Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang cukup menarik untuk dipelajari, terlebih jika Anda memang menyukai budaya Jepang. Namun, karena tak punya biaya untuk mengikuti kursus, banyak orang yang mengurungkan niatnya. Akan tetapi mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak aplikasi belajar Bahasa Jepang yang bisa Anda gunakan.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mempelajarinya secara gratis, sehingga Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja tanpa ribet mikirin biaya. Selain itu, sebagian besar aplikasi juga bisa digunakan secara offline lho.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan materi dan metode pembelajaran yang berbeda-beda, ada aplikasi khusus untuk mempelajari kosakata, pengucapan, belajar huruf kanji, katakana, hiragana, dan lain sebagainya.

Nah oleh karena itu supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan materi yang ingin dipelajari, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

15 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Gratis Terbaik

1. LingoDeer

LingoDeer

LingoDeer mungkin lebih dikenal sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris, akan tetapi nyatanya aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga menyediakan materi pembelajaran bahasa yang lain mulai dari bahasa Korea, Jepang, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini diklaim dapat membantu Anda mempelajari sebuah bahasa dengan cepat, bahkan hanya dengan meluangkan waktu 10 menit sehari saja Anda akan bisa menguasai satu bahasa asing dalam waktu yang singkat.

Tidak hanya itu saja, LingoDeer juga menyediakan lebih dari 2000 kosakata dan frasa bahasa Jepang yang dilengkapi dengan native speaker. Menariknya lagi, suara pengucapan kata-kata yang disematkan di dalam aplikasi ini juga dapat diperlambat, sehingga Anda juga bisa mempelajarinya dengan jelas.

2. Learn Japanese

Learn Japanese

Lagi nyari aplikasi belajar bahasa Jepang yang menyediakan materi yang lengkap? Learn Japanese merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa belajar membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Jepang.

Aplikasi yang dapat membantu Anda menguasai lebih dari 5000 kata dan frasa bahasa Jepang ini dibekali dengan teknologi pengenalan suara yang cukup canggih, aplikasi ini nantinya dapat mengoreksi pengucapan Anda jika salah dalam pengucapannya.

3. Obenkyo

Obenkyo

Obenkyo merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang ingin mempelajari huruf Jepang, melalui aplikasi ini Anda dapat mempelajari hiragana, katakana, dan kanji. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat belajar dengan nyaman, karena selain ringan aplikasi ini juga dikemas dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Tidak hanya itu saja, Obenkyo juga dapat membantu Anda untuk bisa menulis huruf-huruf Jepang, nantinya aplikasi ini akan membimbing Anda untuk menulis huruf Jepang mulai dari goresan pertama hingga membentuk huruf Jepang yang sempurna.

4. Japanese Kanji Study

Japanese Kanji Study

Kalau aplikasi sebelumnya menyuguhkan materi seputar hiragana, katakana, dan kanji, nah sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya menyediakan materi pembelajaran seputar kanji Jepang saja.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin fokus mempelajari kanji. Dengan menggunakan aplikasi Japanese Kanji Study, Anda dapat mempelajari lebih dari 6000 huruf kanji, entah itu belajar menulis maupun pengucapannya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Chase Colburn ini juga menyediakan permainan kuis yang dapat membantu Anda mempelajari kanji dengan cara yang seru dan menyenangkan, mulai dari kuis mencari arti, tantangan menulis, dan lain sebagainya.

5. Learn Japanese Phrases | Japanese Translator

Learn Japanese Phrases Japanese Translator

Learn Japanese Phrases merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin mempelajari ungkapan dan pengucapan bahasa Jepang, pasalnya sebagian besar materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini memang lebih banyak membahas seputar ungkapan.

Ada banyak tema ungkapan yang bisa Anda temui di dalam aplikasi ini, mulai dari ungkapan umum, salam, angka, makan, belanja, asmara, umum, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi besutan Bravolol ini juga bisa digunakan secara offline, sehingga Anda bisa mempelajarinya di mana saja dan kapan saja tanpa khawatir kehabisan kuota.

6. Belajar Bahasa Jepang 6k Kata

Belajar Bahasa Jepang 6k Kata

Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan FunEasyLearn ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempelajari kata-kata bahas Jepang, pasalnya aplikasi ini menyediakan lebih dari 6000 kata yang telah dilengkapi dengan suara pengucapannya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga menyediakan 7 permainan seru untuk belajar dengan cara yang seru dan menghibur. Menariknya lagi, selain mendukung bahasa Indonesia, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline.

7. Drops: Learn Japanese Language, Kanji and Hiragana

Drops Learn Japanese Language Kanji and Hiragana

Drops merupakan aplikasi belajar bahasa jepang yang dikemas dengan antarmuka yang indah dan semua materi pembelajaran yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga disediakan dengan konten visual yang cukup memanjakan mata.

Aplikasi ini juga diklaim dapat membantu Anda mempelajari bahas dengan cepat, bahkan hanya dengan menyisihkan waktu 5 menit sehari, Anda dapat menguasai satu bahasa dalam waktu yang singkat.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Language Drops ini juga menyediakan lebih dari 1000 kosakata umum bahasa Jepang yang dilengkapi dengan suara pengucapannya.

