Bagi sebagian orang bangun pagi itu bukanlah perkara mudah, semakin pagi badan seolah-olah semakin berat dan malas untuk beranjak dari tempat tidur.

Yang tadinya mata sudah terbuka karena dering alarm, niatnya nunggu beberapa menit lagi buat bangun, eh yang ada malah ketiduran lagi dan bablas hingga puluhan menit.

Persiapan berangkat kerjapun menjadi terburu-buru, apalagi kalau berangkatnya pake kendaraan pribadi. Dijalan jadi kebut-kebutan supaya nggak kesiangan.

Keselamatan seolah-olah sudah tidak dihiraukan lagi, yang penting sampai ke tempat kerja! Bahayakan?

…penyebabnya hanya karena telat bangun tidur, nyawa dan PHK bisa jadi taruhannya.

Salah satu cara praktis agar kamu bisa bangun tepat waktu adalah dengan memasang alarm di smartphone. Tapi masalahnya, alarm bawaan smartphone itu terlalu mudah untuk dimatikan.

Meskipun suaranya sangat mengganggu, kalau bisa masih dimatikan dengan mudah itu jadi kurang efektif. Saking mudahnya, terkadang kita tanpa sadar mematikannya.

Untungnya saat ini sudah banyak aplikasi alarm android yang canggih yang bisa membuat siapapun bangun tepat waktu.

Meskipun kamu baru tidur satu jam, pake alarm ini pasti langsung bangun. Bukan hanya karena suara deringnya yang nyaring, tapi untuk mematikannya itu yang tidak mudah.

Bahkan ada salah satu aplikasi yang menuntut kamu untuk berteriak, supaya suara alarm bisa berhenti. Itu hanya salah satu saja, karena masing-masing aplikasi punya cara tersendiri.

Oleh karena itu biar kamu bisa memilih aplikasi yang tepat, kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi alarm android yang dapat membuat siapapun yang susah bangun menjadi bangun tepat waktu.

15 Aplikasi Alarm Terbaik untuk Android

Karena masing-masing aplikasi punya keunikan tersendiri, ada baiknya baca semua ulasan aplikasi di bawah biar kamu bisa memilih yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Berikut ini deretan aplikasi arlarm terbaik untuk android menurut Sipitek:

1. I Cant’t Wake Up! Alarm Clock

i cant wake up alarm clock

Aplikasi alarm terbaik untuk android yang pertama adalah aplikasi besutan Kog Creation, aplikasi ini tidak hanya akan memaksa kamu untuk bangun dari tempat tidur saja, namun juga bisa menstimulasi pikiran dan tubuh.

Untuk menghentikan dering alarm, I Can’t Wake Up! Alaram Clock menyediakan delapan jenis tugas yang perlu kamu selesaikan, kamu bisa memilih tantangan yang kamu suka.

Salah satunya adalah tugas matematika, saat alarm berbunyi aplikasi ini akan menampilkan soal matematika yang bikin mata makin melek.

Tugas tersebut harus kamu selesaikan, supaya aplikasi bisa berhenti. Nggak sanggup menyelesaikannya? siap-siap kamu akan dibuat risih dengan suara alarm.

Jika dirasa nada dering alarm kurang nyaring, kamu juga bisa menggunakan koleksi nada dering yang lain atau lagu yang ada di memori penyimpanan.

2. Alarmy (Sleep if U Can)- Alarm clock

alarmy

Kalau kamu nggak sanggup menyelesaikan tugas yang dihadirkan pada aplikasi pertama, aplikasi alarm besutan Delight Room Co,. Ltd. ini bisa menjadi solusinya.

Meskipun demikian tugas yang harus kamu selesaikan di aplikasi ini juga bisa membuat kamu bergegas bangun dalam hitungan detik.

Pasalnya, untuk menghentikan suara alarm aplikasi Alarmy kamu harus mengambil foto yang spesifik di lokasi yang telah kamu daftar pada aplikasi ini.

Jadi, pada saat pertama kali memasang aplikasi ini, kamu akan diminta untuk mendaftarkan sebuah lokasi atau ruangan untuk mematikan alarm, misalnya kamar mandi.

