aplikasi pendingin hp android otomatis

Melalui smartphone Android kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari menonton video, bermain game, browsing, dan lain sebagainya, terkadang aktivitas tersebut membuat kita betah berlama-lama menggunakan smartphone.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri sebagian besar smartphone jika digunakan dalam waktu yang lama apalagi bermain game, suhunya akan naik menjadi panas terlebih kalau Anda menjalankan aplikasi atau game berat yang memakan banyak kapasitas CPU.

Untungnya saat ini sudah banyak developer aplikasi Android yang menawarkan aplikasi pendingin HP Android yang dapat mendinginkan smartphone secara otomatis, dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu lagi mendinginkan smartphone dengan meletakkannya di depan kipas angin.

Akan tetapi tentunya setiap aplikasi pendingin HP Android otomatis punya cara kerja dan fitur tambahan yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

20 Aplikasi Pendingin HP Android Otomatis Terbaik

1. Smart Cooler

Smart Cooler

Lebih dari 10 juta pengguna smartphone Android mempercayakan Smart Cooler sebagai pendingin smartphone-nya. Kalau dilihat sekilas, aplikasi besutan Pic Tool Group ini memang cukup sederhana akan tetapi Smart Cooler cukup handal dalam mendinginkan suhu smartphone yang panas.

Smart Cooler punya kemampuan untuk mendeteksi suhu CPU secara otomatis, aplikasi ini juga dapat mendeteksi sejmulah aplikasi yang menggunakan banyak CPU smartphone Anda.

Tidak hanya itu saja, Smart Cooler juga dibekali dengan fitur One-Tap Cooling yang dapat digunakan untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang membuat smartphone Anda cepat panas, sehingga pengguna CPU menjadi berkurang dan suhu smartphone juga bisa menjadi cepat dingin.

2. Cooling Master – Phone Cooler

Cooling Master - Phone Cooler

Cooling Master merupakan aplikasi yang tidak hanya mampu mendinginkan suhu smartphone secara otomatis saja, akan dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa memantau suhu smartphone Anda secara real-time.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan Cooling Master Anda juga tak perlu khawatir smartphone panas apabila menggunakan aplikasi atau memainkan game berat, karena aplikasi ini juga dapat mencegahnya dengan cara menutup aplikasi-aplikasi yang tidak berguna supaya CPU dapat bekerja dengan baik dan smartphone tetap dingin.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Cooling Master juga punya fitur pendingin yang dapat dijalankan hanya dengan sekali ketukan saja, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mendinginkan smartphone secara manual.

3. CPU Cooler

CPU Cooler

Nyari aplikasi pendingin HP Android otomatis yang ringan? CPU Cooler merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 10 MB lho.

Meskipun demikian CPU Cooler juga cukup handal dalam mendinginkan CPU smartphone, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa memantau suhu smartphone secara real-time.

Tak hanya mampu mendinginkan suhu smartphone saja, akan tetapi CPU Cooler juga punya beberapa fitur yang dapat meningkatkan kinerja smartphone, mulai dari pembersih cache, pembersih memori, dan lain sebagainya.

4. Phone Cooler CPU Cooler Master

Phone Cooler CPU Cooler Master

Phone Cooler CPU Cooler Master merupakan aplikasi yang diklaim mampu mendinginkan suhu HP Android secara otomatis dengan cepat dan handal. Aplikasi besutan 7Labs ini akan membantu menurunkan suhu smartphone Anda dengan menutup beragam aplikasi yang menggunakan banyak CPU.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikemas dengan antarmuka yang cukup intuitif ini juga menyediakan fitur untuk melacak suhu CPU, melalui fitur ini Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang dapat membuat smartphone Anda menjadi panas.

Menariknya lagi, CPU Cooler Master juga dibekali dengan fitur yang dapat memberitahu Anda ketika smartphone mengalami panas yang berlebihan yang berpotensi membuat hardware smartphone menjadi rusak.

5. Phone Cooler Master

Phone Cooler Master

Suka menggunakan smartphone Android untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus atau bekerja secara multitasking? Phone Cooler Master merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, aplikasi besutan Team Lockapp ini dapat menjaga suhu smartphone tetap dingin meskipun Anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Tidak hanya itu saja, Phone Cooler Master juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari aplikasi pendingin HP Android otomatis yang punya banyak fitur.

Tidak hanya mampu mendinginkan smartphone saja, Phone Cooler Master juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone Anda, salah satunya adalah fitur penghemat baterai.

6. Phone Cooler Battery Saver

Phone Cooler Battery Saver

Diklaim sebagai aplikasi pengontrol suhu HP Android yang handal dan profesional, Phone Cooler Battery Saver hadir dengan antarmuka yang modern dan cukup memanjakan mata.

Aplikasi yang diusung oleh Huy Phong Tech ini menyediakan beberapa fitur menarik, mulai dari pemantau suhu real-time, pendingin dalam satu ketukan, dan fitur pencegah panas yang berlebihan.

Menariknya lagi Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini tanpa biaya sepeser pun, karena memang aplikasi ini tidak menyediakan fitur berbayar, semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis.

