aplikasi edit video PC

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi edit video di Android, akan tetapi jika Anda ingin mengeditnya secara mendetail tentu lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi edit video yang ada di PC.

Selain punya fitur yang lebih lengkap, dengan mengeditnya melalui PC atau laptop kita juga bisa menyesuaikannya dengan lebih leluasa di layar yang luas. Akan tetapi karena banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung memilihnya.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi edit video PC terbaik mulai dari aplikasi yang kaya akan fitur untuk kebutuhan mengedit video yang rumit hingga aplikasi sederhana yang berukuran ringan.

Aplikasi yang ada di sini juga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan, entah itu untuk membuat video vlog, YouTube, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, sebagian besar aplikasi juga bisa Anda gunakan secara gratis dan tanpa watermark.

Namun setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

20 Aplikasi Edit Video PC Terbaik

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi penyunting video yang biasa digunakan oleh editor profesional. Aplikasi besutan Adobe ini menjadi salah satu aplikasi favorit bagi para YouTuber, videografer hingga pembuat film termasuk film Hollywood.

Tak heran jika aplikasi yang satu ini menjadi pilihan banyak orang, mengingat fitur yang disematkan di dalamnya sangatlah lengkap, bahkan Adobe Premiere Pro mendukung berbagai macam jenis format termasuk video 8K dan Virtual Reality.

Dengan menggunakan Adobe Premiere Pro, Anda juga bisa bekerja dengan lebih fleksibel, berkat adanya Adobe Premiere Rush Anda bisa mengedit video di berbagai perangkat termasuk ponsel, tablet, desktop, dan sebagainya.

Meskipun demikian, editor pemula juga tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini, karena di situs resminya Adobe sendiri menyediakan tutorial yang cukup lengkap untuk editor pemula maupun tingkat lanjut. Mau coba? Yuk download di sini.

2. Adobe Premiere Elements

Adobe Premiere Elements

Jika Adobe Premiere Pro terlalu rumit bagi Anda, Adobe Premiere Elements bisa menjadi solusinya. Pasalnya, aplikasi ini memang dibuat untuk pemula yang ingin membuat video berkualitas dengan cara yang mudah.

Meskipun demikian, Adobe Premier Elements juga dibekali dengan fitur-fitur canggih dan tak kalah lengkap dengan aplikasi sebelumnya, mulai dari fitur deteksi wajah, efek audio, efek slow motion, efek transisi, slideshow foto dan video, dan fitur menarik lainnya.

Ingin membuat video atau film yang epik tapi gak mau ribet? Anda bisa menggunakan fitur pengeditan otomatis yang dapat secara otomatis menyesuaikan klip video yang akan diedit, termasuk penggunaan fitur Smart Trim yang dapat menyatukan adegan-adegan terbaik berdasarkan gaya video Anda. Tertarik untuk mencobanya? Download di sini.

3. VEGAS Pro

VEGAS Pro

Aplikasi yang satu ini mungkin lebih dikenal dengan nama Sony Vegas Pro, akan tetapi setelah diakuisisi oleh Magix namanya berubah menjadi VEGAS Pro saja. Meskipun demikian fitur-fitur yang disuguhkan tidak jauh beda dengan yang dulu, bahkan ada beberapa fitur yang te;ah dioptimalkan dan penambahan fitur baru.

Aplikasi edit video PC yang satu ini cocok untuk editor profesional, pasalnya VEGAS PRO terbaru hadir dengan fitur yang lebih inovatif seperti pelacak gerak, stabilisasi video, storyboard dinamis, pengedit video 360 derajat, dukungan 4K UHD, pencocok warna, HDR, dan lain sebagainya.

Akan tetapi VEGAS Pro merupakan aplikasi berbayar, namun Anda juga tetap bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari dengan memanfaatkan versi percobaan. Tertarik untuk mencobanya? Yuk download aplikasinya di sini.

