Rindu dengan game jadul yang biasa dimainkan saat masa kecil dulu tapi konsol game yang biasa digunakan sudah tidak ada? Tak perlu khawatir, karena saat ini sebagian besar game yang dulu populer sudah bisa dimainkan melalui smartphone Android.

Dengan memainkannya melalui smartphone Android tentunya Anda tak perlu ribet membeli konsol game khusus yang harganya mahal, selain itu Anda juga bisa bernostalgia di mana saja dan kapan saja.

Sebetulnya ada banyak game jadul tahun 90an yang bisa kita mainkan di Android, akan tetapi di sini Sipitek hanya akan mengulas yang terbaik saja. Selain itu setiap game tentunya juga hadir dengan gameplay yang berbeda-beda.

Nah supaya Anda bisa memilih game jadul yang tepat dan sesuai dengan selera keseruan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

15 Game Jadul Terbaik di Android

1. Ludo King

ludo king

Masih ingat dengan permainan papan yang satu ini? Yap, dulu untuk memainkan permainan ini kita perlu membawa peralatan permainan yang ribet, akan tetapi saat ini Anda bisa memainkannya di mana saja dan kapan saja melalui smartphone Android.

Selain itu, dengan memainkan game Ludo King, Anda juga tak perlu ribet mencari teman bermain karena game yang dikembangkan oleh Gametion Technologies Pvt Ltd ini dilengkapi dengan fitur multiplayer WiFi dan online yang dapat mempertemukan Anda dengan para pemain lain dari berbagai belahan dunia.

Meskipun demikian, Anda juga tetap bisa bernostalgia meskipun tak punya kuota internet, karena Ludo King juga menyediakan mode offline. Sama seperti di dunia nyata, di dalam game ini pemain harus bisa melangkah dari petak pertama hingga petak terakhir sesuai dengan angka dadu yang keluar.

2. PAC-MAN

pac-man

Kalau Anda sering memainkan game di konsol Nintendo pasti sudah tak asing lagi dengan game yang satu ini. Yap, Game yang dikembangkan oleh BANDAI NAMCO Entertainment America Inc ini merupakan game jadul Nintendo yang hadir dengan gameplay yang seru dan bikin nagih.

Gameplay yang disuguhkan masih sama seperti dulu, dimana pemain akan ditugaskan untuk memandu PAC-MAN supaya ia bisa melahap semua pac-dots dan buah-buahan yang ada di area permainan. Anda juga harus berhati-hati, karena ada Geng Hantu jahat yang siap menghentikan PAC-MAN.

Tak hanya konsep permainannya saja yang mirip, akan tetapi suara latar belakang permainan juga masih menggunakan suara jadul yang biasa kita dengar pada permainan PAC-MAN dulu.

3. Yu-Gi-Oh! Duel Links

yu-gi-oh duel links

Yu-Gi-Oh! Duel Links merupakan game jadul bergenre kartu yang seru dan menegangkan. Konsep permainan yang disuguhkan di dalam game ini masih sama seperti dulu, dimana pemain akan bertarung menggunakan kartu karakter dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Ada banyak karakter yang bisa Anda temukan di dalam game ini, mulai dari Yami Yugi, Jaden Yuki, Seto Kaiba, Yusei Fudo, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, game besutan KONAMI ini juga menyediakan fitur multiplayer online.

Dengan adanya fitur ini Anda dapat bertanding dengan para pemain Yo-Gi-Oh dari seluruh dunia, sehingga Anda tak perlu ribet mencari lawan tanding seperti masa kecil dulu.

4. DRAGON BALL LEGENDS

DRAGON BALL LEGENDS

Lagi nyari game jadul di Android yang cocok dijadikan sebagai teman untuk nostalgia? DRAGON BALL LEGENDS merupakan game yang wajib Anda coba. Pasalnya, pada tahun 90an game yang dikembangkan oleh BANDAI NAMCO Entertaintment Inc ini memang cukup populer.

Konsep permainan yang disuguhkan di dalam game ini masih sama seperti dulu, di dalam game bergenre fighting ini pemain akan bertarung dan beradu kekuatan super 1 vs 1. Tak perlu ribet mencari lawan tanding, karena DRAGON BALL LEGENDS dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk bertarung secara real-time dengan pemain lain.

