Seiring berjalannya waktu kinerja ponsel biasanya akan menurun, tidak hanya android saja sebagian besar ponsel biasanya akan seperti itu.

Penyebab yang paling umum adalah karena file yang tak berguna alias file sampah menumpuk di memori sehingga kinerja ponsel menjadi terganggu.

Untungnya saat ini ada banyak sekali aplikasi pembersih sampah android yang bisa kamu gunakan secara gratis, sehingga kamu tidak perlu menghapusnya satu per satu.

Meskipun aplikasi yang terpasang di smartphone kamu hanya sedikit, nyatanya hampir sebagian besar aplikasi yang sudah dihapus menyisakan file-file tak berguna di memori.

Akibatnya saat kita membuka aplikasi, aplikasi tersebut akan lama terbukanya, bahkan yang lebih parahnya lagi bisa muncul tulisan force close.

Kalau masalah tersebut muncul saat membuka aplikasi hiburan, mungkin tidak akan jadi masalah.

Bagaimana kalau masalah itu muncul saat kamu membuka aplikasi penting seperti aplikasi pesan instan atau SMS?

…Tentu ini akan menjadi ribet.

Sebetulnya, kalau ponsel lemot hanya terjadi pada saat membuka browser atau berselancar di internet, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi pembersih sampah, karena bisa dihapus secara manual.

Tapi kalau ponsel lemot saat membuka hampir sebagian besar aplikasi, barulah kamu perlu menggunakan aplikasi pembersih sampah khusus untuk android.

Dengan menggunakan bantuan aplikasi, semua file sampah yang ada di ponsel akan dihapus secara otomatis.

Akan tetapi karena banyaknya aplikasi yang bisa kita pilih, terkadang kita bingung memilihnya.

Oleh karena itu kali ini Sipitek telah mengumpulkan beberapa aplikasi pembersih sampah android terbaik di 2019 yang dapat mengoptimalkan kinerja ponsel.

15 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik di Android

Karena setiap aplikasi punya fitur yang berbeda-beda, biar kamu bisa memilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, silahkan simak terlebih dahulu semua ulasannya berikut ini.

1. CCleaner

ccleaner

Kalau kamu sering menggunakan komputer atau laptop pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi bernama CCleaner.

Ya, aplikasi besutan Piriform ini tidak hanya bisa kamu gunakan di komputer, namun CCleaner juga hadir di android.

Dengan menggunakan CCleaner kamu bisa membersihkan file sampah browser (cache, cookie, dan history) dan file sampah aplikasi yang tidak terpakai lainnya.

Selain itu, aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 50 juta kali ini juga dilengkapi dengan fitur yang dapat mempercepat kinerja ponsel.

Terkadang ponsel lemot juga bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, padahal aplikasi tersebut tidak pernah digunakan.

CCleaner punya fitur yang dapat menghentikan aplikasi-aplikasi tersebut supaya kinerja ponsel dioptimalkan hanya untuk aplikasi yang sering digunakan saja.

Fitur CCleaner lainnya:

  • Lacak penggunaan RAM dan memori internal.
  • Memeriksa penggunaan CPU.
  • Melacak penggunaan baterai dan suhu.

2. Clean Master Lite (Boost)

clean master lite

Mau aplikasi pembersih sampah android yang ringan? Clean Master Lite (Boost) bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetach Mobile ini sebetulnya punya dua varian yaitu Clean Master dan Clean Master Lite (Boost).

Keduanya punya fungsi yang sama, hanya saja Clean Master Lite (Boost) didesain lebih ringan dari aplikasi utamanya.

Aplikasi yang telah berhasil menggaet 50 juta pengguna ini memang dikhususkan untuk pengguna android yang memiliki memori atau RAM kurang dari 1 GB.

Akan tetapi, meskipun ukurannya hanya 3,5 MB, aplikasi ini juga cukup handal dalam membersihkan file sampah.

Clean Master Lite (Boost) punya kemampuan untuk membersihkan file sampah sementara, iklan, file apk yang tak terpakai, dan file sampah lainnya.

Selain mampu membersihkan sampah, Clean Master Lite (Boost) juga dilengkapi dengan fitur antivirus canggih yang telah di uji oleh AV-Test.

Fitur ini akan memindai virus-virus berbahaya yang seringkali bersarang di ponsel, seperti virus trojan, adware, spyware, dan sebagainya.

