Apps

15+ Aplikasi Kompres Foto Terbaik untuk Android, Windows, dan Online

Aplikasi kompres foto

Tidak bisa dipungkiri sebagian besar foto yang bagus dan memiliki kualitas terbaik biasanya berukuran lebih besar daripada ukuran foto pada umumnya terlebih jika memang Anda memotretnya menggunakan kamera digital ataupun smartphone yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi.

Bagi Anda yang punya banyak ruang penyimpanan dan memang lebih mengutamakan kualitas foto mungkin tidak akan menjadi masalah, tapi bagaimana jadinya jika Anda punya ruang penyimpanan terbatas dan sering mengunggahnya ke internet.

Tentu saja ini akan menjadi masalah karena selain membutuhkan ruang penyimpanan yang besar ketika Anda mengunggah foto tersebut ke sosial media kuota internet yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Oleh karena itu kompres terlebih dahulu foto Anda sebelum Anda mengunggahnya ke media sosial agar kuota internet yang dibutuhkan juga bisa diperkecil.

Selain itu dengan memperkecil ukuran foto otomatis akan memperkecil ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan foto tersebut. Apalagi jika Anda sering menyimpan foto hasil memotret dari kamera beresolusi tinggi di smartphone yang punya tempat penyimpanan terbatas.

Akan tetapi terkadang karena banyaknya aplikasi kompres foto yang bisa kita gunakan terkadang kita kebingungan memilih aplikasi yang terbaik.

Untuk membantu mengatasi kebingungan Anda Sipitek telah merangkum beberapa aplikasi kompres foto terbaik yang bisa Anda gunakan di ponsel Android dan PC Windows. Bahkan Anda juga bisa menggunakan aplikasi kompres foto berbasis situs yang bisa digunakan tanpa harus mendunduh aplikasi apapun.

Meskipun ukurannya diperkecil beberapa aplikasi kompres foto yang akan saya ulas ini bisa memperkecil ukuran tanpa menurunkan kualitas foto.

Saya akan membaginya menjadi beberapa bagian berdasarkan perangkat yang Anda gunakan, yaitu melalui:

Anda bisa loncat ke bagian yang sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan untuk mengkompres foto melalui tautan di atas.

Namun jika Anda ingin tau aplikasi apa saja yang paling direkomendasikan untuk perangkat Android maupun PC silakan simak semua ulasannya.

Aplikasi Kompres Foto untuk Android

Tidak bisa dipungkiri zaman sekarang kamera ponsel Android terutama keluaran terbaru mampu menyaingi kamera digital, tentu saja selain kualitas foto yang dihasilkan menjadi bagus ukuran foto juga menjadi lebih besar.

Memperkecil ukuran foto tidak hanya bisa dilakukan di perangkat komputer saja akan tetapi sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang mampu mengkompres foto tanpa mengurangi kualitasnya yang bisa Anda gunakan di Android.

Berikut ini beberapa aplikasi kompres foto terbaik yang bisa Anda gunakan di ponsel Android:

1. Photo & Picture Resizer

Photo picture resizer

Aplikasi yang dikembangkan oleh farluner apps ini bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran dan resolusi foto. Selain mudah digunakan aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk langsung berbagi foto hasil kompres ke sosial media seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Pada saat proses mengkompres Anda akan di arahkan ke halaman untuk memilih resolusi terlebih dahulu di sana tersedia resolusi yang direkomendasikan namun Anda juga bisa menentukannya secara manual.

Selain itu Anda juga bisa melihat seberapa persen ukuran foto yang berhasil dikompres.

Photo & Picture Resiszer punya teknologi kompres yang cukup efisien pasalnya aplikasi ini dapat mengubah foto berukuran 2MB menjadi 100KB dengan resolusi 800 x 600 tanpa mengurangi kualitasnya.

2. Photo Compress 2.0

Photo Compres 2 0

Nyari aplikasi kompres foto Android dengan fitur yang lengkap? mungkin aplikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Photo Compress 2.0 selain menyediakan fitur untuk mengkompres foto aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya salah satunya adalah fitur pemotong gambar.