5. Bounce Classic

Bounce Classic

Kalau dulu Anda pernah menggunakan ponsel Nokia jadul pasti sudah tak asing lagi dengan game yang satu ini. Yap, Bounce Classic merupakan permainan zaman dulu yang biasa ditemukan pada ponsel Nokia, biasanya permainan ini dijadikan sebagai teman disaat pulsa lagi melompong.

Selain dikemas dengan grafis yang sama seperti dulu, game besutan Genius ini juga hadir dengan suara latar belakang dan efek permainan yang sama. Selain itu, Bounce CLassic juga menyediakan 11 level permainan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Di dalam game ini pemain akan ditantang untuk mengumpulkan cincin dan mencari garis finish dengan melewati berbagai macam rintangan, termasuk duri dan lain sebagainya.

6. TETRIS

TETRIS

TETRIS merupakan salah satu game jadul yang hadir dengan gameplay yang seru dan tidak membosankan, dulu game besutan ELECTRONIC ARTS ini biasanya menjadi pelaku yang membuat kita lupa waktu.

Meksipun hadir dengan grafis yang lebih modern, game yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini masih dikemas dengan gameplay yang sama seperti dulu, dimana tugas pemain adalah menyusun balok dengan rata.

Selain itu game ini juga menyediakan beberapa mode permainan, mulai dari mode maraton dan lain sebagainya. Menariknya lagi, game TETRIS yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur papan skor yang dapat dilihat oleh para pemain dari seluruh dunia.

7. Snakes & Leadders King

ular tangga raja

Snakes & Leadders King juga merupakan salah satu permainan papan yang biasa dimainkan oleh anak-anak tahun 90an. Akan tetapi saking serunya permainan sederhana ini juga cukup diminati oleh anak-anak masa sekarang.

Dengan memainkannya melalui melalui smarphone Android, tentunya Anda tak perlu ribet lagi membawa papan khusus dan mencari lawan tanding. Pasalnya, Snakes & Leadders King menyediakan fitur multiplayer online yang dapat secara otomatis mempertemukan Anda dengan pemain lain.

Meskipun demikian, game ular tangga besutan Mobirix ini juga bisa dimainkan secara offline, Anda bisa bermain dengan melawan komputer atau bisa juga bermain dalam mode survival.

8. Snake Xenzia Rewind 97 Retro

Snake Xenzia Rewind 97 Retro

Selain game Bounce, Snake Xenzia juga merupakan salah satu permainan yang biasa dimainkan di ponsel Nokia jadul. Meskipun dikemas dengan gameplay yang sederhana, game yang awalnya dikembangkan oleh developer asal Rusia ini juga cukup nagih.

Di dalam game ini pemain akan ditantang untuk mengontrol ular kecil supaya ia bisa memakan banyak buih yang ada di area permainan, semakin banyak buih yang berhasil dimakan maka ular tersebut juga akan semakin panjang dan skor yang Anda dapatkan juga akan semakin besar.

Untuk mengobati rasa rindu para pemainnya, game besutan HALA Games ini dikemas dengan grafis yang sangat mirip, bahkan ponsel Nokia jadul juga akan terlihat ketika Anda memainkannya.

9. SAMURAI SHOWDOWN II

SAMURAI SHOWDOWN II

SAMURAI SHOWDOWN II merupakan game pertarungan 1 vs 1 dimana Anda akan berperan sebagai pahlawan berpedang samurai. Sama seperti dulu, di dalam game ini Anda ditugaskan untuk melawan berbagai macam jenis karakter dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Ada banyak karakter yang bisa Anda temukan di dalam game ini, mulai dari Nakoruru, Haohamaru, Hanzo Hattori, Jubei Yagyu, Genju Kibagami, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, game yang dikembangkan oleh SNK CORPORATION ini juga hadir dengan kontrol yang mudah digunakan, sehingga meskipun dimainkan melalui smartphone Android, Anda tidak akan kesulitan ketika memainkannya.

10. METAL SLUG X

METAL SLUG X

METAL SLUG X merupakan game petualangan yang biasa dimainkan di game konsol PlayStation 1. Akan tetapi saat ini Anda juga bisa menikmati keseruannya melalui smartphone Android.

Sama seperti dulu, di dalam game ini tugas Anda adalah berpetualang dan menghancurkan bos dan karakter musuh yang menyeramkan, semakin jauh petualangan Anda maka akan semakin sulit pula musuh yang harus Anda hadapi.