Fitur Clean Master Lite (Boost) lainnya:

  • Penghemat Baterai.
  • Pembersih RAM.

3. DU Speed Booster

du speed booster

Kalau dilihat dari total penggunanya, kedua aplikasi sebelumnya kalah jauh jika dibandingkan aplikasi yang satu ini.

Ya, Du Speed Booster disebut-sebut sebagai aplikasi pembersih sampah android terbaik saat ini.

Tak tanggung-tanggung, saat ini Du Speed Booster tercatat sudah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna lho.

Tidak heran jika aplikasi pembersih sampah besutan DU APPS STUDIO cukup diminati oleh para pengguna android, mengingat fitur yang tersemat di aplikasi ini juga cukup lengkap.

Meskipun punya banyak fitur, kamu juga tidak perlu menggunakannya satu per satu.

Hanya dengan satu sentuhan saja aplikasi ini bisa mengoptimalkan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, melegakan RAM, dan menghapus file sampah secara otomatis.

Salah satu fitur unik yang ada di aplikasi ini adalah fitur Boost Jaringan, fitur ini mampu mereset koneksi internet dengan cepat.

Fitur Du Speed Booster lainnya:

  • Antivirus.
  • Pendingin CPU.
  • Aplikasi Manajer.
  • Fitur pengunci aplikasi.
  • Pengisian pintar (digunakan saat mengisi daya smartphone).
  • DU Swipe (untuk beralih ke aplikasi lain dan mengubah setelan aplikasi dengan cepat).

4. Power Clean

power clean

Kalau kamu tidak terlalu membutuhkan fitur antivirus, yang terpenting bisa membersihkan file tak berguna, Power Clean bisa menjadi solusinya.

Aplikasi pembersih sampah yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna ini memang dirancang agar dapat bekerja secara cepat, cerdas, dan ringan.

Fitur pembersih sampah Power Clean dirancang menggunakan algoritma canggih yang mampu mendeteksi file yang tidak berguna seperti file cache sistem android, cache aplikasi, sisa file aplikasi yang di uninstall, dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi besutan LIONMOBI ini juga punya fitur yang dapat menemukan foto duplikat dan menghapus foto yang kurang baik.

Jika kamu sering dibuat risih dengan notifikasi aplikasi yang muncul di bagian atas layar, dengan Power Clean kamu tidak akan risih lagi.

Power Clean bisa membersihkan semua notifikasi secara otomatis, bahkan kamu juga bisa memblokir notifikasi aplikasi tertentu yang dianggap kurang penting.

Fitur Power Clean lainnya:

  • Penghemat baterai.
  • Pendingin CPU.
  • Pembersih RAM.
  • Pengunci aplikasi.
  • Pemantau status android.
  • Pengelola aplikasi (uninstall, backup, dan share).

5. Super Cleaner

super cleaner

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi pembersih sampah yang diusung oleh HawkApp ini juga tercatat telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Hanya saja rating yang di dapatkan aplikasi nyaris sempurna yaitu 4,7.

Tentu dengan rating yang terbilang cukup tinggi itu bisa disimpulkan bahwa sebagian besar pengguna merasa puas dengan fitur yang disuguhkan Super Cleaner.

Jika dilihat sekilas, fitur aplikasi ini tidak jauh beda dengan aplikasi sebelumnya, dimana ia mampu membersihkan file sampah android yang hanya dengan satu sentuhan saja.

Namun Super Cleaner punya fitur yang cukup berguna yang tak dimiliki oleh aplikasi sejensinya, yaitu fitur manajemen peluncur aplikasi.

Sebagian besar aplikasi android seperti aplikasi sosial media (contohnya Facebook) akan berjalan secara otomatis dilatar belakang ketika ponsel dinyalakan, padahal pengguna seringkali tidak membutuhkannya.

Nah dengan fitur ini kamu bisa mengaturnya supaya aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakang secara otomatis sebelum aplikasi dijalankan secara manual.

Namun, fitur manajemen peluncur aplikasi yang tersedia di Super Cleaner hanya bisa digunakan di android yang sudah di root.

Fitur Super Cleaner lainnya:

  • Pendingin CPU.
  • Penghapus berkas sementara.
  • Antivirus.
  • Pembersih RAM.
  • Penghemat baterai.
  • Pelacak aplikasi yang jarang digunakan.
  • Pembersih notifikasi.
  • Pengunci Aplikasi.

