Aplikasi CCTV Android Terbaik

Salah satu cara sederhana untuk mengawasi lingkungan disekitar rumah setiap saat adalah dengan menggunakan kamera CCTV, akan tetapi karena keterbatasan biaya banyak orang yang mengurungkan niatnya.

Jika Anda tidak punya biaya untuk membeli kamera CCTV atau karena alasan lain, Anda bisa memanfaatkan smartphone yang tak terpakai untuk dijadikan sebagai perangkat CCTV alternatif dengan bantuan aplikasi CCTV yang tersedia untuk Android.

Dengan bantuan aplikasi yang akan saya ulas kali ini Anda bisa menjadikan smartphone Android sebagai CCTV, soal kualitas tentu tak kalah dengan kamera CCTV pada umumnya.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa memantaunya di mana saja dan kapan saja melalui jaringan internet maupun jaringan WiFi yang sama dengan smartphone yang dijadikan sebagai CCTV.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, nah oleh karena itu kali ini saya akan mengulas beberapa aplikasi CCTV terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di Android. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

15 Aplikasi CCTV Terbaik di Android

1. Alfred Home Security Camera

Alfred Home Security Camera

Jika Anda mencari aplikasi CCTV Android yang kaya akan fitur, Alfred Home Security Camera merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya aplikasi ini dibekali dengan beragam fitur canggih yang dapat digunakan untuk mengamankan rumah, mulai dari fitur walkie-talkie, sensor gerak, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi yang dikembangkan oleh Alfred Labs Inc ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses CCTV secara live streaming dari jarak jauh, bahkan video hasil rekaman juga dapat disimpan ke penyimpanan awan yang telah disediakan.

Tentunya dengan adanya penyimpanan awan, video hasil rekaman CCTV bisa Anda unduh dan dijadikan sebagai bukti apabila ada pencuri yang menyusup ke rumah Anda. Mirip seperti CCTV asli, aplikasi ini juga dapat merekam gambar dengan baik di malam hari berkat adanya fitur filter low-light.

2. IP Webcam

IP Webcam

Punya smartphone Android bekas yang tak terpakai? Jangan dibuang, install saja aplikasi IP Webcam dan jadikan sebagai CCTV. Yap, fitur yang disematkan di dalam aplikasi besutan Pavel Khlebovich ini memang tak sebanyak aplikasi sebelumnya.

Akan tetapi jika Anda hanya membutuhkan fitur CCTV saja, tentu aplikasi ini wajib Anda coba. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengakses kamera CCTV secara real-time tanpa koneksi internet menggunakan perangkat komputer yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Selain itu rekaman CCTV juga bisa diakses dengan mudah menggunakan browser atau bisa juga menggunakan aplikasi pemutar media seperti VLC atau yang lainnya. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengaksesnya dari jarak jauh karena aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan layanan streaming Ivideon.

3. tinyCam Monitor Free

tinyCam Monitor FREE

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, tinyCam Monitor Free bukanlah aplikasi pengubah smartphone Android menjadi CCTV, akan tetapi aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengakses CCTV yang terpasang dirumah Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu ribet menggunakan PC ketika ingin memantau CCTV yang terpasang dirumah, cukup buka aplikasi tinyCam Monitor Free semua kamera CCTV bisa diakses melalui smartphone Android Anda, bahkan Anda juga bisa mengontrol Relay dan LED melalui aplikasi ini.

Menariknya lagi aplikasi ini juga mendukung berbagai merk CCTV mulai dari Dahua, FDT, DLink, Hikvision, Wyze Cam, dan beberapa merk lainnya.

4. Home Security Camera WardenCam

Home Security Camera WardenCam

Home Security Camera WardenCam merupakan aplikasi cocok untuk Anda yang ingin mengubah smartphone Android bekas menjadi CCTV. Aplikasi besutan WardenCam360 ini dapat bekerja dengan baik di jaringan WiFi, 3G, maupun 4G.

