Apps

13 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android : Hemat Hingga 90%

aplikasi penghemat kuota internet

Tidak bisa dipungkiri di zaman yang serba digital seperti sekarang ini internet seolah menjadi kebutuhan pokok yang sangat di butuhkan, bahkan banyak orang yang merasa ada yang kurang ketika mereka tidak menggunakan internet meskipun dalam waktu yang cukup singkat.

Memang dengan hadirnya internet banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan selain dapat membuat komunikasi menjadi lebih cepat kita juga bisa mengetahui berbagai macam jenis informasi dengan mudah.

Seperti yang sedang Anda lakukan saat ini, tentunya untuk mengunjungi blog Sipitek ini Anda perlu menggunakan kuota internet bukan?

Tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang hingga ratusan ribu hanya untuk membeli kuota internet setiap bulannya, karena memang dengan membeli kuota internet Anda bisa bebas berselancar di internet mulai dari menonton video, eksis di media sosial, atau bahkan membaca berita terkini yang sedang hangat.

Secanggih apapun smartphone yang Anda gunakan kalau Anda tidak punya kuota internet pasti rasanya ada yang kurang.

Bagi Anda yang punya uang lebih untuk membeli kuota mungkin tidak akan menjadi masalah, namun bagi orang yang hanya punya uang pas-pasan ini mungkin akan menjadi masalah.

Apalagi jika Anda cukup aktif menggunakan internet terutama menonton video yang memerlukan kuota internet cukup banyak, tidak jarang kuota bulanan yang Anda beli sudah habis sebelum masa aktif kuota berakhir.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi penghemat kuota internet khusus untuk pengguna Android yang dapat menghemat penggunaan kuota mulai dari 50% hingga 90%.

Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android

Sebetulnya ada banyak sekali aplikasi penghemat kuota internet yang bisa Anda gunakan akan tetapi di sini saya hanya akan mengulas yang terbaik saja yang telah di gunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Tentunya setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, agar Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda ada baiknya baca terlebih dahulu semua ulasannya.

Yuk! mari kita mulai…

1. Google Chrome: Cepat & Aman

Google Chrome

Siapa sih yang tidak kenal dengan browser Android besutan Google ini? sebagian besar pengguna Android pasti menggunakan browser Google Chrome untuk menjelajahi internet.

Selain cepat dan aman Google Chrome punya fitur yang dapat menghemat kuota hingga 60% lho, jadi ketika Anda berselancar di internet browser ini akan melakukan kompresi teks, foto, video di situs-situs yang Anda kunjungi.

Tidak perlu khawatir kualitas foto atau video di situs yang Anda kunjungi menjadi berkurang karena fitur kompresi canggih yang ada di Google Chrome tidak akan mengurangi kualitasnya.

Untuk mengaktifkan fitur penghemat data di Google Chrome Anda hanya tinggal masuk ke pengaturan kemudian pilih opsi “Penghemat Kuota Internet” kemudian tap toogle supaya aktif.

Jika Anda sudah mengaturnya seperti ini setiap kali Anda mengunjungi situs-situs yang ada di internet secara otomatis Google Chrome akan mengkompresi data yang ada di situs tersebut.

Tidak hanya itu saja browser yang telah di unduh oleh 1 miliar lebih pengguna di Play Store ini juga punya fitur yang bisa Anda gunakan untuk mendownload halaman web agar halaman tersebut bisa Anda buka secara offline tanpa data internet.

Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang sering membuka halaman web tertentu berulang kali agar data internet Anda tidak di gunakan berulang-ulang. Tentunya fitur ini juga akan menghemat kuota internet yang Anda miliki.

Download : Google Chrome di Play Store

2. Opera Mini – web browser cepat

Opera Mini

Browser yang dikembangkan oleh Opera untuk smartphone Android itu ada beberapa jenis namun yang paling sering digunakan adalah Opera Mini dan Opera Browser.

…jangan salah pilih!

Kalau Anda ingin menggunakan browser besutan Opera yang punya fitur penghemat data gunakan Opera Mini karena memang browser ini dikhususkan untuk pengguna yang ingin memangkas penggunaan kuota internet.

