbeda-beda, silahkan simak dulu semua ulasannya biar kamu nggak salah pilih.

1. Postknight

postknight

Game penyabet penghargaan IMGA SEA pada tahun 2017 ini adalah game RPG offline pertama yang perlu kamu pertimbangkan.

Alur cerita di game ini sebetulnya sangat sederhana, namun soal keseruan tentunya bisa bikin siapapun ketagihan.

Di dalam game Postknight tugas kamu adalah menjadi kesatria sekaligus sebagai pengantar surat, untuk mengantarkan surat kamu harus melewati jalan yang penuh dengan musuh.

Selain itu ada beragam misi tambahan yang juga harus kamu selesaikan, salah satunya adalah misi mengalahkan monster dalam waktu 24 jam untuk mendapatkan item tertentu.

Ada juga misi peringkat, di dalam misi ini kamu harus mengumpulkan Postknight Token sebanyak-banyaknya.

Salah satu keunggulan dari game ini adalah dari segi gameplay, sistem permainnya terbilang unik dan belum ada di game mobile lainnya.

Pada saat bertarung dengan musuh, ada tiga tombol kontrol yang bisa kamu gunakan yaitu charge (menyerang), shiled (bertahan), dan potion (menambah HP).

Apabila kamu lagi nyari game RPG offline sebagai teman bersantai, game besutan Kurechii ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

2. Inotia 4

inotia 4

Inotia 4 merupakan game RPG offline besutan Com2uS, dimana seri ini merupakan lanjutan dari seri sebelumnya.

Alur cerita di dalam game ini dimulai ketika Channel yaitu karakter yang punya kekuatan magis diculik oleh monster. Dari sini kamu ditugaskan untuk mencari Channel dengan melewati gua dan gurun yang penuh dengan monster.

Berbeda dari game RPG pada umumnya, Inotia 4 menawarkan pertarungan yang lebih rame, karena di sini kamu bisa bertarung menggunakan 3 jagoan sekaligus.

Setiap karakter punya kemampuan yang berbeda-beda, agar kamu bisa bertarung dengan kuat strategi kombinasi karakter dalam pertarungan juga perlu diperhatikan.

Kombinasi antara Tanker + Healer + Damager adalah kombinasi yang paling tepat, namun kamu juga harus tetap memperhatikan kekuatan lawan.

Selain itu kamu juga bisa mengendalikan karakter lain selain Kiyan, dengan cara menyentuh karakter yang ingin kamu kendalikan.

Ada 6 kelas yang bisa kamu pilih yaitu Assasint, Black Knight, Warlock, Ranger, dan Priest. Setiap kelasnya ada 15 skill yang berbeda-beda, total ada 90 skill dari semua kelas.

Selain itu Inotia 4 juga menyediakan 400 peta seperti gurun kering, gurun salju, hutan, ruang bawah tanah, dan sebagainya. Dengan hadirnya beragam peta, tentunya petualangan bisa lebih seru dan menantang.

3. Eternium

eternium

Dengan total unduh 10 juta kali game RG yang dikemas dengan grafik yang cukup epik ini bisa dibilang berhasil membuat puas para pemainnya, pasalnya Eternium berhasil mendapatkan rating yang nyaris sempurna yaitu 4,8.

Di dalam game ini tugas kamu adalah menghentikan rencana jahat dari karakter bernama Ragadam, ia bersama pasukan monster alien, naga dan yang lainnya ingin menguasai dunia untuk tujuan kejahatan.

Game besutan Making Fun, Inc. ini menyediakan beberapa karakter dengan kemampuan yang berbeda-beda.

Agar karakter yang kamu gunakan memiliki kekuatan ekstra, kamu harus meningkatkan levelnya terlebih dahulu.

Enternium menyediakan beragam misi dan map yang cukup bervariasi sehingga saat memainkannya kamu tidak akan cepat bosan.