Selain itu fitur pendeteksi gerakan juga turut disematkan di dalamnya, dengan adanya fitur ini smartphone Anda akan secara otomatis menjalankan alarm sirene ketika kamera mendeteksi ada gerakan yang mencurigakan.

Menariknya lagi Anda juga dapat menghubungkan Home Security Camera WardenCam dengan Google Drive atau Dropbox supaya aplikasi ini bisa mengunggah hasil rekaman CCTV secara otomatis.

5. WiFi Baby Monitor

WiFi Baby Monitor

Sesuai dengan namanya, WiFi Baby Monitor merupakan aplikasi yang hampir mirip seperti aplikasi sebelumnya, akan tetapi aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memantau si buah hati di mana saja dan kapan saja.

Meskipun demikian, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbagai keperluan, termasuk memantau lingkungan rumah Anda. Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi WiFi Baby Monitor adalah fitur Night Vision, dengan adanya fitur ini video hasil rekaman akan tetap terlihat terang meskipun dalam keadaan gelap.

Bila perlu, Anda juga bisa menghidupkan lampu flash kamera dari jarak jauh supaya hasil rekaman terlihat dengan jelas. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pendeteksi gerakan yang dapat mengirimkan pemberitahuan ketika kamera merekam gerakan yang mencurigakan.

6. IP Cam Viewer Basic

IP Cam Viewer Basic

Lagi nyari aplikasi Android yang bisa membantu Anda mengontrol semua kamera CCTV yang ada di rumah? IP Cam Viewer Basic merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengelompokkan, mengurutkan, dan menerapkan pengaturan secara massal dalam sekali sentuhan ke semua CCTV yang Anda miliki.

Selain itu, aplikasi besutan Robert Chous ini juga mendukung lebih dari 1600 perangkat dan peralatan CCTV termasuk DVR dan NVR. Menariknya lagi aplikasi ini juga mendukung beragam jenis protokol, termasuk MMSH, ONVIF, RTSP, dan lain sebagainya.

7. DroidCam Wireless Webcam

DroidCam Wireless Webcam

Sesuai dengan namanya, DroidCam Wireless Webcam merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengubah smartphone Android menjadi CCTV. Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa batasan waktu dan tanpa watermark.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Dev47Apps ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses CCTV melalui koneksi WiFi maupun kabel USB. Tak perlu khawatir baterai dan ruang penyimpanan smartphone yang dijadikan CCTV cepat habis, karena aplikasi ini dirancang supaya bisa berjalan dengan hemat.

8. Video Surveillance Ivideon

Video Surveillance Ivideon

Video Surveilance Ivideon merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengontrol kamera CCTV yang ada di rumah maupun kantor yang terhubung dengan perangkat CVR maupun NVRS.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga mendukung banyak merek kamera CCTV, jika Anda menggunakan merk iLuv, Hikvision, Oco, Philips, Dahua, Axis, dan beberapa merk lainnya, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini tanpa harus mendownload aplikasi server.

Namun jika Anda menggunakan CCTV D-Link, Foscam, TP-Link, Swann, Acti, dan beberapa merk lainnya, Anda membutuhkan aplikasi server Ivideon yang bisa diunduh secara gratis untuk perangkat komputer.

9. Surveillance & Monitoring – TrackView

Surveillance & Monitoring - TrackView

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan Surveilance & Monitoring – TrackView, Anda tidak hanya bisa memantau CCTV yang ada di rumah saja, namun Anda juga bisa memantau lokasi seseorang dan mengontrol kamera smartphone mereka dari jarak jauh.

Akan tetapi tentunya Anda perlu memasang aplikasi ini di smartphone Android yang akan dipantau. Tak perlu khawatir ketahuan, karena aplikasi ini akan berjalan di latar belakang.

Menariknya lagi, selain bisa melacak lokasi secara real-time menggunakan GPS, Anda juga bisa mengontrol kamera smartphone orang yang dilacak sesuai dengan keinginan, bahkan Anda juga bisa beralih dari kamera depan ke kamera belakang ataupun sebaliknya.