Bosan main sendirian? Tak perlu khawatir, karena METAL SLUG X dilengkapi dengan fitur multiplayer bluetooth, dengan adanya fitur ini Anda bisa berpetualang dan menghancurkan bos bersama teman secara offline.

11. FINAL FANTASY TACTICS : WotL

FINAL FANTASY TACTICS WotL

FINAL FANTASY merupakan game bergenre RPG yang dirilis pada tahun 1997, game besutan SQUARE ENIX Co Ltd ini sangat populer di konsol game Playstation bahkan menurut catatan game ini telah terjual lebih dari 2,4 juta copy di seluruh dunia.

Akan tetapi jika Anda ingin bernostalgia memainkan game ini, Anda tak perlu ribet membeli konsol game Playstation karena saat ini game FINAL FANTASY sudah bisa dimainkan melalui smartphone Android.

Meskipun demikian, konsep permainannya masih mirip seperti FINAL FANTASY zaman dulu. Selain itu game ini juga hadir dengan kontrol yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga Anda juga tidak akan kesulitan meskipun pertama kali memainkannya.

12. Grand Theft Auto: San Andreas

Grand Theft Auto San Andreas

Tidak hanya FINAL FANTASY saja, Grand Theft Auto: San Andreas juga merupakan salah satu game open world yang cukup populer yang biasa dimainkan pada game konsol Playstation 2.

Game yang dikembangkan oleh Rockstar Games ini hadir dengan alur cerita yang sama seperti game GTA zaman dulu, di dalam game ini Anda akan berperan sebagai CJ yang harus menyelamatkan keluarganya yang sedang dalam kondisi bahaya.

Ada tiga kota yang bisa Anda jelajahi di dalam game ini, yaitu Los Santos, Las Venturas, dan San Fierro. Menariknya lagi, selain menyediakan tiga skema kontrol yang berbeda, game yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga bisa dimainkan dengan gamepad.

13. STRIKERS 1945-2

STRIKERS 1945-2

Tidak hanya permainan konsol game PlayStation dan Nintendo saja, akan tetapi ada juga game dingdong yang bisa Anda mainkan melalui smartphone Android, salah satu adalah STRIKERS 1945-2.

Game pesawat tempur yang dikemas dengan alur cerita Perang Dunia II ini hadir dengan grafis dan konsep permainan yang mirip seperti permainan pesawat tempur yang biasa ditemukan pada konsol game dingdong.

Di dalam game ini pemain akan bertempur menggunakan pesawat tempur untuk menghancurkan pesawat musuh maupun pangkalan militer. Anda juga bisa bermain bersama teman hingga empat orang sekaligus untuk bekerjasama menyelesaikan misi yang ada.

14. Streets of Rage Classic

streets of rage classic

Kalau dulu Anda suka bermain game melalui konsol game Sega pasti sudah tak asing lagi dengan game yang satu ini. Yap, Streets of Rage Classic merupakan game pertarungan yang cukup populer yang biasa dimainkan pada konsol game Sega.

Game besutan SEGA ini hadir dengan grafis dan alur cerita yang mirip seperti dulu. Di dalam game ini Anda akan berperan sebagai Mr X yang ditugaskan untuk bertarung dan menertibkan kota dari para preman jahat.

Menariknya, Streets of Rage Classic juga dibekali dengan fitur multiplayer Wi-Fi lokal yang bisa digunakan tanpa kuota internet, sehingga Anda juga bisa bekerjasama dengan teman untuk memberantas preman jahat.

15. Beyond Oasis Classic

Beyond Oasis Classic

Game jadul terbaik yang terakhir yang cocok dimainkan untuk nostalgia dan mengobati rasa rindu pada permainan masa kecil dulu adalah Beyond Oasis Classic. Sama seperti dulu, game yang masih dikembangkan oleh SEGA ini akan menantang para pemain untuk berpetualang dan bertempur dengan makhluk-makhluk jahat yang menyeramkan.

Ada banyak musuh yang harus Anda hadapi di dalam game ini, mulai dari raksasa, zombie, penyihir, dan lain sebagainya. Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan berbagai senjata mematikan untuk menghancurkan makhluk-makhluk tersebut.

Itulah deretan game jadul terbaik di Android yang cocok untuk dijadikan sebagai teman bernostalgia dan mengobati rindu pada masa kecil dulu. Apakah game jadul favorit Anda ada dalam daftar di atas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here