aplikasi photoshop android

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi edit foto paling populer yang tersedia untuk PC. Akan tetapi jika Anda ingin menikmati fitur-fitur Adobe Photoshop di Android, Anda juga tetap bisa menikmatinya melalui beberapa aplikasi yang akan Sipitek ulas kali ini.

Pasalnya, aplikasi yang telah Sipitek kumpulkan ini dibekali dengan beragam fitur yang mirip seperti halnya aplikasi Adobe Photoshop untuk PC. Meskipun tidak sama persis, aplikasi ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda.

Adobe juga secara resmi merilis beberapa aplikasi Photoshop untuk Android dengan fungsi yang berbeda-beda, ada yang ditujukan khusus untuk mempercantik foto, ada juga yang berfungsi untuk membuat karya desain grafis, tidak seperti Photoshop untuk desktop yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi Photoshop untuk Android yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif Photoshop desktop. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

16 Aplikasi Photoshop Android Terbaik

1. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Aplikasi pertama yang punya fitur mirip dengan Photoshop desktop adalah Adobe Photoshop Express. Aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe ini punya segudang fitur yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik foto.

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini mulai dari fitur untuk menghapus noda, filter, penambah watermark, dan lain sebagainya.

Jika Anda malas menyesuaikannya secara manual, Anda juga bisa memanfaatkan fitur perbaikan otomatis, yang dapat menyesuaikan kontras, eksposur, dan white balance pada foto secara otomatis.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang menyuguhkan lebih dari 18 filter ini juga mendukung beragam format foto, seperti JPG, PNG, dan file raw seperti arw, cr2, crw, erf, nef, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan fitur foto grid, sehingga Anda tak perlu mengunduh aplikasi foto grid secara terpisah.

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom merupakan aplikasi yang cocok untuk para fotografer handal yang ingin memoles foto karyanya supaya tampak mempesona dan artistik. Aplikasi ini juga punya segudang fitur yang bisa Anda gunakan secara gratis, seperti fitur pencampur warna, pengatur kejernihan gambar, tekstur, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, Adobe Lightroom juga menyediakan beberapa preset yang bisa Anda gunakan untuk mengubah foto secara dramatis dalam sekali sentuh, sehingga Anda tak perlu ribet mengaturnya secara manual.

Kalau kurang puas dengan fitur-fitur yang tersedia, Anda juga bisa meningkatkan aplikasi ini ke versi Adobe Ligthroom Premium untuk menikmati lebih banyak fitur canggih, seperti fitur Healing Brush, pengeditan foro raw, dan lain sebagainya.

3. Adobe Photoshop Fix

Adobe Photoshop Fix

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Photoshop Android yang satu ini juga sangat cocok digunakan untuk menyempurnakan tampilan foto. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mempertajam dan menghaluskan kulit, memberikan efek blur pada bagian-bagian tertentu, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari Adobe Photoshop Fix adalah fitur Liquify, dengan menggunakan fitur ini Anda bisa mengedit wajah secara dramatis, seperti melangsingkan pipi, memperbesar senyuman, memancungkan hidung, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi semua fitur yang ada di aplikasi ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis karena Adobe Photoshop Fix tidak menyediakan fitur berbayar, bahkan Anda juga bisa mengeditnya dengan nyaman tanpa risih dengan iklan, karena memang aplikasi ini bebas iklan.

4. Adobe Photoshop Mix

Adobe Photoshop Mix

Menyesuaikan warna foto supaya tampak epik kini tidak perlu dilakukan melalui Photoshop Desktop, dengan menggunakan Adobe Photoshop Mix Anda bisa menyesuaikan pewarnaan foto di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi ini menyediakan fitur penggabung foto, pemotong, pengatur warna, dan tersedia beberapa filter yang bisa Anda gunakan hanya dalam sekali sentuhan.

Adobe Photoshop Mix juga dapat diintegrasikan dengan Creative Cloud, sehingga Anda juga bisa mengedit foto di Photoshop desktop tanpa ribet mentransfernya secara manual melalui kabel.

5. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw

Suka membuat karya seni vektor? Adobe Illustrator Draw merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini menyediakan fitur-fitur yang dapat memudahkan Anda dalam membuat seni vektor.

Sama halnya seperti Photoshop yang ada di dekstop, Anda juga akan bekerja dengan banyak layer atau lapisan gambar untuk memudahkan pekerjaan.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur zoom hingga 64 kali, sehingga Anda juga bisa mengeditnya dengan mudah dan lebih jelas.

Menariknya lagi, gambar yang berhasil dibuat juga bisa di simpan ke dalam format Adobe Illustrator atau PSD supaya gambar tersebut bisa disesuaikan kembali di aplikasi Adobe Photoshop atau Illustrator yang ada di PC.

6. Adobe Spark Post

Adobe Spark Post

Kalau Anda mencari aplikasi Photoshop Android untuk kebutuhan membuat desain grafik, seperti quotes, poster, undangan, sampul media sosial, dan meme, Adobe Spak Post merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Aplikasi ini menyediakan jutaan foto, font, dan 3000 template yang dirancang oleh desainer profesional, dan semuanya bisa Anda gunakan secara gratis.

Tidak hanya itu saja, Adobe Spark juga menyediakan fitur canggih yang dapat mengubah ukuran foto secara otomatis sesuai dengan platform media sosial yang Anda pilih.

7. Adobe Photoshop Sketch

Adobe Photoshop Sketch

Adobe Photoshop Sketch merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang suka menggambar dan melukis. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan beragam kuas dengan ketebalan yang berbeda-beda, seperti kuas spidol, kuas tinta, kuas lembut, dan lain sebagainya.

