Aplikasi musik online atau streaming biasanya menjadi pilihan favorit para pengguna Android yang malas mendownload lagu secara manual. Meskipun aplikasi ini hanya bisa digunakan ketika terhubung ke internet saja, akan tetapi ada berbagai keunggulan yang bisa kita dapatkan.

Salah satunya adalah banyaknya koleksi musik yang bisa diputar, dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu khawatir musik favorit Anda tidak ada, karena sebagian besar musik populer bisa kita temukan.

Tidak hanya itu saja, ketika ingin mendengarkannya, Anda juga tak perlu ribet mengunduhnya terlebih dahulu, selain lebih praktis memori penyimpanan smartphone tentunya bisa lebih hemat.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya menawarkan keunggulan dan fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa aplikasi musik online gratis terbaik untuk smartphone Android. Supaya Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

20 Aplikasi Musik Online Terbaik di Android

1. Spotify

spotify

Bagi Anda yang suka memutar musik secara online pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, yap Spotify merupakan salah satu aplikasi pemutar musik yang paling banyak diunduh di Google Play Store, aplikasi yang dikembangkan oleh Spotify Ltd ini tercatat telah diunduh oleh lebih dari 500 juta kali.

Tak heran jika banyak orang yang menyukai aplikasi ini, pasalnya selain punya banyak koleksi lagu Spotify juga punya banyak koleksi podcast yang bisa Anda putar secara gratis.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga tidak akan ketinggalan update tentang musik-musik terbaru, karena aplikasi ini menyediakan fitur khusus yang dapat menampilkan musik terbaru.

Selain itu, Spotify juga menyediakan fitur playlist yang memungkinkan Anda untuk membuat daftar putar lagu favorit. Malas membuat playlist sendiri? Tak perlu khawatir karena Spotify menyiapkan daftar putar lagu yang sudah jadi dan siap untuk digunakan.

2. JOOX

joox

Kalau dilihat dari jumlah unduhannya memang lebih sedikit dari aplikasi sebelumnya, akan tetapi aplikasi pemutar musik yang diklaim menjadi nomor 1 di Indonesia ini juga tak kalah populer.

Dengan menggunakan JOOX, Anda dapat menikmati lima fitur menarik secara gratis, mulai dari mengakses lebih dari 50 saluran radio, rekomendasi playlist, karaoke, berbagi musik, dan live chat dengan artis.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent Mobility Limited ini juga menyediakan fitur untuk mengunduh musik, dengan adanya fitur ini pengguna tetap bisa memutar musik di mana saja dan kapan saja meskipun sedang offline.

3. SoundCloud

soundcloud

Lagi nyari aplikasi pemutar musik online yang gratis dan punya banyak koleksi lagu? SoundCloud merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu pusing memikirkan biaya berlangganan, karena semua musik yang ada di sini bisa Anda putar secara gratis.

Meskipun demikian, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini juga menyediakan banyak lagu entah itu dari artis pendatang baru maupun yang sudah populer. Melalui aplikasi ini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis musik seperti hip -hop, rock, jazz, elektronik, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Anda juga bisa mengikuti teman atau artis favorit untuk mendengarkan musik maupun audio yang mereka bagikan, bahkan Anda juga bisa mendownload lagu di SoundCloud secara gratis.

Akan tetapi banyak pengguna yang mengeluh karena kesulitan ketika login, jika Anda mengalami masalah yang sama, Anda bisa mengatasi dengan mudah menggunakan aplikasi VPN seperti Turbo VPN atau yang lainnya.

4. Shazam

Shazam

Shazam merupakan aplikasi pemutar musik yang cocok untuk Anda yang suka menemukan lagu-lagu yang enak didengarkan tapi tidak tau judul lagunya. Pasalnya, aplikasi besutan Apple Inc ini dibekali dengan fitur pencari judul lagu yang cukup handal dan akurat, kerennya lagi fitur ini bisa Anda gunakan secara offline.

