Jika dilakukan secara manual proses backup data Android memang cukup rumit, akan tetapi jika Anda ingin mengamankan data dengan cara yang lebih mudah dan praktis Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi backup data Android yang akan Sipitek ulas kali ini.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di sini, Anda dapat mem-backup data tersebut ke kartu SD maupun ke layanan penyimpanan awan, sehingga jika data yang ada di Android rusak atau terhapus Anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, ada yang hanya bisa mem-backup data kontak saja, namun ada juga yang bisa digunakan untuk mem-backup beragam jenis data seperti foto, aplikasi, pengaturan sistem, WhatsApp, SMS dan lain sebagainya.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi backup data terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mencadangkan beragam jenis data Android. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis data yang ingin di-backup, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Backup Data Terbaik untuk Android

1. Google Photos

Google Photos

Sesuai dengan namanya, Google Photos merupakan aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Google LLC. Kalau Anda ingin mem-backup data foto, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar pengguna ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, Google Photos dapat secara otomatis mencadangkan foto dan video yang tersimpan di smartphone Anda. Tak perlu khawatir kualitasnya menurun, karena aplikasi akan menyimpan foto Anda dengan kualitas tinggi.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan Google Photos, Anda juga dapat mem-backup data foto dan video hingga ukuran 16 MP dan 1080p HD secara gratis.

Menariknya lagi, selain bisa diakses melalui Google Photos, foto yang telah dicadangkan juga bisa diakses melalui situs photos.google.com, sehingga Anda bisa mengaksesnya di berbagai perangkat.

2. Titanium Backup

Titanium Backup

Titanium Backup merupakan salah satu aplikasi backup data Android yang cukup populer, terutama dikalangan para pengguna Android yang sudah di root. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan backup dan restore beragam jenis data, mulai dari SMS, aplikasi, panggilan, bookmark, dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan Titanium Track ini juga dapat diintegrasikan dengan layanan penyimpanan awan seperti Dropbox, Google Drive dan Box. Menariknya lagi, proses pencadangan juga dapat dilakukan secara terjadwal, sehingga Anda tak perlu melakukannya secara manual.

Namun sayangnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini hanya bisa digunakan pada ponsel Android yang sudah di root, kalau Anda memaksakan menggunakannya di ponsel yang belum di root aplikasi ini tidak akan berjalan dengan baik.

3. SMS Backup & Restore

SMS Backup & Restore

Sesuai dengan namanya, SMS Backup & Restore merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang hanya ingin mem-backup data SMS saja. Pasalnya, aplikasi besutan SyncTech Pty Ltd ini memang hanya menyediakan fitur backup SMS, MMS dan riwayat panggilan saja, tidak seperti aplikasi sebelumnya.

Meskipun demikian aplikas ini juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mem-backup data SMS, salah satunya adalah adanya fitur pencadangan ke penyimpanan awan dan lokal.

Menariknya lagi, Anda juga dapat mentransfer secara langsung hasil backup ke smartphone baru melalui koneksi WiFi dengan kecepatan yang super cepat. Tak perlu khawatir versi Android berbeda dengan ponsel baru, karena format file backup aplikasi ini bisa digunakan di ponsel tersebut meskipun berbeda versi Android.

4. Super Backup & Restore

Super Backup & Restore

Lagi nyari aplikasi yang dapat mem-backup segala jenis data Android tanpa root? Super Backup & Restore merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mem-backup data aplikasi, kontak, SMS, riwayat panggilan, bookmark dan kalender ke kartu SD maupun ke Google Drive.

Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh MobileIdeastudio ini juga dibekali dengan fitur yang dapat mencadangkan data secara otomatis sesuai dengan waktu yang Anda tentukan, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan proses backup.

5. App Backup Restore Transfer

App Backup Restore Transfer

Sama seperti aplikasi sebelumnya, App Backup Restore Transfer juga dapat digunakan untuk mem-backup beragam jenis data Android, seperti aplikasi, foto, apk, musik, video dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mencadangkan data tersebut ke kartu SD maupun layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, App Backup Restore Transfer juga dilengkapi dengan fitur untuk mentransfer data ke smartphone atau PC baru melalui koneksi Wi-Fi hotspot.

6. G Cloud Backup

G Cloud Backup

G Cloud Backup merupakan aplikasi backup yang menyediakan layanan penyimpanan awan gratis dengan kapasitas 7GB. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat menyimpan beragam jenis data Android termasuk kontak, SMS, foto, video, musik, dokumen, riwayat panggilan dan beragam jenis file yang lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan Genie9 LTD ini juga dilengkapi dengan fitur backup otomatis yang dapat mencadangkan data Anda secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, bahkan Anda juga bisa mengaturnya supaya aplikasi ini mem-backup secara otomatis ketika terhubung ke jaringan WiFi.

