aplikasi pemutar video pc

Salah satu aplikasi penting yang perlu di pasang pada PC atau laptop adalah aplikasi pemutar video, apalagi jika Anda suka menonton video. Sebetulnya Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi bawaan Windows, akan tetapi karena keterbatasan fitur banyak pengguna yang memilih menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

Kalau saat ini Anda sedang mencari referensi dalam memilih aplikasi pemutar video terbaik untuk PC atau laptop, entah itu karena PC yang Anda gunakan saat ini baru di instal ulang atau bosan dengan aplikasi yang biasa Anda gunakan, ini merupakan artikel yang tepat.

Karena di sini Sipitek akan mengulasnya secara lengkap supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya memilih aplikasi yang tepat untuk PC bukanlah perkara yang mudah, selain dituntut untuk memilih pemutar media yang kaya akan fitur, aplikasi tersebut juga harus sederhana, ringan, dan intuitif.

Selain itu, dukungan format file media yang bisa diputar juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan, karena tidak semua pemutar media gratis mampu menjalankan semua format file media populer seperti MP4, MKC, FLV, AVI, dan lain sebagainya.

Akan tetapi tentunya setiap aplikasi menawarkan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk PC

1. VLC Media Player

VLC Media Player

Ketika berbicara tentang pemutar video, sebagian besar orang pasti akan berfikir VLC Media Player. Yap, tidak bisa dipungkiri, aplikasi yang dikembangkan oleh VideoLAN ini sudah sangat populer selama bertahun-tahun dan sudah mendapatkan reputasi yang baik di kalangan pengguna PC.

Selain dikenal ringan dan cepat, aplikasi gratis yang bersifat open-source ini juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang dapat memberikan pengalaman terbaik ketika menonton video.

Dengan menggunakan VLC Media Player Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk memutar video saja, akan tetapi aplikasi ini juga mendukung hampir semua format musik populer, seperti MP3, FLAC, WMA, dan lain sebagainya.

Tak perlu khawatir jika saat ini Anda masih menggunakan Windows versi lama, karena VLC Media Player mendukung hampir semua versi Windows mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Tertarik untuk menggunakannya? Silahkan download di situs resminya.

2. GOM Player

GOM Player

Gretech Online Movie Player atau yang biasa disingkat dengan GOM Player merupakan aplikasi gratis yang mendukung hampir semua format audio dan video populer, seperti AVI, MKV, MP4, MOV, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh GOM & Company ini juga dikenal karena punya banyak fitur canggih mulai dari fitur untuk mengontrol kecepatan, efek video dan audio, screen capture, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga tak perlu beralih ke aplikasi lain ketika bosan dengan tampilannya, karena GOM Player punya banyak pilihan skins yang menarik yang dapat mengubah tampilan antarmuka.

GOM Player juga sangat cocok untuk Anda yang suka menonton film berbahasa asing karena aplikasi ini dibekali dengan fitur yang dapat menampilkan subtitle secara otomatis yang bersumber dari OpenSubttiles.org, sehingga Anda tak perlu ribet mencari file subtitle secara manual.

GOM Player juga mendukung berbagai versi Windows, mulai dari Windows XP, Vista, 8, 8.1 hingga Windows 10. Anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis di situs resmi GOM Player.

3. KMPlayer

KMPlayer

KMPlayer merupakan aplikasi pemutar video PC yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk pengguna yang ingin menonton video definisi tinggi. Pasalnya, aplikasi yang kini diakuisisi oleh PandoraTV ini memang mendukung video definisi tinggi, seperti 3D, 4K, UHD, dan lain sebagainya.

KMPlayer juga dikenal karena mendukung hampir semua format file media, mulai dari AVI, MP3, MP4, MOV, 3GP, FLV, MPEG, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memutar video yang bersumber dari YouTube, Anda hanya tinggal memasukkan URL video dan Anda bisa menontonnya langsung tanpa harus mengunjungi situsnya.

Bahkan jika Anda tertarik untuk menyimpan video dari YouTube, Anda juga tidak perlu mengunduh aplikasi khusus atau mengunjungi situs pengunduh video YouTube, karena KMPlayer juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunduh video dari YouTube.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang mendukung lebih dari 42 bahasa ini juga, dibekali dengan GIF capture, dengan adanya fitur ini, Anda bisa menyimpan gambar bergerak dari video yang Anda putar untuk disimpan ke dalam format GIF.