Meskipun demikian, aplikasi yang bisa Anda gunakan secara gratis ini juga punya banyak koleksi musik dan video. Dengan menggunakan Shazam, Anda juga tak hanya bisa mendengarkannya saja, akan tetapi Anda juga bisa ikut bernyanyi ria meskipun tidak tau liriknya, karena aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menampilkan lirik lagu.

Dengan Shazam, Anda juga tak perlu khawatir kurang update tentang lagu-lagu terbaru, karena aplikasi ini akan merekomendasikan musik-musik terbaru untuk Anda.

5. SoundHound

SoundHound

Sama seperti aplikasi sebelumnya, SoundHound juga lebih sering dijadikan sebagai aplikasi pencari judul lagu, akan tetapi aplikasi besutan SoundHound Inc ini juga menyediakan banyak koleksi lagu yang bisa Anda putar secara gratis.

Jadi ketika judul lagu berhasil ditemukan, aplikasi ini akan menyuguhkan lagu dan video utuh beserta liriknya secara real-time, sehingga Anda juga bisa mendengarkannya secara langsung tanpa harus mencarinya melalui aplikasi lain.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini juga menyediakan beberapa fitur menarik yang dapat memudahkan Anda ketika mencari dan memutar musik, mulai dari fitur yang menampilkan artis dan lagu yang sedang naik daun di belahan dunia, lagu paling populer, lagu favorit, dan lain sebagainya.

6. Deezer Music Player

deezer

Jika Anda mencari aplikasi musik online yang menyediakan kualitas suara yang mumpuni, maka Deezer Music Player bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Deezer Mobile ini menyediakan lebih dari 53 juta lagu yang dikemas dengan kualitas suara superior (320 kBps).

Selain unggul dari kualitas suara, Deezer Music Player juga punya fitur rekomendasi lagu yang cukup pintar, dimana fitur ini nantinya dapat merekomendasikan lagu-lagu yang sesuai dengan selera Anda.

Jika Anda ingin menikmati lebih banyak fitur dan bebas iklan, Anda bisa menggunakan Deezer Premium. Tertarik untuk berlangganan tapi ragu? Tak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba Deezer Premium secara gratis selama 30 hari.

7. Google Play Music

google play music

Tak mau kalah dengan pengembang aplikasi yang lainnya, Google juga punya aplikasi musik online yang bisa digunakan secara gratis yaitu Google Play Music. Selain musik, aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyaknya pilihan saluran radio.

Sama seperti aplikasi yang lainnya, Google Play Music juga menyediakan fiur gratis dan premium, untuk yang premium Anda bisa menikmati lebih banyak fitur, mulai dari fitur untuk mendengarkan musik secara offline, bebas iklan, dan lain sebagainya.

8. Lark Player

Lark Player

Lark Player merupakan aplikasi yang cocok untuk Anda yang suka mendengarkan musik di YouTube. Pasalnya, musik yang disediakan di dalam aplikasi ini memang bersumber dari YouTube, jadi jika musik favorit Anda ada di YouTube pasti Anda juga akan menemukannya di aplikasi ini.

Akan tetapi Lark Player menyediakan lebih banyak fitur yang dapat memberikan pengalaman terbaik ketika mendengarkan musik, mulai dari fitur pemutar musik floating, penampil lirik, sleep timer, dan lain sebagainya.

Fitur equalizer juga turut disematkan di dalam aplikasi ini, dengan adanya fitur ini Anda bisa mengatur kualitas suara musik sesuai dengan keinginan, akan tetapi jika Anda orang awam dan tidak tau cara mengaturnya, Anda juga bisa mendapatkan kualitas suara terbaik dengan menggunakan preset equalizer yang telah disediakan.

Tidak hanya itu saja, keunggulan lain dari Lark Player adalah kemampuannya yang dapat memutar musik meskipun layar smartphone mati, bahkan Anda juga bisa memutarnya sambil membuka aplikasi lain lho.