7. Finally Clean

Finally Clean

Lagi nyari aplikasi pendingin HP Android otomatis yang punya banyak fitur? Finally Clean merupakan aplikasi yang wajib dipertimbangkan. Pasalnya, aplikasi besutan Bigfoot Team ini tidak hanya menyediakan fitur pendingin suhu smartphone saja.

Akan tetapi, Finnaly Clean juga menyediakan beberapa fitur menarik yang dapat membuat kinerja smartphone tetap optimal, diantaranya adalah fitur pembersih sampah, pembersih cache, pembersih RAM, penghemat baterai, dan beberapa fitur menarik lainnya.

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, Finally Clean memang tak sebanyak aplikasi sebelumnya, akan tetapi sebagian besar penggunanya merasa puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan Finally Clean, bahkan di Google Play Store saja aplikasi ini juga mendapatkan rating yang cukup tinggi, yaitu 4,8.

8. Cooler Master – Clean Booster

Cooler Master - Clean Booster

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Cooler Master juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna yang sedang mencari aplikasi pendingin HP Android otomatis yang menyediakan beragam fitur. Pasalnya, Cooler Master juga punya banyak fitur, mulai dari pembersih cache, pembersih sampah, dan lain sebagainya.

Fitur pembersih sampah yang ada di dalam aplikasi ini juga bukan hanya sekedar pembersih sampah, karena fitur tersebut dapat membersihkan sampah secara akurat mulai dari cache memori, sampah iklan, file sampah yang tak berguna, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Cooler Master juga dilengkapi dengan game booster yang dapat memberikan pengalaman terbaik ketika smartphone digunakan untuk bermain game, tentu dengan adanya fitur ini Anda tak perlu menggunakan aplikasi game booster secara terpisah.

9. Free Phone Cooler Master Pro

Free Phone Cooler Master Pro

Sesuai dengan namanya, Free Phone Cooler Master Pro merupakan aplikasi pendingin HP Android otomatis yang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis. Meskipun demikian aplikasi yang diusung oleh Mobile Apps Team10 ini hadir dengan fitur premium.

Free Phone Cooler Master Pro memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu smartphone secara akurat, apabila suhu smartphone naik aplikasi ini akan secara otomatis mengaktifkan fitur pendingin yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang diklaim dapat mendinginkan suhu smartphone hingga 7 derajat celsius ini juga menyediakan fitur penguat sinyal Wi-Fi, tentu dengan adanya fitur ini Anda tak perlu mengunduh aplikasi penguat sinyal secara terpisah.

10. Auto CPU Cooler Master

Auto CPU Cooler Master

Ingin menggunakan aplikasi pendingin HP Android otomatis yang ringan? Anda bisa menggunakan Auto CPU Cooler Master. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini memang didesain khusus untuk smartphone low-end bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Meskipun demikian, aplikasi yang diusung oleh ZNP Labs ini juga cukup ampuh dalam mendinginkan smartphone. Selain menyediakan fitur pengontrol suhu secara real-time, Auto CPU Cooler Master juga dapat menjaga suhu smartphone tetap dingin meskipun digunakan untuk multitasking.

11. Phone Cool Down

Phone Cool Down

Phone Cool Down hadir dengan kemampuannya yang tidak hanya mampu mendinginkan HP Android secara otomatis, akan tetapi aplikasi ini juga dapat membersihkan cache dan mempercepat kinerja smartphone Anda.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Cooler Technologies ini juga menyediakan fitur pendingin dalam satu sentuhan yang akan membantu mendinginkan smartphone dengan cepat. Menariknya lagi, Phone Cool Down juga menyediakan fitur penghemat baterai.

12. Super Cooler

Super Cooler

Diklaim memiliki teknik pendingin yang berbeda dan lebih efektif daripada aplikasi pendingin HP Android otomatis yang lainnya, Super Cooler memiliki kemampuan untuk mendeteksi aplikasi yang menyebabkan smartphone menjadi cepat panas.

Apabila Super Cooler menemukan aplikasi yang menggunakan banyak CPU, aplikasi ini akan secara otomatis menutup aplikasi tersebut supaya suhu smartphone tetap stabil. Sama seperti aplikasi yang lainnya, Super Cooler juga dibekali dengan fitur pendingin yang dapat digunakan dalam satu kali ketukan saja.

13. Cooler Master PRO

Cooler Master PRO

Suhu smartphone yang panas secara berlebihan atau overheating memang cukup membahayakan kesehatan smartphone, bahkan dalam beberapa kasus hal ini juga dapat merusak hardware terutama baterai.

Akan tetapi mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, karena ada aplikasi Cooler Master PRO dibekali dengan algoritma khusus yang dapat menghentikan dan menutup aplikasi yang menggunakan banyak CPU dan menjaga suhu smartphone tetap dingin.

Tidak hanya itu saja, aplikasi pendingin HP Android otomatis yang diklaim paling handal ini juga menyediakan fitur pendingin satu ketukan seperti aplikasi yang lainnya.

