aplikasi file manager android terbaik

File manager merupakan salah satu aplikasi penting yang sangat diperlukan di smartphone Android. Dengan adanya aplikasi file manager kamu bisa mengelola berbagai macam jenis file yang ada di dalam smartphone.

Seperti memindahkan file tertentu ke dalam folder yang lain, membuat folder, membuat file arsip, dan lain sebagainya. Sebetulnya sebagian besar smartphone zaman sekarang kebanyak sudah dilengkapi dengan file manager bawaan.

Akan tetapi file manager bawaan smartphone seringkali menawarkan fitur yang cukup terbatas. Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi file manager pihak ke tiga daripada bawaan smartphone, mungkin kamu juga salah satunya.

Nah, oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi file manager terbaik di 2019 yang menawarkan beragam fitur untuk mengelola file di smartphone.

Biar kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk simak dulu semua ulasannya.

20 Aplikasi File Manager Android Terbaik 2019

1. ES File Explorer File Manager

es file explorer

Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, ES File Explorer File Manger merupakan aplikasi file manager yang paling populer.

Saat ini, Es File Explorer File Manager tercatat telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali dan mendapatkan rating 4,6.

Tak heran jika banyak orang yang betah menggunakannya, pasalnya aplikasi ini menawarkan fitur pengelola file yang cukup lengkap.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengkategorikan file berdasarkan jenis file, mulai dari video, musik, gambar, APK, dokumen, dan file yang lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk meng-copy file, menghapus, cut, paste, mengubah nama dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat maupun mengekstraksi file Zip, RAR, Tar, Tgz, Tar.gs, dan format file yang lainnya.

2. File Commander

file commander

File Commander merupakan aplikasi file manager Android yang didesain dengan antarmuka yang intuitif dan bersih.

Dengan menggunakan aplikasi yang diusung oleh MobiSystems ini, kamu dapat mengelola file di smartphone secara terperinci.

Mulai dari mengganti nama file, menghapus, memindahkan file ke dalam folder yang berbeda, hingga mengirim file langsung melalui aplikasi File Commander.

Menariknya, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini juga dilengkapi dengan fitur file converter yang dapat mengubah format file ke lebih dari 1200 format file yang lainnya.

File Commander juga menyediakan versi premium yang telah dilengkapi dengan lebih banyak fitur dan bisa kamu gunakan tanpa iklan.

3. File Manager (File Explorer)

file manager (file explorer)

File Manager (File Explorer) hadir dengan tampilan antarmuka yang interaktif dan cukup memanjakan mata.

Aplikasi yang dikembangkan oleh ZenUI Asus Computer ini dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk menghapus file, menyalin, mengubah nama, berbagi file, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang diunggulan dari aplikasi file manager yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola file dari jaringan LAN dan SMB.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini dapat digunakan untuk streaming file multimedia lho, termasuk musik dan video.

4. File Browser by Astro (File Manager)

File Browser by Astro

Nyari aplikasi file manager yang bebas iklan? File Browser by Astro merupakan aplikasi yang tepat buat kamu.

File Browser by Astro memungkinkan pengguna untuk mengelola file dengan mudah dan efisien.

Dengan menggunakan aplikasi file manager besutan Metago ini kamu bisa mengompres maupun mengekstrak berbagai macam jenis file, termasuk file dengan format ZIP dan RAR.

File Browser by Astro juga bisa digunakan untuk mengelola file yang ada di penyimpanan awan lho.

5. File Manager

file manager

Aplikasi yang mendapatkan rating cukup tinggi di Play Store ini juga bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin mengelola file yang ada di smartphone.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga menawarkan fitur yang lengkap dan didesain dengan antarmuka yang sederhana.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengelola file yang ada di memori penyimpanan smartphone saja, File Manager juga dapat digunakan untuk mengelola file yang ada di penyimpanan awan, FTP, maupun NAS.

6. X-plore File Manager

X-plore File Manager

X-plore File Manager merupakan aplikasi file manager yang dapat digunakan untuk menampilkan dua folder yang berbeda sekaligus secara bersamaan.

Dengan adanya fitur ini, tentunya kamu bisa menyalin maupun memindahkan file dengan cepat dari satu folder ke folder yang lain.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Lonely Cat Games ini juga akan menampilkan susunan folder secara hierarki sehingga kamu dapat melihat susunan folder dengan jelas.