4. Corel VideoStudio

Corel VideoStudio

Corel mungkin lebih dikenal sebagai pengembang aplikasi edit foto CorelDRAW, akan tetapi perusahaan yang telah hadir sejak tahun 1989 ini juga punya aplikasi edit video PC bernama Corel VideoStudio.

Corel VideoStudio hadir dengan antarmuka yang cukup intuitif, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna tidak akan kesulitan ketika mengakses fitur-fitur yang disediakan. Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan, mulai dari filter, efek, pengeditan multi-kamera, pengatur kecepatan, green screen dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Corel VideoStudio juga mendukung banyak format video populer, termasuk HD, 4K, hingga video 360 derajat. Lengkap sekali bukan? Yuk download aplikasinya di sini.

5. Camtasia

Camtasia

Camtasia merupakan aplikasi edit video PC yang dibekali dengan fitur perekam layar. Jika Anda mencari aplikasi untuk kebutuhan membuat video tutorial, video presentasi, video instruksi, maka Camtasia bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan Camtasia, setelah merekam layar, Anda bisa langsung mengeditnya di aplikasi yang sama tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Meskipun demikian, aplikasi besutan TechSmith Corporation ini juga kaya akan fitur.

Dengan Camtasia Anda dapat menikmati beragam fitur menarik, mulai dari efek transisi, pembuat kuis, fitur untuk menambahkan judul, anotasi, info, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan musik dan efek suara gratis bebas royalti sehingga Anda tak perlu ribet mencarinya secara manual. Kalau Anda ingin mencobanya, download di sini.

6. FilmoraPro

FilmoraPro

Wondershare sebagai pengembang menyediakan dua versi aplikasi yaitu Filmora9 dan FilmoraPro, jika Anda ingin menikmati aplikasi edit video PC untuk kebutuhan mengedit video yang rumit maka FilmoraPro bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, FilmoraPro memang hadir dengan fitur yang cukup lengkap, mulai dari fitur sinkornisasi audio otomatis, kompresor audio, pengurangan noise audio, transisi audio, koreksi warna dan lain sebagainya.

Yang paling menarik adalah fitur sinkronisasi audio otomatis, dengan adanya fitur ini Anda bisa menyatukan file audio dengan video secara otomatis supaya audio pas dengan adegan yang ada di dalam video tersebut, gak perlu ribet menyesuaikan secara manual. Yuk download FilmoraPro di sini.

7. PowerDirector

PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi yang cocok untuk pemula maupun profesional, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengedit video dalam berbagai format termasuk 360 derajat, Ultra HD 4K, hingga format video online terbaru.

Aplikasi besutan CyberLink Corp ini juga dibekali dengan fitur penyesuai warna yang dapat mengoreksi warna, mencocokkan warna, hingga fitur yang dapat memberikan efek gradasi warna seperti halnya efek yang biasa digunakan oleh editor profesional.

Selain itu, PowerDirector juga hadir dengan fitur chroma key, pembuat collage video, pengeditan multi-kamera, dan beberapa fitur menarik lainnya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika ya, silahkan download aplikasi PowerDirector di sini.

8. Media Composer

Media Composer

Tak hanya menyuguhkan fitur pengeditan video yang canggih, aplikasi yang dikembangkan oleh Avid Technology ini juga menyuguhkan fitur pengedit audio berkualitas tinggi yang dapat menciptakan audio sorround 7.1.

Selain itu, Media Composer juga mendukung semua format video populer, mulai dari HD, UHD, 8K, HDR, hingga video 3D. Menariknya lagi, fitur multicam juga turut disematkan di dalam aplikasi ini. Mau coba? Silahkan download aplikasinya di sini.

9. Blender

Blender

Lagi nyari aplikasi edit video PC untuk membuat film animasi kartun 3D? Blender merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang dibuat untuk pengguna yang ingin membuat video animasi 3D.

Selain itu Blender juga dibekali dengan fitur editor video dasar seperti fitur scrubbing, pengontrol kecepatan, efek transisi, audio mixing, vektor chroma, dan lain sebagainya.