KMPlayer bisa Anda gunakan di Windows Vista, Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya di sini.

4. Media Player Classic – Home Cinema

Media Player Classic Home Cinema

Sesuai dengan namanya, Media Player Classic merupakan aplikasi pemutar video PC terbaik yang hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan dikemas dengan gaya klasik. Aplikasi yang biasa disebut MPC-HC ini biasanya menjadi pilihan banyak orang ketika mereka mencari aplikasi pemutar video yang ringan.

Sama seperti aplikasi yang lainnya, MPC-HC juga mendukung berbagai format file media mulai dari MP4, MKV, WAV, FLV, dan lain sebagainya. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur menarik yang dapat memberikan pengalaman terbaik ketika menonton video, mulai dari tersedianya fitur subtitle, integrasi dengan Skype, dan lain sebagainya.

Media Player Classic – Home Cinema dapat digunakan di PC 32- bit maupun 64-bit, entah itu Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windws 8, hingga Windows 10. Anda bisa mengunduhnya di situs resmi mpc-hc.org.

5. Kodi

Kodi

Aplikasi pemutar media gratis yang awalnya bernama XBMC ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mengkostumisasi pemutar media secara mendetail. Pasalnya tampilan antarmuka Kodi memang dapat diatur sesuai dengan kenyamanan para penggunanya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi gratis yang bersifat open-source ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka menonton video streaming, karena Kodi dapat digunakan untuk memutar video yang tersimpan di komputer maupun yang ada di internet.

Kurang puas dengan fitur bawaannya? Tak perlu khawatir karena Kodi menyediakan banyak pilihan plug-in yang dapat membantu Anda menambahkan fitur-fitur baru, mulai dari fitur untuk mengintegrasikan dengan YouTube, dan lain sebagainya. Anda bisa mengunduhnya di situs kodi.tv.

6. 5KPlayer

5KPlayer

Namanya memang tak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya, akan tetapi jika Anda sedang mencari aplikasi pemutar video PC yang punya fitur canggih, 5KPlayer merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan.

5KPlayer dibekali dengan teknologi AirPlay, dengan adanya fitur ini Anda bisa memutar video di smartphone dan menampilkannya ke layar PC tanpa melalui kabel. Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan DearMob Inc ini juga dapat digunakan untuk memutar beragam format video definisi tinggi, mulai dari 4K, H.265, MTS, MKV, hingga VR 360 derajat.

Selain itu, 5KPlayer juga bisa digunakan untuk mengunduh video di lebih dari 300 situs, termasuk YouTube, Facebook, Vimeo, DailyMotion, Instagram, dan lain sebagainya, bahkan Anda juga bisa mengubah dan menyimpan video menjadi format MP3.

5KPlayer bisa digunakan di Windows 7, Windows, 8.1, dan Windows 10. Lengkap sekali bukan? langsung saja unduh di sini.

7. Plex

Plex

Aplikasi yang awalnya bernama Plex Home Teater ini sangat cocok untuk pengguna yang punya banyak koleksi film, foto, video, dan musik. Dengan menggunakan Plex Media Player, Anda bisa mengatur koleksi Anda dengan mudah.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Flex ini juga mendukung hamipr semua file media, termasuk format musik dan video hi-fi. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengontrol Plex melalui ponsel. Anda bisa mengunduh Plex Media Player di sini.

8. DivX Player

DivX Player

DivX Player merupakan apliasi pemutar video PC terbaik yang mengunggulkan tiga fitur utama, yaitu DivX Player yang dapat memutar video berkualitas tinggi hingga 4K, DivX Converter untuk mengkonversi video ke format yang lain, dan DivX Media Server untuk menghubungkan PC ke TV.

Tidak hanya itu saja selain punya tiga fitur utama tadi, aplikasi besutan DivX LLC ini juga punya beberapa fitur canggih yang dapat memberikan pengalaman ketika digunakan untuk menonton video terbaik.

Mulai dari fitur yang memungkinkan Anda untuk melompat langsung ke adegan favorit, Rsemue Play untuk menonton video mulai dari titik dimana Anda tinggalkan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, DivX Player juga mendukung berbagai versi Windows, mulai dari Windws XP, Windows Vista, Windows, 7, Windows 8.1, hingga Windows 10. Anda bisa mengunduh DivX Player di situs resminya.

