aplikasi al quran

Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan membaca Al-Qur’an. Namun tidak sedikit pula orang yang malas untuk membaca Al Quran, entah itu karena sibuk ataupun karena tak mau ribet membawa Al-Qur’an fisik.

Jika itu alasan Anda, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak aplikasi Al Quran yang bisa kita gunakan secara gratis di smartphone Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya Anda bisa membaca Al-Qur’an dimana saja dan kapan saja.

Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi yang akan Sipitek ulas ini juga menyuguhkan fitur yang cukup lengkap. Selain menyediakan terjemahan, ada juga beberapa aplikasi yang menyediakan fitur Al-Quran yang disajikan dengan huruf latin, fitur ini tentunya akan sangat berguna sekali untuk orang-orang yang belum lancar membaca Al-Qur’an dalam bahasa Arab.

Oleh karena itu silahkan simak terlebih dahulu semua ulasan aplikasi Al-Qur’an yang akan Sipitek ulas ini, supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Penasaran kan? yuk langsung saja simak.

15 Aplikasi Al-Qur’an Terbaik di Android

1. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia

Tak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al-Qur’an karena repot atau tak punya banyak waktu, di zaman yang modern seperti sekarang ini ada banyak aplikasi yang bisa membantu ibadah Anda menjadi lebih produktif, salah satunya adalah aplikasi Al-Qur’an yang dikembangkan oleh developer asal Indonesia ini.

Dari sekian banyak aplikasi Al-Qur’an yang ada di Play Store, aplikasi besutan Andi Unpam inilah yang paling populer. Selain memiliki desain antarmuka yang menarik, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan beragam fitur yang cukup berguna.

Dengan menggunakan Al Quran Indonesia, Anda bisa membaca Al-Qur’an dengan terjemahan maupun tulisan latin 30 juz. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur audio mp3 murottal dari qori ternama, salah satunya adalah Syekh Hani Ar Rifai.

Menariknya lagi, aplikasi yang bisa digunakan sepenuhnya secara offline ini juga menyediakan fitur menarik lainnya seperti jadwal sholat, kalender, penunjuk arah kiblat, dan lain sebagainya.

2. Al-Quran (Free)

Al-Quran (Free)

Lagi nyari aplikasi Al-Qur’an yang ringan dan bebas iklan? Al-Quran (Free) merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh ISYSWAY ini memang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis dan bebas iklan.

Selain itu, Al-Qur’an (Free) juga sangat cocok untuk smartphone yang memiliki spesifikasi terbatas, karena memang aplikasi ini sangat ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 6 MB. Meskipun demikian, fitur yang dihadirkan di dalam aplikas ini juga tak kalah lengkap dengan yang sebelumnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mencari ayat Al Qur’an dengan cepat menggunakan fitur yang telah disediakan, selain itu fitur murottal juga disematkan di dalamnya yang dikumandangkan oleh beberapa qori ternama salah satunya Mather Al Maaiqli.

3. Quran for Android

Quran for Android

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Quran for Android juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis dan tanpa iklan. Namun, aplikasi besutan quran.com ini menawarkan fitur yang lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya.

Selain menyediakan terjemahan lebih dari 20 bahasa termasuk Indonesia, Quran for Android juga dilengkapi dengan fitur penanda atau bookmark, dengan adanya fitur ini Anda bisa menandai batas ayat Al-Qur’an yang telah Anda baca, sehingga Anda bisa melanjutkannya nanti tepat pada tanda tersebut.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga dilengkapi dengan fitur mode malam yang dapat membantu para penggunanya merasa nyaman ketika membacanya di malam hari.

4. Muslim Pro Indonesia

Muslim Pro Indonesia

Jika Anda sering mencari aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan ibadah, pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Yap, Muslim Pro Indonesia merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer dan terkenal karena memiliki segudang fitur menarik.

Dengan menggunakan Muslim Pro Indonesia, Anda tidak hanya bisa membaca Al-Qur’an dengan terjemahannya saja, akan tetapi Anda juga bisa menggunakan beragam fitur yang dapat membantu ibadah menjadi lebih produktif, diantaranya yaitu fitur pengingat waktu sholat, kalender hijriyah, kompas kiblat, Asma’ul Husna, tasbih digital, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Al-Quran yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan audio MP3, huruf latin, dan tajwid.

5. Al’Quran Bahasa Indonesia

Al'Quran Bahasa Indonesia

Al’Quran Bahasa Indonesia hadir dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang diusung oleh Seconds Variante ini selain menyediakan fitur Al-Quran yang dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, Al’Quran Bahasa Indonesia juga punya fitur warna tajwid yang dapat membantu Anda untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid. Menariknya lagi, disetiap surahnya aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan audio murottal dari qori Abdullah Basfar.

6. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

MyQuran Al Quran dan Terjemahan

MyQuran merupakan aplikasi Al-Qur’an yang dikembangkan oleh the WALi studio, yaitu pengembang aplikasi Android yang bermarkas di Cimahi. Aplikasi ini memiliki desain antarmuka yang cukup menarik dan tidak membosankan, ayat-ayat Al-Qur’an di dalam aplikasi ini juga bisa dibaca dengan jelas.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah mendapatkan sertifikat TASHIH dari Kemenag RI ini juga memiliki segudang fitur yang dapat membantu Anda dalam beribadah, diantaranya fitur pencarian surah, kumpulan doa, audio murottal, tajwid berwarna, Asmaul Husna, alarm sholat, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi yang bisa digunakan secara offline ini juga memiliki terjemahan per kata, sehingga Anda juga bisa sambil mempelajari bahasa Arab.

