aplikasi penambah ram android

RAM merupakan salah satu komponen penting yang tertanam di dalam smartphone, semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula kinerja smartphone ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game.

Akan tetapi bagian Anda yang menggunakan smartphone dengan kapasitas RAM yang terbatas pasti pernah mengelukan kinerja smartphone Anda yang lelet hingga membuat pekerjaan menjadi terhambat.

Jika Anda sering mengalami hal tersebut, mulai sekarang Anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak aplikasi penambah RAM Android yang dapat membantu kinerja smartphone menjadi lebih lancar dan optimal.

Kalau tujuan Anda menggunakan penambah RAM Android untuk memperlancar aktivitas gaming, lebih baik gunakan saja aplikasi game booster, karena aplikasi tersebut dirancang khusus untuk memperlancar aktivitas gaming.

Penambah RAM Android yang akan Sipitek ulas di sini bisa digunakan di berbagai merk smartphone entah itu Samsung, Xiaomi, Oppo, dan sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga bisa menambah RAM tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Penasaran kan? yuk langsung saja simak.

10 Aplikasi Penambah RAM Android Paling Ampuh

1. RAM Master

RAM Master

Aplikasi penambah RAM Android yang pertama yang Sipitek rekomendasikan adalah RAM Master. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini tidak hanya bisa digunakan untuk menambah RAM saja…

…akan tetapi RAM Master juga dibekali dengan fitur pendingin CPU yang dapat menurunkan suhu smartphone sehingga kinerja RAM juga bisa menjadi lebih optimal.

Tidak hanya itu saja, RAM Master juga punya fitur yang dapat meningkatkan kinerja smartphone hanya dalam sekali sentuhan saja, fitur ini akan secara otomatis menghentikan aplikasi yang tidak digunakan sehingga ruang kosong pada RAM juga akan bertambah lega.

2. 4 GB RAM Memory Booster

4 GB RAM Memory Booster

Terkadang smartphone dengan kapasitas RAM yang besar punya kinerja yang setara dengan smartphone dengan kapasitas RAM yang rendah. Nah dengan 4GB RAM Memory Booster Anda dapat mengoptimalkan kinerja smartphone secara efektif sesuai dengan kapasitas RAM yang tertanam di dalam smartphone Anda.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga dibekali dengan fitur yang dapat menutup berbagai macam jenis aplikasi yang tidak berguna yang berjalan di latar belakang. Menariknya lagi, 4 GB RAM Memory Booster juga dilengkapi dengan fitur game booster yang dapat memperlancar kegiatan bermain game hingga 30%.

3. RAM Cleanup

RAM cleanup

Sama seperti aplikasi yang lainnya, RAM Cleanup juga akan bekerja dengan cara menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga kapasitas ruang kosong pada RAM juga dapat bertambah.

Akan tetapi RAM Cleanup punya fitur menarik yang tak dimiliki oleh aplikasi penambah RAM Android yang lainnya, yaitu fitur pembersih RAM otomatis yang dapat membersihkan RAM smartphone secara otomatis ketika penggunaan RAM melebihi ambang batas yang telah ditentukan…

…dengan adanya fitur ini tentunya Anda tak perlu ribet membersihkan RAM secara manual.

Menariknya lagi, RAM Cleanup juga menyediakan shortcut pembersih RAM, dengan adanya fitur ini Anda bisa membersihkan RAM melalui tombol shortcut tersebut tanpa harus membuka aplikasinya.

4. Auto RAM Cleaner

Auto RAM Cleaner

Sebagian besar pengguna Android ketika setelah selesai menggunakan aplikasi tertentu biasanya tidak menutup aplikasi tersebut, kebiasaan buruk inilah yang seringkali menjadi penyebab utama yang membuat kinerja smartphone menurun.

Untungnya saat ini ada aplikasi Auto RAM Cleaner, aplikasi besutan Mindspark Studio ini akan secara otomatis menutup aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Tentunya, selain bisa menambah ruang kosong pada RAM, Anda juga tak perlu ribet menutupnya secara manual.

