Aplikasi scanner android

Zaman sekarang hampir semua aktivitas perkantoran dikerjakan secara digital karena selain dapat mempercepat pekerjaan kita juga bisa lebih banyak menghemat waktu dan biaya.

Akan tetapi tentu saja ada beberapa masalah yang seringkali dialami oleh mereka terutama yang sering mengirim dokumen secara digital melalui email.

Misalnya ketika Anda ingin melamar kerja melalui email tentu saja semua dokumen yang dibutuhkan harus di scan terlebih dahulu agar menjadi dokumen digital kemudian dilampirkan ke dalam surat elektronik.

Dulu untuk mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital kita memerlukan mesin scanner yang biasa kita ditemui di warung foto copy.

Akan tetapi sekarang ini Anda tidak perlu ribet pergi ke warung foto copy hanya untuk mengubah dokumen fisik menjadi digital karena sekarang ini ada banyak sekali aplikasi scanner yang bisa Anda pasang di smartphone Android.

Tentu saja selain dapat menghemat waktu Anda juga bisa menghemat biaya karena Anda bisa memindai dokumen kapan saja dan di mana saja.

Namun karena banyak sekali aplikasi scanner Android yang bisa digunakan terkadang kita kebingungan memilih aplikasi yang scanner yang tepat.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan memberikan rekomendasi aplikasi scanner Android terbaik beserta ulasannya sehingga Anda bisa memilih aplikasi scanner yang tepat.

Mulai sekarang Anda tidak perlu lagi pergi ke warung foto copy ketika ingin mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital.

Jangan sampai pekerjaan Anda terhambat hanya karena malas pergi ke warung foto copy.

Aplikasi Scanner Android Terbaik

Selain bisa Anda gunakan untuk memindai dokumen aplikasi scanner juga punya fitur tambahan lainnya yang bisa membantu mempercepat pekerjaan Anda.

Tentu saja setiap aplikasi punya fitur tambahan yang berbeda-beda, oleh karena itu ada baiknya sebelum Anda memilih salah satu aplikasi scanner baca terlebih dahulu masing-masing ulasannya supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini daftar aplikasi scanner Android terbaik menurut Sipitek:

1. CamScanner – Phone PDF Creator

CamScanner

Aplikasi yang dikembangkan oleh INTSIG Information Co,.Ltd ini merupakan aplikasi scanner nomor 1 di dunia yang telah dipasang dilebih dari 350 juta perangkat yang ada di dunia, bahkan setiap harinya tercatat ada lebih dari 10 ribu pendaftar baru.

Berkat kecanggihannya CamScanner juga telah di ulas oleh media ternama seperti CNET dan Makeuseof.

Tidak heran jika CamScanner mendapatkan berbagai penghargaan mengingat fitur yang di hadirkan pada aplikasi ini memang cukup lengkap dan banyak membantu pengguna tidak hanya memindai dokumen saja.

Dengan menggunakan CamScanner Anda bisa memindai berbagai macam jenis dokumen mulai dari faktur, kartu nama, sertifikat, KTP dan dokumen lainnya.

Aplikasi yang telah di unduh oleh 100 juta pengguna di Play Store ini juga dilengkapi dengan fitur Auto Cropping dan Auto Enhancing yang dapat membuat kualitas hasil scan jadi terlihat lebih jelas dan tajam. Anda bisa menyimpan hasil scan dalam format PDF dan JPEG.

CamScanner bisa Anda gunakan secara gratis namun jika ingin menggunakan fitur unggulan seperti fitur OCR Anda harus menjadi pelanggan berbayar, Anda bisa menjadi pelanggan premium dengan membayar $ 4,9 per bulan atau $ 49,99 per tahun.

Kalau Anda tertarik untuk mencoba aplikasi yang satu ini namun tidak tahu cara menggunakannya silahkan baca panduan scan dokumen menggunakan CamScanner.

Download : CamScanner di Play Store

2. Evernote

Evernote

Evernote sebetulnya bukanlah aplikasi yang dikhususkan untuk memindai dokumen menjadi digital akan tetapi aplikasi ini lebih di khusukan untuk menyimpan berbagai macam jenis catatan mulai dari catatan kantor atau pekerjaan hingga catatan pribadi.