Jika kuas yang disediakan kurang cocok dengan kebutuhan, Anda juga bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan. Sama seperti Adobe Photoshop yang ada di PC, Anda juga akan bekerja dengan banyak layer untuk memudahkan pekerjaan, termasuk mengganti dan menggabungkan layer.

8. PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio memang bukan dikembangkan oleh Adobe, akan tetapi jika Anda mencari aplikasi alternatif Photoshop desktop di Android, aplikasi ini juga wajib Anda pertimbangkan.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 juta kali ini menyediakan lebih dari 1000 fitur dan 100 template kolase. Anda juga dapat menggunakan ratusan stiker dan clipart secara gratis, jika koleksi stiker yang disediakan kurang sesuai, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Tidak hanya itu saja, PicsArt Photo Studio juga memiliki ratusan efek keren yang didukung dengan kecerdasan AI, efek yang disematkan di dalam aplikasi ini dapat membuat foto menjadi tampak lebih natural dan realistis.

9. Snapseed

snapseed

Tak mau kalah dengan pengembang aplikasi edit foto yang lainnya, Google juga punya aplikasi editor foto yang dilengkapi dengan beragam fitur menarik, termasuk beberapa fitur Adobe Photoshop di desktop juga bisa Anda temukan di dalam aplikasi ini.

Snapseed menyediakan lebih dari 29 fitur dan filter, termasuk fitur healing, HDR, brush, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beragam format file gambar, termasuk JPG dan RAW.

10. Photo Editor Pro

Photo Editor Pro

Namanya memang tak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya, akan tetapi jika Anda mencari aplikasi Photoshop Android yang menyediakan banyak fitur canggih, Photo Editor Pro merupakan aplikasi yang wajib Anda coba.

Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini secara gratis, mulai dari fitur untuk menambahkan bingkai foto, stiker, fitur untuk menyesuaikan kecerahan, mempertajam foto, dan lain sebagainya.

11. PhotoDirector

PhotoDirector

PhotoDirector merupakan aplikasi Photoshop Android yang kaya akan fitur. Aplikasi besutan CyberLink.com ini menyediakan fitur untuk mencerahkan gambar, mengedit warna foto, menerapkan efek foto pada bagian-bagian tertentu saja, pembuat kolase, dan lain sebagainya.

Salah satu keunikan dari PhotoDirector adalah efek yang disediakan dapat digunakan secara real-time pada saat Anda mengambil foto, sehingga hasilnya bisa dilihat secara langsung.

Ada banyak efek foto yang bisa Anda gunakan di dalam aplikasi ini mulai dari efek HDR, Lomo, Vignette, dan lain sebagainya. Setelah foto selesai diedit, Anda juga bisa langsung membagikannya ke media sosial.

12. Pixlr

pixlr

Pixlr merupakan aplikasi editor foto legendaris yang dilengkapi dengan beragam fitur, termasuk fitur-fitur yang ada di Photoshop PC juga bisa Anda temukan di dalam aplikasi ini.

Dengan menggunakan Pixlr, Anda bisa memoles foto dengan berbagai gaya mulai dari kolase, Double Exposure, dan lain sebagainya. Semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis, termasuk fitur penghilang noda, penghalus kulit, pemutih gigi, dan lain sebagainya.

13. Photo Editor

Photo Editor

Lagi nyari aplikasi Photoshop Android yang ringan dan mudah digunakan? Photo Editor merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena selain ringan ukurannya juga tidak lebih dari 5 MB lho.

Meskipun demikian, aplikasi ini juga menyuguhkan fitur yang lengkap, mulai dari fitur untuk menambahkan teks, bingkai, mengatur rotasi gambar, mengatur warna, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga menyimpan hasilnya ke dalam format JPEG, PNG, GID, WebP, dan PDF.

14. Canva

canva

Canva merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk membuat desain untuk keperluan percetakan, seperti undangan, poster, brosur, dan lain sebagainya. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan lebih dari 60 ribu template gratis yang didesain oleh desainer profesional.

Dengan banyaknya pilihan template, tentunya Anda tak perlu membuatnya dari awal. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga menyediakan lebih dari 500 jenis font yang dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda, termasuk mengubah warna, ukuran, jarak, posisi, dan lain sebagainya.

15. AirBrush

AirBrush

AirBrush merupakan aplikasi Photoshop Android yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mengedit foto supaya tampak lebih cantik dan menarik.

Pasalnya, aplikasi besutan Meitu ini menyediakan fitur-fitur canggih yang dapat menyulap foto Anda dari yang tadinya biasa-biasa saja menjadi tampak cantik.

Seperti fitur untuk menghilangkan jerawat dan noda hitam, pemutih gigi, pencerah mata, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, efek filter yang tersedia di dalam aplikasi ini juga bisa digunakan secara real-time pada saat pengambilan gambar, sehingga Anda juga bisa melihatnya secara langsung saat pemotretan.

16. Toolwiz Photos

Toolwiz Photos

Meskipun ditempatkan pada posisi terakhir, Toolwiz Photos juga punya beberapa fitur menarik yang biasa ditemukan di Photoshop. Aplikasi besutan Toolwiz.com ini juga menyediakan fitur yang cukup lengkap.

Anda bisa menggunakan lebih dari 40 filter, 20 efek bergaya lukisan termasuk oil painting, line drawing, doodle, smudge, dan lain sebagainya. Fitur untuk mempercantik wajah juga disematkan di dalam aplikasi ini seperti pengubah bentuk wajah, pembesar mata, pemutih gigi, dan lain sebagainya.

Itulah deretan aplikasi Photoshop Android yang berhasil Sipitek rangkum, semua aplikasi diatas bisa Anda gunakan secara gratis. Kini Anda bisa mengedit foto di mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan Photoshop PC. Mana aplikasi yang paling mirip menurut Anda?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here