Aplikasi Belajar Bahasa Arab

Bagi umat muslim bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang wajib untuk dipelajari, pasalnya ada beberapa aktivitas ibadah yang memerlukan kemampuan untuk menguasai bahasa tersebut, diantaranya membaca Al-Qur’an, menunaikan haji di tanah suci, dan lain sebagainya.

Akan tetapi banyak orang yang mengurungkan niatnya karena berbagai alasan termasuk keterbatasan biaya untuk mengikuti kursus juga menjadi salah satu penyebabnya. Namun mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak aplikasi belajar bahasa Arab yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android.

Selain gratis, dengan menggunakan aplikasi ini tentunya Anda juga bisa mempelajari bahasa Arab di mana saja dan kapan saja. Meskipun demikian, metode pembelajaran bahasa yang digunakan juga cukup efektif untuk membantu Anda menguasai bahasa Arab.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan materi dan metode pembelajaran bahasa Arab yang berbeda-beda, ada aplikasi yang khusus menyuguhkan materi tentang kosakata, tata cara pengucapan, dan lain sebagainya.

Nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih dan buang-buang kuota. Penasaran kan? yuk langsung saja simak.

15 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Gratis Terbaik di Android

1. Learn languages with Memrise

Learn Languages with Memrise

Learn Languages with Memrise merupakan aplikasi belajar bahasa yang punya koleksi materi yang cukup lengkap. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa belajar bahasa Arab saja, akan tetapi Anda juga bisa mempelajari bahasa lain seperti Inggris, Jepang, Korea, Rusia, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang pernah menyabet penghargaan Google Play I/O ini menawarkan beragam metode pembelajaran, mulai dari permainan interaktif, tata cara pengucapan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Anda juga bisa belajar tata cara pengucapan dan ekspresi bahasa Arab melalui lebih dari 30 ribu video yang dibuat oleh orang Arab, dengan adanya konten video tentunya Anda juga bisa belajar dengan jelas.

2. Learn Arabic – 6000 Words FunEasyLearn

Learn Arabic 6000 Words FunEasyLearn

Sesuai dengan namanya, Learn Arabic merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda menguasai lebih dari 6000 kata bahasa Arab yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu semua koleksi kata yang disematkan di dalam aplikasi ini juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sehingga pengguna bisa belajar dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, aplikasi gratis yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga menyediakan 7 permainan seru yang dapat dimainkan secara offline.

3. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab Indonesia diklaim sebagai aplikasi kamus bahasa Arab pertama yang dapat menerjemahkan kata dari bahasa Arab ke Indonesia maupun sebaliknya. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah tersedianya definisi kata dengan Mu’jamul Arab, sehingga Anda juga bisa memahami sebuah kata dengan lebih jelas.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Ristek Muslim ini, Anda juga tidak akan risih dengan iklan, pasalnya selain bisa digunakan secara gratis aplikasi ini juga bersih tanpa iklan, sehingga Anda juga bisa mempelajarinya dengan nyaman.

4. Learn Arabic Speak Arabic

Learn Arabic Speak Arabic

Learn Arabic Speak Arabic merupakan aplikasi yang diklaim dapat membantu Anda mempelajari bahasa arab dengan cepat, pasalnya hanya dalam hitungan menit saja Anda dapat menghafal banyak kosakata bahasa Arab.

Materi pembelajaran yang disematkan di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap, mulai dari materi membaca, menulis, berbicara, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mempelajari tata cara pengucapan bahasa Arab dengan lebih jelas.

Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh ATi Studios ini dibekali dengan teknologi pengenalan suara yang dapat mengoreksi pengucapan kata, jika Anda salah mengucapkannya maka aplikasi ini akan mengoreksinya. Menarik sekali bukan?

5. Learn Arabic for Beginners

Learn Arabic for Beginners

Learn Arabic for Beginners merupakan aplikasi yang cocok untuk para pemula yang baru memulai mempelajari bahasa Arab. Pasalnya, sebagian besar materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini memang berisi seputar materi dasar seperti pengenalan abjad, pengucapan abjad, nomor, dan lain sebagainya.

Materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini dikelompokkan ke dalam 20 kelas, mulai dari kelas dasar, salam, ekspresi sopan, pujian, waktu, pertanyaan umum, dan lain sebagainya.

6. Drops: Learn Arabic Language and Alphabet for Free

Drops Learn Arabic Language and Alphabt for Free

Ingin belajar bahasa Arab dengan cepat? Drops merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini diklaim dapat membantu Anda mempelajari bahasa Arab dalam waktu yang singkat, hanya meluangkan waktu belajar 5 menit sehari saja Anda dapat menguasainya dengan cepat.

Metode pembelajaran yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga cukup seru dan tidak membosankan karena sebagian besar materi disuguhkan melalui konten visual yang cukup memanjakan mata.

Dengan menggunakan Drops, Anda dapat mempelajari lebih dari 1000 kata bahasa Arab yang biasa digunakan sehari-hari. Menariknya lagi, selain bisa digunakan secara gratis, aplikasi besutan Language Drops ini juga bisa digunakan secara offline.

7. Learn Arabic Free

Learn Arabic Free

Koleksi kata yang disuguhkan di dalam aplikasi sebelumnya kurang lengkap? Learn Arabic Free bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Melalui aplikasi ini Anda dapat mempelajari lebih ari 9000 kata bahasa Arab yang umum digunakan.