Dan yang gak kalah kerennya lagi, aplikasi gratis ini juga menyediakan fitur untuk mendownload musik maupun video supaya bisa didengarkan secara offline.

9. SongFlip

SongFlip

Lagi nyari aplikasi pemutar musik online yang ringan dan mudah digunakan? SongFlip merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengakses jutaan musik secara gratis.

Ada banyak genre musik yang bisa Anda temukan di dalam aplikasi ini, mulai dari hip-hop, mixtapes, EDM, elektronik, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat daftar putar lagu favorit sendiri sesuai dengan keinginan, sehingga ketika ingin memutarnya di lain waktu Anda tidak perlu ribet mencarinya lagi.

10. Stream

Stream

Sama seperti aplikasi sebelumnya, koleksi musik yang ada di aplikasi Stream juga bersumber dari YouTube. Selain bisa digunakan sepenuhnya secara gratis, aplikasi besutan MWM ini juga menyediakan beragam fitur menarik.

Mulai dari fitur floating yang bisa Anda gunakan untuk memutar musik sambil membuka aplikasi lain, membuat daftar putar, sleep timer dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Stream juga menyediakan berbagai pilihan tema menarik, sehingga Anda juga tidak akan mudah bosan ketika menggunakannya.

11. Musixmatch

musixmatch

Musixmatch juga lebih dikenal sebagai aplikasi pencari judul lagu, akan tetapi aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini menyediakan berbagai macam jenis lagu yang bisa Anda nikmati secara gratis.

Aplikasi pemutar musik online yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka karaoke, karena Musixmatch dibekali dengan berbagai fitur lirik, seperti floating lirik, terjemahan lirik, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menemukan lagu favorit menggunakan judul lagu, artis, atau potongan lirik lagu tersebut.

12. Apple Music

Apple Music

Sesuai dengan namanya, Apple Music merupakan aplikasi pemutar musik online yang dikembangkan oleh Apple Inc. Akan tetapi, Apple Music saat ini tidak hanya bisa digunakan di perangkat buatan Apple saja, namun Anda juga bisa menggunakan di Android.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini tidak hanya menyediakan konten musik saja, namun Anda bisa menikmati konten ekslusif seperti konser, film dokumenter tentang artis, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, meskipun berbayar aplikasi ini juga menawarkan masa percobaan untuk menikmati semua fitur premium yang tersedia secara gratis.

13. NCS Music

NCS Music

NCS Music merupakan aplikasi pemutar musik online yang menyediakan lagu bebas hak cipta, Anda dapat menggunakan musik yang ada di aplikasi ini untuk digunakan kembali di berbagai platform seperti Twitch, YouTube, dan lain sebagainya.

Lagu-lagu yang dibuat oleh NCS juga sering digunakan oleh YouTuber Indonesia sebagai musik latar belakangnya. Musik yang disuguhkan di dalam aplikasi ini juga cukup beragam, mulai dari musik EDM, dubstep, elektronik, trap, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, setelah aplikasi berhasil diunduh, Anda juga bisa langsung menggunakannya tanpa ribet melakukan pendaftaran atau membuat akun khusus terlebih dahulu.

14. Free Music – Unlimited Offline Music Download Free

Free Music

Sesuai dengan namanya, Free Music merupakan aplikasi musik online yang bisa Anda gunakan sepenuhnya secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Meskipun demikian koleksi lagu yang ada di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap.

Apabila musik favorit Anda ada di YouTube, Anda pasti menemukannya di dalam aplikasi ini, karena sebagian besar lagu yang disuguhkan di Free Music bersumber dari YouTube Music.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga tak perlu khawatir ketika kehabisan kuota, karena aplikasi besutan Free Music Player Creator ini bisa digunakan secara offline, akan tetapi tentunya Anda harus mengunduh musik atau videonya terlebih dahulu melalui fitur yang telah disediakan.

