game open world

Game open world merupakan salah satu jenis game yang cukup diminati oleh para gamers, kalau Anda menyukai game petualangan pasti akan menyukai game yang satu ini. Pasalnya, di dalam game yang akan Sipitek ulas kali ini Anda bisa berpetualang dan melakukan berbagai macam aktivitas seperti halnya di dunia nyata.

Tidak hanya itu saja, sebagian besar game open world juga hadir dengan peta yang cukup luas yang bisa dieksplorasi sesuai dengan keinginan Anda. Kebebasan untuk mengeksplorasi dunia menjadi salah satu keunggulan dari game yang satu ini.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa game open world terbaik yang bisa Anda mainkan secara offline maupun online di smartphone Android. Gak hanya GTA atau Minecraft saja, nyatanya ada banyak game yang tak kalah seru dengan game tersebut.

Akan tetapi setiap game tentunya menawarkan gameplay yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih game yang tepat dan sesuai dengan selera keseruan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

25 Game Open World Terbaik di Android

1. Roblox

Roblox

Telah dimainkan oleh lebih dari 100 juta pengguna Android, game yang dikemas dengan grafis 3D yang cukup imersif ini hadir dengan beragam fitur menarik. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di dalam game ini, mulai dari balapan, menjadi pahlawan super, membangun beragam bangunan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, jika Anda kurang puas dengan permainan yang telah disediakan, Anda juga bisa menciptakan permainan sendiri sesuai dengan keinginan. Di dalam game ini Anda juga bisa berinteraksi dengan pemain lain dari seluruh dunia secara real-time.

Menariknya lagi, Anda juga bisa membuat karakter sendiri sesuai dengan keinginan menggunakan berbagai perlengkapan yang telah disediakan, seperti topi, pakaian, desain wajah, dan lain sebagainya.

Fitur chatting juga turut disematkan di dalam game ini, dengan adanya fitur ini Anda bisa melakukan percakapan dengan para pemain lain dari seluruh dunia.

2. Gangstar Vegas

Ganstar Vegas

Gak mau kalah dengan pengembang game yang lainnya, salah satu developer game yang cukup tersohor dalam industri game juga punya game open world yang cukup seru dan penuh dengan tantangan, yaitu Gangstar Vegas.

Game yang dikembangkan oleh Gameloft ini menyediakan lebih dari 80 misi yang penuh dengan tantangan, mulai dari misi melakukan pencurian, berperang dengan geng lain, membasmi zombie, dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika Anda ingin bermain dengan bebas tanpa menyelesaikan misi tertentu, Gangstar Vegas menyediakan fitur tersebut, dimana Anda bisa mengeksplorasi kota yang berukuran 9x lebih besar dari game Gangstar pada seri sebelumnya.

3. Minecraft

minecraft

Lagi nyari game open world yang dikemas dengan peta yang luas? Minecraft merupakan game yang tepat untuk Anda. Pasalnya, di dalam game ini Anda bisa mengeksplorasi dunia tanpa batas dan membangun berbagai macam jenis bangunan, mulai dari rumah, instana, dan lain sebagainya.

Selain bisa mengeksplorasi dunia tanpa batas, game besutan Mojang ini juga menyediakan beberapa mode permainan, mulai dari mode bertahan hidup, membuat senjata, mengusir mob, dan lain sebagainya.

Bosan main sendirian? Tak perlu khawatir, karena game ini menyediakan fitur multiplayer via WiFi, dimana Anda bisa bermain dengan teman secara offline di smartphone yang berbeda yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

4. Arcane Legends MMO-Action RPG

Arcane Legends MMO-Action RPG

Arcane Legends merupakan game open world yang memadukan antara elemen RPG dan MMORPG. Di dalam game ini Anda dapat berpetualang dan melakukan beragam aktivitas yang cukup menegangkan, mulai dari melawan bos, mencari harta karun, mengumpulkan hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa berpetualang bersama-sama secara serempak dengan pemain lain dari seluruh dunia secara real-time untuk melewati hutan dan istana maupun melawan naga dan kekuatan jahat lainnya.

Menariknya lagi, game beustan Spacetime Studios ini juga menyediakan item dan persenjataan yang cukup lengkap yang bisa digunakan untuk memperkuat karakter. Selain itu, Arcane Legends juga menyediakan tiga mode permainan PvP, yaitu captuler the flag, deathmatch, dan duels.

5. Six-Guns: Gang Showdown

six gun gang showdown

Nyari game open world yang punya banyak tantangan? Six-Gun: Gang Showdown merupakan game yang wajib Anda pertimbangkan. Di dalam game ini Anda akan ditugaskan untuk menjelajahi peta terbuka yang luas bernama Wild West yang penuh dengan misteri, bandit, hingga musuh supernatural yang cukup menyeramkan.

