Ide-ide cemerlang terkadang bisa datang tanpa diduga, salah satu cara supaya Anda bisa mengingat kembali ide tersebut adalah dengan mencatatnya. Tak perlu ribet mencatat di atas kertas, karena saat ini ada banyak aplikasi tulisan di layar HP Android yang dapat membantu Anda menyimpan ide dan catatan penting.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya hadir dengan fitur dan keunggulan yang berbeda-beda, ada yang hadir dalam bentuk aplikasi keyboard yang bisa digunakan untuk menulis di berbagai aplikasi menggunakan tulisan tangan, namun ada juga aplikasi yang dikemas dengan konsep buku catatan.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menulis di layar HP Android. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

15 Aplikasi untuk Menulis di Layar HP Android

1. Google Handwriting Input

Google Handwriting Input

Sesuai dengan namanya, Google Handwriting Input merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang Android, yaitu Google.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membuat tulisan tangan di layar HP seperti halnya menulis di atas kertas.

Selain mendukung tulisan cetak dan sambung, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan emoji dengan cara menggambar.

Anda dapat menggunakan aplikasi Google Handwriting Input untuk menulis di berbagai aplikasi termasuk aplikasi media sosial, email, SMS, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga bisa menjadi solusi bagi pengguna yang ingin mengetik tulisan yang sulit diketik menggunakan keyboard bawaan smartphone, pasalnya Google Handwriting Input mendukung lebih dari 100 bahasa termasuk bahasa Arab, Korea, Jepang, Indonesia, dan lain sebagainya.

2. ColorNote

ColorNote

Ingin menyimpan catatan-catatan penting tapi gak mau ribet bawa peralatan menulis? ColorNote merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyimpan beragam jenis catatan, termasuk acara atau agenda penting, daftar belanja, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Notes ini juga dibekali dengan beragam fitur yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola catatan, termasuk fitur pengingat yang dapat mengingatkan Anda ketika waktu agenda tiba.

Selain itu, ColorNote juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai aplikasi catatan pribadi, pasalnya aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengunci catatan, dengan adanya fitur ini Anda dapat mengunci catatan-catatan tertentu supaya tidak bisa dilihat oleh orang lain.

3. Microsoft OneNote

Microsoft OneNote

Aplikasi tulisan di layar HP Android berikutnya yang Sipitek rekomendasikan adalah Microsoft OneNote.

Aplikasi besutan Microsoft Corporation ini mendukung input teks ketikan, tulisan tangan, gambar, bahkan konten web yang ada di internet juga dapat dimasukkan ke dalam aplikasi ini.

Microsoft OneNote sangat cocok digunakan untuk mencatat materi sekolah, mencatat ide yang datang tanpa diduga, menyimpan catatan pribadi, dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini juga sangat cocok untuk Anda yang punya catatan dalam jumlah yang banyak.

Pasalnya, Microsoft OneNote dibekali dengan fitur pencarian yang dapat memudahkan Anda dalam mencari catatan-catatan tertentu, sehingga meskipun Anda punya banyak catatan Anda tetap bisa menemukannya dengan mudah melalui fitur ini.

4. Keep My Notes

Keep My Notes

Keep My Notes merupakan aplikasi untuk menulis di layar HP Android yang dikemas dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Jika Anda mencari aplikasi yang simpel, aplikasi besutan LiteWhite ini wajib Anda pertimbangkan.

Untuk memudahkan para pengguna dalam mengelola catatannya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beragam fitur, mulai dari fitur pengunci catatan, tulisan tangan, rekaman suara, alarm pengingat, modus potret dan lanskap, dan lain sebagainya.

Meskipun dilengkapi dengan banyak fitur, Anda juga tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena memang Keep My Notes sangatlah ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 5 MB lho.

5. Writer Plus

Writer Plus

Tak hanya cocok digunakan untuk menulis catatan-catatan penting saja, akan tetapi Writter Plus juga cocok digunakan untuk menulis karya seni tulisan seperti novel, puisi, esai, lirik, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa menulis catatan dengan rapi, karena Writer Plus menyediakan sintaks pemformatan teks, seperti heading, teks tebal, miring, kutipan, dan daftar bernomor.

Menariknya lagi, Writer Plus juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis karena memang aplikasi ini tidak menyediakan fitur berbayar.

Tak perlu khawatir kuota rontok jika Anda ingin mencobanya, karena ukuran aplikasi ini sangatlah kecil tidak lebih dari 1 MB saja.

6. JotterPad

JotterPad

JotterPad juga sangat cocok untuk para penulis kreatif seperti pembuat novel, puisi, esai, skenario, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat mengelola catatan dengan mudah, karena JotterPad juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti tema, pencarian frasa, penghitung jumlah kata, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Two App Studio Pte Ltd ini juga dapat dihubungkan ke layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive.

Selain itu, Anda juga dapat membuat dan mengedit dokumen yang tersimpan di layanan tersebut secara langsung melalui aplikasi ini.

Menariknya lagi, tulisan yang berhasil dibuat juga dapat diekspor ke dalam format dokumen populer seperti pdf, docx, rtf, dan lain sebagainya.

Selain menyediakan versi gratis, aplikasi ini juga menyediakan versi berbayar yang dilengkapi dengan lebih banyak fitur.