9. MediaMonkey

MediaMonkey

Berbeda dengan aplikasi yang lainnya, MediaMonkey tidak hanya mampu memberikan pengalaman menonton video yang terbaik saja, akan tetapi aplikasi ini juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang dapat memberikan pengalaman terbaik ketika memutar musik.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Ventis Media ini mendukung hampir semua format file media populer, seperti MP3, MP4, MKV, WMA, MPC, FLAC, ALAC, AVI, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk menyusun file musik dan video supaya tersusun dengan rapi dan bisa dicari dengan mudah ketika dibutuhkan. Tertarik untuk mencobanya? Unduh gratis di sini.

10. RealPlayer

RealPlayer

RealPlayer merupakan aplikasi pemutar video PC yang kaya akan fitur. Selain bisa digunakan untuk memutar video dan audio seperti MP3, MP4, WMA, dan lain sebagainya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengunduh video dari situs berbagi video populer, termasuk YouTube.

Tidak hanya itu saja, RealPlayer juga bisa digunakan untuk mengonversi video ke dalam format yang lain, termasuk mengubah format video menjadi MP3. Menariknya lagi, RealPlayer juga dilengkapi dengan fitur pengunci video…

…dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu khawatir video pribadi Anda diketahui oleh orang lain, karena Anda bisa menguncinya menggunakan kata sandi yang sesuai dengan keinginan Anda. Yuk langsung saja unduh secara gratis di sini.

11. SMPlayer

SMPlayer

SMPlayer merupakan aplikasi pemutar video gratis untuk PC Windows XP, Windows vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memainkan semua format audio dan video tanpa harus mengunduh code tambahan, mulai dari AVI, MP4, MKV, MOV, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka menonton film berbahasa asing, karena SMPlayer dapat mencari dan mengunduh subtitle secara otomatis di situs penyedia subtitle populer, salah satunya adalah OpenSubtitles.org. Mau? Download langsung di sini.

12. Daum PotPlayer

Daum PotPlayer

Daum PotPlayer merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda yang sedang mencari pemutar video yang ringan. Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan internet asal Korea Selatan ini dibekali dengan teknologi CUDA, DXVA, dan QuickSync yang dapat memutar video dengan lancar tanpa menggunakan banyak sumber daya PC.

Seian itu, Daum PotPlayer juga punya menyediakan fitur-fitur menarik lainnya, seperti fitur untuk menandai adegan favorit ketika menonton video, fitur untuk mengatur kecerahan, kontras, rona, fitur untuk menampilkan subtitle, dan lain sebagainya. Daum PotPlayer bisa diunduh di sini.

13. MVP

MVP

Lagi nyari aplikasi pemutar video yang sederhana? MVP merupakan aplikasi yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi gratis yang bersifat open-source ini hadir dengan tampilan yang sangat minimalis.

Fitur-fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini juga cukup terbatas, sehingga membuat aplikasi ini menjadi sangat ringan dan tidak banyak memakan sumber daya komputer ketika digunakan.

Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang hanya untuk sekedar menonton video saja, meskipun demikian fitur-fitur penting sepert subtitle dan streaming juga disematkan di dalamnya. Anda bisa mengunduh MVP di sini.

14. ACG Player

ACG Player

Sama seperti aplikasi sebelumnya, ACG Player juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para pengguna yang mencari pemutar video yang ringa. Akan tetapi aplikasi yang hanya bisa diunduh melalui Microsoft Store ini punya lebih banyak fitur.

Dengan menggunakan aplikasi pemutar video gratis ini Anda bisa menikmati fitur-fitur canggih, seperti fitur streaming online, fitur subtitle, manajemen daftar putar, multiple window, dan lain sebagainya. Silahkan unduh ACG Player di Microsoft Store.

15. Parma Video Player

Parma Video Player

Aplikasi pemutar video terbaik yang terakhir untuk PC dan laptop pilihan Sipitek adalah Parma Video Player. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi besutan Mostafa Ghafari ini juga hanya bisa diunduh melalui Microsoft Store.

Parma Video Player hadir dengan beragam fitur menarik, mulai dari fitur untuk mengubah ukuran teks, warna, dan jenis huruf subtitle, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak hanya bisa memutar video saja, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memutar musik. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja unduh Parma Video Player di Microsoft Store.

Itulah deretan aplikasi pemutar video PC dan laptop terbaik yang berhasil Sipitek rangkum. Setiap aplikasi tentu menawarkan keunggulan dan fitur yang berbeda-beda, semoga ulasan di atas bisa memudahkan Anda dalam memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here