Dan yang gak kalah kerennya lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bersifat open-source ini sepenuhnya secara gratis dan tanpa watermark. Mau coba aplikasi Blender? download di sini.

10. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

Bukan hanya VideoStudio, Corel juga punya aplikasi edit video PC yang dilengkapi dengan fitur perekam layar, yaitu Pinnacle Studio. Jika Anda sering merekam layar PC dan mengeditnya maka aplikasi ini juga wajib Anda pertimbangkan.

Dengan menggunakan Pinnacle Studio, Anda dapat menikmati lebih dari 2000 efek, mengedit video HD dan 4K, efek gradasi warna, perekam multicam, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, setelah video berhasil diedit, Anda bisa langsung membagikannya ke media sosial atau mengekspornya ke format video yang didukung smartphone, atau bahkan memasukkannya ke dalam DVD. Anda bisa mendownload aplikasi Pinnancle Studio di sini.

11. Lightworks

Lightworks

Lightworks merupakan aplikasi edit video PC yang tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar, Anda dapat menikmati aplikasi ini selamanya secara gratis tanpa watermark namun dengan fitur terbatas.

Lightworks merupakan salah satu aplikasi yang biasa digunakan oleh editor film profesional untuk membuat film bioskop, termasuk film The Wolf of Wall Street dan LA Confidential juga dibuat menggunakan aplikasi ini.

Tak perlu ribet mencari musik dan video gratis bebas royalti secara manual karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan situs Audio Network dan Pond5. Menariknya lagi, Lightworks juga tersedia untuk berbagai platform termasuk Windows, Linux, dan Mac, semuanya bisa Anda download di sini.

12. Shotcut

Shotcut

Shotcut merupakan aplikasi edit video gratis yang bersifat open-source. Aplikasi ini juga tersedia untuk berbagai platform, termasuk Mac, Windows, dan Linux. Jika Anda mencari aplikasi gratis yang kaya akan fitur, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, aplikasi besutan Meltytech ini hadir dengan beragam fitur canggih untuk mengedit dan melakukan encoding video. Selain itu, Shotcut juga mendukung hampir semua format video, audio, dan gambar.

Fitur edit audio juga turut disematkan di dalamnya, dimana Anda dapat mengatur bass, treble, stereo, mono, 5.1 surround, dan lain sebagainya. Kalau tertarik, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

13. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

VSDC merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa batasan waktu, tanpa iklan, dan tanpa watermark. Meskipun demikian aplikasi ini juga menyuguhkan beragam fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengedit maupun membuat video.

Fitur-fitur yang disematkan di dalam VSDC diantaranya yaitu fitur stabilisasi video, fitur burn DVD, fitur konversi, dan dukungan berbagai format video, termasuk format HD dan 4K. Menariknya lagi, aplikasi besutan Vector LLC ini dilengkapi dengan fitur profil ekspor untuk YouTube, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Dengan adanya profil ekspor, Anda tidak perlu menyesuaikan pengaturan video secara manual, cukup memilih profil saja nanti secara otomatis video Anda akan diatur sesuai dengan profil yang dipilih. Praktis sekali bukan? Yuk download aplikasinya di sini.

14. Machete Video Editor Lite

Machete Video Editor Lite

Sesuai dengan namanya, Machete Video Editor Lite merupakan aplikasi yang tepat untuk pengguna yang hanya membutuhkan fitur-fitur dasar saja. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menyalin, memotong, dan mencampurkan video dengan cepat dan mudah.

Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa batasan waktu, akan tetapi untuk versi lite hanya mendukung dua format file saja yaitu AVI dan WMV, jika Anda ingin mengedit video dengan format lain, Anda bisa menggunakan versi berbayar atau mencoba masa percobaan selama 14 hari. Anda bisa mengunduh versi lite secara gratis di sini.

