Tidak bisa dipungkiri, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup dibenci oleh sebagian besar pelajar, biasanya karena rumus yang membingungkan. Akan tetapi sekarang ini sudah banyak aplikasi matematika yang dapat membantu Anda mempelajarinya dengan mudah, termasuk rumusnya.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang akan Sipitek ulas kali ini, Anda dapat mempelajari berbagai macam rumus matematika, bahkan Anda juga bisa menjawab berbagai macam soal matematika hanya dengan cara difoto lho.

Setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur dan cara kerja yang berbeda-beda, oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi matematika beserta kegunaannya supaya Anda bisa memilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa aplikasi juga ada yang bisa menampilkan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal tersebut, sehingga Anda juga bisa mempelajarinya dengan mudah. Penasaran kan? yuk langsung saja simak.

20 Aplikasi Matematika Terbaik di Android

1. Photomath

Photomath

Ingin menyelesaikan soal-soal matematika tapi malas untuk mengetiknya? Photomath bisa memberikan solusinya untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyelesaikan soal matematika hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke soal matematika yang ingin dijawab.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini nantinya akan menampilkan jawaban secara otomatis dari soal tersebut. Tidak hanya itu saja, Photomath juga akan menampilkan instruksi secara detail mengenai cara menyelesaikan soal tersebut. Selain mendapatkan jawaban, tentunya Anda juga bisa belajar secara detail.

Aplikasi yang diusung Photomath Inc ini mendukung berbagai soal matematika, diantaranya aritmetika, pecahan, desimal, akar, aljabar, bilangan bulat, logaritma, trigonometri, eksponen, integral, dan yang lainnya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal mengarahkan kamera smartphone ke soal matematika yang ada di kertas, nantinya secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan jawabannya.

2. Math Tricks

Math Tricks

Banyak orang yang malas belajar matematika karena alasan rumus yang terlalu membingungkan. Dengan menggunakan aplikasi Math Tricks Anda tidak akan kebingungan dengan rumus, karena aplikasi ini dapat memberikan jawaban dari soal matematika dengan rumus yang lebih cepat dan sederhana.

Aplikasi yang diusung oleh Antoni Ion ini menyediakan beragam trik untuk menyelesaikan soal-soal matematika dasar, seperti pengurangan, pembagian, perkalian, penambahan, kuadrat, persentase, dan sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga tidak akan mudah bosan, karena Math Tricks juga menyediakan game yang berkaitan dengan matematika. Menariknya lagi, permainan tersebut bisa dimainkan secara online dengan orang lain, Anda bisa beradu kecepatan untuk menyelesaikan persoalan matematika dengan cara yang menyenangkan.

3. MyScript Calculator

MyScript Calculator

MyScript Calculator merupakan aplikasi matematika yang sederhana, intuitif, dan mudah digunakan. Untuk menyelesaikan soal matematika melalui aplikasi ini Anda bisa menuliskan soal yang ingin dipecahkan melalui layar smartphone, nantinya MyScript Calculator akan memberikan hasilnya secara real-time.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang sama seperti menyelesaikan soal matematika di atas kertas. Tidak perlu khawatir jika layar smartphone Anda sempit, karena MyScript Calculator mendukung mode potrait maupun landscape.

Selain itu, aplikasi yang diusung oleh MyScript ini juga mendukung beragam operator matematika, termasuk trigonometri, logaritma, konstanta, operasi dasar, dan lain sebagainya.

4. MalMath

MalMath

Mau tau langkah-langkah untuk menyelesaikan soal matematika? MalMath merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, selain bisa menyelesaikan soal matematika secara otomatis, aplikasi ini juga akan menunjukkan cara untuk menyelesaikan soal tersebut.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini mampu memecahkan soal matematika yang rumit seperti integral, trigonometri, logaritma, aljabar, persamaan, dan yang lainnya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara offline.

5. Graphing Calculator

Graphing Calculator

Sesuai dengan namanya, Graphing Calculator sebetulnya merupakan aplikasi kalkulator, akan tetapi aplikasi yang diusung oleh Mathlab Apps ini bukan hanya sekedar kalkulator biasa.

Dengan menggunakan Graphing Calculator Anda bisa menyelesaikan soal matematika dengan cepat dan tepat. Aplikasi ini akan menampilkan langkah demi langkah untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang ingin dipecahkan.

Graphing Calculator punya dua keunggulan utama yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan soal matematika. Pertama, aplikasi ini dapat digunakan sebagai kalkulator umum yang biasa digunakan oleh banyakan orang.

