aplikasi belajar mengaji

Mengaji merupakan salah satu aktivitas membaca kitab suci Al-Quran yang biasa dilakukan oleh setiap umat muslim untuk mendapatkan berbagai keutamaan, termasuk syafaat di hari kiamat.

Akan tetapi tak sedikit orang yang malas untuk belajar mengaji, entah itu tak punya guru pembimbing atau belum punya banyak waktu untuk mempelajarinya.

Mulai sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak belajar mengaji, karena saat ini sudah banyak aplikasi belajar mengaji offline yang akan membantu Anda mempelajari Al-Qur’an di mana saja dan kapan saja.

Meskipun Anda bisa mempelajarinya melalui aplikasi, tentunya peran guru atau ustaz masih tetap dibutuhkan supaya Anda bisa mempelajarinya dengan baik dan benar. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif ketika ada masalah tertentu sehingga Anda tak bisa belajar langsung ke ustad.

Setiap aplikasi belajar mengaji yang akan Sipitek ulas kali ini tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda sebagian besar aplikasi tersebut dikemas dengan grafis kartun muslim yang disukai anak-anak. Nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebuhan, yuk simak dulu semua ulasannya.

20 Aplikasi Belajar Mengaji Terbaik di Android

1. Learn Quran Tajwid: Belajar Mengaji

Learn Quran Tajwid Belajar Mengaji

Learn Quran Tajqid merupakan aplikasi belajar mengaji yang ditujukan untuk semua kalangan, entah itu anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Di dalam aplikasi Anda dapat mempelajari Al-Qur’an mulai dari ilmu yang paling mendasar hingga ilmu yang lebih tinggi.

Aplikasi ini juga sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang sama sekali belum bisa membaca Al-Qur’an maupun yang sudah bisa tapi ingin memperdalam ilmu tajwid maupun kahrij.

Lebih dari 22 materi pembelajaran disematkan di dalam aplikasi ini diantaranya materi pembelajaran seputar huruf hijaiyah, fathah, kasroh, dhommah, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja pada setiap topik pembelajaran dilengkapi teori, latihan, dan tes.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mempelajari Al-Qur’an, mulai dari suara pengucapan ayat yang benar, gambar, video, dan lain sebagainya.

2. Belajar Iqro dengan Audio

Belajar Iqro dengan Audio

Belajar Iqro dengan Audio merupakan aplikasi belajar mengaji offline yang cocok untuk anak-anak. Pasalnya, antarmuka yang ada di dalam aplikasi ini memang dikemas dengan kartun muslim yang lucu dan menggemaskan yang dapat membuat betah anak-anak dalam mempelajari Al-Qur’an.

Aplikasi yang dikembangkan oleh AiraSoft ini hadir dengan 6 tingkat pembelajaran, mulai dari Iqro 1 membahas seputar huruf hijaiyah dari alif sampai ya, Iqra 2 belajar huruf sambung dan bacaan panjang, Iqro 3 membahas tentang bacaan kasroh, dhommah, dan varisainya, Iqro 4 belajar bacaan tanwin…

…Iqro 5 belajar bacaan tasydid, waqof, mad jaiz munfasil dan sebagainya, dan yang terakhir Iqro 6 yang membahas seputar iqlab, ikhfa, dan beberapa variasi huruf yang diwaqofkan. Menariknya lagi pada setiap tingkatan juga dilengkapi dengan gambar dan audio suara anak-anak.

3. Belajar Mengaji Al-Qur’an

Belajar Mengaji Al-Qur'an

Nyari aplikasi belajar mengaji yang bisa berjalan dengan baik di smartphone low-end? Aplikasi yang diusung oleh iMajlis Mobile ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 16 MB lho.

Meskipun demikian, Belajar Mengaji Al-Qur’an juga menyediakan banyak materi yang dapat membantu Anda untuk belajar mengaji, diantaranya pembelajaran seputar huruf hijaiyah, tajwid, hafalan surat pendek dengan audio, hingga 114 suar Al-Qur’an yang disuguhkan dalam format audio.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga cocok digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Saat menggunakan aplikasi ini, Anda juga tidak akan kesulitan, karena pembahasan yang ada di dalamnya di susun secara sistematis mulai dari yang paling dasar hingga ke tingkat pembahasan yang lebih tinggi.

