Tips & Trik

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email dari Awal hingga Siap Kirim

cara membuat lamaran kerja via email

Sebetulnya untuk membuat lamaran kerja via email itu sangat lah mudah namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada beberapa orang yang merasa kesulitan, terlebih jika mereka tidak akrab dengan perangkat komputer jadi tidak heran jika hal ini menjadi sulit.

Nyari panduan di internet tidak ada satu artikel pun yang mengupas panduannya dengan lengkap, tak jarang para pencari kerja rela membeli kepada jasa pembuatan lamaran kerja.

Setelah mengikuti panduan ini anda tak perlu meminta bantuan kepada teman atau penyedia jasa karena saya akan mengupasnya secara tuntas dari awal hingga lamaran siap anda kirim ke berbagai perusahaan, tidak menutup kemungkinan setelah anda mengikuti panduan ini anda malah bisa menjual jasa pembuatan lamaran  pada orang lain.

Dulu pada saat teknologi masih jadul para pencari kerja mau tidak mau harus membuat lamaran tulis tidak hanya menguras banyak tenaga, namun juga menguras kantong karena kita perlu memfotocopy semua berkas lamaran.

Meskipun masih terbilang murah jika kita belum diberi kesempatan kerja dan terus menerus melamar kesana kemari tentu saja kantong akan merasa terkuras.

Tetapi saat ini teknologi semakin berkembang kita bisa melamar kerja melalui email yang lebih murah dan lebih cepat meskipun masih banyak perusahaan yang menginginkan lamaran nyata (bukan email).

Selain itu apabila anda membuat lamaran yang digunakan untuk mengirim lamaran lewat email selagi ada kuota internet kita bisa mengirim lamaran kapan saja dan dimana saja asalkan anda tau alamat email PT yang anda tuju.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email?

Untuk membuatnya anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu antara lain:

  • Komputer yang telah terpasang software Microsoft Office
  • Akses internet
  • Scan berkas lamaran

Bagi anda yang tidak memiliki perangkat komputer atau laptop bisa menyewa layanan warnet terlebih dahulu satu jam saja sudah cukup.

Sebetulnya anda juga bisa membuatnya di perangkat smartphone android menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di Playstore tetapi akan lebih ribet karena kita tidak leluasa pada saat proses pengeditannya nanti.

Pilihlah komputer yang sudah terpasang aplikasi Microsoft Office karena nanti kita akan menulis lamaran melalui aplikasi ini.

Untuk scan berkas lamaran jika ingin lebih hemat bisa menggunakan aplikasi CamScanner yang bisa di unduh di Playstore, hasilnya scan juga tidak kalah bagus dengan menggunakan alat scan di tukang fotocopy tergantung dengan kamera ponsel yang anda gunakan.

Jika semuanya sudah siap silahkan buka aplikasi Microsoft Word, kita mulai cara pembuatannya mulai dari halaman pertama.

Halaman 1: Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja email penulisannya tidak jauh beda dengan surat lamaran kerja yang nyata, tetapi anda juga bisa menyesuaikan dengan posisi yang anda lamaran misalnya jika posisi yang di lamaran posisi desain grafis surat lamaran bisa anda desain bergaya lebih modern dengan dihiasi skill grafis.

Tetapi apabila posisi yang dilamar posisi bawah misalnya operator produksi cukup dengan yang sederhana saja tidak perlu banyak pernak-pernik yang penting bisa dibaca jelas oleh pihak perusahaan, seperti gambar dibawah ini contohnya. Singkat, padat, jelas, dan nggak bertele-tele.

surat lamaran kerja

Anda bisa mencontoh lamaran kerja diatas, ini ditulis pada halaman pertama Microsoft Word. Ada sembilan berkas yang anda lampirkan nanti dihalaman akhir berkas-berkas tersebut merupaka berkas yang telah anda scan sebelumnya, anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau bisa juga disesuaikan dengan persyaratan yang telah ditentukan perusahaan.

Jangan terlalu banyak melampirkan berkas karena nantinya akan membuat ukuran file pdf lamaran kerja anda menjadi besar, lampirkan saja syarat-syarat yang dibutuhkan bila perlu lampirkan juga sertifikat-sertifikat penting yang anda punya.

Perusahaan biasanya menginginkan lamaran yang ukurannya dibawah 300kb. Lho kan bisa dikompres?

Memang bisa, bahkan meskipun anda melampirkan 30 berkas sekalipun bisa ditekan ukurannya menjadi 100kb. Tapi, lamaran anda nantinya menjadi buram dan sulit dibaca, percuma kan? Terutama pada bagian nilai yang tertera pada bagian SKHU atau Ijazah biasanya pada bagian tersebut akan lebih buram.

Apakah bisa dikompres tanpa mengurangi kualitas gambar pada lamaran?

Tidak, karena semua alat kompres itu menekan kualitas warna yang ada pada lamaran anda. Jadi, jika ingin ukuran lamaran anda kecil jangan terlalu banyak melampirkan berkas.

Halaman 2: Daftar Riwayat Hidup atau CV

Pada halaman kedua buatlah daftar riwayat hidup mulai dari data pribadi, pendidikan formal hingga pengalaman kerja jika anda pernah bekerja sebelumnya di perusahaan.

daftar riwayat hidup

Isi pendidikan formal sesuai dengan pendidikan yang pernah anda ikuti sertakan juga tahun lulusnya. Tambahkan juga pas foto di pojok kanan atas gunakan foto yang rapi bila perlu gunakan jas pada saat membuat pas foto agar terlihat lebih profesional, apabila tidak punya jas silahkan simak panduan mengganti baju dengan jas menggunakan photoshop.

Halaman 3 dan Seterusnya: Lampiran Berkas Lamaran

Pada halaman 3 dan seterusnya lampirkan berkas lamaran hasil scan sebelumnya diurutkan mulai dari berkas berukuran kecil hingga yang besar seperti gambar dibawah ini.

Lampirkan semuanya sesuai dengan yang terpampang pada surat lamaran kerja yang anda tulis pada halaman pertama.

lampiran berkas lamaran

Apabila semuanya sudah dilampirkan silahkan simpan kedalam format pdf, pada saat melakukan proses penyimpanan maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah pada bagian Save as type ganti menjadi PDF lalu bagian Optimize for centang Minimum size (publishing online) agar ukurannya menjadi lebih kecil, terakhir pilih Save.

simpan ke PDF

Sekarang lamaran anda sudah jadi, tetapi ada beberapa langkah lagi yang perlu anda lakukan yaitu memperkecil ukuran pdf meskipun anda telah memilih fitur Minimum size itu tidak akan mengurangi ukurannya secara maksimal.

Anda harus memperkecilnya dibawah 300kb atau sesuai dengan ketentuan perusahaan bahkan anda bisa menekan ukuran pdf sesuka hati sesuai dengan ukuran yang anda tentukan silahkan baca panduan memperkecil ukuran pdf.

Langkah selanjutnya anda hanya tinggal mengirim file lamaran kerja ke perusahaan yang ingin dilamara.

Untuk artikel kali ini saya rasa sudah cukup jelas, apabila masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top