Saat berpetualang mencari musuh bebuyutanmu bernama Ragam, kamu juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar yang kamu lewati, karena akan ada harta karun yang di dalamnya berisi item yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatan karakter yang kamu gunakan.

Total ada 20 skill yang bisa kamu gunakan untuk menghancurkan lawan.

4. SoulCraft – Action RPG (free)

soulcraft

Sesuai dengan namanya SoulCraft merupakan game RPG yang mengusung konsep permainan aksi. Game yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini memiliki alur cerita yang cukup menarik dan menegangkan.

Cukup pantas, jika SoulCraft di masukkan ke dalam daftar game RPG offline terbaik ini, karena memang game yang satu ini cukup seru saat dimainkan, bahkan tak jarang pemain dibuat candu.

Di dalam game besutan MobileBits GmbH ini tugas kamu adalah menjadi seorang pahlawan legendaris untuk mencari kehidupan yang kekal.

Kamu bisa memilih peran sebagai setan atau malaikat, untuk bisa memenangkan pertandingan kamu harus melawan manusia yang ada di bumi sampai habis.

Game RPG yang bisa dimainkan secara offline ini dikemas dengan grafis 3D yang cukup detail sehingga kamu bisa memainkannya dengan nyaman.

SoulCraft juga menyediakan beberapa lokasi pertempuran yang cukup nyata seperti di Mesir, New York, Roma, dan sebagainya.

Selain itu tersedia juga lima mode permainan yang berbeda-beda yaitu hellgate, arena, time run, boss fights, dan crystal defense.

5. Oceanhorn

oceanhorn

Ocenhorn merupakan game RPG yang menawrakan alur cerita yang cukup menegangkan sekaligus menyedihkan.

Ceritanya dimulai ketika kamu terbangun dari tidur, saat terbangun kamu akan menemukan surat dari sang ayah, yang menjelaskan bawah sang ayah pergi entah kemana…

Tugas kamu adalah mencari sang ayah dengan mengelilingi dunia yang penuh dengan teka-teki. Di dalam perjalanan, kamu akan menemukan berbagai rintangan termasuk monster yang dapat membahayakan keselamatanmu.

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu juga akan mempelajari sihir yang dapat digunakan untuk melawan monster tersebut.

Harta karun dan petunjuk yang kamu temukan saat berpetualang akan memberikan petunjuk tentangan keberadaan sang ayah.

Oceanhorn dikemas dengan grafis 3D yang dapat membuat permainan menjadi lebih nyata. Apakah kamu siap menemukan sang ayah?

6. Galaxy on Fire 2 HD

galaxy on fire 2 hd

Lagi nyari game RPG yang ringan? game besutan Deep Sliver ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya game yang telah di unduh lebih dari 1 juta kali ini hanya berukuran 6 MB saja lho, game ini juga bisa dimainkan dengan lancar di smartphone dengan RAM 1 GB.

Ceritanya dimulai ketika seorang karakter terlempar dari pesawat yang mengalami masalah di galaksi, di sini kamu memainkan karakter tersebut untuk menjelajahi galaksi. Kamu akan menemukan banyak musuh seperti alien dan sebagainya.

Galaxy on Fire 2 HD menawarkan permainan gratis selama 10 jam, untuk melanjutkan ke misi berikutnya kamu harus menjadi pelanggan berbayar.

Selain punya alur cerita yang seru, Galaxy on Fire 2 HD juga sudah menggunakan grafis 3D berkualitas tinggi, bahkan suara nafas karakter yang kamu mainkan juga bisa terdengar lho.

7. Final Fantasy Brave Exvius

final fantasy brave exvius

Final Fantasy Brave Exvius merupakan game RPG offline gratis yang dikembangkan oleh Square Enix.

Jika dilihat sekilas gameplay yang di tawarkan game ini hampir mirip dengan Brave Frontier, hanya saja karakter dan alur cerita yang ada di dalam permainan sangat terasa perbedaannya.