Jika alarm berdering, untuk menghentikannya kamu harus mengambil foto spesifik di lokasi tersebut. Tentu saja tantangan ini akan memaksa kamu untuk bangun dari tempat tidur.

Selain menyediakan mode foto, Alarmy juga menyediakan mode goyangkan ponsel dan soal matematika untuk menghentikannya.

Tidak heran, jika aplikasi yang telah di unduh lebih dari 10 juta kali ini disebut-sebut sebagai aplikasi alarm paling menjengkelkan di dunia. Siap dibuat jengkel di pagi hari?

3. Shake-it Alarm

shake it alarm

Bisa dibilang, Shake-it Alarm tidak hanya bisa membangunkan diri sendiri, tapi aplikasi ini bisa membangunkan semua orang yang ada di rumah.

Bagaimana tidak, untuk menghentikan nada dering alarm yang ada di aplikasi ini kamu harus berteriak, kalau tidak aplikasi ini tidak akan berhenti.

Namun jika dirasa metode tersebut terlalu ekstrim kamu juga bisa menggunakan dua metode lainnya yaitu dengan cara menggoyangkan ponsel atau hanya dengan sentuhan.

Selain itu aplikasi yang diusung oleh SuperCommon ini juga fitur Pesan Alarm, fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengirim SMS tertentu secara otomatis ke seseorang yang kamu pilih.

Jadi, jika kamu tidak berhasil menghentikan alarm, misalnya karena tertutup selimut, aplikasi ini akan mengirim pesan ke orang yang telah kamu tentukan untuk meminta dibangunkan.

4. AlarmMon – Free Alarm Clock

alarmmon

AlarmMon merupakan salah satu aplikasi alarm yang terbilang cukup unik, untuk menghentikan dering alarm dari aplikasi ini tugas kamu adalah menyelesaikan game ringan dengan animasi yang menggemaskan.

Jika kamu tidak berhasil menyelesaikan game yang ditampilkan saat alarm berbunyi, maka aplikasi ini akan terus berbunyi sampai baterai smartphone habis.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Malang ini juga mengusung sistem hadiah, setiap kali kamu berhasil menyelesaikan game, kamu akan mendapatkan hadiah berupa poin.

Poin yang telah terkumpul bisa ditukarkan dengan suara alarm yang lebih menarik dan menggugah untuk beranjak dari tempat tidur.

Ada lebih dari 50 suara alarm yang siap untuk membangunkanmu di pagi hari.

5. Good Morning Alarm Clock

good morning alarm clock

Gak suka dipaksa? Aplikasi besutan Appalon Apps ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Ya, aplikasi ini tidak akan memaksa kamu untuk bangun dari tempat tidur, namun Good Morning Alarm Clock akan menganalisis waktu tidurmu agar sesuai dengan pola tidur sehat, tidak lebih dan tidak kurang.

Tentu saja dengan menerapkan waktu tidur yang sehat, bangun pagi tidak lagi menjadi tantangan yang berat.

Meskipun demikian, aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta kali ini bukan berarti tidak punya fitur alarm.

Hanya saja alarm yang ada di aplikasi ini tidak memberikan tantangan yang berat seperti aplikasi sebelumnya.

Saat bangun pagi, kamu juga akan disuguhkan dengan data statistik yang berisi informasi yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki jadwal tidur yang lebih berkualitas.

6. Early Bird Alarm Clock

early bird alarm clock

Meskipun jumlah penggunnya masih kalah dengan aplikasi alarm sebelumnya, namun aplikasi yang dikembangkan oleh 1year ini juga wajib kamu pertimbangkan.

Setiap kali berdering, Early Bird Alarm Clock tidak akan menggunakan suara alarm yang sama. Setiap harinya suara alarm akan otomatis berubah-ubah.

Untuk menghentikannya, ada tiga metode yang bisa kamu gunakan, yaitu menggunakan metode pengenalan suara, kode QR, dan menulis teks tertentu yang tampil pada layar smartphone.

Uniknya, saat alarm berbunyi aplikasi ini tidak akan terus-menerus menggunakan nada alarm, tetapi ia juga akan berbicara untuk memberikan informasi mengenai jam di waktu saat itu.

