Sebagai salah satu sistem operasi paling populer di dunia, Android terus-menerus diuntit oleh orang-orang yang berniat jahat. Mereka biasanya menggunakan virus dan malware dalam melancarkan aksinya, entah itu untuk mencuri data ataupun merusak sistem android.

Kehadiran aplikasi antivirus android tentunya dapat membantu Anda untuk menghindari serangan-serangan tersebut. Bahkan setiap harinya, AV-TEST menemukan lebih dari 350.000 malware baru lho.

Sebagai pengguna android tentunya Anda perlu memperhatikan keamanan data yang Anda simpan, apalagi kalau Anda sering menggunakan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan keuangan seperti aplikasi perbankan dan sebagainya.

Malware yang canggih bahkan bisa langsung menginfeksi android ketika pengguna membuka tautan tertentu. Kata orang, android itu tidak perlu pake antivirus.

Memang benar, kalau untuk membasmi virus android masih sanggup mengatasinya sendiri karena ia punya basis Linux Kernel yang dilengkapi dengan modul SELinux.

Lain lagi kalau malware.

Kalau Anda sering terhubung ke internet, pertimbangkan untuk menggunakan antivirus. Karena malware akan mudah menginfeksi saat pengguna terhubung ke internet.

Namun karena banyaknya pilihan aplikasi antivirus yang bisa kita gunakan, terkadang kita juga bingung memilihnya.

Untungnya di sini Sipitek telah merangkum beberapa aplikasi antivirus android terbaik di 2019 yang telah digunakan oleh jutaan orang di dunia.

Penasarankan? yuk langsung saja.

15 Aplikasi Antivirus Android Terbaik

Selain punya fitur untuk membasmi virus dan malware, nyatanya sebagian besar aplikasi antivirus punya fitur tambahan.

Supaya Anda bisa memilih antivirus yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, silahkan simak semua ulasannya berikut ini.

1. AVG Antivirus 2018

avg antivirus android

Bagi pengguna desktop pasti sudah tak asing lagi dengan nama AVG. Ya, AVG memang dikenal sebagai salah satu pengembang antivirus destktop yang cukup populer.

Akan tetapi, saat ini AVG tidak hanya menghadirkan antivirus untuk perangkat desktop saja namun aplikasi ini juga hadir untuk pengguna android.

Tak tanggung-tanggung, di Play Store saja AVG Antivirus 2018 tercatat telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna android di seluruh dunia lho.

Tidak heran kalau AVG menjadi salah satu antivirus android yang paling banyak diminati, mengingat fitur antivirus yang dikembangkan oleh AVG Mobile ini cukup lengkap.

Dengan menggunakan AVG Antivirus 2018, aplikasi dan game yang terpasang di ponsel Anda otomatis akan dipindai secara berkala untuk memastikan aplikasi dan game tersebut bersih dari program berbahaya.

Jika di dalam aplikasi, game, dan file yang tersimpan di memori android ditemukan virus atau malware yang membahayakan, maka AVG Antivirus 2018 akan menghapusnya secara otomatis.

Selain itu, antivirus yang satu ini juga mampu memindai ancaman malware dari situs web yang Anda buka, sehingga Anda akan diberitahu apalabila situs yang Anda buka berbahaya atau berisi kode jahat.

Fitur pemindai Wi-Fi juga disematkan di dalamnya, fitur ini akan sangat berguna jika Anda sering menggunakan Wi-Fi publik.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang ada di AVG Antivirus 2018 ini adalah fitur Anti-Thef, fitur ini akan sangat membantu ketika ponsel Anda hilang atau dicuri.

Melalui fitur Anti-Thef Anda bisa melacak lokasi android, mengunci, memotret pencuri, dan menghapus semua data yang ada di ponsel tersebut.

AVG Antivirus 2018 bisa Anda gunakan secara gratis, namun ada juga versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Fitur AVG Antivirus 2018 lainnya:

  • Penghemat baterai.
  • Pembersih sampah dan RAM.
  • Tes kecepatan download dan upload di jaringan Wi-Fi.
  • Menyembunyikan foto.
  • Memblokir panggilan.

2. Kasperky Mobile Antivirus

kaspersky mobile antivirus

Jika dibandingkan jumlah penggunanya dengan antivirus sebelumnya, Kasperky Mobile Antivirus memang kalah jauh.

Akan tetapi aplikasi yang dikembangkan oleh Kasperky Lab ini mendapatkan rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,7.