Untuk mengaktifkan fitur penghemat data di Opera Mini Anda hanya tinggal masuk ke pengaturan browser pada bagian Data Saving Feature di sana Anda dapat memilih kualitas gambar yang ingin ditampilkan di situs-situs yang Anda buka agar kualitas gambar yang Anda buka bisa di perkecil sehingga data yang diperlukan juga akan otomatis menjadi lebih sedikit.

Tidak hanya itu saja Opera Mini juga punya fitur yang bisa memantau penggunaan data internet di sana Anda bisa mengaktifkan Mode Extrem untuk menghemat lebih banyak data.

Selain itu browser yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store ini juga punya fitur untuk mendownload halaman web secara offline agar bisa Anda buka tanpa mengurangi kuota internet Anda, seperti fitur yang ada di Google Chrome.

Tidak heran jika Opera mengkalim bahwa browser besutannya ini mampu menghemat data hingga 90%.

Download : Opera Mini di Play Store

3. Facebook Lite

Facebook Lite

Lebih banyak menghabiskan kuota di Facebook? coba pakai aplikasi Facebook Lite.

Aplikasi Facebook itu ada dua macam yaitu Facebook Lite yang menggunakan logo berwarna putih dan ada juga Facebook yang menggunakan logo berwarna biru.

Facebook yang menggunakan logo berwarna biru memang punya fitur yang lebih banyak akan tetapi aplikasi ini juga lebih banyak menghabiskan kuota.

Jika Anda ingin lebih hemat data gunakan Facebook Lite karena aplikasi besutan Facebook ini memang dioptimalkan untuk pengguna yang ingin menghemat penggunaan data.

Akan tetapi fitur yang ada di Facebook Lite juga cukup terbatas dan punya tampilan antarmuka yang lebih sederhana tidak seperti yang ada di aplikasi Facebook (biru).

Karena Facebook Lite jauh lebih sederhana hal inilah yang membuatnya memiliki ukuran lebih kecil bahkan aplikasi ini bisa berjalan dengan baik di hampir semua smartphone Android jadul.

Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 500 juta pengguna di Play Store ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin mengakses Facebook di lokasi yang memiliki akses internet lambat, karena Facebook Lite mampu berjalan dengan baik di jaringan 2G.

Download : Facebook Lite di Play Store

4. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter

Sebetulnya Internet Speed Meter Lite bukan aplikasi yang mampu menghemat kuota internet akan tetapi dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa melihat dengan jelas pemakaian internet Anda setiap harinya.

Sehingga Anda bisa membatasi sendiri pemakaian kuota internet supaya lebih awet.

Jadi jika Anda membeli paket internet bulanan sebesar 15GB agar bisa dipakai sampai sebulan pemakaian kuota internet Anda setiap harinya rata-rata yaitu kurang lebih sebesar 500MB.

Nah Anda tidak perlu ribet mengecek sisa kuota secara manual Anda hanya tinggal melihat laporan penggunaan kuota melalui aplikasi Internet Speed Meter Lite ini.

Dengan menggunakan aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta orang di Play Store ini Anda tidak hanya bisa melihat jumlah penggunaan data harian saja namun tersedia juga laporan bulanan.

Jadi semua aplikasi yang berjalan menggunakan kuota akan otomatis dicatat oleh aplikasi Internet Speed Meter Lite.

Download : Internet Speed Meter Lite di Play Store

5. My Data Manager

My Data Manager

Sama seperti aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan My Data Manager Anda bisa melihat pemakaian data setiap harinya namun aplikasi ini menampilkan informasi yang lebih spesifik dan lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Mobidia Technology ini Anda bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menghabiskan kuota internet.

Terkadang ada beberapa aplikasi smartphone yang berjalan di latar belakang dan mengkonsumsi banyak kuota, tak jarang pengguna baru menyadarinya ketika kuota mereka telah habis.

Nah Anda bisa menggunakan My Data Manager untuk melacak aplikasi tersebut sehingga Anda bisa segera menghentikannya.

