aplikasi kamera blur

Sebagian besar smartphone Android saat ini sudah dilengkapi dengan aplikasi kamera yang didukung dengan beragam fitur dan efek menarik untuk membuat foto hasil jepretan kamera smartphone menjadi lebih epik.

Akan tetapi hanya sedikit aplikasi kamera smartphone yang bisa membuat foto menjadi blur atau bokeh seperti halnya kamera DSLR.

Namun bukan berarti kamu tak bisa mendapatkan efek tersebut di smartphone, dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi kamera bokeh yang akan Sipitek ulas ini kamu bisa mendapatkannya melalui smartphone.

Soal kualitas tentunya tak kalah dengan foto hasil jepretan kamera DSLR, bahkan jika dilihat sekilas kualitasnya hampir sama lho.

Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi kamera bokeh terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis di smartphone Android.

Akan tetapi tentunya setiap aplikasi menawarkan fitur tambahan yang berbeda-beda, nah biar kamu bisa memilih aplikasi yang tepat, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Kamera Bokeh Terbaik di Android

1. AfterFocus

afterfocus

AfterFocus merupakan aplikasi kamera bokeh pertama yang paling Sipitek rekomendasikan.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat latar belakang foto menjadi buram layaknya foto hasil jepretan kamera DSLR.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk membuat foto blur menggunakan AfterFocus.

Yang pertama mode otomatis, dengan mode ini tugas kamu adalah menandai bagian foto yang ingin di buat bokeh hanya dengan satu kali sentuhan saja.

Nantinya AfterFocus akan secara otomatis mengaburkan semua latar belakang pada foto, termasuk objek foto yang kompleks.

Dan yang kedua adalah mode manual, dengan mode ini kamu memilih sendiri bagian-bagian foto yang ingin dibuat blur.

Selain itu, aplikasi besutan MotionOne ini juga menyediakan beberapa efek dasar untuk memoles foto supaya tampak lebih menarik.

2. Google Kamera

google kamera

Tak mau kalah dengan developer yang lainnya, Google juga punya aplikasi kamera yang bisa membantu kamu untuk membuat foto menjadi bokeh.

Dengan menggunakan Google Kamera kamu bisa dengan mudah membuat background foto menjadi bokeh, entah itu foto yang sudah jadi maupun menerapkan efeknya secara real-time saat akan memotret.

Selain itu Google Kamera juga punya fitur menarik lainnya seperti HDR+, stabilisasi video, smartbursh, foto 360 derajat, slow motion hingga 240fps, dan lain sebagainya.

Namun aplikasi ini hanya akan berfungsi dengan baik di smartphone Nexus dan Pixel saja.

Jika kamu menggunakan smartphone yang lain, sebetulnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Kamera namun smartphone kamu harus disesuaikan terlebih dahulu pengaturannya.

3. Snapseed

snapseed

Masih dikembangkan oleh Google, akan tetapi aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan di semua merk smartphone Android, tidak seperti aplikasi sebelumnya.

Untuk membuat efek bokeh menggunakan aplikasi Snapseed, kamu bisa menggunakan fitur Lens Blur yang telah disematkan di dalamnya.

Selain itu, Snapseed juga menyediakan beragam fitur edit foto yang bisa kamu gunakan secara gratis mulai dari fitur filter, crop, menambahkan teks, vintage, hitam putih, dan sebagainya.

Salah satu fitur yang cukup menarik selain bokeh adalah fitur healing, dengan menggunakan fitur ini kamu bisa menghilangkan objek pada foto tanpa bekas.

4. PhotoDirector

PhotoDirector

PhotoDirecot merupakan aplikasi kamera bokeh terbaik yang kaya akan fitur.

Dengan menggunakan aplikasi yang diusung oleh CyberLink.com ini kamu bisa membuat efek linear dan radial blur pada latar belakang foto.

Selain menyediakan efek blur, PhotoDirector juga punya fitur menarik lainnya seperti fitur untuk mencerahkan warna foto, efek HDR, artistik, vignette, dan sebagainya.

5. Auto Blur Camera

Auto Blur Camera

Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan Unique Photo Editors ini hanya menyediakan fitur untuk membuat foto menjadi blur saja tidak menyediakan fitur yang lain.

Dengan menggunakan Auto Blur Camera kamu bisa membuat efek bokeh dengan sempurna.

Pasalnya aplikasi ini menyediakan fitur pengeditan foto yang dapat mempermudah kamu ketika menerapkan efek blur, seperti fitur zoom, undo, redo, dan sebagainya.

6. Blur Camera

Blur Camera

Nyari aplikasi kamera bokeh yang bisa menerapkan efek blur secara langsung di kamera smartphone? Blur Camera bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Dengan menggunakan Blur Camera kamu bisa menerapkan efek blur secara real time, bahkan kamu juga bisa mengatur sendiri tingkat ketebalan dan bagian yang ingin dibuat blur lho.

Tidak hanya itu saja, Blur Camera juga bisa digunakan untuk membuat efek bokeh pada foto yang sudah jadi atau foto yang ada di galeri.

Menariknya lagi, aplikasi yang diusung oleh Lolo Apps ini juga menyediakan fitur pengeditan tambahan seperti fitur untuk mengatur kecerahan foto, warna, sketsa, dan sebagainya.