Antivirus android yang telah di unduh oleh lebih dari 50 juta kali ini akan memindai semua aplikasi yang Anda pasang termasuk aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

Kasperky Mobile Antivirus akan melakukan pemindaian secara berkala untuk memastikan ponsel Andanda aman dari serangan virus, malware, trojan, spyware, dan sistem berbahaya lainnya yang dapat mengancam keamanan data Anda.

Sama halnya seperti AVG, Kasperky juga punya fitur anti maling yang bisa Anda gunakan untuk melacak keberadaan ponsel.

Selain itu ada juga fitur anti phising, fitur ini akan melindungi informasi Anda dari situs-situs palsu.

Jika Anda sering berbelanja online atau mengakses situs web perbankan fitur anti phising juga akan sangat berguna, karena fitur ini dapat memastikan bahwa situs yang Anda kunjungi adalah situs asli dan aman.

Fitur Kasperky Mobile Antivirus lainnya:

  • Pemblokir SMS dan panggilan.
  • Pemblokir tautan dan situs yang berbahaya.
  • Dukungan Android Wear.

3. Avast Mobile Security & Antivirus 2018

avast mobile security

Telah di unduh dan dipercaya oleh lebih dari 100 juta pengguna, antivirus yang juga cukup populer di kalangan para pengguna desktop ini menawarkan fitur yang sangat lengkap.

Antivirus kali ini punya fitur yang dapat menampilkan peringatan apabila Anda menginstal aplikasi berbahaya yang berisi spyware, adware, dan virus lainnya yang dapat mengancam keamanan data privasi Anda.

Selain itu Avast Mobile Security & Antivirus juga dapat memindai dan memblokir tautan dari situs web berbahaya yang terinfeksi virus, sehingga Anda bisa berselancar di internet secara aman.

Selain dapat digunakan sebagai antivirus, Avast juga bisa dijadikan sebagai aplikasi pembersih sampah.

Pasalnya, Avast punya fitur pembersih sampah yang cukup handal yang bisa membersihkan berbagai macam jenis file sampah seperti cache, sampah aplikasi, hingga sampah gambar mini yang dihasilkan aplikasi galeri.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang ada di Avast adalah adanya fitur VPN, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa berselancar di internet secara anonim, bahkan fitur ini juga bisa digunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintah.

Avast bisa Anda gunakan secara gratis, namun ada juga versi premium yang punya lebih banyak fitur.

Fitur Avast Mobile Security & Antivirus 2018 lainnya:

  • Pemblokir panggilan.
  • Pemindai keamanan jaringan Wi-Fi.
  • Mengunci galeri.
  • Penghemat baterai.
  • Anti maling, otomatis mengunci saat SIM di ganti. (Premium)
  • Pengunci aplikasi. (Premium)
  • Tanpa iklan. (Premium)

4. Security Master

security master

Lagi nyari antivirus yang punya fitur lengkap? Security Master bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Ya, aplikasi yang awalnya bernama CM Security ini menawarkan beragam fitur yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone.

Sebagai pengembang, Cheetach Mobile mengklaim Security Master ditenagai oleh mesin antivirus no 1 di dunia.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh AV-TEST, Security Master berhasil mendeteksi 100% malware dan virus yang ada saat ini.

Tidak heran jika aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 500 juta pengguna ini diklaim sebagai antivirus terbaik di dunia.

Selain itu, Security Master juga dilengkapi dengan fitur diagnosa cerdas yang dapat mengetahui status ponsel dan memberikan solusi supaya ponsel tetap aman dan optimal.

Apabila ponsel yang Anda gunakan menyimpan banyak file sampah, Security Master akan mendeteksi file-file tersebut dan menyarankan Anda untuk menghapusnya.

Dengan menggunakan Security Master, Anda juga bisa berselancar di internet secara bebas menggunakan fitur VPN SafeConnect.

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir pemerintah dan mengamankan data Anda saat berselancar di internet.

Sayangnya, kalau Anda tidak suka dengan iklan, aplikasi ini mungkin bukan pilihan yang tepat, karena ada banyak sekali iklan yang cukup mengganggu.

Fitur Security Master lainnya:

  • Pengunci pesan.
  • Pengunci aplikasi.
  • Memotret otomatis saat ada orang yang membuka kunci layar.
  • Penghemat baterai.
  • Pendingin CPU.