Auto RAM Cleaner nantinya akan membersihkan RAM secara otomatis setiap kali Anda membuka kunci layar atau menyalakan layar smartphone.

5. RAM Cleaner for Android

RAM Cleaner for Android

Nyari aplikasi penambah RAM Android yang ringan? RAM Cleaner for Android merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini memang cukup ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 2 MB lho.

Meskipun demikian RAM Cleaner for Android juga cukup handal dalam menambah kapasitas ruang kosong pada RAM smartphone. Aplikasi besutan Mindspark Studio ini juga menyediakan widget yang dapat digunakan untuk membersihkan RAM di layar beranda smartphone tanpa harus membuka aplikasinya.

6. Pembersih RAM Hp

Pembersih RAM Hp

Nyari aplikasi penambah RAM Android yang sederhana dan mudah digunakan? Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 ribu kali ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya untuk menggunakan aplikasi ini caranya memang cukup mudah, hanya dengan sekali sentuhan saja file sampah dan cache akan secara otomatis dibersihkan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga akan ikut dihentikan, sehingga kapasitas ruang kosong pada RAM juga akan secara otomatis bertambah dan kinerja smartphone tentunya akan meningkat.

7. RAM Memory Booster 64GB

RAM Memory Booster 64GB

RAM Memory Booster 64GB merupakan aplikasi Android yang tidak hanya bisa digunakan untuk menambah ruang kosong pada RAM saja, akan tetapi aplikasi ini juga dapat melakukan pembersihan file sampah secara menyeluruh.

Meskipun pada namanya terpampang kapasitas RAM 64GB, akan tetapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini di berbagai perangkat dengan kapasitas RAM yang berbeda. Menariknya lagi, RAM Memory Booster 64GB juga dapat digunakan tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

8. RAM Booster (Memory Cleaner)

RAM Booster (Memory Cleaner)

Nyari aplikasi penambah RAM Android yang punya banyak fitur? RAM Booster merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, selain dibekali dengan fitur yang dapat menambah ruang kosong pada RAM…

…aplikasi ini juga punya beragam fitur menarik yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone, diantaranya pemantau CPU, penghemat baterai, pemantau baterai, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang paling menarik yang ada di dalam aplikasi RAM Booster adalah alarm over heat, fitur ini akan secara otomatis menderingkan smartphone Anda ketika suhu smartphone panas.

Dengan adanya fitur alarm over heat Anda bisa mendinginkan smartphone sedini mungkin supaya komponen smartphone tidak mudah rusak, nah untuk mendinginkannya Anda bisa melakukannya secara manual atau bisa juga menggunakan aplikasi pendingin HP Android.

9. RAM Booster & Accelerator

RAM Booster & Accelerator

RAM Booster & Accelerator juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari aplikasi penambah RAM Android yang ringan. Pasalnya, aplikasi ini memang dapat bekerja dengan baik di smartphone dengan spesifikasi yang terbatas, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB.

Meskipun demikian, aplikasi yang diusung oleh RamTop ini juga punya beragam fitur menarik yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone Anda, diantaranya pembersih sampah, pendingin smartphone, hingga fitur untuk mengatasi masalah lag.

10. Express RAM Speed Booster

Express RAM Speed Booster

Aplikasi penambah RAM Android yang terakhir pilihan Sipitek adalah Express RAM Speed Booster. Aplikasi besutan We Love It ini memang tak sepopuler seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, akan tetapi Express RAM Speed Booster juga wajib dipertimbangkan.

Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 ribu kali ini juga menyediakan beragam fitur menarik yang tak hanya bisa menambah RAM saja, akan tetapi Anda juga bisa mengaktifkan pembersih RAM otomatis dalam jangka waktu tertentu…

…dengan adanya fitur ini Anda tak perlu ribet membersihkan aplikasi secara manual untuk menambah ruang kosong pada RAM.

Itulah deretan aplikasi penambah RAM Android paling ampuh yang bisa digunakan secara langsung tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang ada di atas, Anda bisa menambah melegakan ruang kosong RAM kapan saja dan di mana saja. Mana yang paling ampuh menurut Anda?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here