Meskipun saat ini Optical Drive sudah jarang digunakan, akan tetapi banyak orang yang masih membutuhkan CD untuk berbagai kebutuhan, entah itu untuk menyimpan data ataupun untuk kebutuhan menonton film melalui CD player, nah Anda bisa memindahkannya menggunakan aplikasi burning CD.

Aplikasi yang ada di sini sebetulnya tidak hanya bisa digunakan untuk memindahkan data saja, akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk mengekstrak file ISO, membuat file ISO, mengedit file ISO dan lain sebagainya.

Selain itu sebagian besar aplikasi juga bisa digunakan di laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10. Namun setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda.

Nah olah karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi burning CD terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di laptop maupun PC Windows. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Burning CD Terbaik untuk Windows

1. PowerISO

PowerISO

PowerISO merupakan salah satu aplikasi burning CD gratis yang cukup populer, aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat media instalasi Windows. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membuka, mengekstrak, membuat, mengedit, mengompres, mengonversi, mengenskripsi dan me-mount file ISO dengan penyimpanan virtual internal.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Power Software Ltd ini juga mendukung hampir semua file image, seperti CD, DVD, BD-ROM dan lain sebagainya.

Selain bisa digunakan untuk mem-burning, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk ripper Audio CD ke beragam jenis file audio seperti MP3, Flac, APe, WMA dan BIN.

Menariknya lagi, PowerISO juga mendukung hampir semua versi Windows 32-bit maupun 64-bit, termasuk Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 10 dan Windows 8 / 8.1. Tertarik untuk menggunakannya? Silahkan klik di sini untuk mengunduhnya.

2. ImgBurn

ImgBurn

Lagi nyari aplikasi burning CD yang ringan dan mudah digunakan? ImgBurn merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh Lighning UK! ini memang sangat ringan bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

Meskipun demikian, ImgBurn juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan burning CD. Tidak hanya itu CD saja, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa burning CD, DVD, HD DVD dan Blu-ray.

Selain itu, ImgBurn juga mendukung beragam jenis file image, termasuk CDI, BIN, ISO, IMG, PDI, NRG dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga mendukung semua versi Windows entah itu 32-bit maupun 64-bit. Anda bisa mengunduh ImgBurn melalui situs resminya di sini.

3. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio

Ashampoo merupakan aplikasi burning CD yang simpel dan cepat. Aplikasi ini juga dibekali dengan beragam fitur menarik, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan burning, mencadangkan data dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah fitur pencadangan dan perlindungan data dengan kata sandi. Anda dapat mencadangkan data pada disk atau penyimpanan eksternal supaya tidak rusak atau hilang.

Selain itu, fitur perlindungan kata sandi juga dapat digunakan untuk mengunci CD supaya data Anda tidak jatuh ke orang yang salah. Tak perlu khawatir disk kehabisan ruang penyimpanan, karena aplikasi ini akan secara otomatis membaginya menjadi beberapa segmen sehingga ukurannya juga lebih kecil. Silahkan unduh aplikasinya di sini.

4. Nero Media Home

Nero Media Home

Nero Media Home merupakan aplikasi burning CD yang cukup populer di kalangan pengguna Windows. Aplikasi besutan Nero AG ini bisa Anda gunakan untuk mem-burning video maupun tayangan slide format Blu-ray maupun DVD.

Selain itu, Nero Media Home juga bisa digunakan untuk membuat daftar putar musik, bahkan berkat teknologi Gracenote yang disematkan di dalamnya, aplikasi nii bisa digunakan untuk melakukan burning CD audio maupun disk MP3 termasuk sampul album dari musik tersebut.

Selain menyediakan fitur burning, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya seperti pengelola file media, converter, ripper dan lain sebagainya. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan unduh melalui situs resminya di sini.

5. CDBurnerXP

CDBurnerXP

Kalau dilihat dari namanya, mungkin Anda akan menduga kalau aplikasi ini hanya bisa digunakan di Windows XP saja, akan tetapi nyatanya CDBurnerXP juga bisa digunakan di versi Windows yang lainnya, seperti Windows Vista, Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10 entah itu 32-bit maupun 64-bit.

Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Canneverbe Limited ini, Anda dapat melakukan burning CD, DVD, Blu-Ray dan HD-DVD. Selain itu, CDBurnerXP juga dibekali dengan fitur untuk mem-burning maupun membuat file ISO.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat file ISO yang dapat di-boot untuk kebutuhan instalasi Windows. Menariknya lagi, aplikasi bisa digunakan sepenuhnya secara gratis, jika tertarik untuk mencobanya Anda bisa mengunduhnya di sini.

6. BurnAware

BurnAware

BurnAware merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat dan mem-burning data CD maupun audio, seperti DVD, Blu-ray, CD-MP3, DVD-Video dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi besutan Burnaware ini juga bisa digunakan untuk membuat file image ISO yang dapat di-boot.

Kemudahan dan kecepatan menjadi keunggulan dari aplikasi ini, pasalnya BurnAware hadir dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, selain itu proses burning juga dapat berjalan dengan cepat dan stabil dengan penggunaan CPU yang rendah.

Menariknya lagi, BurnAware juga mendukung sebagian besar sistem operasi Windows, termasuk Windows 10 dan Windows XP entah itu 32-bit maupun 64-bit. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di sini.