Selain itu, setiap kata yang disematkan juga dilengkapi dengan audio berkualitas tinggi yang bisa Anda putar untuk mengetahui tata cara pengucapanannya. Jika dirasa sudah cukup menguasai, Anda juga dapat mengetes kemampuan melalui permainan kuis yang telah disediakan.

Menariknya lagi, selain bisa digunakan secara offline, aplikasi ini juga mendukung lebih dari 32 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, sehingga Anda bisa belajar dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab ataupun sebaliknya.

8. Belajar Bahasa Arab + Suara

Belajar Bahasa Arab Suara

Aplikasi yang dikembangkan oleh Solite Kids ini ditujukan khusus untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa Arab. Pasalnya, desain antarmuka aplikasi ini memang didesain dengan karakter animasi lucu yang biasa disukai anak-anak.

Selain itu materi pembelajaran yang disuguhkan juga berkutat pada materi dasar seperti mempelajari benda-benda, angka, warna, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga menyediakan fitur permainan yang cukup seru, mulai dari permainan tebak kata, tebak angka, puzzle kartu, dan lain sebagainya.

Meskipun Belajar Bahasa Arab + Suara ditujukan untuk anak-anak, tentu orang dewasa juga tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini, terlebih jika Anda memang ingin mempelajari materi dasar tentang bahasa Arab.

9. Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Learn Arabic

Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan IstanStudio ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa Arab secara langsung per kalimat. Pasalnya, sebagian besar materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini membahas seputar percakapan.

Ada lebih dari 59 tema percakapan yang bisa anda pelajari melalui aplikasi ini, mulai dari tema tentang perkenalan, profesi, keluarga, tempat tinggal, makanan, shalat, dan lain sebagainya.

Gak perlu khawatir kuota rontok, karena semua materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini bisa diakses secara offline, sehingga Anda juga bisa mempelajarinya di mana saja dan kapan saja.

10. Learn Arabic

Learn Arabic

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Speak Arabic juga lebih banyak menyediakan materi tentang percakapan, mulai dari percakapan tentang sambutan, perkenalan, cuaca, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat mempelajarinya kata per kata melalui kuis yang telah disediakan, mulai dari kuis memilih kata, mencocokkan kata, mendengarkan kata, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, selain gratis, Speak Arabic juga bisa digunakan secara offline.

11. Speak Arabic – 5000 Phrases & Sentences

Speak Arabic 5000 Phrases & Sentences

Lagi nyari aplikasi belajar bahasa Arab yang lengkap, gratis, dan bisa digunakan secara offline? Speak Arabic merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mempelajari lebih dari 5000 kata bahasa Arab dengan cara yang seru dan menyenangkan, pasalnya aplikasi ini menyediakan lebih dari 11 permainan seru yang dapat mengasah kemampuan bahasa Arab para penggunanya.

Selain itu, Speak Arabic juga menyediakan materi percakapan yang dikelompokkan ke dalam 20 topik, mulai dari topik seputar sapaan, pekerjaan, belanja, bisnis, dan lain sebagainya.

12. Learn Arabic Language Free

Learn Arabic Language Free

Sederhana, ringan, dan mudah digunakan merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan aplikasi yang satu ini. Dengan menggunakan aplikasi Learn Arabic Language Free, Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena selain ringan aplikasi ini juga punya ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya 9,2 MB saja.

Meskipun demikian, materi yang disuguhkan juga cukup lengkap, melalui aplikasi ini Anda dapat mempelajari materi seputar percakapan dalam berbagai topik, mulai dari waktu dan tanggal, transportasi, akomodasi, belanja, warna, dan lain sebagainya.

13. Learn Arabic – Phrasebook | Translator

Learn Arabic Phrasebook Translator

Ingin mempelajari materi percakapan bahasa Arab dengan jelas? Learn Arabic merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini tidak hanya menyuguhkan materi dalam bentuk teks saja.

Akan tetapi, Learn Arabic juga dilengkapi dengan audio berkualitas tinggi yang dapat Anda putar untuk mempelajari tata cara pengucapannya. Menariknya lagi, jika audio pengucapannya terlalu cepat, Anda juga bisa memperlambatnya sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, aplikasi besutan Bravolol ini juga menyediakan fitur pencarian yang dapat memudahkan Anda untuk menemukan materi percakapan tentang topik tertentu, menariknya lagi ukuran hurufnya juga bisa diubah sesuai dengan kenyamanan Anda.

14. Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar Bahasa Arab Praktis merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin mempelajari kaidah-kaidah dasar seputar bahasa Arab termasuk ilmu Nahwu. Aplikasi yang dikembangkan oleh Daarussalaam Learning Center ini juga menyediakan materi dasar yang cukup lengkap.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat mempelajari kosakata umum maupun kalimat percakapan yang biasa digunakan sehari-hari, seperti percakapan seputar anggota keluarga, anggota tubuh, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

15. HelloTalk

HelloTalk

Aplikasi belajar bahasa Arab yang terakhir pilihan Sipitek adalah HelloTalk. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang sudah cukup memahami bahasa Arab dan ingin mencoba melakukan percakapan secara langsung dengan orang Arab.

Pasalnya, aplikasi pertukaran bahasa yang dikembangkan oleh HelloTalk Learn Languages App ini dapat mempertemukan Anda dengan orang-orang Arab, Anda dapat melatih kemampuan bahasa Arab dengan melakukan percakapan melalui chat teks maupun suara.

Itulah deretan aplikasi belajar bahasa Arab offline terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas, kini Anda bisa mempelajarinya di mana saja dan kapan saja, tanpa ribet mikirin biaya. Aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here