Tentu saja untuk mengetahui jam saat alarm berbunyi, kamu nggak perlu melihat langsung ke layar smartphone yang bikin mata jadi silau.

7. Sleep as Android

sleep as android

Sleep as Android bukan hanya sekedar aplikasi alarm, akan tetapi aplikasi ini punya beragam fitur yang mampu membuat tidur menjadi berkualitas.

Sulit tidur dimalam hari juga menjadi salah satu faktor yang membuat kamu susah bangun dipagi hari.

Di saat jam menunjukkan waktu tengah malam atau bahkan pagi, baru bisa tidur. Sering ngalamin hal semacam ini?

Dengan aplikasi Sleep as Android kamu tidak akan lagi mengalami hal yang menjengkelkan seperti itu, karena aplikasi ini dilengkapi dengan suara pengantar tidur yang bisa membuatmu menjadi nyaman dan lebih mudah tertidur.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Urbanroid Team ini juga punya fitur anti dengkur yang dapat mencegah kamu mendengkur saat tertidur.

Jadi saat kamu mendengkur, aplikasi ini akan mengeluarkan suara yang dapat membuat kamu berhenti untuk mendengkur.

Suka bicara sendiri saat tidur? penasaran dengan apa yang kamu bicarakan? dengan aplikasi Sleep as Android kamu bisa mengetahuinya.

Untuk menghentikan suara alarm, ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan, yaitu menyelesaikan soal matematika, menghitung domba, menggoyangkan ponsel, dan scan kode QR.

8. Timely Alarm Clock

timely alarm clock

Salah satu keunggulan dari aplikasi Timely Alarm Clock, adalah tampilan antarmuka yang lebih sederhana, elegan dan modern sehingga bisa membuat bangun di pagi hari menjadi lebih menggugah.

Jika kamu mencari aplikasi alarm yang sederhana dan mudah digunakan namun tetap bisa memaksa bangun di pagi hari, Timely Alarm Clock bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ya, aplikasi ini memang tidak punya banyak fitur seperti aplikasi sebelumnya.

Akan tetapi saat aplikasi besutan Bitspin ini berdering kamu harus menyelesaikan tantangan yang cukup rumit untuk menghentikannya.

9. Puzzle Alarm Clock

puzzle alarm clock

Sesuai dengan namanya, aplikasi alarm besutan Wro Claw Studio ini akan menuntut kamu untuk menyelesaikan soal puzzle.

Setiap kali alarm berdering, aplikasi ini akan menampilkan soal teka-teki yang bisa membuat mata menjadi melek. Untuk menghentikan dering alarm, kamu perlu menyelesaikan soal tersebut.

Puzzle Alarm Clock punya banyak soal teka-teki yang perlu kamu selesaikan, sehingga kamu tidak akan bosan saat menyelesaikannya.

Jika kamu sering mematikan alarm kemudian tidur kembali, fitur Wake-Up Poke yang ada di aplikasi ini juga akan sangat membantu.

Pasalnya, dengan Wake-Up Poke, 5 menit setelah alarm dimatikan aplikasi ini akan meminta kepastian bahwa kamu benar-benar bangun.

Jika tidak, alarm akan berbunyi kembali untuk mencegah kamu tertidur lagi.

10. AlarmRun (MUST MAKE)

alarmrun must make

Tidak bisa bangun pagi? aplikasi yang diusung oleh HANDSOME COMPANY ini siap-siap akan membuat kamu malu bukan kepalang.

Pasalnya, jika kamu tidak bangun di pagi hari dan tidak bisa menghentikan dering alarm, AlarmRun akan otomatis menerbitkan status ke sosial media pribadimu.

Status tersebut bukan berisi mengenai aplikasi AlarmRun, akan tetapi isinya menyatakan bahwa kamu tidak bisa bangun dari tidur.

Tentu saja, status tersebut bisa diketahui oleh teman-temanmu di sosial media.

Malu nggak tuh? apalagi kalau dilihat sama gebetan. Bukan mustahil jika kamu di cap sebagai orang malas.