6. Ace Cleaner

ace cleaner

Ace Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih sampah android yang sederhana namun cukup efektif.

Fitur pembersih sampah di Ace Cleaner dinamai dengan Ace Clean, fitur ini punya kemampuan untuk menghapus sampah iklan, cache, sampah RAM, hingga file aplikasi (.apk) yang sudah di instal namun belum dihapus.

Selain itu, ada juga Ace Boost, fitur ini bisa kamu gunakan untuk menutup semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang yang tidak digunakan sehingga kinerja smartphone menjadi lebih optimal.

Kalau kamu sering berfoto ria pasti pernah menyimpan foto yang sama persis, tentunya ini juga bisa membuat penyimpanan kartu SD menumpuk.

Kalau hanya satu atau dua foto saja mungkin bisa kita hapus secara manual, bagaimana kalau fotonya banyak?

Tentu untuk menghapusnya memerlukan waktu yang panjang.

Dengan bantuan Ace Cleaner kamu juga bisa menghapus foto-foto tersebut dengan cepat, aplikasi ini akan otomatis mendeteksi foto yang mirip.

Nantinya kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk menentukan foto yang mana yang akan dihapus dan yang mana yang ingin disimpan.

Fitur Ace Cleaner lainnya:

  • Pengunci Aplikasi.
  • Mencegah suara notifikasi.
  • Pengelola aplikasi.
  • Pembersih sampah aplikasi Facebook.

7. Super Speed Cleaner

super speed cleaner

Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan Hyper Speed ini lebih mengutamakan kecepatan entah itu dalam membersihkan sampah ataupun dalam mengoptimalkan kinerja android lainnya.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini juga punya fitur yang dapat menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang hanya dengan satu sentuhan saja.

Super Speed Cleaner juga punya kemampuan untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang membuat suhu ponsel menjadi naik dan menghabiskan banyak baterai.

Kalau kamu punya banyak aplikasi yang jarang digunakan, kamu tidak perlu menghaupsnya satu per satu karena aplikasi ini bisa mendeteksi aplikasi-aplikasi tersebut secara otomatis dan kamu bisa menghapus semua aplikasi tersebut secara langsung.

Fitur Super Speed Cleaner lainnya:

  • Penghemat baterai.
  • Pendingin CPU.
  • Menonaktifkan notifikasi aplikasi tertentu.
  • Pengelola aplikasi.
  • Antivirus.

8. Boost Cache Cleaner

boost cache cleaner

Ponsel android kamu sering macet saat membuka aplikasi atau sering muncul tulisan force close? Boost Cache Cleaner bisa menjadi solusinya.

Aplikasi pembersih sampah android yang diusung oleh Apex Apps ini dapat mengoptimalkan kinerja ponsel android tanpa memerlukan banyak penggunaan memori.

Meskipun demikian aplikasi berukuran tidak lebih dari 7 MB ini dapat membersihkan sampah secara optimal, mendinginkan suhu ponsel, dan mengatasi kemacetan yang seringkali muncul saat membuka aplikasi tertentu.

Fitur pembersih sampah yang ada di aplikasi Boost Cache Cleaner di desain dengan cerdas, dimana ia mampu menemukan dan menghapus cache, sampah aplikasi, dan paket-paket aplikasi yang tak berguna lainnya.

Fitur Boost Cache Cleaner lainnya:

  • Antivirus.
  • Penghemat Baterai.
  • Pendingin CPU.

9. GO Speed

GO Speed

Sebagai pengembang, GOMO mengklaim aplikasi besutannya ini mampu meningkatkan kecepatan kinerja android hingga 60%.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga diklaim mampu menghentikan aplikasi bandel secara efektif, bahkan 50% lebih efektif dari aplikasi sejenisnya.

Selain memiliki fitur menghapus file sampah seperti cache dan file sementara yang dihasilkan oleh aplikasi tertentu, GO Speed juga punya fitur untuk menghapus aplikasi bawaan ponsel.

Kerennya lagi, fitur penghapus aplikasi bawaan android ini bisa kamu gunakan tanpa memerlukan akses root asalkan kamu sudah menggunakan Android 4.1 atau yang lebih tinggi.

