Salah satu cara untuk memoles video agar tampak lebih menarik dan nyaman saat ditonton adalah menambahkan efek.

Akan tetapi ada banyak sekali efek-efek keren yang dapat mempercantik video, salah satunya adalah efek bokeh.

Dengan menggunakan efek bokeh latar belakang video akan menjadi blur atau buram, sedangkan objek utama terlihat lebih jelas.

Mungkin kamu berfikir untuk membuat efek video yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh aplikasi edit video PC saja… Tapi faktanya kamu juga bisa membuatnya melalui smartphone Android lho.

Yap, kamu tidak perlu menjadi editor video profesional atau menggunakan aplikasi edit video di PC.

Karena sekarang ini sudah ada beberapa aplikasi video bokeh untuk Android yang dapat membuat background video kamu menjadi buram layaknya hasil rekaman kamera DSLR.

Sebetulnya di Android juga banyak aplikasi edit video yang bisa kita gunakan, akan tetapi tidak semuanya memiliki kemampuan untuk membuat efek bokeh.

Oleh karena itu di sini Sipitek telah mengumpulkan aplikasi khusus yang dapat membuat latar belakang video menjadi bokeh.

Penasaran kan? Yuk! langsung saja simak…

10 Aplikasi Video Bokeh Terbaik untuk Android

Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Biar kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan, silahkan simak dulu semua ulasannya.

1. AfterFocus

afterfocus

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat efek video bokeh adalah AfterFocus. Sebelum mencoba aplikasi lain Spitek lebih menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi ini.

Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh MontoioOne ini memiliki beberapa fitur canggih yang dapat mempermudah kamu untuk membuat efek bokeh.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur pemilihan area fokus yang cukup cerdas.

Dengan menggunakan fitur ini tugas kamu hanyalah menarik beberapa garis di area yang ingin difokuskan, nantinya AfterFocus akan secara otomatis menyeleksi semua area tersebut.

Sedangkan bagian yang lainnya atau latar belakang nantinya akan dibuat bokeh.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini juga punya beberapa filter keren yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk mempercantik video.

2. Square Video

square video

Karena berbagai alasan terkadang kita ingin mengubah video yang tadinya horizontal menjadi vertikal atau sebaliknya.

Nah dengan Square Video kamu tidak hanya bisa membuat efek bokeh saja, akan tetapi kamu juga bisa mengaturnya posisi video supaya menjadi vertikal maupun horizontal.

Aplikasi yang diusung oleh Lolo Apps ini juga menyediakan fitur untuk membuat background menjadi blur, atau…

Kamu juga bisa membuat lata belakang video menjadi berwarna menggunakan warna yang sesuai dengan keinginan kamu.

Tidak hanya itu saja, Square Video juga menyediakan fitur pemotong video yang bisa kamu gunakan untuk membuang bagian video yang tidak diperlukan.

Kerennya lagi, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini juga punya fitur untuk menambahkan musik ke dalam video.

3. Insta Bokeh

insta bokeh

Sesuai dengan namanya, Insta Bokeh merupakan aplikasi video bokeh yang hanya menyediakan efek bokeh saja. Di aplikasi ini kamu tidak akan menemukan efek lain selain efek bokeh.

Salah satu keunggulan dari aplikasi Insta Bokeh, pengguna bisa mengatur secara detail bagian-bagian yang ingin diberi efek bokeh.

Bahkan kamu juga bisa mengatur ketebalan efek bokeh dan efek cahaya sesuai keinginan.

4. MagoVideo

magovideo

Mau aplikasi video bokeh yang punya fitur lengkap? MagoVideo mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Yap, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini memang tidak hanya menyediakan fitur untuk mengubah lata belakang video menjadi blur.

Namun di MagoVideo kamu juga bisa menemukan berbagai macam jenis fitur pengeditan video yang keren.

Kalau kamu bosan dengan efek latar belakang blur kamu juga bisa mengubahnya dengan warna gradasi, hitam, putih, dan sebagainya.

5. Real Bokeh

real bokeh

Berbeda dengan aplikasi video bokeh sebelumnya, dengan menggunakan Real Bokeh kamu bias menggunakan berbagai macam efek bokeh dengan style yang berbeda-beda.