Selain bisa mengkesplorasi dunia dengan bebas, game besutan Gameloft ini juga menyediakan lebih dari 40 misi dengan tantangan yang berbeda-beda, mulai dari menghancurkan perampok, menahan serbuan musuh, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir, karena nantinya Anda juga bisa mengendarai salah satu dari 8 kuda yang telah disediakan dan menggunakan lebih dari 19 senjata yang mematikan.

6. Payback 2 – The Battle Sandbox

Payback 2 - The Battle Sandbox

Payback 2 merupakan game open world yang hampir mirip dengan GTA, di dalam game ini ada bisa menjelajahi dunia dan melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari mengendarai mobil, pesawat, berkelahi, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, game besutan Apex Designs Entertainment ini juga menyediakan beberapa misi yang cukup menantang, mulai dari balapan mobil biasa, balapan mobil roket, bentrok besar-besaran, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, di dalam game ini Anda juga bisa berinteraksi dengan pemain lain secara real-time.

7. School of Chaos

School of Chaos

Sesuai dengan namanya, School of Chaos merupakan game yang dikemas dengan lingkungan sekolahan. Akan tetapi sekolahan yang ada di sini menjadi kacau ketika para guru hilang diculik oleh sekelompok zombie yang menyeramkan.

Di dalam game ini Anda bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari membangun rumah, memelihara hewan, mencari barang langka, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, School of Chaos juga menyediakan lebih dari 30 misi pertempuran yang cukup menantang.

8. Crazy Taxi City Rush

Crazy Taxi City Rush

Game open world nyatanya gak hanya hadir dengan konsep permainan peperangan saja, akan tetapi di dalam game Crazy Taxi City Rush, Anda akan ditantang untuk menjadi seorang sopir taksi yang harus mengantarkan penumpang ke tempat tujuannya dengan tepat waktu.

Akan tetapi game yang dikembangkan oleh SEGA ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan pemain untuk mengeksplorasi dunia sesuai dengan keinginannya tanpa harus menyelesaikan misi tertentu.

Menariknya lagi, mobil yang Anda gunakan di dalam game ini juga bisa digunakan untuk bermanuver ria, seperti memacunya dengan kecepatan tinggi, drifting, dan lain sebagainya.

9. Dude Theft Wars

Dude Theft Wars

Kalau dilihat dari segi grafisnya, game open world yang diusung oleh Poxel Studios ini memang dikemas dengan grafis kartun. Akan tetapi jika Anda lebih mengutamakan keseruan dan kebebasan, Dude Theft Wars juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, di dalam game ini Anda bisa mengeksplorasi kota sesuai dengan keinginan Anda, bahkan Anda juga bisa berbuat rusuh dan menjahili orang lain lho. Tidak hanya itu saja, game yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga menyediakan beragam senjata populer, seperti AK47, Shotgun, SMG, dan lain sebagainya.

Anda bisa membeli senjata-senjata tersebut di toko senjata yang telah disediakan di dalam game ini. Menariknya lagi, di dalam game Dude Theft Wars karakter yang Anda mainkan juga bisa digunakan untuk mengendarai mobil, seperti mobil monster, Ramp Car, dan lain sebagainya.

10. Godus

Godus

Gameplay yang dihadirkan di dalam Godus agak berbeda dari game open world yang lainnya. Pasalnya, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai dewa yang disembah oleh para penduduk yang ada di dalam game ini.

Meskipun demikian, game besutan 22cans ini juga menyediakan beragam misi yang cukup seru dan menantang, salah satunya adalah mengajak para penduduk untuk tumbuh dari zaman primitif ke zaman yang lebih maju dan punya beragam teknologi canggih.

11. Vast Survival (Multiplayer) Open World

Vast Survival (Multiplayer) Open World

Lagi nyari game open world yang menantang? Vast Survival (Multiplayer) Open World merupakan game yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai karakter yang harus bisa bertahan hidup di medan pertempuran seluas 100 KM.

Di dalam game ini ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari membuat kerajinan, membangun rumah, membangun pangkalan militer, berburu, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, game yang dikemas dengan grafis 3D yang cukup realistis ini juga menyediakan fitur voice chatting, dengan adanya fitur ini Anda bisa melakukan percakapan suara dengan pemain lain secara real-time.

12. Off The Road – OTR Open World Driving

Off The Road - OTR Open World Driving

Kalau Anda suka memainkan game balapan mobil yang penuh dengan tantangan, pasti Anda akan menyukai game yang satu ini. Yap, di dalam game Off The Road, Anda tidak akan ditantang untuk beradu kecepatan dan menjadi yang terdepan, akan tetapi di dalam game ini Anda bisa menjelajahi berbagai tempat sesuai dengan keinginan Anda.