Alunan musik latar Final Fantasy klasik masih tertanam pada game ini, kalau kamu sebelumnya pernah memainkan game Final Fantasy pasti akan langsung kenal dengan musik latarnya.

Di dalam game ini karakter dan lawan ditampilan dalam grafis 2D, namun untuk bagian latarnya ada juga yang sudah dibuat 3D.

Di awal pertarungan memang akan terasa mudah, namun seiring dengan naiknya level permainan, kamu pasti akan mengalami kesulitan.

Seperti game RPG pada umumnya, di dalam game ini kamu juga harus menambahkan anggota baru agar bisa mendapatkan strategi perang yang kuat.

8. Reaper

reaper

Jika dilihat sekilas, game RPG offline besutan HEXAGE ini memang sederhana, namun sebetulnya Repaer punya alur cerita yang cukup menarik lho.

Di dalam game ini pemain dituntut untuk menguasai dan menyelamatkan dunia dari para penjahat, pemain akan menggunakan karakter misterius yang berasal dari gua.

Agar karakter yang kamu mainkan menjadi lebih kuat, kamu juga bisa memilih aksesoris sendiri seperti pedang, baju besi dan sebagainya sebelum turun ke medan pertempuran.

Namun sayangnya, kamu hanya bisa memainkan game ini secara gratis sampai level 10 saja, untuk selanjutnya kamu perlu menjadi pelanggan berbayar.

9. CHAOS RINGS II

chaos ring 2

Banyak orang yang menganggap kalau game ini harganya terlalu mahal untuk game android. Namun bagi orang yang sudah memainkan game ini pasti akan tau alasannya.

Yups, game besutan SQUARE ENIX ini tidak bisa kamu mainkan secara gratis, untuk memainkannya kamu perlu membelinya terlebih dahulu, harganya yaitu sekitar Rp 290.000.

Namun jika kamu sudah membeli game ini, pasti akan terbayarkan. Pasalnya game ini punya grafis dan alur cerita yang cukup seru lho.

Sebagian besar pertarungan di dalam permainan ini akan di lakukan di negeri Sakura, kamu akan merasakan nuansa dan melihat bunga-bunga khas dari negara tersebut.

10. Zenonia 4

zenonia 4

Setelah seri sebelumnya berhasil menarik perhatian banyak gamer, kali ini GAMEVIL meluncurkan seri terbaru yaitu Zenonia 4.

Game yang telah di unduh lebih dari 5 juta kali ini sudah mengusung grafis HD sehingga cukup nyaman saat dimainkan.

Menghentikan penjahat yang akan menghancurkan dunia adalah tugas yang perlu kamu selesaikan. Untuk mengentikan para penjahat, kamu akan berpetualang bersama Chael, Enche, Lu dan karakter lainnya.

Zenonia 4 juga menyediakan fitur untuk bertarung dengan pemain lain secara online yang tersedia dalam dua mode, yaitu 1 VS 1 dan 2 VS 2.

11. Arcane Soul

arcane soul

Kalau kamu suka memainkan game bergenre RPG pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Hal ini dibuktikan dengan total unduh Arcane Soul saat ini mencapai 1 juta kali unduhan.

Tidak heran jika Arcane Soul cukup banyak peminatnya. Mengingat, game yang mengusung konsep RPG aksi ini menyajikan pertempuran yang seru dan menantang.

Di dalam game ini tugas kamu adalah mengalahkan para penjahat yang punya kekuatan magis.

Kamu akan bermain dengan tiga karakter sekaligus, setiap karakter punya skill yang berbeda-beda, total ada 47 skill yang bisa kamu gunakan. Selain itu tersedia juga 45 item menarik untuk memperkuat karakter pilihanmu.

12. Kritika: The While Knights

kritika the while knights

Selain punya misi yang menantang, game besutan GAMEVIL ini juga kaya dengan fitur.