15. Avidemux

Avidemux

Mirip seperti aplikasi sebelumnya, Avidemux juga sangat cocok untuk pengguna yang hanya membutuhkan fitur-fitur pengeditan video dasar, seperti fitur pemotong video, penggabung video, dan lain sebagainya.

Akan tetapi aplikasi ini mendukung lebih banyak format video, mulai dari AVI, MPEG, MP4, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Avidemux juga tersedia di untuk berbagai platform, termasuk Linux, Mac, dan Windows, Anda bisa mendownload semuanya di sini.

16. HitFilm Express

HitFilm Express

Kalau Anda mencari aplikasi edit video PC gratis yang menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan editor profesional HitFilm Express merupakan aplikasi yang wajib Anda coba.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menikmati lebih dari 410 efek dan preset yang siap digunakan. Pemula juga tak perlu khawatir kesulitan ketika pertama kali menggunakannya, karena HitFilm Express menyediakan banyak tutorial yang disuguhkan dalam format video.

Selain itu, HitFilm Express juga mendukung beragam format video, mulai dari MP4, AVI, WMV, MTS, dan lain sebagainya. Kapan lagi coba aplikasi seperti ini? Yuk download di sini.

17. Davinci Resolve

Davinci Resolve

Davinci Resolve merupakan aplikasi gratis yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk mengedit video, koreksi warna, efek, dan lain sebagainya.

Tak perlu khawatir kinerja PC terganggu karena Davinci Resolve dibekali dengan teknologi smart caching yang dapat membantu aplikasi untuk bekerja dengan cepat.

Untuk memudahkan pengguna ketika menyesuaikan audio, Davinci Resolve menyuguhkan fitur Fairlight yang memungkinkan pengguna untuk mengedit audio secara terperinci. Menariknya lagi, fitur ini juga dibekali dengan perpustakaan musik gratis dan bebas royalti. Tertarik dengan aplikasi yang satu ini? Langsung saja download di sini.

18. OpenShot

OpenShot

OpenShot merupakan aplikasi edit video PC open-source yang bisa Anda gunakan secara gratis tanpa batasan waktu. Meskipun demikian, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur-fitur canggih.

Mulai dari fitur untuk memotong video, efek video, efek slow motion, dan lain sebagainya. Selain itu, OpenShot juga mendukung lebih dari 70 bahasa termasuk Indonesia. Menariknya lagi, selain tersedia untuk Windows, aplikasi ini juga tersedia untuk Linux dan Mac. Anda bisa mengunduh versi aplikasi yang sesuai dengan platform yang Anda gunakan di sini.

19. VideoPad

VideoPad

VideoPad merupakan aplikasi edit video berfitur lengkap yang dirancang untuk membantu Anda membuat video profesional dengan cara yang lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat video, burn video hasil edit ke Blu-ray atau DVD, dan membagikannya ke media sosial.

Aplikasi yang dikembangkan oleh NCH Software ini hadir dengan lebih dari 50 efek visual, teks, overlay, green screen, fitur untuk mempercepat dan memperlambat gerakan video, pengedit video 360 derajat, dan lain sebagainya. Tertarik untuk mencobanya? download di sini.

20. AVS Video Editor

AVS Video Editor

AVS Video Editor merupakan aplikasi edit video PC gratis yang bisa digunakan untuk memotong, menggabungkan, memisahkan, dan menambahkan lebih dari 300 efek transisi video.

Aplikasi besutan Online Media Technologies ini juga mendukung banyak format video populer seperti AVI, VOB, MP4, 3GP, MKV, MOV, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, AVS Video Editor juga diklaim dapat bekerja dengan cepat berkat teknologi cache video yang disematkan di dalamnya. Anda bisa mengunduh aplikasi AVS Video Editor di sini.

Itulah beberapa aplikasi edit video PC terbaik yang berhasil Sipitek rangkum, ada yang bisa digunakan sepenuhnya secara gratis ada juga yang berbayar. Semoga ulasan diatas bisa memudahkan Anda dalam memilih aplikasi yang tepat. Jadi, mana aplikasi favorit Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here