14. Device Cooler

Device Cooler

Device Cooler adalah aplikasi pendingin HP Android otomatis yang tidak hanya dapat membuat suhu smartphone tatap dingin saja, akan tetapi aplikasi ini juga dibekali dengan algoritma canggih yang dapat memperpanjang masa pakai baterai.

Tidak hanya itu saja, Device Cooler juga dilengkapi dengan fitur pemantau suhu yang dapat dilihat secara real-time, bahkan Anda juga bisa melihat peningkatan maupun penurunan suhu dari waktu ke waktu melalui fitur kurva perubahan suhu yang telah disediakan.

15. Phone Cooler & CPU Cooler Master

Phone Cooler & CPU Cooler Master

Suka menggunakan smartphone untuk bekerja secara multitasking? Phone Cooler & CPU Cooler Master merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh GIGA Studio ini dilengkapi dengan fitur yang dapat memperingatkan Anda ketika smartphone terlalu panas.

Tentunya dengan adanya fitur ini Anda bisa menghapus aplikasi yang sedang berjalan secara manual, atau Anda juga bisa menggunakan fitur pendingin satu sentuhan supaya tidak terjadi overheating pada smartphone.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 ribu kali ini juga hadir dengan algoritma khusus yang dapat memantau dan mencari aplikasi yang menyebabkan suhu smartphone naik.

16. Super Cleaner

Super Cleaner

Dipercaya oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia, Super Cleaner merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi pendingin HP Android otomatis yang handal dan punya banyak fitur.

Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Hawk App ini tidak hanya menyediakan fitur pendingin saja, akan tetapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membersihkan sampah, membersihkan memori, hingga membersihkan virus, tentunya dengan adanya fitur ini Anda tak perlu menggunakan aplikasi antivirus secara terpisah.

17. DU Battery Saver

DU Battery Saver

DU Battery Saver memang lebih dikenal sebagai aplikasi penghemat baterai, akan tetapi aplikasi yang dikembangkan oleh DU APPS STUDIO ini juga punya fitur yang dapat mendinginkan suhu HP Android secara otomatis.

DU Battery Saver dibekali dengan fitur pendingin canggih yang dapat memantau, mengelola, dan menonaktifkan aplikasi secara sistematis untuk menjaga suhu CPU tetap dingin.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini juga menyediakan widget sederhana yang dapat mempermudah Anda dalam mendinginkan atau menghemat baterai tanpa tanpa harus membuka aplikasinya.

18. Nox Cleaner

Nox Cleaner

Tak mau kalah dengan pengembang aplikasi yang lainnya, salah satu developer yang cukup tersohor karena aplikasi emulator-nya ini juga punya aplikasi pendingin HP Android otomatis yang cukup handal.

Aplikasi besutan Nox Ltd ini tidak hanya bisa digunakan untuk mendinginkan suhu HP Android saja, akan tetapi NOX Cleaner juga menyediakan beragam fitur menarik yang dapat mengoptimalkan kinerja HP Android, diantaranya yaitu pembersih sampah, penghemat baterai, pembersih RAM, pendingin CPU, dan sebagainya.

Fitur yang paling menarik dari Nox Cleaner adalah fitur manajemen foto, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa mencari foto yang mirip dan berkualitas rendah dengan cepat, tidak hanya itu saja fitur ini juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto lho, sehingga Anda juga tak perlu menggunakan aplikasi kompres foto secara terpisah.

19. All-In-One Toolbox

All-In-One Toolbox

Sama seperti aplikasi sebelumnya, All-In-One Toolbox juga tidak hanya bisa digunakan untuk mendinginkan smartphone saja akan tetapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mempercepat kinerja smartphone, mendinginkan CPU, mempercepat booting, mengelola file, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang paling membedakan All-In-One Toolbox diantara aplikasi pendingin HP Android otomatis yang lainnya adalah fitur WiFi Analisis, fitur ini akan berguna untuk Anda yang sering menggunakan WiFi umum.

Dengan menggunakan WiFi Analysis Anda dapat memindai dan mencari tahu apakah koneksi WiFi tersebut aman untuk digunakan atau tidak, menariknya lagi fitur ini juga dapat mempercepat koneksi WiFi lho.

20. Speed Booster

Speed Booster

Aplikasi pendingin HP Android otomatis terbaik yang terakhir adalah Speed Booster. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang mencari aplikasi yang mudah digunakan, pasalnya Speed Booster memang dikemas dengan antarmuka yang ramah dan intuitif.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Speed Booster juga menawarkan beragam fitur diantaranya pembersih sampah, penghemat baterai, game booster, dan lain sebagainya. Yang nggak kalah kerennya lagi, aplikasi besutan Cheetah Mobile ini bisa Anda gunakan dengan nyaman tanpa risih dengan iklan.

Itulah deretan aplikasi pendingin HP Android otomatis terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis, semua aplikasi di atas juga bisa digunakan tanpa root.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang telah diulas di atas sekarang Anda tak perlu lagi khawatir smartphone panas, karena memang sebagian besar aplikasi yang ada di atas sangat handal dalam mendinginkan smartpone. Aplikasi mana yang akan Anda gunakan? Mana yang paling ampuh menurut Anda?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here