Meskipun demikian aplikasi yang dikembangkan oleh Evernote Corporation ini juga memiliki fitur scanner yang bisa Anda gunakan untuk memindai dokumen.

Jika Anda menginginkan hasil scan bisa di akses oleh rekan kerja atau teman-teman Anda mungkin aplikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena semua data yang Anda simpan di Evernote bisa disinkronisasi dengan perangkat lain yang juga menggunakan aplikasi Evernote.

Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store ini bisa Anda download secara gratis, namun ada juga fitur premium yang hanya bisa digunakan untuk pelanggan berbayar saja.

Download : Evernote di Play Store

3. Office Lens

Office Lens

Siapa sih yang tak kenal dengan Microsoft? bagi Anda yang sering menggunakan perangkat komputer pasti tau dengan perusahaan yang satu ini

Microsoft merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang mengembangkan sistem operasi Windows, akan tetapi nyatanya Microsoft tidak hanya mengembangkan sistem operasi komputer saja namun ia juga mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi mulai dari aplikasi PC hingga Android.

Salah satu aplikasi Android yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang cukup populer adalah aplikasi Office Lens ini.

Office Lens disebut-sebut sebagai aplikasi terbaik pada tahun 2015, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa memindai dokumen dan mengubahnya menjadi file Word (.docx), Power Point (.pptx) dan PDF (.pdf).

Anda juga bisa menyimpan hasil scan ke OneNote dan OneDrive melalui fitur yang telah di sediakan di aplikasi yang telah di unduh oleh 10 juta pengguna di Play Store ini.

Office Lens juga sudah dilengkapi dengan fitur OCR yang dapat mengenali setiap tulisan pada gambar hasil scan Anda, sehingga Anda bisa mencari dokumen berdasarkan kata tertentu dengan mudah melalui fitur pencarian.

Download : Office Lens di Play Store

4. Tiny Scanner – PDF Scanner App

Tiny Scanner

Lagi nyari aplikasi scanner yang ringan? mungkin Tiny Scanner bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Appxy ini memang punya desain antarmuka yang sederhana sehingga tidak heran jika aplikasi ini cukup ringan.

Namun Tiny Scanner juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang dapat membuat kualitas hasil scan menjadi lebih baik.

Dengan menggunakan Tiny Scanner Anda bisa mengubah warna dokumen menjadi grayscale maupun hitam putih, Anda juga bisa mengatur tingkat kontras warna untuk mendapatkan hasil terbaik ada 5 tingkatan yang bisa Anda gunakan.

Melalui aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini Anda juga bisa mengatur ukuran halaman PDF mulai dari ukuran Letter, Legal, A4 dan lainnya.

Tiny Scanner bisa Anda gunakan di ponsel dan tablet Android secara gratis.

Download : Tiny Scanner di Play Store

5. Adobe Scan: PDF Scanner, OCR

Adobe Scan

Adobe memang lebih dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan aplikasi multimedia atau aplikasi edit foto untuk perangkat Android ataupun PC.

Akan tetapi nyatanya Adobe juga mengembangkan aplikasi canggih lain yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah salah satunya adalah aplikasi bernama Adobe Scan.

Dengan menggunakan Adobe Scan Anda bisa memindai berbagai macam jenis dokumen mulai dari kuitansi, catatan, gambar, dokumen, kartu nama, hingga catatan yang ada di papan tulis.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat mendeteksi secara otomatis batas dokumen, mempertajam warna dan mengenali teks yang ada pada gambar hasil scan.

Namun jika kualitas warna yang dihasilkan secara otomatis kurang memuaskan Anda juga bisa menyesuaikannya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Berkat fitur OCR yang tertanam di aplikasi ini Anda juga bisa menyalin teks dokumen untuk membuat dokumen baru dengan data yang berbeda.

Anda bisa mendownload aplikasi scan dari adobe ini secara gratis.

Download : Adobe Scan di Play Store

6. Fast Scanner

Fast Scanner

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh CoolMobileSolution ini dioptimalkan untuk Anda yang ingin bekerja secara cepat namun tetap dengan kualitas terbaik.