Kedua, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat grafik yang rumit, bahkan Graphing Calculator juga dapat menampilkan nilai x dan y secara otomatis. Soal-soal matematika yang bisa diselesaikan menggunakan aplikasi ini diantaranya soal pecahan, grafik, aljabar, matriks, dan lain sebagainya.

Baca juga: Aplikasi Translate Bahasa Terbaik dan Paling Akurat di Android

6. Mathway

Mathway

Ingin menyelesaikan soal matematika yang sulit? Mathway merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini dapat menyelesaikan berbagai macam soal matemtika dasar hingga yang paling sulit.

Untuk menggunakan aplikasi ini caranya sangat mudah, Anda bisa menuliskan langsung soal yang ingin diselesaikan, atau bisa juga dengan mengarahkan kamera ke soal tersebut. Nantinya aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan jawab beserta langkah-langkah penyelesaiannya.

Aplikasi yang diklaim sebagai kalkulator paling pintar di dunia ini dapat digunakan untuk menyelesaikan soal matematika dasar, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan statistik.

7. Mathematics

Mathematics

Sama seperti aplikasi matematika yang lainnya, untuk menyelesaikan persoalan matematika melalui aplikasi ini Anda hanya tinggal memasukkan soal yang ingin diselesaikan saja. Nantinya Mathematics akan secara otomatis menampilkan jawaban dari soal tersebut.

Aplikasi besutan DaboApps ini dapat digunakan untuk menyelesaikan beragam soal matematika, mulai dari persamaan, aljabar, desimal, biner, akar, eksponen, kuadrat dan lain sebagainya.

8. AutoMath Photo Calculator

AutoMath Photo Calculator

Sesuai dengan namanya, AutoMath merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan soal matematika dengan mudah dan cepat. Pasalnya, hanya dengan mengambil foto soal yang ingin diselesaikan melalui kamera smartphone, Anda sudah bisa mendapatkan jawabannya.

Aplikasi ini nantinya akan secara otomatis menampilkan jawaban dari soal matematika yang telah Anda foto. Untuk memudahkan pembelajaran, aplikasi ini juga akan menampilkan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal tersebut.

AutoMath Photo Calculator mendukung matematika aljabar, trigonometri, persamaan, kalkulus, dan lebih dari 250 fungsi matematika yang lainnya.

9. Socratic

Socratic

Nyari aplikasi matematika yang punya banyak fitur? Socratic merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Tidak hanya soal matematika saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyelesaikan soal bahasa Inggris, ekonomi, IPA, kimia, fisika dan sebagainya.

Untuk menyelesaikan soal matematika menggunakan Socratic, caranya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal memotret soal tersebut dan nantinya aplikasi ini akan menampilkan jawaban beserta langka-langkahnya dalam hitungan detik, Anda juga akan disuguhkan dengan penjelasan yang lengkap melalui video.

Menariknya, aplikasi yang telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan ini bisa Anda gunakan secara gratis dan tanpa iklan. Anda juga tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena aplikasi ini cukup ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 6 Mb.

10. Desmos Graphing Calculator

Desmos Graphing Calculator

Sesuai dengan namanya, Desmos Graphing Calculator merupakan pilihan aplikasi matematika yang tepat jika Anda ingin menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan grafik.

Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Desmos Inc ini mendukung grafik plot, parametrik, dan cartesian.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beberapa soal matematika yang lainnya, seperti slider, tabel, statistik, dan lain sebagainya. Menariknya, Anda bisa menggunakan Desmos Graphing Calculator secara gratis dan bebas iklan.

11. Cymath

Cymath

Hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan rapi, Cymath dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai persoalan matematika dimana saja dan kapan saja dengan mudah beserta langkah-langkahnya.

Cukup masukkan soal matematika yang ingin diselesaikan, secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan jawaban dari soal tersebut. Malas mengetiknya? tak perlu khawatir karena Cymath juga dapat menjawabnya soal dari kamera.

Aplikasi yang diusung oleh Cymath LLC ini dapat menyelesaikan soal matematika logaritma, eksponen, trigonometri, kalkulus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

12. Math Master

Math Master

Berbeda dengan aplikasi yang lainnya, Math Master akan mengajak Anda untuk mempelajari matematika dengan cara yang menyenangkan melalui sebuah permainan dan teka-teki.

Math Master dapat membantu Anda mengasah mental secara tepat dan cepat serta mengembangkan kemampuan berpikir logika maupun abstrak. Aplikasi ini juga cocok untuk semua kalangan, terutama anak-anak, remaja, dan dewasa.

Aplikasi yang diusung oleh Soneg84 ini akan menantang Anda untuk menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya. Semakin tinggi level-nya, maka akan semakin sulit pula soal yang harus Anda pecahkan.