Tidak hanya itu saja ketika penggunaan data Anda membengkak My Data Manager agar menampilkan peringatan atau alarm, sehingga Anda bisa membatasi penggunaan data sebelum data habis.

Aplikasi ini juga cukup berguna untuk Anda yang sering berbagi jaringan (hotspot) dengan teman atau keluarga, karena aplikasi bisa mengetahui seberapa besar kuota yang telah di gunakan oleh teman atau keluarga yang menggunakan jaringan (hotspot) dari smartphone Anda.

My Data Manager bisa berjalan di semua jaringan mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, AXIS, XL, Tri, Smartfren dan lainnya.

Download : My Data Manager di Play Store

6. Datally: app penghemat data seluler dari Google

Datally

Sebelum meluncurkan aplikasi Datally, perusahaan raksasa mesin pencari Google melakukan penelitian terlebih dahulu ke pengguna ponsel di Indonesia. Hasilnya menunjukkan pengguna ponsel Indonesia sebagian besar merasa khawatir kuota internet yang mereka miliki cepat habis.

Google juga menemukan banyak dari mereka yang tidak memahami untuk apa saja kuota yang mereka miliki, sehingga tidak jarang mereka baru menyadarinya ketika kuota sudah habis. Selain itu mereka juga mengalami kesulitan untuk mengontrol penggunaan kuota.

Hal inilah yang membuat Google meluncurkan aplikasi Datally untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan menggunakan Datally Anda bisa menghemat dan mengontrol penggunaan kuota internet kapan saja.

Datally akan menutup aplikasi yang diam-diam berjalan di latar belakang yang memakan banyak kuota internet, jadi jika aplikasi tersebut tidak Anda gunakan maka aplikasi tidak akan diizinkan untuk menggunakan kuota internet.

Namun Anda juga bisa mengaturnya untuk mengizinkan aplikasi yang memang dianggap penting untuk menggunakan kuota internet di latar belakang contohnya seperti WhatsApp atau yang lainnya.

Selain itu Datally juga dilengkapi dengan fitur balon penghemat kuota untuk memantau penggunaan kuota internet secara real time.

Tidak hanya itu saja Datally juga dilengkapi dengan fitur pencari Wi-Fi untuk membantu Anda menemukan jaringan Wi-Fi di sekitar lokasi Anda.

Mereka yang telah menggunakan aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang di Play Store ini merasakan manfaat yang luar biasa, karena pemakaian kuota internet yang mereka gunakan menjadi lebih hemat hingga 30%.

Datally menggunakan VPN untuk membantu mematikan penggunaan kuota pada aplikasi yang tidak diinginkan, namun Anda tidak perlu khawatir karena Datally tidak mengalihkan lalu lintas Anda ke lokasi lain.

Download : Datally di Play Store

7. Samsung Max – Penghemat Data dan Perlindungan Priv.

Samsung Max

Kalau Anda pernah melakukan pencarian informasi mengenai aplikasi yang dapat menghemat kuota sejak dulu mungkin Anda pernah menemukan aplikasi bernama Opera Max.

Dulu Opera Max memang aplikasi yang cukup populer bagi mereka yang ingin menghemat penggunaan data, akan tetapi tahun lalu Opera Max memutuskan untuk berhenti melakukan pembaruan.

Pengguna tetap bisa menggunakan Opera Max namun mereka tidak akan mendapatkan update aplikasi selanjutnya.

Beberapa bulan yang lalu ketika artikel ini ditulis Opera Max diambil alih oleh Samsung dan diganti namanya menjadi Samsung Max.

Bagi pengguna smartphone Samsung mungkin ini akan menjadi kabar bahagia namun sebaliknya jika Anda menggunakan smartphone dari merk lain ini akan menjadi duka.

Pasalnya Samsung Max hanya bisa di gunakan di smartphone yang diproduksi oleh Samsung saja, tidak seperti pendahulunya, Opera Max.

Selain mempertahankan dan mengembangkan lagi fitur unggulan dari Opera Max, Samsung juga menambahkan fitur-fitur andalannya.