4. Marbel Belajar Mengaji

aplikasi belajar mengaji

Bagi Anda yang suka memainkan game anak-anak pasti sudah tak asing lagi dengan Educa Studi, ia merupakan salah satu pengembang game asal Indonesia yang sukses menghadirkan berbagai macam jenis game edukasi anak, salah satunya adalah Marbel Belajar Mengaji.

Apabila Anda ingin mengajarkan anak belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan, Marbel Belajar Mengaji bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, selain dikemas dengan grafis kartun muslim yang lucu, aplikasi ini juga menyediakan beragam variasi pembelajaran yang dapat memudahkan anak.

Melalui Marbel Belajar Mengaji, anak dapat mempelajari huruf hijaiyah, harokat, tanwin, belajar iqro 1 – 4, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Marbel Belajar Mengaji juga dilengkapi dengan permainan edukasi yang dapat mengasah kemampuan anak, mulai dari kuis tebak gambar huruf hijaiyah, tebak harokat, puzzle huruf hijaiyah, dan lain sebagainya.

5. Belajar Mudah Hijaiyah

Belajar Mudah Hijaiyah

Ingin mengenalkan anak dengan huruf-huruf hijaiyah dengan cara yang menyenangkan? Belajar Mudah Hijaiyah merupakan aplikasi belajar mengaji yang wajib Anda coba. Di dalam game ini anak dapat mempelajari huruf hijaiyah secara fokus, karena memang aplikasi ini tidak menyediakan pembahasan yang lain selain hijaiyah.

Meskipun demikian anak juga dapat mempelajarinya dengan nyaman, karena konsep pembelajaran yang ada di dalam aplikasi ini disuguhkan ke dalam permainan yang cukup interaktif, mulai dari tebak huruf hijaiyah, menulis huruf hijaiyah, dan lain sebagainya.

6. Juz Amma Lengkap

juz Amma Lengkap

Sesuai dengan namanya, Juz Amma Lengkap merupakan aplikasi belajar mengaji yang dapat digunakan untuk mempelajari Juz Amm dan memperbanyak hafalan surat-surat pendek Al-Quran.

Surat-surat Al-Qur’an yang ada di dalam aplikasi ini juga tidak hanya disuguhkan dalam bentuk tulisan bahasa Arab saja, akan tetapi aplikasi ini melengkapinya dengan bacaan latin beserta artinya pada setiap surat.

7. Iqro Digital Lengkap

Iqro Digital Lengkap

Nyari aplikasi belajar mengaji yang ringan dan mudah digunakan? Iqro Digital Lengkap merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini memang dikemas dengan desain yang menarik dan sederhana, sehingga penggunaannya juga lebih mudah.

Meskipun demikian, aplikasi yang dikembangkan oleh Edufans Studio ini juga menyediakan materi pembelajaran yang cukup lengkap mulai dari Iqro 1 sampai 6. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dirancang menyerupai seperti buku Iqro asli yang biasa digunakan di dunia nyata.

8. Belajar Juz Amma Surat Pendek

Belajar Juz Amma Surat Pendek

Hampir mirip dengan aplikasi Juz Amma Lengkap yang telah diulas sebelumnya, aplikasi ini juga akan membantu Anda mempelajari surat-surat pendek Al-Qur’an dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Akan tetapi Belajar Juz Amma Surat Pendek hanya menyediakan 14 surat saja mulai dari surat Al-Fatihah hingga surat At-Takatsur. Untuk surat-surat yang lainnya disajikan secara terpisah di aplikasi bagian 2 dan 3.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Annisa Cipta Informatika ini juga dilengkapi dengan bacaan latin dan terjemahan bahasa Indonesia. Menariknya lagi, masing-masing surat juga dilengkapi dengan suara murotal yang dapat memudahkan anak untuk mempelajari Juz Amma melalui suara.

9. Mengaji Bersama Sikembar

Mengaji Bersama Sikembar

Si anak suka dengan kartun upin dan ipin? Aplikasi belajar mengaji yang diusung oleh Tac Tic Tuc Studio ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan kartun lucu dan menggemaskan yang mirip dengan karakter upin dan ipin.