13. Rumus Free

Rumus Free

Gampang lupa dengan rumus matematika? Rumus Free merupakan aplikasi matematika yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menemukan hampir semua rumus matematika dasar.

Diantaranya rumus geometri, aljabar, trigonometri, persamaan, konversi, geometri, integrasi, dan lain sebagainya. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga punya beragam fitur yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan persoalan matematika.

Menariknya Anda juga bisa berbagi rumus yang ada di aplikasi ini dengan teman melalui media sosial maupun email, dan yang nggak kalah kerennya lagi Rumus Free sudah mendukung bahasa Indonesia.

14. Graphing Calculator – Algeo

Graphing Calculator - Algeo

Graphing Calculator – Algeo merupakan aplikasi kalkulator ilmiah yang dikemas dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan indah. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyelesaikan persoalan matematika seperti kalkulus, persamaan, trigonometri, logaritma, persamaan linear, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang diusung oleh Marton Veges ini sangat cocok digunakan untuk siswa SMA dan mahasiswa. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara offline di mana saja dan kapan saja.

15. yHomework – Math Solver

yHomework - Math Solver

Frustasi dengan soal matematika tentang persamaan, grafik, dan ketidaksetaraan? gunakan saja aplikasi yHomework. Aplikasi ini dapat menyelesaikan soal-soal tersebut secara tepat dan akurat.

Tugas Anda hanya memasukkan soal tersebut ke dalam aplikasi ini, dan nantinya yHomework akan otomatis menampilkan jawaban beserta langkah-langkah penyelesaiannya secara akurat.

16. Math Expert

Math Expert

Sesuai dengan namanya, Math Expert merupakan aplikasi yang sangat ahli dalam menyelesaikan berbagai persoalan, tidak hanya matematika saja, soal fisika pun bisa Anda selesaikan dengan aplikasi ini.

Dengan adanya fitur tersebut tentunya Anda juga tidak perlu mendonwload aplikasi lain yang memang dikhususkan untuk menyelesaikan soal fisika, karena aplikasi ini juga sudah punya fitur tersebut.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Markus Ide ini juga dikemas dengan tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga Anda juga bisa menggunakannya dengan mudah dan cepat.

17. All Math Formula

All Math Formula

Nyari aplikasi rumus matematik yang lengkap? All Math Formula bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan lebih dari 1000 rumus matematika yang bisa Anda akses secara gratis.

Sebagian besar rumus matematika yang sering digunakan ada semua di aplikasi ini, mulai dari rumus aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, dan lain sebagainya.

Menariknya, masing-masing rumus yang ada di aplikasi ini juga dilengkapi dengan penjelasan beserta contoh soalnya, sehingga Anda juga bisa mempelajarinya dengan mudah.

18. Math Tricks Workout

Math Tricks Workout

Math Tricks Workout merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menghibur, melatih, menguji, dan meningkatkan kemampuan matematika Anda. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan beberapa trik untuk menyelesaikan matematik dengan cara yang cepat dan mudah.

Selain itu, Math Tricks Workout juga menyediakan game matematika yang dapat mengasah kecepatan, akurasi, dan keterampilan Anda dalam menyelesaikan persoalan matematika.

19. Rumus Matematika Lengkap

Rumus Matematika Lengkap

Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan aplikasi yang satu ini Anda bisa menemukan berbagai macam rumus matematika secara gratis. Aplikasi yang dikembangkan oleh Jatenaapps ini juga mengelompokkan rumus-rumus tersebut berdasarkan jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Selain menyediakan kumpulan rumus, aplikasi ini juga punya beberapa trik cepat untuk menyelesaikan persoalan matematika, seperti perkalian, pembagian, akar kuadrat, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak menemukan rumus matematika yang dicari, Anda bisa langsung melakukan request rumus supaya bisa ditambahkan oleh pengembangnya.

20. Maths Dictionary

Maths Dictionary

Suka lupa dengan istilah yang ada di dalam matematika? Maths Dictionary merupakan aplikasi yang wajib Anda coba.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menemukan berbagai macam istilah umum dalam matematika, bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan lebih dari 4.500 terminologi.

Menariknya Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline dimana saja dan kapan saja tanpa khawatir kuota jebol.

Baca juga: Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Indonesia Paling Lengkap di Android

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi matematika terbaik yang berhasil Sipitek rangkum, semua aplikasi di atas bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas, sekarang Anda bisa belajar dan menyelesaikan matematika dengan mudah dan cepat, bahkan Anda juga bisa menjawab soal matematika hanya dengan cara difoto saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here