7. Point Blur

Point Blur

Diklaim sebagai aplikasi kamera bokeh terbaik saat ini, Point Blur akan membantu kamu untuk mendapatkan efek latar belakang foto menjadi blur layaknya foto hasil jepretan fotografer profesional.

Kamu bisa memilih sendiri bagian foto yang ingin diburamkan menggunakan kuas blur yang telah disediakan di dalam aplikasi ini.

Menariknya, selain memiliki ukuran yang cukup ringan, hanya 2,2 Mb saja, aplikasi besutan Addqouick ini juga sangat mudah digunakan.

8. Blur Background DSL

Blur Background DSL

Sesuai dengan namanya, Blur Background DSL menawarkan efek foto blur yang tak kalah keren dengan efek blur dari kamera DSLR.

Blur Background DSL menyediakan beberapa jenis blur yang bisa kamu gunakan mulai dari gradient blur, motion blur, circular blur, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, untuk menerapkan efek blur menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, kamu bisa menggunakan fitur auto blur untuk mengaburkan latar belakang foto secara otomatis.

Namun jika kamu ingin membuat blur pada bagian-bagian tertentu saja, kamu bisa menggunakan mode manual.

9. Blur Image – DSLR focus effect

Blur Image DSLR focus effect

Tak perlu membeli kamera DSLR yang mahal untuk membuat efek fokus, cukup gunakan aplikasi Blur Image kamu sudah bisa membuat efek fokus seperti halnya kamera DSLR.

Selain ukurannya yang cukup ringan, dengan menggunakan Blur Image kamu juga bisa membuat efek blur foto hanya pada bagian-bagian tertentu saja.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal memilih gambar yang ada di galeri, dan gambar tersebut bisa langsung kamu berikan efek blur.

10. Insta bokeh

Insta bokeh

Berbeda dengan aplikasi kamera bokeh yang lainnya, di Insta Bokeh efek blur yang bisa kamu gunakan dilengkapi dengan pernak-pernik penghias foto, seperti efek pantulan cahaya dan sebagainya.

Tak perlu khawatir efek blur tidak pas dengan foto, karena Insta boeh juga menyediakan fitur untuk memutar maupun memotong efek tersebut.

Foto hasil edit juga bisa langsung kamu bagikan ke Instagram dan sosial media yang lainnya.

11. Blur

Blur

Nyari aplikasi kamera bokeh yang ringan dan mudah digunakan? Blur merupakan aplikasi wajib kamu pertimbangkan.

Pasalnya, aplikasi yang diusung oleh Addquick ini ukurannya hanya 2,4 Mb saja lho.

Tidak heran jika aplikasi ini sangat ringan, karena memang Blur tidak menyediakan fitur lain selain fitur untuk menambahkan efek bokeh pada foto.

Cara penggunaannya juga sangat praktis kamu hanya tinggal memilih foto yang ingin di buat blur, setelah itu pilih bagian foto yang ingin diburamkan, dan foto bisa langsung kamu simpan.

12. Square Art Photo Editor

Square Art Photo Editor

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta ini tidak hanya menyediakan efek foto blur saja, akan tetapi ada beragam fitur yang bisa kamu gunakan, mulai dari stiker, filter, kolase, dan sebagainya.

Square Art Photo Editor bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu mencari aplikasi kamera blur yang menyediakan banyak fitur.

Baca juga: Aplikasi Penggabung Foto Menjadi Satu

13. Square Quick

Square Quick

Square Quick merupakan aplikasi yang tepat untuk kamu yang ingin mengedit foto untuk diunggah ke Instagram.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini menyediakan beberapa efek latar belakang, mulai dari blur, mosaic, gradient, dan warna polos.

Selain itu Square Quick juga punya fitur menarik lainnya seperti stiker dan emoji lucu dalam berbagai tema, dan sebagainya.

14. Blur Image Background

Blur Image Background

Blur Image Background memungkinkan kamu untuk menerapkan efek blur langsung ke kamera maupun gambar dari galeri.

Selain itu, Blur Image Background juga menyediakan beberapa pengaturan blur yang bisa kamu atur sesuai keinginan, mulai dari memperbesar ukurannya hingga mempertebal efek blur tersebut.

Kamu juga tak akan kebingungan saat menggunakannya, karena Blur Image Background punya desain antarmuka yang cukup nyaman dan mudah digunakan.

15. Blur Bokeh Background

Blur Bokeh Background

Aplikasi kamera bokeh terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Blur bokeh Background.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini hampir sama seperti aplikasi sebelumnya, dimana kamu bisa mengatur ketebalan efek blur dan menyesuaikan ukurannya.

Selain itu kamu juga bisa menerapkan efek blur langsung ke kamera maupun menerapkannya ke dalam gambar yang ada di galeri.

Bedanya, Blur Bokeh Background menyediakan lebih banyak efek blur daripada aplikasi sebelumnya.

Baca juga: Aplikasi Video Bokeh Terbaik untuk Smartphone Android

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi kamera bokeh terbaik pilihan Sipitek yang bisa kamu gunakan secara gratis di smartphone Android.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi bokeh di atas, sekarang kamu bisa membuat efek bokeh sendiri melalui smartphone Android tanpa harus menggunakan kamera DSLR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here