Tidak hanya itu saja, selain disuguhkan dalam format gambar, pembelajaran huruf hijaiyah yang ada di dalam aplikasi ini juga disuguhkan dalam format suara. Menariknya lagi, aplikasi Mengaji Bersama Sikembar juga punya game balon yang dapat membuat aktivitas belajar mengaji menjadi lebih seru dan menyenangkan.

10. Belajar Membaca Al-Qur’an

Belajar Membaca Al-Qur'an

Belajar Membaca Al-Qur’an adalah aplikasi belajar mengaji offline yang akan mengajarkan Anda membaca Al-Qur’an melalui tulisan maupun suara, mulai dari pembelajaran yang membahas seputar huruf hijaiyah, tanda baca, jenis bacaan panjang, hingga dasar-dasar ilmu tajwid seperti nun sukun dan mim sukun.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga menyediakan fitur evaluasi bacaan yang dapat melatih kemampuan membaca Al-Qur’an penggunanya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga punya fitur referensi pendidikan membaca Al-Qur’an dan tahsin yang dapat membantu anak-anak sekolah.

11. Buku IQRA’ 1 2 3 4 5 6 Lengkap

Buku IQRA' 1 2 3 4 5 6 Lengkap

Ingin mempelajari Iqra 1 sampai 6? Aplikasi belajar mengaji yang dikembangkan oleh Jatenapps ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan pembelajaran Iqra 1 sampai dengan 6 yang dikemas dengan grafis yang mirip dengan buku Iqra sungguhan.

Tidak hanya itu saja, huruf-huruf hijaiyah yang ada di aplikasi ini juga disuguhkan dengan jelas melalui tulisan dan suara, sehingga Anda juga dapat mempelajari dengan mudah. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga punya ukuran yang cukup kecil, sehingga Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu.

12. Belajar Tajwid Al-Qur’an

Belajar Tajwid Al-Qur'an

Sesuai dengan namanya, Belajar Tajwid Al-Qur’an merupakan aplikasi belajar mengaji yang dapat membantu Anda mempelajari ilmu tajwid, dengan bantuan aplikasi ini Anda dapat mempelajari ilmu tajwid dengan mudah supaya Anda dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Ada banyak materi tajwid yang disuguhkan di dalam aplikasi ini diantaranya mulai dari pengertian, hukum dan manfaat ilmu tajwid, nun sukun, tanwin, idghom, qolqolah, dan lain sebagainya.

13. Belajar Mengaji Cepat

Belajar Mengaji Cepat

Dikemas dengan audio dan animasi yang cukup menarik, aplikasi Belajar Mengaji Cepat merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda mempelajari Al-Qur’an dengan cepat. Aplikasi yang dikembangkan oleh Edutalk Indo Studio ini juga cocok digunakan untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Ada beberapa materi yang bisa Anda pelajari melalui aplikasi ini, diantaranya belajar hijaiyah, harokat, tanwin, mad, tajwid, hingga hafalan surat pendek.

14. Belajar Mengaji 1 + Suara

Belajar Mengaji 1 + Suara

Aplikasi selanjutnya adalah Belajar Mengaji 1 + Suara. Aplikasi ini akan membantu Anda mempelajari Al-Qur’an dengan metode Iqro’ yang sudah terbukti dapat membantu anak mempelajari Al-Quran dengan cepat dan benar.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang diusung oleh Solite Kids ini juga dikemas dengan grafik yang interaktif dan suara yang menarik yang dapat membuat anak-anak merasa nyaman ketika mempelajari Al-Qur’an.

Menariknya lagi, Belajar Mengaji 1 + Suara juga dilengkapi dengan fitur permainan mini yang dapat mengasah kemampuan belajar mengaji dengan cara yang menyenangkan, diantaranya permainan tebak bacaan Iqro, balon udara, gelembung bacaan Iqro, dan lain sebagainya.

15. Belajar Al-Quran + Suara

belajar Al-Quran + Suara

Masih dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan game sebelumnya yaitu Solite Kids, akan tetapi materi pembelajaran yang ada di dalamnya tentu memiliki perbedaan.

