Baterai smartphone yang boros memang kerap kali membuat kita jengkel, baru juga dipakai beberapa jam, eh sudah mau habis. Jangan khawatir, setelah membaca artikel ini kamu tidak akan dibuat jengkel lagi.

Karena kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik yang bisa bikin baterai smartphone kamu lebih awet dan tahan hingga berhari-hari. Tidak bisa dipungkiri, smartphone Android memang memakan banyak daya baterai.

Hal ini disebabkan karena ada banyak aplikasi sistem Android yang berjalan di latar belakang. Akan tetapi tidak semua aplikasi sistem dibutuhkan, yang nggak dibutuhkan saja kadang suka jalan sendiri.

Untungnya di sini Sipitek telah merangkum beberapa aplikasi penghemat baterai Android terbaik di 2019 yang bisa kamu gunakan secara gratis di Android. Setiap aplikasi tentunya memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

Nah biar kamu bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk simak dulu semua ulasannya.

25 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik 2019

1. DU Battery Saver

du battery saver

Telah dipercaya oleh lebih dari 400 juta pengguna Android di seluruh dunia, DU Battery Saver merupakan aplikasi pertama yang Sipitek rekomendasikan.

Dengan menggunakan aplikasi besutan DU APPS STUDIO ini kamu dapat menghemat baterai hanya dalam satu kali sentuhan saja.

Aplikasi ini nantinya akan secara otomatis menemukan dan memperbaiki masalah yang dapat membuat boros baterai.

Tidak hanya itu saja, DU Battery Saver juga dilengkapi dengan fitur cooler yang dapat mendinginkan CPU smartphone.

Menariknya lagi, ia juga punya fitur pengisian pintar yang dapat menampilkan status pengisian baterai secara langsung ketika smartphone di charger.

Bahkan kamu juga bisa melihat perkiraan waktu pengisian baterai secara akurat hingga baterai terisi penuh.

2. Power Battery

power battery

Power Battery hadir sebagai aplikasi penghemat baterai Adnroid yang profesional dan handal.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Lionmobi ini memungkinkan pengguna untuk memantau seluruh aktivitas aplikasi yang dapat menguras daya baterai.

Kamu dapat menghentikan aplikasi-aplikasi tersebut hanya dalam satu kali sentuhan saja.

Selain itu, kamu juga dapat melihat perkiraan lamanya waktu penggunaan baterai jika aplikasi-aplikasi tersebut dihentikan.

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa menyesuaikan sendiri mode penghemat daya sesuai keinginan.

Seperti membatasi waktu layar menyala, mematikan data seluler atau Wi-Fi dalam jangka waktu tertentu, dan lain sebagainya.

Tidak punya banyak waktu untuk menekan satu kali sentuhan? kamu bisa mengaktifkan fitur perlindungan daya.

Dengan mengaktifkan fitur ini ketika ada aplikasi yang memakan banyak daya baterai, aplikasi ini akan secara otomatis menghentikannya.

3. Battery HD

Battery HD

Aplikasi penghemat baterai selanjutnya adalah Battery HD.

Aplikasi yang diusung oleh Smallte.ch menyodorkan beragam fitur yang tidak hanya bisa digunakan untuk menghemat baterai.

Akan tetapi kamu juga bisa melihat informasi lengkap mengenai penggunaan baterai, mulai dari suhu, tegangan, dan lain sebagainya.

4. Avast Battery Saver

avast battery saver

Gak hanya handal dalam membuat antivirus, Avast juga handal dalam membuat aplikasi penghemat baterai.

Avast Battery Saver diklaim dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 20%.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini memudahkan pengguna untuk menghentikan aplikasi yang tidak diperlukan.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga dapat memilih profil yang sesuai dengan kondisi dan lingkungan.

Avast Battery Saver memiliki lima profil yang berbeda-beda mulai dari profil pintar, rumah, kerja, malam, dan darurat.

Masing-masing profil punya cara kerja yang berbeda-beda untuk menghemat baterai, jadi pastikan kamu memilih profil yang sesuai dengan kondisi kamu.

5. Greenify

greenify

Greenify merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai yang cukup canggih.

Dimana dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengoptimalkan kinerja smartphone dan menghemat baterai layaknya smartphone yang sudah di root.

Greenify dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi dan menghentikan aplikasi-aplikasi nakal dengan cara memasukkannya ke dalam mode hibernasi.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Oasis Feng ini juga tidak membawa layanan yang berjalan di latar belakang.

Bahkan aplikasi ini juga didesain sangat ringan dan membutuhkan CPU yang cukup minim.

Sehingga aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga bisa berjalan dengan lancar di smartphone low-end sekalipun.