5. Avira Antivirus Security 2018

avira antivirus security 2018

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Avira Antivirus Security 2018 menyuguhkan tampilan antarmuka aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan.

Meskipun demikian, antivirus besutan AVIRA ini juga punya fitur yang lengkap dan mampu membasmi virus dan malware secara efektif.

Aplikasi ini juga dapat melindungi data-data sensitif seperti kontak, pesan, email, dan data penting lainnya.

Avira Antivirus Security 2018 akan memindai aplikasi dan file yang tersimpan di memori ponsel Anda secara otomatis.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menunjukkan nilai pada setiap aplikasi atas skala privasi berdasarkan banyaknya data yang dikumpulkan oleh aplikasi tersebut.

Sehingga Anda bisa tau aplikasi apa saja yang mengumpulkan data-data sensitif.

Apabila ada aplikasi yang mengakses data privasi secara tidak sah, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan diblokir dan tidak di izinkan untuk mengakses data tersebut.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur Anti-Ransomware.

Virus berbahaya yang sempat menggegerkan jagat maya ini bisa ditangkal dengan mudah oleh Avira Antivirus Security 2018.

Bahkan AVIRA mengkalim berhasil menangkal jutaan serangan Ransomware setiap bulannya.

Yang nggak kalah kerennya lagi, aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia, sehingga Anda bisa menjelajahinya dengan mudah tanpa terkendala bahasa.

Dengan menggunakan Avira Antivirus Security 2018 Anda juga tidak perlu khawatir kinerja ponsel terganggu, karena memang antivirus android yang satu ini didesain supaya tidak memakan banyak RAM dan baterai.

Avira Antivirus Security 2018 bisa digunakan di Android 4.4 (KitKat) hingga versi android terbaru.

Fitur Avira Antivirus Security 2018 lainnya:

  • Anti maling.
  • Melacak lokasi HP.
  • Pengunci aplikasi.
  • Menyediakan portal situs web untuk mengendalikan android dari jarak jauh.

6. Bitdefender Antivirus Free

bitdefender antivirus free

Sudah mencoba berbagai macam jenis antivirus android tapi malah membuat ponsel menjadi lelet? Bitdefender Antivirus Free bisa menjadi solusinya.

Pasalnya, aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta kali ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya, tidak lebih dari 7 MB.

Meskipun demikian, antivirus yang satu ini juga mampu menangkal 99% virus yang dapat menyerang perangkat android.

Untuk mengoptimalkan kemampuannya, Bitdefender Antivirus Free menggunakan teknologi pemindaian in-the-cloud sehingga mampu memerangi virus secara cepat dan efektif.

Meskipun fiturnya cukup terbatas, Bitdefender Antivirus Free bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari antivirus yang ringan.

Namun jika Anda ingin menikmati lebih banyak fitur, Anda bisa men-upgrade ke versi berbayar (Bitdefender Mobile Security).

Fitur Bitdefender Mobile Security:

  • Memindai virus secara real time saat berselancar di internet.
  • Mengunci, melacak, dan menghapus data android yang hilang.

7. Norton Security and Antivirus

norton security and antivirus

Antivirus android besutan NortonMobile menawarkan fitur yang cukup lengkap namun sebagian besar fitur tersebut tersedia untuk versi premium.

Teknologi antivirus yang disematkan di dalam Norton Security and Antivirus ini dirancang untuk Android KitKat atau versi android yang lebih baru.

Antivirus ini mampu mendeteksi 100% jenis varian virus android yang berbahaya entah itu malware, spyware, dan program berbahaya lainnya.

Selain itu, apabila ponsel yang Anda gunakan sering mengalami lelet tanpa sebab, dengan menggunakan Norton Security and Antivirus Anda akan tau penyebabnya.

Jika Anda ingin menggunakan versi premium tapi belum yakin dengan kemampuannya, Anda bisa menggunakan versi percobaan selama 30 hari.

Saat pertama kali memasangnya, Anda akan otomatis menggunakan versi premium, apabila sudah melewati masa percobaan Anda tetap bisa menggunakannya tapi dengan fitur yang terbatas.

Berikut beberapa fitur premium Norton Security Anda Antivirus:

  • Mengunci android dari jarak jauh.
  • Melacak lokasi android.
  • Otomatis mengunci saat SIM dicabut.
  • Blokir SMS dan panggilan dari nomor tertentu.