Ada lebih dari 33 efek cahaya dan 36 bentuk bokeh yang bisa kamu gunakan. Kalau kurang puas dengan efek yang telah disediakan, kamu juga bisa menggambar bokeh sendiri sesuai keinginan.

Bahkan kamu juga bisa mengatur ukuran bokeh supaya pas ketika di terapkan ke dalam video. Yang nggak kalah kerennya lagi, kamu bisa menyimpan video hasil pengeditan ke dalam resolusi HD lho.

Jadi, meskipun video tersebut sudah melalui proses pengeditan, video akan tetap bagus dan kualitasnya tetap sama seperti aslinya.

6. Blur Videos & Images

blur videos & images

Sesuai dengan namanya, Blur Videos & Images tidak hanya bisa digunakan untuk membuat efek blur pada video saja, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat efek blur pada foto.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal memilih area yang ingin diberi efek bokeh, kemudian tentukan interval video yang ingin diberi efek. Nantinya efek bokeh akan muncul pada interval video yang telah kamu tentukan.

Salah satu kekurangan dari aplikasi video bokeh besutan Never Lucky Soft yaitu lamanya proses saat menyimpan video hasil editan. Kamu mungkin perlu kesabaran yang tinggi untuk menunggu dan melihat hasilnya.

7. Blur Square Video

Blur Square Video

Ingin membuat efek latar belakang video menjadi buram? tak perlu menjadi editor profesional, cukup gunakan Blur Square Video kamu bisa membuatnya dalam beberapa langkah saja.

Aplikasi video bokeh besutan CodeEdifice ini juga punya beberapa fitur pengeditan video yang cukup menarik.

Dengan menggunakan Blur Square Video, kamu juga bisa mengatur sendiri intensitas bokeh sesuai keinginan.

Menariknya lagi, setelah video berhasil di edit kamu bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya.

8. InShot

InShot

InShot merupakan aplikasi edit video serbaguna yang kaya akan fitur.

Aplikasi edit video yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini juga memiliki fitur yang dapat membuat latar belakang video menjadi buram.

Selain itu, InShot juga punya fitur untuk menambahkan efek, teks, stiker, emoji, dan sebagainya yang bisa kamu gunakan untuk menghiasi video.

9. Google Camera

google camera

Tak mau kalah dengan developer yang lainnya, Google juga punya lho aplikasi edit video yang dapat mengubah latar belakang menjadi bokeh, namanya adalah Google Camera.

Kalau di Google Camera, efek bokeh dinamai dengan Lens Blur, akan tetapi hasilnya juga tidak kalah keren dengan aplikasi sejenisnya. Selain itu, Google Camera juga punya fitur stabilisasi video lho.

Akan tetapi, sayangnya aplikasi yang diusung oleh Google LLC ini hanya bisa digunakan di smartphone Nexus dan Pixel saja.

Sebetulnya kamu juga bisa menggunakannya di smartphone lain, akan tetapi beberapa fitur yang ada didalamnya seringkali tidak bisa berjalan dengan baik.

Kalau kamu tidak menggunakan smartphone Nexus atau Pixel, kamu bisa menggunakan Google Camera versi lawas. Karena versi yang lamanya memang bisa di gunakan di semua merk smartphone.

10. Video Editor

video editor

Aplikasi video bokeh terakhir yang Sipitek rekomendasikan adalah Video Editor.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Zenlive Lab ini lebih mengutamakan kemudahan dan kecepatan dalam mengedit video, termasuk ketika kamu membuat efek bokeh.

Video Editor juga memiliki beberapa filter yang biasa digunakan oleh editor profesional dalam pembuatan film.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu menjadi editor profesional untuk membuat efek seperti di film-film, karena kamu bisa langsung menggunakannya dalam sekali sentuhan saja.

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi video bokeh yang bisa kamu gunakan di smartphone Android. Tentunya aplikasi di atas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Semoga dengan adanya ulasan ini kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, aplikasi yang mana nih yang akan kamu pakai?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here