Selain ke sosial media, pesan tersebut juga bisa kamu kirim secara otomatis ke orang-orang tertentu saja melalui SMS, misalnya orang tua atau teman untuk meminta dibangunkan.

Selain itu, setiap kali kamu berhasil mematikan alarm, kamu akan juga akan mendapatkan skor.

Semakin cepat kamu menghentikan alarm, maka akan semakin tinggi pula skor yang kamu dapatkan.

11. SpinMe Alarm Clock

spinme alarm clock

Mau aplikasi yang benar-benar bisa bikin kamu bangun dari tempat tidur? SpinMe Alarm Clock solusinya, karena memang aplikasi ini susah dimatikan.

Ya, untuk mematikan suara alarm yang dihasilkan aplikasi ini, kamu perlu berdiri dari tempat tidur kemudian berputar ditempat searah jarum jam. Harus! tidak ada cara lain.

Malas bangun? kamu pasti akan dibuat risih dengan suara alarmnya.

SpinMe Alarm Clock menggunakan sensor yang ada di smartphone untuk mendeteksi apakah kamu bangun dan berputar atau tidak.

Sayangnya, apalikasi ini sudah lama sekali tidak diperbarui sehingga di beberapa smartphone aplikasi ini tidak dapat berjalan dengan baik.

12. Glimmer (luminous alarm clock)

glimmer

Glimmer tidak hanya akan membangungkanmu melalui suara, namun aplikasi ini juga akan membuat lampu kamera atau layar kamu menjadi terang.

Apabila tidak dihentikan, alarm akan terus berdering selama 30 menit disertai dengan meningkatnya kecerahan layar smartphone atau lampu flash kamera.

13. Alarm Clock

alarm clock

Aplikasi alarm besutan Music video maker ini bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa pembelian fitur apapun.

Alarm Clock menyediakan ribuan nada dering alarm yang bisa kamu gunakan secara gratis, namun kamu juga tetap bisa menggunakan musik favorit yang ada di memori penyimpanan smartphone.

Untuk menghentikannya, Alarm Clock menyediakan tiga tantangan yang bisa kamu pilih, yaitu menyelesaikan soal matematika, menggoyangkan ponsel, dan slide.

Dengan Alarm Clock kamu juga tidak perlu khawatir baterai smartphone jadi boros, karena aplikasi ini akan menggunakan memori dan baterai dengan daya yang rendah.

14. Alarm Clock: Stopwatch & Timer

alarm clock stopwatch timer

Tak tanggung-tanggung, aplikasi alarm besutan AVG Labs ini sudah di unduh oleh lebih dari 50 juta kali lho.

Tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya, mengingat aplikasi yang satu ini menyediakan beragam fitur menarik yang akan membantu kamu untuk bangun tidur dengan tepat waktu.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah fitur untuk menghindari penundaan alarm yang berlebihan, jika kamu sering menunda-nunda alarm, dengan aplikasi ini kamu tidak perlu khawatir kebablasan.

Selain itu Alarm Clock juga menyediakan tantangan soal matematika, dimana untuk menghentikan alarm kamu harus menyelesaikan soal tersebut.

15. Simple Alarm Clock Free

simple alarm clock free

Sesuai dengan namanya aplikasi alarm yang terakhir ini menyuguhkan tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Nada dering alarm yang ada di aplikasi ini juga tidak akan membuatmu kaget saat tidur, karena volume suara dering alarm akan dimulai dari yang paling rendah hingga yang tertinggi.

Meskipun sederhana, aplikasi berukuran 2,7 Mb ini sudah di unduh oleh lebih dari 1 juta kali lho.

Baca juga:

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi alarm terbaik paling ampuh untuk membangungkan kamu dari tidur, tentunya setiap aplikasi punya keunikan dan cara kerja tersendiri.

Kamu bisa memilih salah satu aplikasi di atas yang sesuai dengan kebutuhan. Sebetulnya masih ada beberapa aplikasi yang tidak Sipitek masukkan.

Akan tetapi aplikasi di atas saya rasa sudah cukup untuk membantu kamu bangun tidur dengan tepat waktu. Jadi yang mana nih yang akan kamu pakai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here