6. GO Battery Pro – Battery Saver

go battery pro battery saver

Diklaim sebagai aplikasi penghemat baterai terbaik dan paling ampuh.

Tak tanggung-tanggung, GO Battery Pro memiliki kemampuan untuk menghemat baterai hingga 50% lho.

Aplikasi yang dikembangkan oleh GOMO ini menyediakan tiga mode penghematan yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kondisi dan situasi.

Selain itu GO Baterry Pro juga punya fitur yang dapat mengoptimasi smartphone ketika di isi daya, sehingga daya baterai smartphone bisa terisi dengan cepat.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunuh oleh lebih dari 5 juta kali ini juga dilengkapi dengan fitur pemantau daya yang dapat memberikan peringatan ketika ada aplikasi-aplikasi nakal.

7. Battery Booster Lite

Battery Booster Lite

Nyari aplikasi penghemat baterai yang ringan? Battery Booster Lite merupakan aplikasi yang tepat buat kamu.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang didesain agar bisa bekerja dengan baik di smartphone yang memiliki spesifikasi terbatas.

Bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 6 MB lho.

Meskipun demikian, kemampuan aplikasi besutan AIO Software Technology ini juga cukup handal.

Pasalnya, ia tidak hanya dapat menghemat daya baterai saja, akan tetapi melalui aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui kondisi baterai secara akurat.

Untuk menghemat baterai, Battery Booster Lite bekerja dengan cara menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis.

8. Super Battery

super battery

Super Battery merupakan aplikasi penghemat baterai profesional kelas dunia yang punya segudang fitur canggih.

Diantaranya adalah ftur Power Manager, Energi Analyzer, Smart Charger, CPU Cooler, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang diusung oleh Hawk App ini diklaim mampu menghemat baterai hingga 25%.

Super Battery mampu beralih mode secara otomatis ketika daya baterai sudah lemah, sehingga meskipun sudah lemah baterai bisa tetap digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Tidak hanya itu saja, fitur pembersih sampah yang disematkan juga dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja smartphone.

9. dfndr battery

dfndr battery

dfndr battery memungkinkan pengguna untuk menghemat baterai hanya dengan sekali sentuhan saja.

Berkat fitur Quick Optimization aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan yang berjalan di latar belakang akan dihentikan secara otomatis.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan PSafe ini juga dilengkapi dengan fitur battery cooler yang dapat menurunkan suhu baterai.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari dfndr battery adalah Screen Saver, fitur ini diklaim dapat menghemat baterai hingga 30%.

Fitur ini dapat mengoptimalkan pengguna daya baterai yang dihabiskan oleh kecerahan layar smartphone, namun tanpa menurunkan kecerahannya.

10. Kaspersky Battery Life

kasperky battery life

Sama seperti Avast, Kaspersky juga gak cuma handal dalam membuat antivirus, akan tetapi perusahaan asal Rusia ini juga punya aplikasi penghemat baterai yang menawarkan beragam fitur.

Meskipun jumlah penggunannya tidak sebanyak seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi besutan Kaspersky Lab ini cukup berhasil membuat para penggunannya merasa puas.

Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini mendapatkan rating yang cukup baik, yaitu 4,8.

Kaspersky Battery Life dapat memantau dan menghentikan secara otomatis aplikasi yang memakan banyak daya baterai.

Jika ada aplikasi yang tiba-tiba memakan banyak baterai, aplikasi ini juga akan secara otomatis menampilkan peringatan.

Menariknya lagi, Kaspersky Battery Life bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa iklan.

11. AccuBattery

aplikasi penghemat baterai terbaik accubattery

AccuBattery merupakan aplikasi Android yang tidak hanya bisa digunakan untuk menghemat baterai saja.

Akan tetapi aplikasi besutan Digibites ini juga dapat meningkatkan dan melindungi kesehatan baterai hingga 200%.

Umumnya smartphone Android akan menghitung penggunaan baterai sesuai dengan profil vendor smartphone tersebut, seperti penggunaan daya untuk CPU, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dalam prakteknya angka yang ditampilkan tidak begitu akurat.

Dengan menggunakan AccuBattery kamu bisa melihat informasi baterai secara lengkap dan akurat.

Berbeda dengan aplikasi yang lainnya, AccuBattery akan menampilkan informasi dari baterai kontroler yang tertanam di smartphone, sehingga hasilnya juga lebih akurat.

12. Battery Widget Reborn (Free)

Battery Widget Reborn Free

Sesuai dengan namanya Battery Widget Reborn tidak hanya dapat membantu kamu untuk menghemat baterai saja.