7. Free Audio CD Burner

Free Audio CD Burner

Sesuai dengan namanya, Free Audi CD Burner merupakan aplikasi yang tepat jika Anda ingin memindahkan musikk dari laptop atau PC Windows ke CD supaya bisa diputar di pemutar CD atau pemutar musik yang lainnya.

Pasalnya, aplikasi besutan Digital Wave Ltd ini memang hanya bisa digunakan untuk melakukan burning file musik saja. Meskipun demikian, aplikasi ini juga mendukung beragam format audio, mulai dari mp3, wav, amr, aac, wma dan lain sebagainya.

Free Audio CD Burner menyediakan dua mode, yaitu mode TrackAtOnce untuk melakukan burning lagu secara terpisah satu per satu dan DiscAtOnce untuk melakukan burning secara langsung. Aplikasi yang ditenagai dengan mesin burning IMAPI besutan Windows ini bisa diunduh secara gratis di sini.

8. DeepBurner Free

DeepBurner Free

Aplikasi burning CD besutan Atonsoft Ltd ini memang kurang populer, namun jika Anda mencari aplikasi yang handal dan bisa digunakan secara gratis DeepBurner Free juga wajib Anda pertimbangkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan burning data CD maupun audio dengan mudah. Selain itu fitur untuk burning dan membuat file image ISO juga turut disematkan di dalamnya.

Aplikasi ini sebetulnya menyediakan versi berbayar yang dilengkapi dengan lebih banyak fitur seperti fitur pencadangan, burning album foto dan lain sebagainya, namun untuk pengguna rumahan versi gratis tentunya sudah lebih dari cukup. Tertarik untuk menggunakannya? Silahkan unduh di sini.

9. Active ISO Burner

Active ISO Burner

Active ISO Burner bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda menjadi aplikasi burning CD yang ringan dan mudah digunakan tapi dilengkapi dengan banyak fitur.

Pasalnya, aplikasi ini memang dibekali dengan beragam fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi yang lainnya, seperti fitur untuk menentukan tindakan tertentu setelah proses burning selesai, dan lain sebagainya.

Selain itu, Active ISO Burner juga memungkinkan Anda untuk melakukan burning file image ISO ke CD-R, DVD-R, DVD, CD-RW, Blu-ray dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di sini.

10. StarBurn

StarBurn

Sama seperti aplikasi burning CD untuk laptop atau PC Windows yang lainnya, StarBrun merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menyalin dan burning CD, Blu-Ray, HD-DVD dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga mendukung beragam jenis optical drive, termasuk CD-R, CD-RW, DVD -R, DVD-RW dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir kesulitan jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, pasalnya StarBurn akan menampilkan panduan lengkap yang berisi mengenai pengoperasiannya. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya di sini.

11. InfraRecorder

InfraRecorder

InfraRecorder merupakan aplikasi burning CD dan DVD yang bisa Anda gunakan secara gratis di laptop atau PC Windows. Aplikasi beustan Christian Kindahl ini menawarkan beragam fitur canggih dan antarmuka yang intuitif.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung file image ISO maupun BIN. Anda juga dapat menyimpan trek audio dan data ke dalam format file ISO, mp3, wma, wav, dan lain sebagainya. Yuk unduh aplikasinya di sini.

12. Express Burn

Express Burn

Express Burn merupakan aplikasi yang cepat, ringan dan mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan burning audio, video ataupun file ke dalam CD, DVD maupun Blu-Ray.

Aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda lebih mengutamakan kecepatan, pasalnya Express Burn diklaim sebagai program burning CD tercepat di dunia.

Aplikasi besutan NCH Software ini mendukung beragam versi Windows, mulai dari Windows XP, Windows 10, Windows 7, Windows 8 dan lain sebagainya, entah itu 32-bit maupun 64-bit. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan unduh melalui situs resminya di sini.

13. DVD Flick

DVD Flick

DVD Flick merupakan aplikasi yang hadir dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi besutan Dennis Meuwissen ini dapat digunakan untuk melakukan burning beragam jenis file video dari komputer atau laptop Windows menjadi DVD yang dapat diputar menggunakan pemutar DVD maupun perangkat home theater.

Selain itu, DVD Flick juga mendukung lebih dari 45 format file, 60 codec video, dan lebih dari 40 cedec audio. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur untuk menambahkan subtitle pada video. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di sini.

14. Power2Go

Power2Go

Power2Go merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan burning data atau film ke CD, DVD maupun Bluray. Aplikasi ini juga hadir dengan tampilan antarmuka yang modern dan mudah digunakan, Anda dapat melakukan bruning file dengan cara drag-n-drop.

Selain itu, aplikasi besutan CyberLink Corp ini juga dibekali dengan fitur pencadangan dan enskripsi 256-bit yang dapat melindungi data Anda dari tangan-tangan yang jahat. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di sini.

15. AnyBurn

AnyBurn

Aplikasi burning CD yang terakhir pilihan Sipitek adalah AnyBurn. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan burning file ke CD, DVD, Bluray dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan ripper CD audio ke file mp3, flac, wma dan lain sebagainya.

Aplikasi besutan Power Software Ltd ini juga bisa digunakan untuk membuat file ISO yang dapat di-boot, seperti halnya media instalasi Windows. Menariknya lagi, AnyBurn juga mendukung beragam versi Windows, mulai dari Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain sebagainya. Tertarik untuk menggunakannya? Silahkan unduh di sini.

Itulah deretan aplikasi burning CD terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di laptop atau PC Windows. Jadi, aplikasi yang mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here