7. Ayat – Al Quran

Ayat - Al Quran

Tak hanya mengembangkan aplikasi Al-Qur’an untuk PC saja, aplikasi Al’Quran yang dikembangkan oleh ETC KSU juga hadir untuk para pengguna Android. Ayat – Al Quran memang tidak menyediakan banyak fitur, namun jika Anda mencari Al-Qur’an yang sederhana aplikasi ini wajib untuk dipertimbangkan.

Meskipun demikian, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga dilengkapi dengan fiur-fitur penting di dalamnya, seperti terjemahan bahasa Indonesia, audio murottal dari qori terkenal, dan lain sebagainya.

8. Al Quran

Al Quran

Aplikasi bernama Al Quran ini merupakan pilihan yang tepat untuk para pengguna yang jarang terhubung ke internet. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk membaca Al Quran secara offline, audio quran yang ada di aplikasi ini juga bisa didengarkan tanpa koneksi internet.

Namun, supaya audio tersebut bisa didengarkan secara offline, pengguna harus mengunduh terlebih dahulu file mp3-nya. Tidak hanya itu saja, suara murottal tersebut juga dikumandangkan oleh beberapa qori ternama, salah satunya adalah imam Masjidil Haram yaitu Syekh Sudais.

9. Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Sesuai dengan namanya, aplikasi Al-Qur’an yang dikembangkan oleh Greentech Apps Foundation ini hadir dengan beberapa tafsir yang dapat membantu Anda memahami setiap ayat Al-Qur’an, diantaranya yaitu tafsir Ibnu Katsir, Kemenag RI, Jalalayn, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga dilengkapi dengan murottal dari beberapa qori terkenal, diantaranya yaitu Misyary Al-Afsy, Husari, Abdur Rahman As Sudais, dan Ayman Suwaid.

Menariknya lagi, di dalam aplikasi ini juga dihadirkan fitur pembesar teks, mode malam, dan tema yang bisa diubah sesuai dengan kenyamanan pengguna.

10. Al-Quran Offline Baca

Al-Quran Offline Baca

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, di dalam Al-Quran Offline Baca Anda mungkin akan merasakan sensasi membaca Al-Qur’an fisik, pasalnya aplikasi ini memang didesain menyerupai seperti Al-Qur’an yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, fitur Al-Qur’an yang ada di aplikasi ini juga disajikan 15 baris per halaman, sehingga Anda juga tidak akan terlalu sering menggulir halaman untuk melanjutkan bacaan.

Dengan menggunakan aplikasi yang bisa digunakan secara offline ini, Anda juga bisa mempelajari berbagai macam doa sehari-hari, seperti doa setelah azan, qunut, doa sebelum tidur, dan lain sebagainya

11. Al Quran MP3 (Full Offline)

Al Quran MP3 (Full Offline)

Sesuai dengan namanya, aplikasi Al-Quran yang dikembangkan oleh SY Media ini bisa Anda gunakan sepenuhnya secara offline, tidak hanya bacaannya saja, akan tetapi audi MP3-nya juga sudah bisa langsung Anda dengarkan.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga dilengkapi dengan terjemahan dan huruf latin. Menariknya lagi, Al Quran MP3 (Full Offline) juga menyediakan wallpaper HD yang bisa Anda gunakan secara gratis.

12. Athan

Athan

Mirip seperti Muslim Pro, Athan dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat membantu ibadah Anda menjadi lebih produktif. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak hanya bisa membaca Al-Qur’an saja namun Anda juga bisa menikmati fitur lain secara gratis, diantarnya kalender hijriah, kompas kiblat, pengingat waktu sholat dan lain sebagainya

Tidak hanya itu saja, Al-Qur’an yang disajikan di dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari doa-doa harian secara langsung melalui aplikasi Athan ini.

13. Al-Quran & Terjemahan Indonesia

Al-Quran & Terjemahan Indonesia

Nyari aplikasi Al-Qur’an yang ringan tapi punya banyak fitur? Al-Quran & Terjemahan Indonesia merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh Guruandroid ini memang sangat ringan, ukurannya saja tidak lebih dari 6 MB.

Meskipun demikian fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap, tidak hanya menyediakan fitur Al-Qur’an saja, akan tetapi dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa menggunakan fitur jadwal sholat, Asmaul Husna dengan audio, bacaan sholat, dan lain sebagainya.

14. Al-Quran al-Hadi

Al-Quran al-Hadi

Bukan hanya sekedar aplikasi Al-Qur’an saja, Al-Quran al-Hadi merupakan aplikasi Android yang dilengkapi dengan fitur kajian Al Quran yang lengkap beserta terjemahannya. Melalui aplikasi ini, pengguna juga dapat mengkaji isi dan makna ayat Al-Qur’an secara terstruktur.

Menariknya lagi, fitur pencarian juga disematkan di dalamnya, dengan fitur ini Anda dapat mencari kajian tentang topik tertentu yang ingin diketahui. Misalnya, jika Anda mencari kajian tentang “menikah” maka akan tampil ayat-ayat yang menjelaskan tentang topik tersebut.

15. Al Quran Bahasa Indonesia MP3

Al Quran Bahasa Indonesia MP3

Terkadang ada beberapa aplikasi Al-Qur’an yang dihadirkan dengan tampilan dan jenis huruf yang membuat kita tidak bisa membacanya dengan baik. Dengan menggunakan aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia MP3, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut.

Pasalnya, Anda bisa mengubah sendiri ukuran dan jenis font sesuai dengan kenyamanan Anda. Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur pencari surah yang dapat memudahkan Anda ketika mencari surah tertentu.

Itulah deretan aplikasi Al-Qur’an terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android, semua aplikasi yang ada di atas bisa Anda gunakan secara offline.

Mulai sekarang, tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al-Qur’an, karena dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang ada di atas, Anda bisa membacanya kapan saja dan dimana saja.

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here