Mulai berkendara mengunjungi sebuah pulau, puncak gunung, padang pasir, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, di dalam game Off The Road, Anda juga tidak hanya bisa mengendarai mobil saja, akan tetapi Anda juga bisa mengendarai pesawat, kapal, dan lain sebagainya untuk mengeksplorasi dunia tanpa batas.

13. Galxy on Fire 2 HD

Galxy on Fire 2 HD

Diklaim sebagai game open world Android sci-fi terbaik saat ini, di dalam game Galaxy on Fire 2 HD, Anda akan ditantang untuk mengeksplorasi galaksi yang luas yang berisi lebih dari 100 planet dan stasiun ruang angkasa menggunakan pesawat berteknologi tinggi.

Selain bisa mengeksplorasi galaksi dengan bebas, Anda juga bisa menyelesaikan berbagai misi yang telah disediakan. Tidak hanya itu saja, game yang dikembangkan oleh Deep Silver ini juga dikemas dengan grafis 3D berkualitas tinggi yang dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih nyata.

14. Grand The Auto: San Andreas

Grand Theft Auto San Andreas

Bagi para penggemar game open world pasti sudah tak asing lagi dengan game yang satu ini. Nyatanya game Grand The Auto: San Android atau GTA tidak hanya bisa dimainkan di game konsol saja, akan tetapi saat ini Anda juga bisa memainkannya melalui smartphone Android.

Akan tetapi gameplay yang dihadirkan di dalam game ini mirip seperti permainan yang ada di dalam game konsol, dimana Anda akan berperan sebagai karakter bernama CJ yang bisa melakukan berbagai hal seperti halnya di dunia nyata.

Namun misi utama Anda di dalam game ini adalah menyelamatkan keluarganya dari para penjahat yang mengerikan. Di dalam game ini, Anda bisa mengeksplorasi tiga kota dengan nuansa yang berbeda-beda yaitu Los Santos, San Fierro, dan Las Venturas.

15. Terraria

Terraria

Nyari game open world yang menyediakan peta yang luas? Terraria merupakan game yang wajib Anda coba. Pasalnya, game yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini hadir dengan peta yang tersusun dari 4200 x 1200 ubin.

Game besutan 505 Games Sri ini juga dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap, diantaranya tersedia lebih dari 1360 resep crafting seperti senjata, dan lebih dari 450 musuh dengan desain dan kekuatan yang berbeda-beda.

Menariknya lagi, Terraria juga menyediakan fitur multiplayer yang bisa Anda gunakan untuk bermain bersama teman secara offline yang terhubung ke koneksi WiFi yang sama hingga 4 pemain sekaligus.

16. Goat Simulator

Goat Simulator

Goat Simulator merupakan game open world Android yang tepat untuk Anda yang sedang mencari game yang lucu dan konyol. Pasalnya, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai kambing konyol yang bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti halnya kambing di dunia nyata.

Mulai dari menyeruduk orang-orang yang berkumpul hingga menabrakkan diri ke kereta yang sedang melintas. Game besutan Coffe Stain Publishing ini memang agak konyol, akan tetapi jika Anda lebih mengutamakan keseruan, Goat Simulator bisa menjadi pilihan yang tepat.

17. Survival Island: EVO PRO

Survival Island EVO PRO

Survival Island merupakan game yang akan menantang para pemain untuk bisa bertahan hidup di alam liar. Di dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang karakter yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Selain bisa mengeksplorasi pulau dengan bebas, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas, mulai dari mencari makanan, membuat peralatan primitif, membangun rumah dan tempat berlindung, dan lain sebagainya.

18. Survivalcraft

Survivalcraft

Sama seperti game sebelumnya, di dalam game Survivalcraft, Anda juga akan berperan sebagai karakter yang terdampar di dunia yang tak terbatas. Di dalam game ini Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari menambang sumber daya, membuat senjata dan kerajinan, membuat jebakan, berburu, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, game besutan Candy Rufus Games ini juga memungkinkan pemain untuk membangun tempat berlindung, mengendarai hewan seperti kuda, dan lain sebagainya, bahkan pemain juga bisa membangun aliran listrik sendiri sesuai dengan keinginannya untuk menerangi malam yang gelap.

19. Mines of Mars Scifi Minging RPG

Mines of Mars Scifi Mingin RPG

Sesuai dengan namanya, di dalam game Mines of Mars Scifi Minging RPG, Anda akan berperan sebagai karakter yang ditugaskan untuk mengeksplorasi planet Mars yang penuh dengan misteri dan rahasia.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir, karena game besutan Crescent Moon Games ini menyediakan beragam senjata dan item yang dapat membantu Anda ketika berpetualang.