Aplikasi ini menawarkan materi yang lebih lengkap daripada aplikasi sebelumnya, Anda dapat mempelajari huruf hijaiyah, harokat fathah, kasroh, dhommah, tanwin, hingga suara dan contoh bacaan Al-Qur’an.

Tidak hanya itu saja, fitur permainan mini yang ada di dalam aplikasi ini juga lebih banyak, diantaranya permainan tebak haroat, tebak tanwin, pasang harokat, tebak bacaan, balon hijaiyah, hingga aquarium hijaiyah.

16. Al Quran Anak

Al Quran Anak

Al Quran Anak merupakan aplikasi belajar mengaji yang diusung oleh the WALI studio dengan tujuan supaya anak dapat belajar membaca Al-Qur’an dengan betah dan menyenangkan.

Tidak hanya menyajikan materi seputar pembelajaran Al-Qur’an saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga menyediakan fitur menarik yang dapat memudahkan anak dalam mempelajari Al-Quran, termasuk Asmaul Husna.

17. Belajar Hijaiyah + Suara

Belajar Hijaiyah + Suara

Ingin mengajarkan anak supaya dapat mengenali huruf hijaiyah dengan benar? Belajar Hijaiyah + Suara bisa menjadi aplikasi yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, materi yang disuguhkan di dalam aplikasi ini hanya membahas seputar huruf hijaiyah saja tidak menyediakan pembahasan yang lain.

Tidak hanya diajak untuk berkenalan dengan bentuk huruf hijaiyah saja, akan tetapi anak juga akan diajak untuk bisa menulis huruf-huruf tersebut.

Menariknya lagi, Belajar Hijaiyah + Suara juga menyediakan fitur bermain yang dapat mengasah kemampuan anak dalam menghafal huruf hijaiyah, diantaranya permainan tebak ketupat hijaiyah, tebak huruf hijaiyah, pohon huruf, hingga kolam ikan hijaiyah.

18. Belajar Tajwid + Suara

Belajar Tajwid + Suara

Sesuai dengan namanya, Belajar Tajwid + Suara merupakan aplikasi belajar mengaji yang akan membantu anak mempelajari hukum tajwid dengan benar, diantaranya materi tajwid seputar idzhar, iqlab, ikhfa, idzham, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anak juga dapat mempelajari dasar-dasar ilmu tajwid dengan cara yang menyenangkan, pasalnya Belajar Tajwid + Suara juga punya fitur bermain yang cukup menyenangkan, mulai dari permainan tebak hukum tajwid, tebak bacaan Al-Qur’an, tebak suara bacaan, dan lain sebagainya.

19. SiKembar Belajar Mengaji

SiKembar Belajar Mengaji

SiKembar Belajar Mengaji merupakan aplikasi belajar mengaji yang cocok untuk anak-anak usia dini paud, TK, balita, maupun anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Nusantara Edukasi ini anak bisa mempelajari materi seputar huruf hijaiyah, harokat, tanwin, tajwid, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja aplikasi SiKembar Belajar Mengaji juga menyediakan permainan yang seru dan menyenangkan yang dapat membantu anak mengingat huruf hijaiyah dengan jelas.

20. Belajar Mengaji Iqra

Belajar Mengaji Iqra

Aplikasi belajar mengaji yang terakhir pilihan Sipitek adalah Belajar Mengaji Iqra. Aplikasi yang dikembangkan oleh Nayaka Studio ini dapat membantu anak mempelajari bacaan Iqro dengan cara yang menyenangkan.

Ada beberapa materi yang bisa dipelajari melalui aplikasi Belajar Mengaji Iqra, diantaranya pembelajaran seputar pelafalan huruf hijaiyah, pengucapan huruf, mengenal harokat dan tanwin, hingga kuis untuk menguji hafalan anak.

Itulah deretan aplikasi belajar mengaji offline terbaik yang bisa digunakan secara gratis di smartphone Android. Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang ada di atas, sekarang Anda bisa belajar mengaji di mana saja dan kapan saja dengan cara yang praktis dan menyenangkan. Selamat belajar!

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here