Sama seperti aplikasi sebelumnya Fast Scanner bisa Anda gunakan untuk memindai berbagai macam jenis dokumen mulai dari tanda terima, catatan, kartu nama, faktur dan lainnya. Anda bisa menyimpan hasil scan dalam format PDF ataupun JPG.

Selain cocok digunakan untuk Anda yang mengandalkan kecepatan aplikasi ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin memindai banyak dokumen. Semua fitur yang ada di aplikasi Fast Scanner bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis.

Download : Fast Scanner di Play Store

7. Simple Scan – Free PDF Scanner App

Simple Scan

Simple Scan merupakan aplikasi scanner yang dikembangkan oleh Easy Inc. yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta orang di Play Store dan mendapatkan rating yang cukup baik.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup sederhana sehingga jika Anda tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini mungkin tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya.

Simple Scan punya beberapa fitur yang cukup menarik yang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis salah satunya adalah fitur OCR yang dapat mengenali teks yang ada pada gambar dokumen hasil scan.

Selain itu Anda juga bisa berbagi gambar atau file PDF hasil scan dengan berbagai cara mulai dari melalui Email, Google Drive, Dropbox bahkan melalui jaringan Wi-Fi.

Simple Scan dapat berjalan dengan baik di Android versi 3.0 atau yang lebih tinggi.

Download : Simple Scan di Play Store

8. Clear Scanner: Free PDF Scans

Clear Scanner

Clear scanner dioptimalkan untuk Anda yang ingin bekerja cepat ketika memindai dokumen. Anda bisa menyimpan hasil scan dalam format PDF dan JPEG.

Gambar hasil scan yang dihasilkan aplikasi ini juga tidak bisa diragukan lagi karena aplikasi ini akan otomatis menyesuaikan menjadi gambar atau file PDF dengan kualitas tinggi.

Tidak perlu khawatir objek lain terbawa ketika Anda melakukan scanning karena aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu mendeteksi bagian dokumen.

Anda bisa berbagi file hasil scan melalui email, Google Drive, Dropbox, OneDrive dan lainnya. Sesuai namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh Indy Mobile App ini bisa Anda gunakan secara gratis.

Download : Clear Scanner di Play Store

9. Image Scanner

Image Scanner

Image Scanner merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Accountstudio yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta orang di Play Store.

Aplikasi ini punya tampilan antarmuka yang cukup sederhana namun punya fitur yang cukup beragam.

Salah satu fitur unggulan yang ada di Image Scanner adalah fitur Auto Edge Detection yang dapat mendeteksi batas dokumen secara otomatis.

Selain itu tersedia juga fitur yang dapat mengoptimalkan gambar hasil scan memiliki kualitas tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir gambar buram atau tidak terlihat jelas.

Image Scanner bisa berjalan dengan baik di Android 4.0 atau versi yang lebih tinggi.

Download : Image Scanner di Play Store

10. My Scans – Best PDF Scanner

My Scans

My Scans merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh The App Studio yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta orang di Play Store.

Anda bisa menggunakan My Scans untuk memindai berbagai macam jenis dokumen mulai dari faktur, surat, kartu nama, sertifikat dan lainnya. Anda bisa mengubah file hasil scan menjadi file gambar maupun file PDF.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang mampu mendeteksi tepi dokumen sehingga Anda tidak perlu khawatir objek lain terbawa ketika melakukan scanning.

Salah satu fitur yang membedakan My Scans dengan aplikasi scanner lainnya adalah di My Scans tersedia fitur untuk membuat dokumen PDF sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi lain jika ingin membuat PDF.

Download : My Scans di Play Store

11. Genius Scan – PDF Scanner

Genius Scan

Genius Scan mengkalim telah digunakan oleh lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia dan telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai aplikasi produktivitas.

Tidak heran jika aplikasi ini telah mendapatkan banyak penghargaan karena memang punya fitur yang cukup menarik dan sangat membantu penggunannya.

Sesuai namanya, Genius Scan punya beberapa fitur genius yang mampu memberikan kualitas gambar hasil scan berkualitas tinggi mulai dari koreksi perspektif hingga image post-processing.

Tidak bisa dipungkiri ketika kita melakukan scanning terkadang ada bagian yang tidak sempurna seperti pencahayaan yang kurang hingga ada objek lain yang ikut terbawa.