20. Assassin’s Creed Identity

Assassins Creed Identity

Assassin’s Creed Identity merupakan game open world Android yang dikemas dengan elemen RPG. Game besutan Ubisoft Entertainment ini akan menantang para pemain untuk menjelajahi lokasi yang penuh misteri bernama Italian Renaissance.

Selain bisa mengeksplorasi dengan bebas, Anda juga bisa menyelesaikan puluhan misi menegangkan yang telah disediakan di dalam game ini. Tidak hanya itu saja, pemain juga bisa menyesuaikan sendiri perlengkapan yang akan digunakan, mulai dari pakaian, senjata, dan lain sebagainya.

21. Crashlands

crashlands

Dari semua game open world yang berhasil Sipitek rangkum, Crashlands merupakan game dengan rating tertinggi di Google Play Store yaitu 4,8. Tak heran kalau game besutan Butterscotch Shenanigans ini diminati oleh banyak pengguna Android, mengingat selain menyediakan peta yang luas Carhslands juga menyediakan fitur yang cukup lengkap.

Di dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang karakter yang terdampar di planet asing yang penuh dengan misteri. Anda juga akan dituntut untuk mempelajari makhluk hidup yang ada di planet tersebut dan menghancurkan monster-monster jahat.

Game yang menyediakan lebih dari 150 item craftable ini juga akan menuntut para pemain untuk punya keterampilan bertempur yang mumpuni, karena nantinya Anda akan berhadapan dengan musuh-musuh yang kuat dan menyeramkan.

Tertarik untuk memainkannya? Pastikan Anda menggunakan smartphone Android dengan RAM minimal 1 GB supaya game ini bisa berjalan dengan baik.

22. Oddworld: Stranger’s Wrath

Oddworld Stranger's Wrath

Nyari game open world Android yang dikemas dengan grafis HD? Oddworld: Stranger’s Wrath merupakan game yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, grafis yang disuguhkan di dalam game ini memang sangat detail dan dapat membawa Anda merasakan pengalaman bermain yang lebih nyata.

Tidak hanya itu saja, game besutan Oddworld Inhabitants Inc ini juga memungkinkan pemain untuk menjelajahi berbagai daerah, mulai dari perkotaan, hutan lebat, hingga pusat industri.

23. Zaptiye: Open World Action Adventure

Zaptiye Open World Action Adventure

Zaptiye merupakan game open world Android yang dikemas dengan alur cerita pertempuran yang terjadi di kota Konstantinopel pada abad ke-19. Di dalam game ini, Anda akan berperan sebagai karakter yang bisa melakukan beragam aktivitas, mulai dari menghancurkan para penjahat, mengendarai kuda, melawan pencuri, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, game yang dikembangkan oleh Pilav Produksiyon ini juga membebaskan para pemain untuk menyesuaikan karakter sesuai dengan keinginannya, entah itu dari persenjataannya, keterampilannya, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Zaptiye juga menyediakan fitur peta yang dapat memudahkan Anda ketika mengunjungi lokasi tertentu, nantinya Anda akan diberi petunjuk supaya bisa sampai dengan mudah ke lokasi tersebut.

24. The Escapists: Prison Escape

The Escapists Prison Escape

The Escapists merupakan game open world Android terbaik yang penuh dengan tantangan. Di dalam game ini Anda akan berperan sebagai seorang karakter yang harus melarikan diri dari penjara yang penuh dengan tindakan kejahatan.

Tentu tidak mudah untuk keluar dari penjara tersebut, karena selain penjagaannya yang ketat, penjara tersebut juga tidak dilengkapi dengan pintu dan jendela. Game besutan Team 17 Digital Limited ini akan menantang para pemain untuk bisa berfikir licik dan strategis supaya bisa keluar dari penjara tersebut.

25. Ravensword

Ravensword

Game open world Android terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Ravensword. Game yang dikembangkan oleh Crescent Moon Games ini akan mengajak para pemain untuk menjelajahi dunia yang luas yang dikemas dengan grafis yang cukup rinci.

Ketika mengeksplorasi dunia, Anda akan bertemu dengan makhluk-makhluk mengerikan yang siap menghentikan langkah Anda, termasuk makhluk prasejarah seperti dinosaurus.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, karena karakter yang Anda mainkan di dalam game ini juga dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap, mulai dari busur, palu, dan berbagai item keren lainnya.

Itulah deretan game open world terbaik di Android yang bisa dimainkan secara offline maupun online. Nyatanya gak cuma GTA dan Minecraft saja, ada banyak game open world yang lain yang gak kalah seru dari kedua game tersebut. Mana yang paling seru menurut Anda?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here