Di dalam game ini kamu akan menemukan beragam karakter keren dengan tipe pertarungan yang berbeda-beda. Dari segi gameplay, game ini hampir mirip seperti game Hack n Slash

Saat bertarung, kamu juga tidak akan bertarung dengan sendirian, karena kamu bisa memelihara hewan yang nantinya bisa membantu kamu untuk menyerang musuh.

Untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik, disarankan minimal menggunakan smartphone dengan spesifikasi seperti yang ada di Samsung Galaxy S3.

13. TinyLegends – Crazy Knight

tinylegends

Kamu suka game pertarungan langsung dengan banyak karakter atau keroyokan? Game RPG offline beustan Triniti Interactive Studio Limited ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya di dalam game TinyLegends – Crazy Knight ini kamu bisa bertarung melawan 40 musuh sekaligus. Puluhan senjata mematikan siap digunakan untuk melumpuhkan semua musuh yang kamu hadapi.

Selain itu, game yang dikemas dengan grafis 3D ini juga menyediakan beragam fitur yang menarik, kamu bisa membeli peralatan ataupun merekrut anggota baru untuk membuat tim yang kuat.

14. BitBattle

bitbattle

Ringan, gratis, sederhana. Itulah game BitBattle…

Berbeda dengan game RPG pada umumnya, di dalam game besutan Human Pride Game ini kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di dalamnya secara gratis, bahkan game ini juga bebas iklan lho.

Meskipun grafis yang ditawarkan game BitBattle sangat sederhana, namun game ini juga bisa memberikan sensasi keseruan kepada para pemainnya.

Di dalam game ini kamu dituntut untuk merancang strategi yang baik untuk mengalahkan musuh yang ada di medan perang.

Untuk dapat memenangkan peperangan kamu harus mahir mengendalikan karakter pilihanmu, karena setiap karakter punya kemampuan yang berbeda-beda.

15. Baldur’s Gate II: Enchanced Edition

baldurs gate 2

Di dalam game besutan Beamdog ini kamu harus membuat sebuah kelompok yang terdiri dari para pahlawan untuk melarikan diri dari penyihir jahat yang bernama Irenicus.

Alur cerita yang disajikan di dalam game ini sangat seru dan menegangkan, kamu juga akan diajak berpetualang ke dunia fantasi yang menantang.

Gami ini memang tidak sepopuler seperti game RPG yang lainnya, mungkin karena game berbayar sehingga menghambat para gamer untuk mencobanya.

Ya, untuk bisa memainkan game ini kamu perlu membayarnya terlebih dahulu sekitar Rp.100.000,-.

16. Legendary Warrior

legendary warrior

Game RPG besutan Zonmob Game Studio ini menuntut para pemain untuk bertarung melawan monster-monster jahat yang telah membuat kekacauan. Tugas kamu adalah menuntaskan semua monster yang ada.

Pada setiap pertarungan, kamu akan mendapatkan hadiah berupa uang, uang ini bisa kamu gunakan untuk membeli senjata, skill dan sebagainya agar karakter yang kamu gunakan bisa menjadi lebih kuat saat bertarung.

Total ada 30 peta yang perlu kamu selesaikan. Tentunya setiap peta punya variasi permainan yang berbeda-beda yang dapat membuat permainan menjadi lebih seru dan menegangkan.

17. Battleheart Legacy

battleheart legacy

Meskipun Mika Mobile mengusung game Battleherat Legacy dengan grafis 3D yang sederhana, namun alur permainan yang ada di dalam game ini dapat membuat siapapun ketagihan.

Lebih dari 200 karakter dan 150 skill siap digunakan untuk berperang melawan musuh yang jahat. Tentunya setiap karakter punya skill yang berbeda-beda.

Di dalam game Battleherat Legacy kamu akan berperang melawan penyihir, monster dan musuh-musuh jahat yang lainnya.

Singkatnya, di dalam permainan ini tugas kamu adalah mengalahkan musuh yang mencoba menghalangi jalanmu.

Yang nggak kalah kerennya lagi, kamu bisa memainkan game ini sepenuhnya secara gratis bahkan tanpa iklan lho.