Kerennya lagi, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan fitur disk map.

Dengan menggunakan fitur ini kamu dapat mengidentifikasi file yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan smartphone.

Keunggulan lain dari X-plore File Manger yaitu dukungan transfer file SSH (SFTP) dan SSH Shell.

7. Total Commander – file manager

total commander

Total Commander merupakan aplikasi file manager yang punya beragam fitur yang dibutuhkan oleh pengguna, seperti fitur Zip dan unzip, bookmarks, FTP dan SFTP client, dan lain sebagainya.

Tampilan antarmuka yang gelap juga memudahkan pengguna dalam mengelola beragam file yang ada di smartphone.

Fitur menarik lainnya yang ada di Total Commander adalah editor teks built-in, dengan adanya fitur ini tentunya kamu tidak perlu menggunakan aplikasi editor teks secara terpisah.

8. File Manager File Explorer

File Manager File Explorer

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah File Manager File Explorer.

Aplikasi besutan Maple Media ini memungkinkan pengguna untuk mengelola file dan folder yang tersimpan di memori internal, kartu SD, hingga penyimpanan awan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan fitur untuk mengompresi file ke dalam berbagai format, seperti Zip, Rar, Tar, Tgz, dan lain sebagainya.

Kurang mahir menggunakan bahasa Inggris? tak perlu khawatir, karena File Manager File Explorer juga mendukung lebih dari 29 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

9. 7Zipper – File Explorer

7Zipper

Sesuai dengan namanya, 7Zipper merupakan aplikasi file manager yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengelola file di smartphone saja.

Akan tetapi aplikasi ini juga sangat cocok untuk pengguna yang ingin membuat file arsip seperti Zip, 7Zip, jar, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur menarik dai aplikasi besutan Polarbear Soft ini adalah fitur aplikasi backup.

Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa menyimpan dan memindahkan aplikasi tertentu ke smartphone lain tanpa kehilangan data apapun.

10. File Selector/Explorer

File Selector Explorer

Berbeda dengan aplikasi file manager yang lainnya, File Selector memiliki dua fungsi utama.

Fungsi pertama, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola file seperti aplikasi yang lainnya.

Sedangkan fungsi selanjutnya, ketika Anda memilih file untuk di unggah atau di masukkan ke dalam aplikasi lain, File Selector akan bekerja sebagai pemilih file yang memungkinkan kamu untuk memilih file berdasarkan jenisnya bahkan kamu juga bisa memilih beberapa file sekaligus lho.

Tak perlu khawatir aplikasi besutan IO/Apps ini membebani kinerja smartphone, karena memang aplikasi ini sangat ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 5,5 MB lho.

11. FX File Explorer

fx file explorer

Nyari aplikasi file manager tanpa iklan? FX File Explorer merupakan aplikasi yang tepat buat kamu.

Yap, dengan menggunakan aplikasi yang satu ini kamu tidak akan dibuat risih dengan iklan.

Bahkan sebagai pengembang, NextApp juga sangat menjaga data privasi penggunannya lho.

Selain mendukung SMBv2, Fx File Explorer juga dapat digunakan untuk mentransfer file antar smartphone melalui koneksi Wi-Fi Direct, NFC, dan lain sebagainya.

12. Solid Explorer File Manager

solid explorer file manager

Solid Explorer File Manager merupakan aplikasi yang didesain menggunakan material design yang bersih dan intuitif.

Aplikasi ini menawarkan fitur dual panel yang berfungsi untuk mempercepat pengguna dalam mengelola file.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan NeatCytes ini juga mendukung FTP, SFTP, WebDAV, SMB, dan lain sebagainya.

Jika smartphone kamu sudah di root, kamu juga bisa menggunakan Solid Explorer File Manager sebagai root explorer.

Sayangnya, jika kamu mencari aplikasi yang bisa digunakan sepenuhnya secara gratis, aplikasi ini bukan pilih terbaik.

Pasalnya, Solid Explorer File Manager memang aplikasi berbayar, namun kamu tetap bisa mencobanya selama 14 hari, setelah itu kamu perlu menjadi pelanggan berbayar.

13. GM Files

gm files

GM Files merupakan aplikasi file manager Android yang bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis dan tanpa iklan.

Aplikasi besutan General Mobile Official ini dilengkapi dengan fitur pintar yang dapat mengkategorikan file berdasarkan jenisnya, seperti file foto, video, musik, dan jenis file yang lainnya.