8. Write It! Japanese

Write It! Japanese

Ingin belajar menulis bahasa Jepang? Write It! Japanese merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang hanya menyediakan materi khusus untuk belajar menulis saja, tidak menyediakan materi yang lain.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan diajarkan cara menulis huruf Jepang yang baik dan benar mulai dari goresan pertama hingga membentuk huruf yang sempurna. Tidak hanya itu saja, selain bisa digunakan secara gratis, Write It! Japanese juga bisa digunakan secara offline.

9. Japanese Alphabet Learn Easily

Japanese Alphabet Learn Easily

Sesuai dengan namanya, Japanese Alphabet Learn Easily merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mempelajari huruf Jepang, termasuk hiragana dan katakana. Akan tetapi aplikasi yang dikembangkan oleh VietGamePlay ini tidak hanya menyediakan materi tentang tata cara penulisannya saja, namun Anda juga bisa belajar cara pengucapannya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini juga menyediakan fitur tes untuk mengukur sejauh mana pengetahuan Anda, mulai dari tes menulis, mendengarkan, dan lain sebagainya.

10. Learn Japanese – Language & Grammar Learning

Learn Japanese Language & Grammar Learning

Learn Japanese merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda mempelajari bahasa Jepang dengan cara yang seru dan menyenangkan, Anda dapat mempelajarinya melalui permainan seru yang telah disematkan di dalam aplikasi ini, entah itu belajar berbicara, membaca, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh LuvLingua ini juga tidak hanya menyediakan satu permainan saja, akan tetapi ada banyak permainan yang bisa Anda pilih, mulai dari kuis gambar, kuis tebak kata, kuis mendengarkan, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, semua fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline.

11. Learn Japanese Free

Learn Japanese Free

Learn Japanese Free merupakan aplikasi sederhana yang dapat membantu Anda untuk mempelajari bahasa Jepang dengan mudah dan cepat, cocok untuk pemula maupun yang sudah mahir.

Ada banyak materi yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi ini, mulai dari materi seputar ungkapan, tata cara penulisan huruf, pengucapan, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, selain bisa digunakan secara gratis, Learn Japanese Free juga bisa digunakan secara offline.

12. Learn Japanese Offline

Learn Japanese Offline

Learn Japanese Offline merupakan aplikasi yang cocok digunakan oleh para pemula yang baru belajar bahasa jepang, melalui aplikasi ini Anda dapat mempelajari lebih dari 1000 kata umum yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh Ufostudio ini juga menyediakan contoh ungkapan umum yang dikelompokkan ke dalam 18 kategori, mulai dari ungkapan seputar salam, percakapan, waktu dan tanggal, warna, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi Learn Japanese Offline, Anda juga bisa menyimpan kalimat-kalimat favorit supaya bisa diakses kembali dengan mudah.

13. Simply Learn Japanese

Simply Learn Japanese

Kalau Anda kurang paham dengan bahasa Inggris dan ingin mempelajari bahasa Jepang dalam bahasa Indonesia maka aplikasi Simply learn Japanese ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, aplikasi ini memang sudah dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia. Selain itu, Simply Learn Japanese juga menyediakan materi yang cukup lengkap, Anda dapat mempelajari lebih dari 400 ungkapan dan kata-kata bahasa Jepang secara gratis.

Tidak hanya itu aja, setiap ungkapan dan kata-kata yang disematkan juga sudah dilengkapi dengan audio pengucapan berkualitas tinggi, bahkan jika suara pengucapannya terlalu cepat, Anda juga bisa memperlambatnya supaya bisa terdengar dengan jelas.

14. KanjiTree Jepang

KanjiTree Jepang

Sesuai dengan namanya, KanjiTree Jepang merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin mempelajari huruf kanji. Pasalnya, materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini memang lebih banyak membahas seputar huruf kanji.

Dengan menggunakan KanjiTree Jepang, Anda bisa belajar membaca dan menulis huruf kanji di mana saja dan kapan saja secara offline, total ada lebih dari 110 ribu kata yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi ini.

Selain itu, KanjiTree Jepang juga punya beberapa permainan menarik yang dapat membantu Anda menguasai bahasa Jepang dengan cara yang seru, mulai dari permainan menulis kata, membaca, dan lain sebagainya.

15. Learn Japanese & Speak Japanese – AWABE

Learn Japanese & Speak Japanese AWABE

Aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang terakhir pilihan Sipitek yang bisa digunakan secara gratis di smartphone Android adalah Learn Japanese & Speak Japanese. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mempelajari lebih dari 1000 kata bahasa Jepang .

Selain itu, aplikasi besutan AWABE ini juga menyediakan banyak koleksi ungkapan yang dikelompokkan ke dalam beberapa topik, mulai dari percakapan umum, salam, nomor, tanggal dan waktu, keluarga, dan lain sebagainya.

Itulah deretan aplikasi belajar bahasa Jepang gratis terbaik yang bisa Anda gunakan secara offline di smartphone Android. Kini Anda tak perlu khawatir lagi jika tak punya biaya untuk mengikuti kursus…

…karena dengan belajar melalui salah satu aplikasi yang ada di atas Anda juga bisa belajar dengan mudah dan cepat. Jadi mau belajar bahasa Jepang menggunakan aplikasi yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here