8. Sophos Mobile Security

sophos mobile security

Namanya memang tidak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya, akan tetapi jika Anda mencari antivirus android yang gratis, tanpa iklan, dan Anda bisa menggunakan semua fiturnya secara gratis, Sophos Mobile Security bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun demikian, antivirus yang satu ini juga cukup handal dalam melindungi android dari serangan program jahat.

Berdasarkan hasil pengujian AV-TEST, antivirus besutan Sophos Limited ini mampu mendeteksi 100% ancaman malware ataupun virus berbahaya yang dapat mengancam android.

Untuk melindungi android dari infeksi malware, Sophos Mobile Security menggunakan teknologi up-to-the-minute intelligence yang dikembangkan oleh SophosLab.

Fitur Sopshos Mobile Security lainnya:

  • Mengunci dan menghapus data android dari jarak jauh.
  • Blokir situs web yang berbahaya.
  • Pengunci aplikasi.
  • Mengamankan koneksi Wi-Fi dari serangan man-in-the-middle.
  • Mendeteksi aplikasi yang menggunakan data pribadi.
  • Blokir panggilan.
  • Menyimpan semua akun dengan aman.

9. Mcafee Mobile Security

mcafee mobile security

Mcafee Mobile Security tidak hanya memiliki fitur yang mampu mengamankan ponsel Anda dari serangan virus saja, namun aplikasi ini juga punya beragam fitur canggih yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan menemukan banyak sekali fitur yang cukup berguna.

Di setiap fiturnya Mcafee Mobile Security menyediakan panduan cara penggunaannya, sehingga Anda tidak perlu khawatir kebingungan saat pertama kali memasangnya.

Menurut AV-TEST, antivirus yang dikembangkan oleh McAffe LLC ini mampu mendeteksi 99,5% virus yang membahayakan android.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang ada di aplikasi ini adalah fitur pengaman Wi-Fi, fitur ini mampu melindungi Anda dari serangan Spoofing ARP.

Fitur Mcafee Mobile Security lainnya:

  • Memblokir situs berbahaya.
  • Penghemat baterai.
  • Pembersih RAM.
  • Pembersih file sampah.
  • Pengunci aplikasi.
  • Blokir panggilan dan SMS.
  • Melacak, menghapus, mengunci, dan mengamankan data android dari jarak jauh.

10. Dr.Web Security Space

dr web security space

Antivirus android besutan Doctor Web, ltd. ini bisa Anda gunakan secara gratis selama 14 hari, selanjutnya Anda perlu membayar sekitar Rp. 118 ribuan untuk satu tahun.

Meskipun demikian Anda mungkin akan puas dengan fitur canggih yang dihadirkan didalamnya.

Pasalnya, Dr.Web Security Space akan memindai semua file dan folder yang ada di memori perangkat secara menyeluruh dan kompleks.

Bahkan Dr.Web Security Space mampu mendeteksi program berbahaya yang belum diketahui antivirus lain dengan bantuan teknologi Origins Tracing.

Fitur Dr.Web Security Space lainnya:

  • Memfilter panggilan dan SMS.
  • Anti maling.
  • Memblokir situs web yang berisi virus dan konten sensitif.

11. Lookout Security & Antivirus

lookout security antivirus

Telah diunduh lebih dari 100 juta kali, Lookout Security & Antivirus menjadi salah satu antivirus android yang juga cukup populer.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Lookout Mobile Security ini menawarkan beragam kemudahan dan kemanan untuk ponsel Anda.

Lookout Security & Antivirus akan terus menerus memindai ponsel Anda secara otomatis di latar belakang untuk memastikan ponsel Anda tetap bersih dan aman dari virus.

Selain itu, Lookout Security & Antivirus juga sudah dilengkapi dengan fitur anti maling yang bisa Anda gunakan untuk melacak keberadaan ponsel.

Dengan bantuan fitur Signal Flare, aplikasi ini dapat menyimpan lokasi perangkat secara otomatis ketika baterai lemah, sehingga lokasi ponsel akan diketahui secara akurat.

Fitur premium Lookout Security & Antivirus:

  • Pengaman koneksi Wi-Fi.
  • Melaporkan keamanan android melalui email.
  • Memblokir situs berbahaya.
  • Melihat aplikasi yang menggunakan data pribadi.
  • Mengirim pesan, mengunci, dan menghapus data android dari jauh.

12. Mobile Security & Antivirus

eset mobile security antivirus

Mobile Security & Antivirus merupakan aplikasi antivirus yang kuat dan cepat dalam menangani virus ataupun malware yang membahayakan ponsel Anda.