Dengan menggunakan Samsung Max Anda bisa melihat laporan kuota yang telah dihemat selain itu Anda juga bisa memblokir aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk tidak menggunakan kuota internet.

Tidak perlu khawatir ketika ada aplikasi yang tiba-tiba berjalan di latar belakang dan memakan kuota dalam jumlah banyak karena Samsung Max akan memberikan peringatan kepada Anda, apakah aplikasi tersebut akan dihentikan atau dibiarkan saja.

Yang membedakan dengan aplikasi lainnya Samsung Max bukan hanya sekedar aplikasi penghemat kuota namun aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengaman privasi.

Salah satunya adalah ketika Anda menggunakan Wi-Fi publik, Anda tidak perlu khawatir privasi Anda diketahui oleh orang lain karena dengan menggunakan pengaman Wi-Fi di Samsung Max data Anda akan dienskripsi dengan aman.

Download : Samsung Max di Play Store

8. Protect Free VPN+Data Manager

Protect Free VPN Data Manager

Protect Free VPN+Data Manager merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Onavo akan tetapi perusahaan ini telah di akuisisi oleh Facebook.

Sesuai dengan namanya aplikasi ini tidak hanya dapat menghemat penggunaan data saja namun juga dilengkapi dengan fitur VPN untuk mengamankan privasi Anda ketika terhubung ke internet.

Anda bisa memblokir aplikasi tertentu yang secara diam-diam memakan banyak kuota di latar belakang, Anda juga bisa mengaturnya untuk menampilkan pemberitahuan jika aplikasi tertentu mencapai penggunaan data sesuai dengan yang Anda tentukan.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini mampu berjalan dengan baik di Android versi 4.0 atau versi yang lebih tinggi.

Download : Protect Free VPN+Data Manager di Play Store

9. DataEye | Save Mobile Data

DataEye

“Aplikasi yang sangat rekomended banget guess. Setelah download aplikasi ini baterai jadi irit dan bisa lebih mudah mengontrol penggunaan data” begitulah kata salah satu pengguna yang memberikan ulasan di Play Store.

Dengan menggunakan DataEye Anda bisa mengontrol dan memblokir aplikasi yang diam-diam menggunakan data di latar belakang.

Anda bisa dengan mudah melihat aplikasi yang banyak menggunakan data dan memblokirnya melalui aplikasi DataEye.

Untuk memblokir aplikasi tertentu Anda bisa masuk ke halaman yang berisi aplikasi yang Anda miliki di DataEye kemudian tap toogle hingga berwarna hijau jika mengizinkan aplikasi berjalan di latar belakang dan menggunakan data.

Namun jika Anda ingin memblokirnya Anda hanya tinggal tap toogle hingga berwarna abu-abu yang berarti aplikasi tersebut tidak diizinkan untuk menggunakan data internet.

DataEye bukan hanya sekedar aplikasi penghemat kuota namun ia juga diklaim mampu menghemat baterai.

Download : DataEye di Play Store

10. Firefox Rocket – Peramban Web Cepat dan Ringan

Firefox Rocket

Browser besutan Mozila untuk pengguna Android itu ada beberapa jenis diantaranya Firefox yang biasa digunakan, Firefox Rocket, dan Firefox Focus.

Masing-masing punya keunggulan yang berbeda-beda, untuk Anda yang ingin menghemat kuota ketika berselancar di internet Anda bisa menggunakan Firefox Rocket.

Firefox Rocket memang dikhususkan untuk pengguna yang lebih mengutamakan kecepatan dan memperkecil penggunaan data.

Selain cepat dan ringan Firefox Rocket punya Mode Turbo yang bisa Anda aktifkan untuk memblokir iklan dan gambar ketika membuka halaman web, sehingga pemakaian data otomatis akan lebih kecil.

Meskipun Firefox Rocket baru diunduh oleh lebih dari 100 ribu orang di Play Store akan tetapi browser yang satu ini banyak mendapatkan ulasan yang positif dan mendapatkan rating yang bagus yaitu 4,6.

