aplikasi edit PDF

PDF merupakan format dokumen yang biasa digunakan dalam dunia bisnis, selain lebih fleksibel format file yang dikembangkan oleh Adobe Systems ini juga dapat dibuka di berbagai perangkat. Akan tetapi untuk mengedit data yang ada di dalamnya kita memerlukan aplikasi edit PDF khusus.

Namun tidak bisa dipungkiri, sebagian besar aplikasi editor PDF juga dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, meskipun demikian Anda juga tak perlu khawatir karena ada juga beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis yang cocok untuk pengguna rumahan.

Anda tak perlu ribet mencari sendiri karena di sini Sipitek telah mengumpulkan beberapa aplikasi edit PDF gratis terbaik untuk PC Windows, Android hingga aplikasi berbasis situs yang bisa diakses secara online tanpa ribet menginstal aplikasi.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, nah supaya Anda bisa memilih aplikasi edit PDF yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

Aplikasi Edit PDF untuk PC Windows

Ada banyak aplikasi edit PDF yang bisa Anda gunakan di PC Windows, namun sebagian besar aplikasi dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Nah berikut ini beberapa aplikasi edit PDF gratis terbaik yang Sipitek rekomendasikan untuk pengguna PC atau laptop Windows.

1. Adobe Acrobat DC

Adobe Acrobat DC

Adobe Acrobat DC merupakan aplikasi edit PDF yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat file PDF, yaitu Adobe System. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengelola file PDF kebutuhan bisnis mulai dari skala kecil hingga besar.

Pasalnya, Adobe Acrobat DC memang memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, namun Anda tetap bisa menggunakannya secara gratis dengan memanfaatkan masa uji coba dengan fitur terbatas, meskipun demikian untuk pengguna rumahan tentunya sudah lebih dari cukup.

Dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat DC, Anda dapat mengedit file PDF, menandatangani, mengkonversi PDF, membuat PDF, mencetak PDF, menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dan lain sebagainya.

2. PDFelement

PDFelement

Lagi nyari aplikasi edit PDF gratis yang sederhana, cepat dan mudah digunakan? PDFelement bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Wondershare ini memang dikemas dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga Anda tak perlu khawatir kesulitan ketika pertama kali menggunakannya.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, PDFelement juga menyediakan versi berbayar yang hadir dengan banyak fitur dan versi gratis dengan fitur terbatas.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengedit file PDF, membuat formulir, mengkonversi format file dokumen lain ke PDF, menambahkan tanda tangan, hingga menambahkan kata sandi ke dalam file PDF untuk melindungi dokumen dari penyalinan, perubahan dan pencetakan tanpa izin.

3. Nitro Pro

Nitro Pro

Kalau Anda sering mengkonversi file PDF ke Word, Excel, PowerPoint atau sebaliknya, Nitro Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk mengedit PDF, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur konversi dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi, Nitro Pro dapat mempertahankan tata letak, warna dan font sesuai dengan file aslinya.

Selain itu, aplikasi ini juga hadir dengan fitur menarik lainnya yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola file PDF, mulai dari fitur untuk membuat file PDF, fitur untuk menggabungkan PDF, menambahkan anotasi, menambahkan tanda tangan hingga fitur untuk melindungi dokumen dengan kata sandi.

4. Foxit PhantomPDF

Foxit PhantomPDF

Kalau Anda ingin mengedit PDF dengan rapi tanpa khawatir tata letak berantakan, Foxit PhantomPDF merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi dibekali dengan fitur editor canggih yang dapat mempertahankan tata letak dokumen.

Tidak hanya menghapus atau menambahkan teks saja, dengan Foxit PhantomPDF, Anda juga bisa mengubah jenis font, ukuran, dan efek sesuai dengan keinginan Anda.

Menariknya lagi, anda juga bisa mengkostumisasi tampilan PDF sesuai dengan keinginan, termasuk menambahkan prangko, tanda air, header, footer hingga latar belakang dokumen.

5. AbleWord

AbleWord

Lagi nyari aplikasi edit PDF untuk PC atau laptop Windows yang bisa digunakan sepenuhnya secara gratis? AbleWord merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, semua fitur yang disuguhkan di dalam aplikasi ini memang bisa digunakan secara gratis tanpa biaya sepeser pun.

Selain bisa digunakan untuk mengedit PDF, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur untuk mengkonversi file PDF ke Word. AbleWord juga mendukung beragam format, termasuk format PDF, doc, docx, txt, rtf dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga hadir dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif mirip seperti Microsoft Word, sehingga Anda juga tidak akan kesulitan ketika pertama kali menggunakannya.

Aplikasi Edit PDF untuk Android

Ingin mengedit file PDF tapi tidak punya laptop atau PC? Tak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak aplikasi edit PDF gratis yang dirancang untuk pengguna Android.

Berikut ini beberapa aplikasi edit PDF gratis terbaik yang Sipitek rekomendasikan untuk para pengguna Android.

1. Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor

Dari banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store, Xodo PDF Reader & Editor merupakan aplikasi edit PDF dengan rating tertinggi di Google Play Store, pasalnya aplikasi besutan Xodo Technologies Inc ini berhasil mendapatkan rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,8.

Tak heran jika aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini sangat disukai oleh para pengguna Android, selain hadir dengan fitur yang lengkap aplikasi ini juga bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis.

Dengan Xodo PDF Reader & Editor, Anda dapat mengedit PDF, menambahkan objek, mengatur orientasi halaman, menambahkan anotasi, mengisi formulir dan lain sebagainya. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat disinkronkan dengan layanan penyimpanan awan Google Drive, Dropbox dan OneDrive.

2. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Tak mau kalah dengan para pengembang aplikasi yang lainnya, perusahaan pembuat format file PDF, Adobe System juga punya aplikasi edit PDF yang bisa digunakan secara gratis di Android yaitu Adobe Acrobat Reader.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini menyuguhkan fitur yang cukup lengkap, mulai dari fitur untuk mengedit PDF, mencetak file PDF, menambahkan anotasi, menambahkan tanda tangan, mengkonversi PDF ke format dokumen yang lain dan lain sebagainya.

3. Foxit PDF Reader Mobile

Foxit PDF Reader Mobile

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Foxit PDF Reader Mobile hadir menyuguhkan teknologi terdepan bernama ConnectePDF, dengan adanya teknologi yang satu ini Anda dapat berkolaborasi dengan nyaman dengan orang lain untuk mengelola file PDF.

Selain itu, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga menawarkan fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola PDF, mulai dari fitur untuk mengekspor PDF, mengedit file PDF, melindungi file PDF, mengkonversi file PDF, mengisi formulir PDF dan lain sebagainya.

4. WPS Office

WPS Office

Kalau Anda sering mengelola dokumen melalui ponsel Android, pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Yap, WPS Office merupakan aplikasi yang menyuguhkan beragam fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola dokumen termasuk, mengedit, membuat, hingga mengkonversi file.

Aplikasi yang dikembangkan Kingsoft Office Software Corporation Limited ini juga mendukung beragam format dokumen, termasuk format dokumen PDF, Word, PowerPoint, Excel, Txt dan lain sebagainya.

Meskipun punya banyak fitur, Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena WPS Office sangatlah ringan, bahkan ukurannya saja tidak lebih dari 37 MB lho.

5. OfficeSuite + PDF Editor

OfficeSuite + PDF Editor

Mirip seperti aplikasi sebelumnya, OfficeSuite + PDF Editor juga menyuguhkan fitur untuk membuat, mengedit dan melihat beragam jenis dokumen, mulai dari dokumen Word, Excel, PowerPoint, PDF dan lain sebagainya.

Akan tetapi aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini menyediakan layanan penyimpanan awan gratis berkapasitas 5 GB. Selain itu, Anda juga dapat berbagi dokumen dengan orang lain melalui layanan penyimpanan awan Box, DropBox, Google Drive, OneDrive dan lain sebagainya.

Aplikasi Edit PDF Online

Ingin mengedit PDF tapi tak mau ribet menginstal aplikasi? Tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak aplikasi edit PDF berbasis situs yang bisa diakses secara online menggunakan browser PC maupun Android.

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi edit PDF berbasis situs yang dapat diakses secara online menggunakan browser Android maupun PC:

1. Sejda

Sejda

Situs pertama yang Sipitek rekomendasikan adalah Sejda, situs ini hadir dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, untuk mengedit teks yang ada di dalam dokumen PDF juga sangat mudah seperti halnya mengedit dokumen di Microsoft Word, Anda dapat menghapus teks tertentu dan menggantinya dengan teks yang lain.

Selain itu, Sejda juga dibekali dengan beragam fitur menarik lainnya yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola file PDF, mulai dari fitur untuk menambahkan tautan, formulir, gambar, tandatangan, penghapus hingga fitur find dan replace.

Anda dapat menggunakan situs ini secara gratis, namun pengguna hanya bisa mengedit dokumen yang berisi maksimal 200 halaman atau berukuran di bawah 50 MB.

2. Soda PDF

Soda PDF

Lagi nyari aplikasi edit PDF online gratis yang punya banyak fitur? Soda PDF merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, selain bisa digunakan untuk mengedit PDF, situs ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengkonversi PDF ke format dokumen yang lainnya termasuk Word, PowerPoint dan Excel.

Selain itu, melalui situs Soda PDF, Anda juga mengatur orientasi halaman, memisahkan halaman, menggabungkan halaman hingga menambahkan tandatangan ke dalam halaman. Menariknya lagi, jenis font, ukuran dan warna juga dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda.

3. Smallpdf

Smallpdf

Berbeda dengan situs sebelumnya, alat untuk mengedit PDF yang tersedia di situs Smallpdf sangatlah terbatas, melalui situs ini Anda hanya bisa menambahkan teks, menambahkan gambar, dan menambahkan bentuk saja.

Akan tetapi situs ini tidak dibatasi dengan ukuran dan jumlah halaman, sehingga sangat cocok untuk pengguna yang ingin mengedit file PDF berukuran besar dan punya banyak halaman.

4. PDF Pro

PDF Pro

Sama seperti aplikasi sebelumnya, PDF Pro tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit dokumen PDF saja, akan tetapi situs ini juga bisa digunakan untuk menambahkan dan menghapus teks, menambahkan gambar, tanda tangan, menggabungkan dan memisahkan file PDF hingga mengatur orientasi halaman PDF.

Selain itu, situs ini juga dibekali dengan fitur untuk mengkonversi PDF ke format dokumen yang lainnya termasuk Word, Excel, PowerPoint dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga dapat menambahkan atau menghapus kata sandi melalui situs ini.

5. PDFescape

PDFescape

Situs yang terakhir yang Sipitek rekomendasikan adalah PDFescape, melalui situs ini Anda dapat menambahkan teks, gambar, tautan, objek, mengatur orientasi halaman, menambahkan anotasi dan lain sebagainya.

Akan tetapi untuk versi gratis hanya bisa digunakan untuk mengedit PDF yang berisi kurang dari 100 halaman dan berukuran tidak lebih dari 10 MB.

Itulah deretan aplikasi edit PDF gratis terbaik untuk PC atau laptop Windows, Android maupun aplikasi berbasis situs yang dapat diakses secara online tanpa ribet menginstal aplikasi. Aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here