Dengan Genius Scan Anda tidak perlu khawatir soal itu karena aplikasi besutan The Grizzly Labs ini akan menyempurnakannya secara otomatis.

Anda bisa mengubah hasil scan menjadi file JPEG maupun PDF dan mengirimnya melalui email ataupun lewat FTP.

Anda juga bisa memberikan tag di setiap file hasil scan agar bisa lebih mudah ditemukan, fitur ini bisa sangat membantu Anda jika memang Anda punya banyak file hasil scan.

Genius Scan bisa Anda gunakan secara gratis namun ada juga fitur premium bernama Genius Scan+ yang terintegrasi dengan penyimpanan cloud seperti Dropbox dan yang lainnya.

Download : Genius Scan di Play Store

12. Text Fairy (OCR Text Scanner)

Text Fairy

Sesuai dengan namanya fungsi utama Text Fairy adalah untuk mengubah gambar menjadi teks, namun aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengubah gambar hasil scan menjadi PDF.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan copy paste tulisan dari buka menjadi teks, dengan menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu menulis ulang teks yang ada di buku.

Tugas Anda hanya memindai teks yang ada di buku atau dokumen lain nanti secara otomatis aplikasi ini akan mengenali setiap huruf yang ada di gambar tersebut hingga bisa Anda copy.

Tidak hanya itu saja aplikasi yang dikembangkan oleh Renard Wellnitz ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis bahkan tanpa iklan, sehingga Anda bisa leluasa ketika menggunakannya.

Download : Text Fairy di Play Store

13. Scanbot – PDF Document Scanner

Scanbot

Scanbot merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh doo GmbH aplikasi ini punya tampilan yang cukup elegan namun sederhana dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan Scanbot Anda hanya tinggal mengarahkan dan memotret dokumen yang ingin di pindai selanjutnya aplikasi ini akan menyesuaikannya secara otomatis mulai dari memotong bagian yang tidak diperlukan hingga mengoptimalkan warna gambar.

Namun jika dirasa warna yang dihasilkan kurang bagus Anda bisa menyesuaikannya melalui fitur Magic Color untuk mendapatkan hasil scan terbaik. Anda bisa menyimpan hasil scan dalam format JPG dan PDF.

Selain bisa digunakan untuk memindai dokumen aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memindai QR Kode dan Bar Kode lho.

Tidak heran jika Scanbot mengklaim telah digunakan oleh lebih dari 7 juta orang dan mendapatkan tingkat kepuasan hingga 98% mengingat aplikasi ini memang cukup bagus.

Download : Scanbot di Play Store

14. Docufy – Aplikasi Pemindai PDF

Docufy

Tampilan antarmuka aplikasi Docufy cukup bersih dan intuitif sehingga Anda bisa menggunakannya dengan nyaman bahkan tanpa iklan.

Dengan menggunakan Docufy Anda bisa mengatur warna gambar dokumen hasil scan mulai dari kontras kecerahan gambar melalui fitur Image Effects yang tersedia di aplikasi ini.

Aplikasi besutan Softxpert Inc ini juga dilengkapi dengan fitur pendeteksi tepi dokumen, pemotong, dan pengubah ukuran. Anda bisa menyimpan hasil scan ke dalam format JPEG dan PDF.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur berbagi file melalui fax, email, cloud, Skype dan lainnya.

Download : Docufy di Play Store

15. PrimeScanner – PDF Scanner

Prime Scanner

PrimeScanner merupakan aplikasi scanner gratis yang punya fitur premium seperti fitur premium yang ada di aplikasi lainnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memindai banyak dokumen tanpa batas, selain itu gambar hasil scan juga punya kualitas yang cukup baik Anda bisa menyimpan file hasil scan ke dalam format JPG dan PDF.

Selain itu aplikasi ini telah dilengkapi dengan fiur OCR yang dapat mengenali teks pada gambar yang di scan.

Download : PrimeScanner di Play Store

Penutup

Itulah daftar aplikasi scanner Android terbaik yang bisa Anda gunakan untuk men-scan dokumen, tentunya setiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan pilih salah satu aplikasi di atas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam menentukan aplikasi scanner yang akan Anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here