Selain itu, GM Files juga dapat menganalisis kartu SD dan memori internal untuk menemukan file yang besar dan tidak penting, sehingga kamu dapat menghemat ruang penyimpanan secara optimal.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga mendukung penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, One Drive, dan lain sebagainya.

14. Ghost Commander File Manager

ghost commander file manager

Ghost Commander merupakan aplikasi file manager open source yang dirancang tanpa iklan.

Aplikasi ini menawarkan tampilan antarmuka klasik yang dapat memudahkan pengguna untuk memindahkan file dari satu folder ke folder yang lainnya.

Jika digunakan di smarthphone yang sudah di root aplikasi ini juga mendukung mode root.

Kamu dapat mengelola file sistem seperti mengubah atribut file atau bahkan mengeksekusi shell yang dibuat sendiri.

Fitur menarik lainnya yang ada di Ghost Commander diantaranya yaitu teks editor, dukungan penyimpanan awan, personalisasi tampilan, streaming audio dan video, dan lain sebagainya.

15. ALZip

ALzip

Kalau dilihat dari namanya, mungkin kamu akan menggap kalau aplikasi ALZip merupakan aplikasi untuk mengompresi dan mengekstrak file saja.

Akan tetapi nyatanya aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur lain seperti aplikasi file manager yang lainnya.

Dengan ALZip kamu dapat membuat folder atau file, memindahkan, menyalin, menghapus, mengganti nama, dan lain sebagainya.

16. Cx File Explorer

cx file explorer

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, Cx File Explorer memang tak sebanyak aplikasi sebelumnya.

Akan tetapi aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu kali ini mendapatkan rating yang cukup baik, yaitu 4,8.

Selain bebas iklan, Cx File Explorer dilengkapi dengan fitur-fitur dasar seperti fitur untuk memindahkan file, menyalin, mengompres, mengubah nama, mengekstrak, menghapus, dan lain sbagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengakses file pada NAS seperti FTP, FTPS, SFTP, SMB, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Cx File Explorer menyediakan fitur untuk menganalisis penyimpanan yang disuguhkan dengan desain visual yang cukup memanjakan mata.

17. MK Explorer (File Manager)

mk explorer

Nyari aplikasi file manager yang ringan? cobalah untuk menggunakan aplikasi MK Explorer.

Pasalnya, aplikasi besutan Kormateusz ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 Mb lho.

Kalau dilihat dari fiturnya memang tidak selengkap seperti kebanyakan aplikasi file manager yang lainnya.

Akan tetapi jika kamu hanya butuh fitur-fitur dasar MK Explorer bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan Mk Explorer kamu bisa mengekstrak file arsip Zip dan Rar, menghapus file, memindahkan, dan lain sebagainya.

18. Amaze File Manager

amaze file manager

Amaze File Manager merupakan aplikasi open source yang dikembangkan oleh Team Amaze.

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur dasar seperti fitur untuk memindahkan file, menyalin, menghapus, mengekstrak, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan Amaze File Manager kamu juga tidak akan cepat bosan ketika menggunakannya, karena aplikasi ini menyediakan beragam tema dan ikon keren yang dapat memanjakan mata.

19. Simple File Manager

Sesuai dengan namanya, aplikasi file manager yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang lebih mengutamakan kesederhanaan.

Simple File Manager memang tidak menyediakan banyak fitur, akan tetapi fitur-fitur utama seperti fitur untuk mengubah nama file, menyalin, memindahkan, menghapus file, disematkan di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, Simpel File Manager juga punya fitur untuk menyembunyikan dan mengunci file maupun folder lho.

20. Nox File Manager

nox file manager

Aplikasi file Manager terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Nox File Manager.

Aplikasi besutan Nox ini menyediakan beragam fitur menarik yang dapat membantu kamu untuk mengelola file di smartphone.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengelola file saja, Nox File Manager juga menyediakan fitur untuk mengelola koleksi foto.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur file locker, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci file pribadi supaya tidak diketahui oleh orang lain.

Baca juga: Cara Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dengan ZArchiver

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi file manager Android terbaik di 2019 pilihan Sipitek.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi diatas sekarang kamu bisa mengelola file jauh lebih efektif daripada menggunakan file manager bawaan smartphone.

Nah, aplikasi mana nih yang akan kamu pakai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here