Dulu untuk bisa membaca barcode kita memerlukan alat khusus, akan tetapi saat ini hanya dengan bermodalkan smartphone Android saja semua orang bisa melakukannya. Pasalnya, sekarang ini sudah banyak aplikasi scan barcode yang dapat membaca beragam jenis barcode termasuk QR code.

Selain itu, sebagian besar aplikasi juga dapat membaca beragam jenis data yang ada di dalam barcode tersebut, termasuk data teks, URL, ISBN, data produk, harga, map, kontak, Wi-Fi, barcode WhatsApp dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti alat pembaca barcode khusus yang biasa digunakan di kasir, cara penggunaannya sangatlah mudah, tugas Anda hanyalah mengarahkan kamera ke barcode yang ingin dibaca.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi scan barcode terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Penasaran kan? Yuk langsung saja simak.

10 Aplikasi Scan Barcode Terbaik di Android

1. QR & Barcode Scanner

QR & Barcode Scanner

Dari banyaknya aplikasi barcode scanner yang tersedia di Google Play Store, QR & Barcode Scanner merupakan yang paling populer. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini mampu membaca beragam jenis barcode.

Termasuk barcode yang berisi data teks, URL, ISBN, Wi-Fi, lokasi, email dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memindai barcode kupon maupun diskon.

Tak perlu khawatir kesulitan ketika pertama kali menggunakannya karena aplikasi ini memang sangat mudah digunakan, tugas Anda hanyalah mengarahkan kamera ke barcode yang ingin dipindai saja tanpa ribet menekan tombol apapun.

2. QR Barcode Scanner

QR Barcode Scanner

Lagi nyari aplikasi scan barcode yang akurat dan responsif? QR Barcode Scanner bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Geeks.Lab.2015 ini memang memiliki kecepatan membaca yang cukup tinggi.

Selain menyediakan fitur untuk membaca barcode, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat barcode sendiri yang berisi data email, kontak, URL dan lain sebagainya. Setelah barcode berhasil dibuat, Anda bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Gmail dan lain sebagainya.

3. Free QR Code Reader & Scanner

Free QR Code Reader & Scanner

Aplikasi besutan Ez to Use ini hadir dengan fitur pemindai yang mendukung beragam jenis barcode termasuk barcode 1D maupun 2D. Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis, karena aplikasi ini tidak menyediakan fitur berbayar.

Menariknya lagi, Free QR Code Reader & Scanner juga dibekali dengan fitur yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu senter, berkat adanya fitur tersebut Anda bisa memindai barcode dengan lancar meskipun ditempat yang gelap.

4. QR Code Reader

Scan Barcode Menggunakan Aplikasi QR Code Reader

QR Code Reader hadir dengan fitur pemindai barcode yang cukup responsif, aplikasi ini dapat memindai dan menampilkan hasilnya dalam hitungan detik. Aplikasi besutan Green Apple Studio ini juga mendukung beragam jenis kode QR dan barcode termasuk teks, URL, kontak, email, map, Wi-Fi dan lain sebagainya.

Selain itu, QR Code Reader juga dibekali dengan fitur untuk membuat kode QR sendiri yang dapat digunakan untuk mengenskripsi informasi pesan, kontak, map, Wi-Fi dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, semua fitur yang disuguhkan di dalam aplikasi ini bisa digunakan secara offline. Kalau Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, silahkan baca panduan cara scan barcode menggunakan aplikasi Qr Code Reader.

5. Barcode Scanner

Barcode Scanner

Barcode Scanner merupakan aplikasi scan barcode yang responsif dan mudah digunakan, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari aplikasi yang ringan. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 4 MB lho.

Meskipun demikian, Barcode Scanner juga dapat digunakan untuk memindai beragam jenis barcode, termasuk URL, teks, kontak, email dan lain sebagainya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, tugas Anda hanyalah mengarahkan kamera ke barcode yang ingin dipindai nantinya aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan data yang tersimpan di dalamnya.

6. QR Code Reader

QR Code Reader

QR Code Reader merupakan aplikasi gratis yang tidak hanya menyediakan fitur untuk membaca barcode saja, akan tetapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat barcode atau QR code sendiri.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga mampu membaca beragam jenis data yang tersimpan di dalam barcode termasuk teks, URL, Wi-Fi, map, kalender, email dan lain sebagainya.

Menariknya, ketika Anda memindai barcode yang berisi URL, Anda bisa langsung mengunjungi URL tersebut tanpa ribet mengetik secara manual di browser.

7. Whats Web

Whats Web

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Whats Web merupakan aplikasi scan barcode yang hanya bisa digunakan untuk memindai barcode WhatsApp saja. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para pengguna WhatsApp untuk membuka dua akun di perangkat yang sama atau membuka akun yang sama di beberapa perangkat.

Bahkan Whats Web juga bisa digunakan untuk menyadap WhatsApp lho. Menariknya lagi, selain dibekali dengan fitur pemindai barcode WhatsApp, aplikasi ini juga dibekali dengan Status Saver yang dapat digunakan untuk menyimpan status gambar dan video WhatsApp.

8. Whatscan

Whatscan

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Whatscan merupakan aplikasi scan barcode WhatsApp yang biasa digunakan untuk membuka satu akun WhatsApp di beberapa perangkat. Akan tetapi, aplikasi besutan Tapping Apps Drive ini hadir dengan fitur yang lebih lengkap.

Mulai dari fitur untuk membuat barcode dan QR code sendiri, fitur untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor dan lain sebagainya. Menariknya lagi, semua fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis.

9. WiFi QR Code Scanner

WiFi QR Code Scanner

Lagi nyari aplikasi scan barcode untuk Wi-Fi? WiFi QR Code Scanner bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Olyfox Webbrowser Inc ini dapat menghubungkan Anda ke jaringan Wi-Fi secara otomatis melalui barcode.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tak perlu ribet mengetik kata sandi secara manual. Selain itu, WiFi QR Code Scanner juga dibekali dengan fitur pembuat QR code sehingga ketika ada orang lain yang ingin menggunakan jaringan Wi-Fi, Anda tak perlu ribet memberikan kata sandinya

10. WiFi QR Connect

WiFi QR Connect

Aplikasi scan barcode terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah WiFi QR Connect. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga hanya bisa digunakan untuk memindai barcode Wi-Fi saja.

Aplikasi ini dapat menghubungkan Anda ke jaringan Wi-Fi yang diamkan dengan WPA, WPA2, WEP maupun Wi-Fi yang tidak dilengkapi dengan kata sandi.

Itulah deretan aplikasi scan barcode terbaik di Android yang berhasil Sipitek rangkum. Dengan mengunduh salah satu aplikasi yang ada di atas kini Anda bisa memindai barcode di mana saja dan kapan saja tanpa ribet menggunakan alat khusus. Aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here