Sebagian besar pengguna merasa puas dengan browser yang satu ini karena memang sangat ringan hanya berukuran kurang dari 3MB saja dan bisa menghemat penggunaan kuota.

Download : Firefox Rocket di Play Store

11. NetGuard – no-root firewall

NetGuard

NetGuard merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Marcel Bokhrots untuk mereka yang ingin menghemat penggunaan data.

Aplikasi firewall ini dapat mencegah aplikasi tertentu untuk menggunakan data seluler Anda termasuk aplikasi yang seringkali berjalan di latar belakang secara diam-diam, tidak seperti aplikasi firewall lainnya aplikasi yang satu ini bisa Anda gunakan di ponsel yang belum diroot.

Dengan menggunakan NetGuard Anda juga bisa mencegah penggunaan data dalam kondisi tertentu, salah satunya yaitu Anda bisa mengatur aplikasi tertentu menggunakan data internet ketika layar smartphone nyala.

Sehingga Anda bisa secara otomatis mencegah aplikasi lain berjalan di latar belakang dengan mudah ketika Anda tertidur ataupun layar smartphone padam.

Selain itu Anda juga bisa mengizinkan aplikasi tertentu berdasarkan jaringan misalnya di jaringan 4G atau 3G saja, sehingga ketika Anda berada di luar jaringan tersebut aplikasi tidak akan menggunakan data internet.

Aplikasi yang telah diunduh oleh 500 ribu pengguna di Play Store ini juga diklaim mampu menghemat baterai.

Download : NetGuard di Play Store

12. Appsaver

AppSaver

Bagi Anda yang sering melakukan pasang-copot aplikasi atau sering gonta-ganti ponsel mungkin aplikasi Appsaver ini bisa membantu Anda untuk menghemat penggunaan data.

Dengan menggunakan Appsaver Anda tidak perlu mendownload lagi aplikasi yang telah Anda hapus asalkan Anda telah membackupnya menggunakan Appsaver.

Anda bisa membackup ke kartu SD jika ingin memasangnya kembali di smartphone yang berbeda.

Karena sebagian besar aplikasi Android itu punya ukuran yang besar lebih baik gunakan aplikasi ini untuk menghemat kuota internet Anda.

Download : Appsaver di Play Store

13. YouTube Go

YouTube Go

Sekarang ini platform tempat berbagi video bernama YouTube sudah dikenal oleh banyak orang, setiap kali ingin mencari video yang menghibur pasti Anda akan langsung membuka YouTube.

Akan tetapi tentu saja pemakaian kuota internet ketika Anda menonton video di YouTube akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan browsing di internet.

Namun untuk Anda yang ingin lebih menghemat kuota ketika menonton video di YouTube Anda bisa menggunakan aplikasi YouTube Go, aplikasi ini memang di rancang khusus untuk Anda yang ingin menghemat penggunaan kuota.

Jika Anda menggunakan aplikasi YouTube yang biasa (bukan YouTube Go) pemakaian kuota yang dibutuhkan jauh lebih besar karena biasaya aplikasi tersebut secara otomatis akan menggunakan kualitas yang paling bagus dari video tersebut.

Dengan menggunakan YouTube Go sebelum Anda menonton atau mendownload video, YouTube Go akan menampilkan ukuran mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar sehingga Anda bisa memilihnya dengan bebas tidak seperti yang ada di aplikasi YouTube yang biasa digunakan.

Download : YouTube Go di Play Store

Penutup

Itulah beberapa aplikasi penghemat kuota yang bisa Anda gunakan di ponsel Android tentunya setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anda bisa memilih beberapa aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda lebih banyak menghabiskan kuota untuk browsing di internet gunakan browser Google Chrome atau Opera Mini karena browser tersebut dilengkapi dengan fitur penghemat kuota.

Namun jika Anda sering menggunakan banyak aplikasi Anda bisa menggunakan Datally, Samsung Max, NetGuard, DataEye atau Protect Free VPN+Data Manager untuk membatasi penggunaan data pada aplikasi sedang tidak digunakan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top