Akan tetapi aplikasi ini juga dapat menghiasi tampilan layar smartphone menggunakan widget indikator baterai yang telah disediakan.

Selain itu, aplikasi yang diusung oleh Thomas Hubalek ini juga dilengkapi fitur yang dapat menunjukkan status baterai secara akurat.

Mulai dari perkiraan lamanya waktu baterai bertahan, tegangan, temperatur, dan lain sebagainya.

13. Battery Repair Life

battery repair life

Baterai yang boros tidak hanya bisa disebabkan karena aplikasi yang terpasang di smartphone saja, akan tetapi kesehatan baterai juga bisa menjadi penyebabnya.

Dengan menggunakan Battery Repair Life, kamu dapat meningkatkan dan memperbaiki kesehatan baterai hanya dengan satu kali sentuhan saja.

Melalui aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 1 juta kali ini kamu juga dapat melihat informasi baterai secara lengkap.

Mulai dari informasi indikator suhu, tegangan, teknologi, dan lain sebagainya.

14. GO Battery Saver & Power Widget

go battery saver power widget

GO Battery Saver & Power Widget merupakan aplikasi penghemat baterai Android yang menawarkan beragam fitur menarik, diantaranya penghemat pintar, penguji daya baterai, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh GOMO Go ini juga menyediakan widget untuk meningkatkan performa baterai.

Menariknya lagi, desain widget tersebut juga dapat kamu sesuaikan sendiri sesuka hati.

Kamu juga dapat melihat perkiraan lamanya waktu baterai bertahan jika fitur-fitur seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan yang lainnya dimatikan.

GO Battery Saver & Power Widget juga dilengkapi dengan pengoptimasi pemakaian baterai yang dapat dijalankan dalam sekali sentuhan.

15. Super Battery Saver

super battery saver

Nyari aplikasi penghemat baterai yang ringan? Super Battery Saver merupakan aplikasi yang wajib kamu pertimbangkan.

Pasalnya, aplikasi besutan Pckmn Labs ini memang di desain untuk smartphone low-end yang memiliki spesifikasi terbatas, ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

Meskipun demikian aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu pengguna ini juga dilengkapi dengan beragam fitur yang handal.

Super Battery Saver menyediakan tiga jenis mode yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari saving mode, sleep mode, dan costumized mode.

Masing-masing mode memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

16. Battery Saver HD

battery saver hd

Battery Saver HD merupakan aplikasi penghemat baterai yang diklaim dapat menghemat baterai hingga 50%.

Aplikasi besutan MobiMagic Apps Inc. ini juga dilengkapi dengan fitur sekali klik yang dapat mengoptimasi dan memberhentikan aplikasi yang menghabiskan banyak baterai.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi yang satu ini adalah fitur yang dapat menghentikan aplikasi ketika layar smartphone mati.

Dengan adanya fitur ini, kamu tidak perlu ribet menutup aplikasi tersebut secara manual.

17. Screen Filter

screen filter

Salah satu komponen yang paling banyak memakan daya baterai smartphone adalah kecerahan layar.

Semakin cerah layar maka akan semakin banyak pula daya baterai yang digunakan.

Sebagian besar smartphone Android sebetulnya sudah dilengkapi dengan fitur pengatur kecerahan layar, akan tetapi fitur yang disediakan cukup terbatas.

Dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai bernama Screen Filter ini kamu dapat menikmati beragam fitur yang dapat mengatur kecerahan layar secara gratis.

18. Hibernation Manger

hibernation manager

Smartphone Android memang dirancang untuk dapat bekerja sepanjang waktu.

Bahkan ketika kamu tidak menggunakannya aplikasi-aplikasi yang dapat membuat baterai boros akan tetap berjalan di latar belakang.

Dengan menggunakan aplikasi HHibernation Manager, ketika layar smartphone mati, aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang akan ikut dimatikan.

Aplikasi penghemat baterai besutan Dominika Nozka ini juga diklaim memiliki cara kerja yang paling ampuh daripada aplikasi yang lainnya.

Hibernation Manager dapat digunakan di smartphone yang sudah di root maupun yang belum di root.

Akan tetapi jika kamu ingin menikmati lebih banyak fitur dari aplikasi ini, kamu perlu membuka akses root.

Mau nge-root tapi gak mau ribet? gampang, kamu bisa melakukannya menggunakan aplikasi root.

Jika smartphone kamu sudah di root, Hibernation Manager dapat secara otomatis mengatur frekuensi CPU ke tingkat yang paling rendah.

Sehingga fitur penghemat baterai yang ada di aplikasi ini juga dapat bekerja secara maksimal.

