aplikasi kompres video

File video memang kerap kali menghabiskan banyak ruang penyimpanan, apalagi jika video tersebut diambil dengan kualitas tinggi.

Video berkualitas tinggi memang punya gambar yang lebih jelas dan tajam, akan tetapi karena ukurannya yang besar terkadang kita juga punya keinginan untuk memperkecilnya.

Misalnya saja ketika video tersebut ingin diunggah ke media sosial, selain bisa memakan banyak kuota, waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah video tersebut juga lebih lama.

Nah untungnya sekarang ini sudah banyak aplikasi kompres video yang bisa digunakan secara gratis.

Untuk menggunakannya kamu juga tidak perlu melalui perangkat komputer, karena sekarang ini sudah ada beberapa aplikasi yang memang dikhususkan untuk smartphone Android.

Kamu juga tidak perlu khawatir kualitas video hasil kompres menurun, karena sebagian besar aplikasi yang akan Sipitek ulas ini memang punya kemampuan untuk mengkompres video tanpa mengurangi kualitas.

Akan tetapi, setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda. Nah biar kamu bisa memilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk simak dulu semua ulasannya.

10 Aplikasi Kompres Video Terbaik di Android

1. VidCompact

Video to MP3 Converter VidCompact

Aplikasi pertama yang Sipitek rekomendasikan ini mungkin lebih dikenal sebagai aplikasi convert video ke MP3.

Akan tetapi selain bisa digunakan untuk mengubah file video menjadi MP3, VidCompact juga punya fitur untuk mengkompres ukuran video lho.

Tidak hanya itu saja, VidCompact juga dilengkapi dengan beragam fitur pengeditan video dasar yang cukup berguna.

Diantaranya yaitu fitur untuk memotong video, memutar rotasi, dan lain sebagainya.

Jika kamu mencari aplikasi kompres video yang punya banyak fitur, aplikasi besutan VideoShow ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Video Compress

video compress

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang dilengkapi dengan beragam fitur, Video Compress hanya bisa digunakan untuk mengompres video saja.

Dengan menggunakan aplikasi Video Compress kamu bisa menentukan sendiri tingkat kompresi sesuai keinginan, mulai dari high, normal, rendah, hingga costum.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta kali ini juga mendukung hampir semua format video lho.

Kamu juga tidak perlu khawatir video asli yang dikompres hilang, karena Video Compress tidak akan menghapus video tersebut.

3. Video Dieter 2

Video Dieter 2

Ingin menyimpan lebih banyak momen ke dalam video namun tidak punya ruang penyimpanan yang cukup? cobalah untuk menggunakan Video Dieter 2.

Dengan menggunakan aplikasi kompres video besutan Outplay Lab ini kamu bisa menyimpan semua video dengan ukuran yang lebih kecil.

Selain itu Video Dieter 2 juga memungkinkan pengguna untuk menentukan sendiri kualitas dan resolusi video hasil kompres dengan cara yang sederhana, tentunya tanpa mengurangi kualitas.

Menariknya lagi, proses kompres video menggunakan Video Dieter 2 juga cukup cepat lho, kamu bisa langsung melihat hasilnya dalam hitungan menit.

Gak perlu khawatir Video Dieter 2 membebani smartphone, karena memang ukurannya saja cukup kecil, tidak lebih dari 3 MB saja.

4. Panda Video Compressor

Panda Video Compressor

Panda Video Compressor merupakan aplikasi kompres video untuk smartphone Android yang memiliki antarmuka sederhana dan komprehensif.

Aplikasi besutan Farluner Apps & Games ini mampu mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

Bahkan salah satu pengguna yang memberikan ulasan di Play Store mengaku dapat mengurangi ukuran video yang awalnya 4 GB menjadi 300 MB dengan kualitas yang tetap sama seperti video aslinya.

Selain itu, Panda Video Compressor juga dapat mengompres hampir semua format video, diantaranya mp4, avi, mkv, 3gp, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, kamu juga bisa langsung membagikan video hasil kompres ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

5. YouCut

youcut

YouCut mungkin lebih dikenal sebagai aplikasi edit video, akan tetapi aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta kali ini juga punya fitur untuk mengompres video lho.