7. App Backup & Restore

App Backup & Restore

Sesuai dengan namanya, APP Backup & Restore merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang ingin mencadangkan data aplikasi. Pasalnya, aplikasi besutan VPN Master Labs ini hanya menyuguhkan fitur untuk mem-backup aplikasi saja.

Anda dapat menyimpan data aplikasi ke kartu SD maupun ke layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga menyediakan fitur yang lain seperti APK Extractor, APK Editor, APK Installer dan lain sebagainya.

8. MCBackup

MCBackup

Ingin beralih ke smartphone baru tapi khawatir data kontak hilang? MCBackup bisa menjadi solusi untuk Anda. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mencadangkan semua kontak yang ada di smartphone hanya dengan sekali ketukan saja.

Kontak yang berhasil di-backup akan disimpan ke dalam file .vcf, file tersebut bisa Anda kirim langsung ke smartphone atau PC menggunakan kabel USB maupun bluetooth. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengirim file tersebut ke iPhone melalui email.

9. SMS Backup+

SMS Backup+

SMS Backup+ merupakan aplikasi gratis yang bersifat open source, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mencadangkan data SMS, MMS dan riwayat panggilan dengan nyaman tanpa risih dengan iklan.

Namun jika Anda hanya ingin mem-backup SMS saja, Anda juga bisa mengaturnya melalui menu pengaturan supaya data yang lain tidak ikuti di-backup. Tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena SMS Backup+ sangatlah ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 3 MB lho.

10. Easy Backup

Easy Backup

Easy Backup merupakan aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk mem-backup data kontak yang tersimpan di Android. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mencadangkan semua kontak yang tersimpan dan menyimpannya menjadi file .vcf.

Anda bisa mengirim file tersebut ke smartphone baru dengan beragam cara, entah itu melalui WhatsApp, Gmail, SMS, Dropbox, Telegram dan lain sebagainya. Menariknya lagi, proses pencadangan data juga bisa dilakukan secara offline lho.

11. Backup Your Mobile

Backup Your Mobile

Ingin mencadangkan semua data yang tersimpan di Android? Backup Your Mobile aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi besutan Artur Jaszczyk ini bisa digunakan untuk mem-backup kontak, SMS, MMS, panggilan, pengaturan sistem, kata sandi Wi-Fi, APN hingga data markah dan riwayat browser.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpan data backup tersebut ke penyimpanan awan seperti Google Drive dan Dropbox atau bisa juga disimpan ke kartu SD. Menariknya lagi, semua fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara gratis.

12. Helium

Helium

Helium merupakan aplikasi Android yang dapat digunakan untuk mem-backup data aplikasi dan game. Aplikasi ini dapat menyinkronkan data dari ponsel Android yang lama ke yang baru meskipun kedua ponsel tersebut tidak berada di jaringan yang sama.

Meskipun demikian, Anda juga dapat menyimpan data backup tersebut ke layanan penyimpanan awan seperti Dropbox, Box, dan Google Drive atau menyimpannya di kartu SD.

13. App Backup

App Backup

Lagi nyari aplikasi backup data aplikasi dan game Android yang cepat, intuitif dan mudah digunakan? App Backup bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang dapat mencadangkan data aplikasi dengan cepat.

Anda juga tak perlu khawatir kesulitan ketika pertama kali menggunakannya, karena App Backup hadir dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Anda juga dapat mencadangkan data aplikasi ke kartu SD maupun layanan penyimpanan awan.

14. App Backup Lite

App Backup Lite

Sesuai dengan namanya, App Backup Lite merupakan pilihan yang tepat untuk pengguna yang mencari aplikasi backup data aplikasi yang ringan. Pasalnya, aplikasi besutan Buggy_Apps ini sangatlah ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 2 MB lho.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mencadangkan data dari beragam jenis aplikasi Android termasuk aplikasi sistem. Selain itu, Anda juga bisa mencadangkan beberapa aplikasi sekaligus tanpa melakukannya satu per satu.

15. Swift Backup

Swift Backup

Aplikasi backup data Android terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Swift Backup. Aplikasi yang dikembangkan oleh SwiftApps.org ini bisa Anda gunakan untuk mencadangkan data aplikasi, SMS, riwayat panggilan dan data yang lainnya.

Data hasil backup dapat disimpan ke layanan penyimpanan awan Dropbox dan Google Drive, namun jika jarang terhubung ke internet Anda juga bisa menyimpannya ke kartu SD.

Itulah deretan aplikasi backup data terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di Andorid. Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas Anda tak perlu khawatir lagi data hilang atau terhapus.

Selain itu, Anda juga dimudahkan ketika memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone baru. Jadi mau backup data pakai aplikasi yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here