Selain itu, Go Speed juga dilengkapi dengan fitur manajemen aplikasi untuk mencegah aplikasi tertentu berjalan secara otomatis di latar belakang, akan tetapi fitur ini hanya bisa digunakan di android yang sudah di root.

Fitur Go Speed lainnya:

  • Pembersih sampah memori internal dan eksternal.
  • Aplikasi manajer untuk menghapus atau mem-backup aplikasi tertentu.

10. The Cleaner

the cleaner

The Cleaner merupakan aplikasi pembersih sampah android yang di desain punya tampilan antarmuka yang interaktif dan tidak membosankan.

Dengan menggunakan The Cleaner, kamu bisa mempercepat kinerja ponsel dengan cara menghapus file sampah yang tak berguna.

Selain itu, aplikasi besutan Liquidum Limited ini juga dapat memindai aplikasi-aplikasi jahat yang bisa mengancam keamanan data privasi kamu.

Ponsel lemot saat bermain game? kamu bisa menggunakan fitur Game Booster yang telah disematkan agar kinerja smartphone dioptimalkan hanya untuk game yang kamu mainkan saja.

The Cleaner juga punya fitur pembersih sampah yang dapat dijadwalkan, sehingga kamu tidak perlu membersihkan secara manual.

Cukup tentukan kapan kamu ingin memberishkannya, nantinya aplikasi ini akan membersihkan secara otomatis.

Fitur The Cleaner lainnya:

  • Pengunci aplikasi.
  • Aplikasi manajer.
  • Pembersih RAM dan memori.

11. Systweak Android Cleaner

systweak android cleaner

Mau aplikasi pembersih sampah tanpa iklan? Systweak Android Cleaner bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Dengan menggunakan aplikasi ini tentunya kamu bisa menghapus sampah lebih leluasa tanpa risih dengan iklan yang seringkali mengganggu.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Systweak Software ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk membersihkan sampah, akan tetapi aplikasi ini juga punya fitur untuk menghemat baterai, meghapus file duplikat, dan fitur pengoptimal kinerja smartphone.

Salah satu fitur yang paling menarik di aplikasi ini adalah WhatsApp Module.

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menghapus file sampah yang dihasilkan oleh aplikasi WhatsApp seperti file gambar, audio, video, dan sebagainya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau WhatsApp akan menyimpan secara otomatis file multimedia ke memori yang dikirim oleh lawan percakapanmu, kecuali kalau kamu sudah mengaturnya supaya tidak tersimpan secara otomatis.

Nggak ada waktu buat bersih-bersih file sampah? tenang saja, karena kamu bisa menggunakan fitur Scheduled Cleaning untuk menjadwalkan pembersihan secara otomatis.

Fitur Systweak Android Cleaner lainnya:

  • Penghemat baterai.
  • Game Booster.
  • Aplikasi Manajer.
  • File Explorer.
  • Menghapus file sampah tersembunyi.

12. AVG Cleaner

avg cleaner

Bagi pengguna perangkat desktop pasti sudah tak asing lagi dengan nama AVG.

Ya, sebagai salah satu pengembang aplikasi antivirus desktop yang cukup populer, AVG tidak hanya mampu mengembangkan antivirus lho.

Akan tetapi ia juga punya fitur aplikasi pembersih sampah yang handal untuk para pengguna android, namanya yaitu AVG Cleaner.

Dengan menggunakan AVG Cleaner, kamu bisa menghapus file sampah yang tak berguna, mempercepat kinerja android, menghapus foto duplikat, dan sebagainya.

Fitur AVG Cleaner lainnya:

  • Penghemat baterai.
  • Pengelola file.
  • Melihat informasi sistem android.

Baca juga: Antivirus Android Terbaik dan Paling Ampuh

Kesimpulan

Itulah deretan aplikasi pembersih sampah android terbaik di 2019 menurut Sipitek yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Selain punya kemampuan untuk membersihkan sampah, setiap aplikasi juga punya fitur tambahan masing-masing.

Oleh karena itu Sipitek menyarankan kamu untuk membaca ulasannya terlebih dahulu, supaya kamu bisa memilih aplikasi dengan fitur tambahan yang juga kamu butuhkan.

Jadi, plikasi mana nih yang akan kamu pasang? apakah kamu punya rekomendasi aplikasi lain selain yang telah Sipitek sertakan di atas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here