Saat pertama kali memasangnya, Anda akan mendapatkan versi premium secara gratis selama 30 hari.

Selanjutnya, jika anda ingin menggunakan versi premium, Anda perlu membayrannya. Namun jika tidak, Anda masih tetap bisa menggunakan versi gratis dengan fitur yang terbatas.

Pada saat pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan memberikan tutorial cara penggunaannya pada masing-masing fitur yang tersedia.

Dengan menggunakan antivirus android yang diusung oleh ESET ini, Anda bisa melihat laporan keamanan android secara terperinci.

Fitur Mobile Security & Antivirus lainnya:

  • Anti maling.
  • Menganalisa keamanan aplikasi yang akan di pasang.
  • Jadwalkan pemindaian.

13. Antivirus Free

antivirus free

Sesuai dengan namanya, Antivirus Free merupakan salah satu aplikasi antivirus anroid yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Aplikasi yang diusung oleh NQ Mobile ini diklaim mampu bekerja secara cepat, ringan, profesional, dan efektif dalam membasmi virus maupun malware berbahaya.

Hanya dengan satu sentuhan saja, Antivirus Free akan memindai semua aplikasi ataupun file yang tersimpan di android Anda.

Berkat fitur pemindai berbasis awan, antivirus yang telah di unduh oleh lebih dari 50 juta kali ini mampu membasmi virus dengan cepat.

Anda juga tidak perlu khawatir saat menginstal aplikasi yang asing, karena aplikasi ini akan terus mengawasi aplikasi tersebut ketika terpasang di android.

Antivirus Free memang tidak punya banyak fitur, akan tetapi kalau Anda mencari antivirus yang ringan namun tetap dapat melindungi ponsel Anda, Antivirus Free bisa menjadi solusinya.

14.  Virus Cleaner (Hi Security)

virus cleaner

Dipercaya oleh lebih dari 50 juta pengguna dan mendapatkan rating yang cukup baik di Play Store (4,8).

Virus Cleaner (Hi Security) tidak hanya mampu membersihkan virus berbahaya saja, akan tetapi aplikasi besutan Hi Security Lab ini juga punya beragam fitur yang dapat mengoptimalkan smartphone.

Antivirus yang disematkan dalam aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara Hi Security dengan pengembang antivirus Mcafee untuk memberikan perlindungan virus kelas dunia.

Selain itu Virus Cleaner (Hi Security) juga dilengkapi dengan fitur pembersih sampah yang dapat membersihkan beragam file sampah android secara efisien.

Fitur Virus Cleaner (Hi Security) lainnya:

  • Mempercepat kinerja android.
  • Pengunci aplikasi.
  • Pembersih notifikasi.
  • Pendingin CPU.
  • Memblokir panggilan.
  • Menguji kecepatan dan keamanan Wi-Fi.

15. dfndr Security

dfndr security

Telah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna android di seluruh dunia, dfndr Security merupakan antivirus android yang terakhir yang paling saya rekomendasikan.

Dengan menggunakan dfndr security Anda dapat memindai virus dengan dengan cepat dan menyeluruh untuk menjaga ponsel agar tetap prima dan terhindar dari virus berbahaya.

Selain itu, saat Anda mengisi daya baterai smartphone aplikasi ini juga akan menghentikannya secara otomatis apabila baterai sudah penuh untuk menjaga pengisian yang berlebihan.

dfndr security juga dilengkapi dengan fitur VPN yang bisa Anda gunakan untuk membuka situs yang diblokir dan berselancar di internet secara aman.

Akan tetapi, dalam sehari Anda hanya bisa menggunakan 50 MB saja. Jika ingin menggunakannya tanpa batas, Anda bisa menggunakan versi premium.

Dengan versi premium Anda tidak hanya bisa mendapatkan akses VPN secara bebas saja, namun aplikasi dfndr security juga akan bersih dari iklan.

Fitur dfndr security lainnya:

  • Anti-hacking.
  • Pembersih RAM.
  • Pengunci aplikasi.
  • Anti maling.
  • Pengaman koneksi Wi-Fi.
  • Memblokir panggilan.

Kesimpulan

Itulah deretan aplikasi antivirus android terbaik di 2019 menurut Sipitek yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Tentunya setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, setidaknya ulasan di atas dapat membantu Anda untuk memilih antivirus yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, antivirus yang mana yang akan anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here