7. FiiNote

FiiNote

Diklaim sebagai aplikasi tulisan yang paling nyaman digunakan di HP Android, FiiNote merupakan aplikasi yang tidak hanya bisa digunakan untuk menulis teks melalui keyboard saja, akan tetapi dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa menulis menggunakan tangan secara langsung seperti halnya menulis di atas kertas.

Selain itu, aplikasi besutan Flyable ini juga tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan catatan dalam format teks saja, namun Anda juga bisa memasukkan file foto, suara, dan video sebagai pelengkapnya.

Menariknya lagi, FiiNote juga dilengkapi dengan fitru kalender dan alarm yang dapat mengingatkan Anda ketika waktu agenda tiba.

8. Squid

Squid

Aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menulis di layar HP Android berikutnya adalah Squid. Dengan menggunakan aplikasi, selain bisa menulis menggunakan keyboard Anda juga bisa menulis catatan menggunakan tulisan tangan seperti halnya di dunia nyata.

Aplikasi besutan Steadfash Innovation LLC ini juga dibekali dengan beragam fitur menarik, mulai dari fitur redo dan undo, berbagi catatan, dukungan multi-window, dan lain sebagainya.

Selain itu Anda juga dapat mengekspor catatan yang telah dibuat ke dalam format PDF, PNG, maupun JPEG untuk dilakukan pencetakan.

9. Magic Slate

Magic Slate

Magic Slate merupakan aplikasi yang tak hanya bisa digunakan untuk menyimpan catatan saja, akan tetapi aplikasi besutan ng-labs ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi melukis.

Jika Anda ingin menuangkan kreatifitas dalam bentuk lukisan tapi tidak punya biaya untuk membeli peralatannya maka Magic Slate bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat melukis dengan berbagai pilihan pallet warna dan ukuran kuas.

10. INKredible

INKredible

Ingin mendapatkan pengalaman menulis yang lebih nyata seperti halnya menulis di atas kertas menggunakan pena? INKredible merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Pasalnya, aplikasi besutan WriteOn ini memang dikembangkan untuk memberikan pengalaman menulis tangan yang nyaman dan indah seperti halnya menulis di atas kertas.

Selain hadir dengan berbagai pilihan tema dengan desain goresan yang berbeda-beda, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat menyesuaikan warna pena sesuai dengan keinginan Anda.

Menariknya lagi, setelah tulisan berhasil dibuat, Anda juga bisa mengekspornya ke dalam format PDF maupun format gambar dengan resolusi terbaik, sehingga meskipun diubah ke dalam format tersebut tulisan akan tetap terlihat jelas.

11. Write

Write

Write merupakan aplikasi untuk menulis tangan di layar HP Android yang hadir dengan beragam fitur menarik.

Selain bisa menulis melalui keyboard, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga dapat membuat tulisan tangan secara langsung seperti halnya menulis di atas kertas.

Ada banyak fitur yang disematkan di dalam aplikasi ini, mulai dari fitur untuk memotong, menyalin, menempelkan, undo, redo, membuat tautan, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, desain goresan pulpen dan warna tinta juga dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah tulisan berhasil dibuat, Anda juga dapat mengekspornya ke dalam format PDF, HTML, maupun SVG.

12. Handwriting Notepad

Handwriting Notepad

Sesuai dengan namanya, Handwriting Notepad merupakan aplikasi catatan Android dimana untuk menulis teks di aplikasi ini Anda dapat menulisnya menggunakan tulisan tangan seperti halnya menulis di buku catatan fisik.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Alone Soft ini juga dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan Anda, bahkan Anda juga dapat mengubah ukuran maupun warna pena yang sesuai dengan selera Anda.

13. Handwriting Memo

Handwriting Memo

Sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk menulis teks di aplikasi Handwriting Memo pengguna juga harus menulisnya menggunakan tulisan tangan. Akan tetapi aplikasi yang dikembangkan oleh PepperRetas ini hadir dengan fitur yang lebih lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat menulis menggunakan salah satu dari tiga jenis pena dengan desain goresan yang berbeda-beda.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya, seperti fitur undo dan redo, zoom, dukungan tampilan lanskap, dan lain sebagainya.

14. Handwriting

Handwriting

Lagi nyari aplikasi tulisan di layar HP Android yang punya banyak fitur? Handwriting merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membuat tulisan tangan menggunakan berbagai pilihan warna pena dengan ukuran yang berbeda-beda.

Selain itu, untuk melengkapi tulisan tangan yang telah dibuat Anda juga dapat memasukkan gambar yang ada di galeri ke dalam catatan tersebut. Menariknya lagi, catatan yang berhasil dibuat juga bisa diekspor ke dalam format PDF.

15. LiveBoard Interactive Whiteboard

LiveBoard Interactive Whiteboard

Berbeda dengan aplikasi tulisan di layar HP Android pada umumnya, LiveBoard Interactive Whiteboard merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin melakukan presentasi dari jarak jauh secara real-time.

Dengan mengunakan aplikasi ini Anda dapat menjelaskan berbagai materi dan berkolaborasi dengan lebih mudah, termasuk menjeleaskannya melalui tulisan tangan, gambar, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi besutan LiveBoard LLC ini bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis dan tanpa iklan.

Itulah deretan aplikasi tulisan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menulis di layar HP Android. Setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, semoga saja ulasan di atas bisa membantu Anda menemukan aplikasi yang tepat. Jadi, aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here