Jika Anda punya banyak foto yang ingin diperkecil dengan menggunakan aplikasi besutan Saawan Apps ini Anda tidak perlu memperkecil satu per satu foto karena Anda bisa langsung memperkecil maupun mengubah ukuran banyak foto sekaligus.

Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Play Store ini bisa Anda download secara gratis bahkan tanpa iklan sehingga Anda bisa menggunakannya dengan leluasa.

3. Reduce Photo Size

Reduce Photo Size

Aplikasi yang dikembangkan oleh Shoozoo ini punya tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan tidak heran jika ukuran aplikasi ini terbilang cukup kecil yaitu sekitar 1,8MB saja.

Ada tiga fitur utama yang bisa Anda gunakan yaitu fitur reduce untuk memperkecil ukuran, crop untuk memotong dan rotate untuk memutar foto.

Anda bisa memperkecil ukuran foto berdasarkan ukuran yang direkomendasikan pada aplikasi Reduce Photo Size namun Anda juga bisa menyesuaikannya sendiri.

Uniknya Anda juga bisa memperkecil ukuran foto dengan melihat langsung perubahannya sehingga Anda tidak perlu khawatir kualitas foto menjadi buram atau pecah karena Anda bisa melihat perubahannya secara langsung.

4. Pixlr – Free Photo Editor

Pixlr

Pixlr merupakan aplikasi edit foto yang cukup populer, aplikasi ini telah di unduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di Play Store.

Tidak heran jika pengguna Pixlr begitu banyak mengingat fitur yang dihadirkan di aplikasi ini memang cukup lengkap dan membantu pengguna untuk mempercantik tampilan foto termasuk fitur yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran foto.

Jika Anda mencari aplikasi kompres foto yang juga dilengkapi dengan fitur edit foto mungkin aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Setelah mengedit foto Anda akan diarahkan ke halaman untuk menentukan ukuran foto Anda.

5. Image Easy Resizer & JPG to PNG

image easy resizer

Selain dapat mengompres ukuran gambar Image Sasy Resizer juga dilengkapi dengan fitur yang dapat mengubah format gambar misalnya dari JPG ke PNG atau sebaliknya. Anda bisa mengubah ukuran hingga 10 foto sekaligus.

Selain itu aplikasi yang dikembangkan oleh Valsior co,.Ltd. ini juga dilengkapi dengan fitur rotate yang bisa Anda gunakan untuk mengatur rotasi foto hingga 180 derajat.

Aplikasi Kompres Foto untuk PC Windows

Untuk Anda yang ingin mengompres foto melalui PC Windows Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk memperkecil ukuran foto di perangkat komputer.

Jika Anda akan sering mengompres foto saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat komputer karena selain lebih leluasa ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan di PC.

Berikut ini aplikasi kompres foto terbaik yang bisa Anda gunakan di PC:

1. FileMinimizer Pictures

fileMinimizer Pictures

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan di perangkat komputer adalah aplikasi bernama FileMinimizer Pictures.

Aplikasi ini diklaim mampu mengkompres ukuran gambar hingga 98% jadi jika ukuran foto 5MB aplikasi ini mampu memperkecil foto hingga berukuran 0,1MB.

Dengan menggunakan FileMinizer Pictures Anda bisa memperkecil berbagai macam jenis file gambar mulai dari JPG, PNG, BMP, GIF, TIFF, EMF dan lainnya.

Tidak hanya itu saja aplikasi ini juga mampu memperkecil ukuran beberapa foto sekaligus sehingga bisa menghemat waktu Anda. Selain itu ada 4 tingkatan kompresi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga bisa mengunggah foto hasil kompres secara langsung ke Facebook. FileMinimizer Pictures bisa Anda gunakan secara gratis namun ada juga versi berbayar bernama FileMinimizer Suite yang punya lebih banyak fitur.

2. PNGGauntlet

PNGGauntlet

Sederhana dan mudah digunakan mungkin itulah kesan pertama ketika Anda menggunakan aplikasi PNGGauntlet.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Benjamin Hollis ini diklaim dapat memperkecil foto tanpa mengurangi kualitas gambar.