19. Doze – for Better Battery Life

doze for better battery life

Doze bisa menjadi pilihan terbaik jika kamu mencari aplikasi penghemat baterai yang ringan.

Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Pace ini memiliki ukuran yang cukup kecil, tidak lebih dari 3 MB saja.

Doze memiliki kemampuan untuk mendeteksi aplikasi-aplikasi yang memakan banyak daya baterai.

Ketika layar smartphone mati, Doze akan menghentikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu kali ini juga punya fitur menarik bernama CPU Doze.

Fitur ini dapat mengontrol dan mengoptimalkan beragam tugas atau aplikasi yang berjalan di latar belakang, supaya CPU smartphone bisa tetap bekerja dengan baik.

20. LeanDroid – Most advanced battery saver

leandroid

Aplikasi penghemat baterai sebelumnya masih kurang ringan? cobalah untuk menggunakan LeanDroid.

Pasalnya, aplikasi besutan TeqTic ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari aplikasi sebelumnya, yaitu sekitar 1,4 MB saja.

Meskipun ukurannya sangat kecil, aplikasi ini juga punya fitur yang cukup lengkap.

LeanDroid dapat secara otomatis menonaktifkan data seluler, bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan lain sebagainya.

21. GSam Battery Monitor

gsam battery monitor

Sesuai dengan namanya, GSam Battery Monitor merupakan aplikasi untuk memonitor dan melihat informasi lengkap mengenai penggunaan baterai.

Dengan menggunakan aplikasi besutan GSam Labs ini kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang paling banyak banyak menghabiskan baterai.

Sehingga dengan adanya fitur ini kamu bisa menghentikan atau menghapus aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, dengan GSam Battery Monitor kamu juga bisa melihat perkiraan lamanya baterai bertahan.

22. Purify

purify

Purify merupakan aplikasi penghemat baterai yang bekerja dengan cara menghentikan aplikasi bandel yang seringkali berjalan sendiri di latar belakang.

Dengan menggunakan Purify kamu tidak perlu khawatir aplikasi favorit kamu ikut dihentikan.

Pasalnya, aplikasi ini dapat membedakan aplikasi mana yang harus dihentikan dan mana yang harus dibiarkan untuk tetap berjalan.

23. Battery Doctor

Battery Doctor

Battery Doctor merupakan aplikasi penghemat baterai yang dapat memberitahu pengguna mengenai perkiraan lamanya pemakaian baterai secara akurat.

Dengan menggunakan aplikasi besutan Cheetah Mobile ini kamu bisa tau lamanya baterai bertahan jika aplikasi tertentu dijalankan.

Misalnya saja ketika kamu menggunakan aplikasi YouTtube.

Battery Doctor akan mendeteksi perkiraan waktu lamanya baterai bertahan jika aplikasi tersebut terus dijalankan.

24. Black Screen of Life

black screen of life

Kalau kamu sering mendengarkan lagu di YouTube, Black Screen of Life merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menghemat baterai.

Ketika kamu mendengarkan musik di YouTube, tidak hanya musik saja yang berjalan, akan tetapi video juga akan tetap berjalan dan layar tetap menyala.

Nah dengan menggunakan aplikasi Black Screen of Life kamu bisa mematikan layar tanpa harus menghentikan lagu yang kamu putar di YouTube.

Begitu pula dengan aplikasi yang lainnya.

25. Battery Calibration

Battery Calibration

Aplikasi penghemat baterai yang terakhir yang perlu kamu pertimbangkan adalah Battery Calibration.

Terkadang jika kualitas baterai smartphone mulai menurun indikator baterai yang ditampilkan di layar tidak sesuai dengan daya baterai yang ada.

Misalnya, ketika kita nge-charger smartphone hingga indikator baterai menunjukkan angka 100%.

Belum tentu daya baterai sudah benar-benar terisi penuh, meskipun indikatornya sudah penuh, apalagi kalau kesehatan baterai sudah menurun.

Dengan menggunakan Battery Calibration, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai supaya indikator dan daya baterai yang sebenarnya ditampilkan secara akurat.

Baca juga: Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android Hingga 90%

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi penghemat baterai Android terbaik dan paling ampuh di 2019 menurut Sipitek.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi diatas, mulai sekarang kamu gak perlu khawatir baterai smartphone cepat habis.

Perlu diketahui, baterai yang boros bisa juga disebabkan karena file-file sampah yang sudah menumpuk lho.

Kalau dihapus satu per satu tentunya bisa jadi ribet, supaya lebih mudah kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan sampah Android.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut semua sampah yang tak berguna akan dihapus secara otomatis, sehingga baterai smartphone juga bisa lebih hemat.

Jadi, aplikasi yang mana nih yang akan kamu pakai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here