10. SeeCiTV

SeeCiTV

Tidak perlu membeli kamera CCTV yang harganya mahal, Anda bisa menggunakan smartphone Android bekas untuk dijadikan sebagai kamera CCTV dengan bantuan aplikasi SeeCiTV ini.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Geny Studio ini sangat mudah digunakan, Anda hanya tinggal login menggunakan akun gmail yang sama dengan smartphone yang akan dijadikan CCTV nantinya smartphone Anda akan terhubung secara otomatis.

Tidak hanya itu saja, SeeCiTV juga mampu merekam video berkualitas tinggi hingga 1080p. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pendeteksi gerakan yang cukup canggih, dimana jika kamera menangkap gerakan yang mencurigakan aplikasi ini akan secara otomatis mengabadikan momen tersebut sebelum maupun setelah kejadian.

11. IP Phone Camera

IP Phone Camera

Sesuai dengan namanya, IP Phone Camera merupakan aplikasi yang dapat mengubah kamera smartphone menjadi kamera IP. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjadikan smartphone bekas sebagai CCTV.

Cara penggunaan aplikasi IP Phone Camera juga sangat mudah, untuk mengakses kamera secara real-time Anda bisa menggunakan perangkat apapun yang memiliki browser, entah itu PC maupun smartphone.

Untuk memudahkan pengguna melihat lingkungan sekitar, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan Anda untuk beralih dari kamera belakang ke kamera depan ataupun sebaliknya, bahkan bila perlu Anda juga bisa menyalakan lampu flash.

12. V380 Pro

V380 Pro

Ingin memantau banyak CCTV di satu smartphone Android? V380 Pro merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini semua CCTV yang Anda miliki bisa diakses melalui smartphone Android.

Tak perlu khawatir lagi kehilangan data rekaman, karena aplikasi ini akan secara otomatis mencadangkan data rekaman ke penyimpanan awan yang telah disediakan. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat secara otomatis mendeteksi gerakan yang mencurigakan dan menyalakan alarm untuk menjaga keamanan di lokasi tersebut.

13. YCC365 Plus

YCC365 Plus

Sama seperti aplikasi sebelumnya, YCC365 Plus juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mengakses CCTV melalui smartphone. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengakses kamera CCTV dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga dibekali dengan fitur pendeteksi suara dan gerakan yang mencurigakan. Menariknya lagi, hasil rekaman juga dapat disimpan ke penyimpanan awan maupun kartu memori smartphone.

14. Wi-Fi Webcam

Wi-Fi Webcam

Aplikasi CCTV Android terbaik berikutnya adalah Wi-Fi Webcam. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengubah smartphone bekas menjadi CCTV. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat memonitor kamera yang satu di smartphone yang lain yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Atau jika dirumah Anda tidak tersedia jaringan WiFi, Anda bisa mengaktifkan WiFi hotspot di salah satu smartphone dan smartphone yang lainnya bisa langsung dihubungkan ke hotspot tersebut. Tak perlu khawatir jika Anda tak punya kuota internet, karena aplikasi ini bisa berjalan dengan baik tanpa koneksi internet.

15. YI IoT

YI IoT

Kalau dilihat dari jumlah penggunanya, aplikasi CCTV Android terbaik yang bernama YI IoT ini memang tak sebanyak aplikasi sebelumnya, akan tetapi jika Anda memasang CCTV YI IOT Camera di rumah aplikasi yang dikembangkan oleh YI Technologies ini wajib Anda coba.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat terhubung dengan kamera CCTV di rumah kapan saja dan dimana saja secara real-time, tidak hanya video saja yang bisa diakses akan tetapi Anda juga bisa mendengarkan audio-nya.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan zoom hingga 4x hanya dengan mengetuk layar smartphone sebanyak dua kali untuk melihat bagian-bagian tertentu dengan jelas.

Itulah deretan aplikasi CCTV Android terbaik yang berhasil Sipitek rangkum. Semoga saja ulasan di atas bisa membantu Anda memilih aplikasi CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here