Selain bisa digunakan untuk mengkopres foto aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mengubah format foto dari JPG, GIF, TIFF, dan BMP ke format PNG.

PNGGauntlet tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi yang satu ini di Windows pastikan Anda telah memasang Microsoft .Net Framework 4.0 agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.

3. RIOT

RIOT

RIOT merupakan aplikasi gratis yang dapat mengoptimalkan gambar ke ukuran yang paling kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Dengan menggunakan aplikasi RIOT ini Anda bisa melihat perubahan gambar sebelum dan setelah di kompres karena aplikasi ini menampilkan dua bagian sehingga Anda bisa melihat perubahannya secara real time.

Selain itu aplikasi ini juga dapat membuka file gambar langka yang jarang bisa dibuka oleh aplikasi pembuka gambar pada umumnya.

Jika Anda kurang puas dengan hasil kompresi yang dioptimalkan secara otomatis Anda juga bisa mengaturnya secara manual.

Bahkan Anda juga bisa mengubah format gambar hasil kompres atau output menjadi format JPEG, GIF ataupun PNG.

4. JPEGmini

JPEGmini

Jika Anda punya banyak file JPEG yang ingin dikompres mungkin aplikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

JPEGmini merupakan aplikasi kompres foto yang hanya bisa digunakan untuk mengkompres gambar yang memiliki format JPEG saja.

Aplikasi ini diklaim mampu memperkecil foto hingga 5 kali lipat dari ukuran foto aslinya. Anda juga bisa langsung mengkompres banyak foto sekaligus namun semakin banyak foto yang Anda kompres tentu akan semakin lama.

Namun percobaan yang telah dilakukan oleh beberapa orang aplikasi ini mampu mengkompres 1.000 gambar dalam waktu kurang lebih 10 menit-an.

JPEGmini mampu mengkompres foto berukuran 400MB menjadi 100MB, Anda juga bisa mengkompres gambar yang berada di dalam folder langsung.

Berdasarkan percobaan folder berukuran 4,8GB yang berisi file foto berubah menjadi 1,32GB setelah dikompres menggunakan JPEGmini.

Namun sayangnya aplikasi ini tidak bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis, agar Anda dapat menggunakan fitur canggih yang ada di aplikasi ini Anda perlu membelinya seharga USD $ 29 atau sekitar Rp 430.000.

Akan tetapi jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu Anda bisa menggunakan versi trial yang telah disediakan. JPEGmini tersedia untuk Windows dan Mac.

Aplikasi Kompres Foto Online

Kalau Anda malas mengunduh aplikasi lebih baik gunakan aplikasi kompres foto berbasis situs yang bisa Anda gunakan secara online karena Anda tidak perlu mendownload aplikasi apapun yang Anda butuhkan hanyalah browser saja.

Akan tetapi tentu saja untuk mengakses situsnya Anda harus terhubung ke internet. Semua situs kompres foto yang akan saya ulas ini bisa Anda gunakan di perangkat Android ataupun Windows.

Berikut ini daftar situs kompres foto online terbaik menurut Sipitek:

1. TinyPNG dan TinyJPG

TinyPNG

Ini merupakan situs kompres favorit saya yang paling sering digunakan, setiap kali saya mengunggah gambar ke blog Sipitek saya akan mengkompresnya terlebih dahulu menggunakan situs ini termasuk semua gambar yang ada di artikel ini merupakan hasil kompres dari situs TinyPNG.

TinyPNG menggunakan teknik kompres lossy yang pintar untuk mengurangi warna pada foto sehingga foto menjadi lebih sedikit memerlukan byte untuk menyimpannya. Namun perbedaan antara foto sebelum dan sesudah di kompres tidak begitu terlihat bahkan hampir sama dengan aslinya.

Situs yang dilengkapi dengan animasi panda ini mampu mengkompres foto hingga 70%.

Berdasarkan percobaan yang telah saya lakukan untuk mengompres gambar situs TinyPNG yang bisa Anda lihat tepat pada gambar di atas awalnya gambar tersebut berukuran 163KB namun setelah dikompres berubah menjadi 51KB.