Bahkan fitur kompres video yang disematkan di dalamnya juga diklaim dapat menurunkan ukurannya hingga 90% dengan kualitas yang tetap sama.

Kalau kamu lagi nyari aplikasi kompres video yang punya banyak fitur YouCut bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, aplikasi besutan InShot Inc ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan video seperti fitur pemotong video, penggabung video, penambah efek video, dan lain sebagainya.

6. Smart Video Compressor and Resizer

Smart Video Compressor and Resizer

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya aplikasi yang dikembangkan oleh Clogica ini memang tidak banyak.

Akan tetapi jika kamu mencari aplikasi yang sederhana dan handal, Smart Video Compressor and Resizer wajib kamu pertimbangkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memilih kecepatan proses kompresi, mengatur kualitas, dan mengubah dimensi video sesuai keinginan.

Menariknya lagi, aplikasi yang dibangun dengan pustaka FFMPEG ini juga punya fitur pemotong video lho.

7. Video Compressor (Android Pixels)

Video Compressor Android Pixels

Video Compressor hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan modern.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini ini memang tidak menyediakan banyak fitur seperti aplikasi sebelumnya.

Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi besutan Android Pixels ini kamu dapat memilih sendiri kecepatan kompresi sesuai keinginan, mulai dari 15 detik hingga 3 menit.

Sehingga untuk melihat hasilnya, kamu tidak perlu menunggu waktu yang lama.

8. Video Compressor (MobileIdea Studio)

Video Compressor MobileIdea Studio

Meskipun penggunanya masih sedikit, aplikasi yang diusung oleh MovileIdea Studio ini juga layak untuk dicoba.

Video Compressor menyediakan beberapa tingkat kompresi yang bisa kamu pilih sendiri sesuai keinginan, mulai dari tingkat tinggi, normal, hingga rendah.

Tak hanya menyediakan fitur untuk mengompres ukuran video saja, Video Compressor juga menyediakan fitur untuk memotong dan mengekstrak file MP3 dari video lho.

Menariknya lagi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengompres foto.

Dengan adanya fitur ini, tentunya kamu tidak perlu ribet menggunakan aplikasi kompres foto secara terpisah.

9. Video Compressor by Sunshine

Video Compressor by Sunshine

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu kali ini merupakan pilihan yang tepat untuk pengguna yang ingin mengompres banyak video.

Pasalnya, Video Compressor by Sunshine ini memang bisa digunakan untuk mengompres beberapa video secara bersamaan.

Sehingga kamu tidak perlu mengompres satu per satu video yang dapat memakan lebih banyak waktu.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Spika Inc ini juga diklaim dapat menurunkan ukuran video hingga 90% tanpa mengurangi kualitas.

10. Videos & Movives Compressor

Videos & Movives Compressor

Aplikasi terakhir yang Sipitek rekomendasikan adalah Video & Movies Compressor.

Sama seperti aplikasi kompres video yang lain, Videos & Movies Compressor juga dapat memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

Keunggulan dari aplikasi besutan SocioSoft ini adalah kemampuannya yang dapat berjalan di latar belakang.

Dengan adanya fitur ini kamu tidak perlu lama menunggu proses kompresi selesai. Pasalnya, kamu bisa membuka aplikasi lain sambil menunggu proses kompresi selesai.

Akan tetapi, tentunya proses kompres akan tetap berjalan di latar belakang meskipun kamu menggunakan aplikasi yang lain.

Kesimpulan

Itulah deretan aplikasi kompres video terbaik menurut Sipitek yang bisa kamu gunakan secara gratis di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi di atas sekarang kamu bisa menghemat ruang penyimpanan smartphone dan video juga bisa diunggah dengan lebih cepat ke media sosial tanpa menghabiskan banyak kuota.

Dari semua aplikasi yang ada, aplikasi mana nih yang akan kamu pakai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here