15. Langit Musik

langi tmusik

Langit Musik merupakan aplikasi pemutar musik online yang dikembangkan oleh developer dalam negeri. Jika Anda mencari aplikasi yang punya banyak koleksi lagu karya musisi Indonesia, maka aplikasi besutan MelOn Indonesia ini wajib Anda coba.

Sama seperti yang lain, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga menyediakan beragam fitur menarik yang dapat membawa Anda merasakan pengalaman bermusik yang menyenangkan.

Salah satunya adalah Modus Offline, dengan adanya fitur ini Anda bisa mendengarkan musik tanpa harus terhubung ke internet.

16. Gudang Lagu MP3 Gratis

Gudang Lagu Mp3 Gratis

Suka mendengarkan lagu-lagu indie? Gudang Lagu Mp3 Gratis merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan TT Studio New ini memang lebih banyak menyediakan lagu indie, entah itu lagu pop, lagu anak, dangdut, rap, koplo, dan lain sebagainya.

Meskipun gratis aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur yang dapat memanjakan pengguna ketika mendengarkan musik, terutama pengguna yang suka karaoke. Dengan menggunakan Gudang Lagu Mp3 Gratis, Anda bisa bernyanyi karaoke kapan saja dan dimana saja, bahkan ketika offline.

17. Tuneln

Tuneln

Tuneln bukan hanya sekedar aplikasi pemutar musik online, akan tetapi melalui aplikasi ini Anda juga bisa mendengarkan radio, prodcast, dan konten menarik lainnya.

Banyaknya koleksi saluran radio menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini, total ada lebih dari 100 ribu stasiun radio dari seluruh dunia yang bisa Anda akses secara gratis, tak terkecuali stasiun radio Indonesia.

18. Pandora

Pandora

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Pandora juga tidak hanya menyediakan konten musik saja, akan tetapi Anda juga bisa mendengarkan podcast dan beragam konten menarik lainnya.

Akan tetapi jika Anda ingin menikmati lebih banyak fitur, Anda bisa berlangganan Pandora Premium yang dibanderol dengan harga $ 9,99 per bulan atau Pandora Plus dengan harga $ 4,99.

Akan tetapi jika Anda masih ragu untuk menjadi pelanggan berbayar, Anda juga bisa memanfaatkan masa uji coba untuk menggunakannya secara gratis.

19. Amazon Music

Amazon Music

Amazon memang lebih dikenal sebagai toko online terbesar di dunia, akan tetapi perusahan besutan Jeff Bezos ini juga punya aplikasi musik online, yaitu Amazon Music.

Aplikasi yang menyediakan lebih dari 50 juta koleksi lagu ini juga menyediakan versi berbayar yaitu versi Plus dan Prime. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakannya secara gratis dengan memanfaatkan masa percobaan selama 30 hari.

20. TIDAL Music

Tidal Music

Aplikasi pemutar musik online yang terakhir pilihan Sipitek adalah TIDAL Music. Meskipun namanya tak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya, akan tetapi Anda juga wajib mempertimbangkannya apalagi kalau Anda lebih mengutamakan kualitas suara.

Pasalnya, semua lagu yang disuguhuhkan di dalam aplikasi ini dikemas dengan kualitas suara Hi-Fi yang jernih dan menggelegar.

Selain itu, TIDAL Music juga menyediakan berbagai macam jenis musik mulai dari pop, rock, hip-hop, dan lain sebagainya. Menariknya lagi Anda juga bisa mendengarkannya secara offline.

Itulah deretan aplikasi musik online terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Kini Anda tak perlu ribet lagi mengunduh musik secara manual, cukup gunakan salah satu aplikasi di atas dan Anda bisa mendengarkan lagu apa pun di mana saja dan kapan saja. Mana aplikasi musik online favorit Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here