Akan tetapi sesuai dengan namanya situs ini hanya bisa mengkompres foto dengan format PNG saja maksimal jumlah foto yang bisa dikompres secara langsung adalah 20 foto dan maksimal berukuran 5MB.

Tidak heran jika situs yang dikembangkan oleh Voormedia ini telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti Samsung, Airbnb, SONY, dan ASK mengingat hasil kompresnya memang cukup mengesankan.

Selain menghadirkan situs untuk mengkompres foto dengan format PNG Voormedia juga punya situs yang memang dikhususkan untuk mengkompres foto dengan format JPG yaitu situs TinyJPG.

2. Compressor.io

compressor io

Compressor.io merupakan situs kompres foto sederhana yang mampu mengurangi ukuran foto hingga 90% tanpa mengurangi kualitas foto.

Ada empat format foto yang bisa Anda kompres menggunakan situs yang satu ini yaitu JPEG, PNG, GIF dan SVG. Situs ini juga punya dua tipe kompresi yang bisa Anda gunakan yaitu lossy dan lossless yang hanya bisa digunakan untuk format JPG dan PNG saja.

Sayangnya di situs ini Anda hanya bisa mengkompres satu foto saja dalam sekali kompres dan maksimal ukuran foto 10MB.

3. JPEGmini.com

JPEGmini situs

JPEGmini tidak hanya menyediakan software kompres foto saja namun ia juga menyediakan kompres foto berbasis situs.

Situs ini diklaim mampu mengurangi ukuran foto hingga 80%, berdasarkan percobaan foto berukuran 3,9MB dapat berkurang menjadi 800KB.

Sesuai namanya situs ini hanya bisa Anda gunakan untuk mengkompres foto dengan format JPEG saja.

4. Kraken.io

Kraken io

Kraken.io punya beragam fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil kompres terbaik.

Di sana tersedia tiga mode kompresi yang bisa Anda gunakan, yaitu:

Yang pertama adalah mode Lossy, ini merupakan mode yang paling sering digunakan, dengan mode ini foto dapat dikompres hingga 90% namun kualitas foto akan mengalami sedikit perubahan.

Selanjutnya ada mode Lossless, gunakan mode ini jika Anda lebih mengutamakan kualitas foto akan tetapi dengan menggunakan mode ini ukuran foto tidak akan berkurang banyak seperti yang ada di mode lossy.

Terakhir ada mode Expert, mode ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sudah paham dengan pengoptimalan gambar. Dengan menggunakan mode ini Anda bisa mengatur berbagai parameter seperti tingkatan kualitas, metadata, orientasi, dan chroma subsampling.

Tidak hanya itu saja dengan menggunakan Kraken.io Anda dapat mengunggah banyak gambar sekaligus dalam format ZIP atau Anda juga bisa mengimpor gambar dari Dropbox maupun Google Drive.

Situs ini juga menyediakan versi pro yang punya lebih banyak fitur yang bisa Anda gunakan seperti fitur Resize Image dan yang lainnya.

5. JPEG Optimize

JPEG Optimizer

Situs terakhir yang paling saya rekomendasikan adalah JPEG Optimizer, situs ini memang punya tampilan yang sangat sederhana akan tetapi di situs ini Anda bisa mengatur level kompresi dan mengubah ukuran foto secara gratis.

Akan tetapi sayangnya situs ini hanya bisa mengkompres satu foto saja dalam sekali kompres.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi kompres foto terbaik yang bisa Anda gunakan di perangkat Android dan Windows, silahkan pilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengkompres banyak foto saya lebih menyarankan Anda menggunakan aplikasi yang dipasang di perangkat Android ataupun Windows karena memang tidak ada batasan jumlah maupun ukuran.

Namun jika Anda hanya mengkompers beberapa foto saja dengan ukuran yang kecil Anda bisa menggunakan aplikasi kompres foto berbasis situs karena Anda tidak perlu mendownload aplikasi apapun.

Akan tetapi sebagian besar situs punya batasan ukuran maupun jumlah foto dalam sekali kompres, tentunya Anda juga harus terhubung ke internet.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top