18. Crashlands

crashlands

Crashlands merupakan game RPG offline petualangan yang cukup menegangkan. Ceritanya dimulai ketika kamu terdampar di planet asing bernama Woanope.

Di planet tersebut kamu harus bisa bertahan hidup dan bersosialisasi dengan makhluk mengerikan, entah itu mencari teman baru ataupun membangun rumah sendiri.

Saat berpetualangan kamu juga akan menemukan berbagai item yang dapat digunakan untuk bertahan hidup, total ada 500 item yang bisa kamu temukan di dalam game Crashlands ini.

Pegel mainin langsung di smartphone? nggak perlu khawatir karena game ini juga bisa kamu mainkan dengan Joystick.

Jika tertarik dengan game Butterscotch Shenanigans ini, pastikan kamu menggunakan smartphone android yang sudah menggunakan Android 5.0 dan RAM 1 GB, agar game ini bisa berjalan dengan lancar.

19. Arcane Quest 3

arcane quest 3

Suka dengan game klasik? Arcane Quest 3 bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya game RPG role-playing yang dibuat oleh Nex Game Studio ini memadukan konsep petualangan dan strategi untuk menuntaskan misi balas dendam.

Tersedia 10 kelas petualangan yang bisa kamu pilih, tugas kamu adalah mengalahkan penyihir jahat dan mayat hidup.

Selain itu game ini juga menyediakan mode multiplayer, yang bisa kamu gunakan untuk melawan pemain lain secara real-time.

20. Dark Sword

dark sword

Dark Sword merupakan game RPG yang mengusung konsep permainan side-scrolling dan gameplay slash. Dark Sword menyediakan lebih dari 100 tantangan, dengan misi utamanya adalah mengalahkan naga hitam.

Namun sebelum kamu bisa mengalahkan naga hitam, kamu harus melewati tantangan yang ada. Untuk bisa bertempur dengan kuat, ada 150 skill yang bisa kamu gunakan untuk mengalahkan lawan.

Meskipun game RPG ini bisa kamu mainkan secara offline, namun Dark Sword juga menyediakan fitur PvP yang bisa kamu gunakan untuk melawan pemain lain yang ada di seluruh dunia.

21. Knights of Pen & Paper

knights of pen & paper

Lagi nyari game RPG offline yang unik dan berbeda dari pada umumnya? Knights of Pen & Paper bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Yups, game yang dikembangkan oleh Paradoc Interactive AB ini memang terlihat lebih unik karena dikemas dengan grafik 8-bit yang sangat sederhana.

Meskipun demikian game ini juga tidak kalah seru dengan game sebelumnya, di dalam game ini kamu akan memainkan karakter anak kecil yang hobi bermain kartu.

Kerennya lagi, gambar latar belakang tempat duduk yang ada di dalam game ini akan berubah-ubah sesuai dengan misi yang sedang kamu jalani. Kamu juga harus mengalahkan monster yang ada untuk menaikkan level permainan.

22. Superbrothers Sword & Sworcery

superbrother sword & sworcery

Game RPG offline terakhir yang perlu kamu pertimbangkan adalah game besutan Noodlecake Studio Inc ini.  Superbrothers Sword & Sworcery mengusung konsep petualangan yang menegangkan dan penuh misteri.

Game ini juga dikemas dengan audiovisual yang cukup epik, sehingga saat memainkannya kamu tidak akan cepat bosan. Di sini tugas kamu adalah melawan monster jahat sambil memecahkan misteri yang ada di setiap misi.

Baca juga:

Akhir Kata

Itulah deretan game RPG offline android terbaik di 2019 menurut Sipitek.

Tentunya dengan memainkan salah satu game di atas kamu nggak perlu khawatir kuota jebol, karena semuanya bisa kamu mainkan tanpa koneksi internet.

Jika kamu punya rekomendasi game RPG yang lebih seru dan sering kamu mainkan, jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here