Ketika mendengarkan musik melalui smartphone saking asyiknya terkadang tanpa sadar kita mengikuti lirik lagu yang sedang diputar. Akan tetapi kalau lagu-lagu berbahasa Indonesia tentunya mudah untuk dipelajari, bagaimana jadinya kalau kita ingin bernyanyi lagu berbahasa asing namun tidak hafal?

Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir, karena dengan menggunakan aplikasi lirik lagu yang akan Sipitek ulas kali ini Anda akan bisa menghafal lirik lagu dengan mudah, bahkan beberapa aplikasi yang ada di sini juga dapat menampilkan lirik secara real-time lho.

Tentunya selain bisa mendengarkan irama lagu, Anda juga bisa langsung bernyanyi mengiringi alunan musik tersebut dengan membaca lirik yang tampil tanpa khawatir tidak hafal dengan liriknya.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, akan tetapi karena banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung memilihnya. Nah oleh karena itu kali ini Siptek akan mengulas beberapa aplikasi lirik lagu terbaik yang bisa digunakan secara offline maupun online di smartphone Android. Penasaran kan? yuk langsung saja simak.

15 Aplikasi Lirik Lagu Terbaik di Android

1. Musixmatch – Lyrics & Music

musixmatch

Dari banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store, Musixmatch merupakan yang terbaik dan paling populer. Pasalnya, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini diklaim sebagai aplikasi dengan koleksi lirik terbesar di dunia.

Tidak hanya itu saja, Musixmatch juga dapat digunakan untuk menampilkan lirik lagu di berbagai aplikasi, tidak hanya aplikasi pemutar musik bawaan smartphone saja…

…namun Anda juga bisa menikmatinya dengan lagu yang bersumber dari aplikasi lain, seperti Spotify, YouTube, Pandora, SoundCloud, Google Play Music, dan layanan streaming lainnya.

Ingin menampilkan lirik lagu tapi tidak tau judul atau penyanyi lagu tersebut? Tak perlu khawatir, karena dengan menggunakan Musixmatch, Anda bisa mencarinya melalui sepotong lirik atau bahkan bisa juga dengan mendeteksinya melalui suara lagu. Canggih banget kan?

2. Genius – Song Lyrics & More

Genius – Song Lyrics & More

Lagi nyari aplikasi lirik lagu yang bisa digunakan secara offline? Genius merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Meskipun namanya tak sepopuler seperti aplikasi sebelumnya…

…namun aplikasi besutan Genius Media Group Inc ini juga punya koleksi lirik lagu yang cukup besar, total ada lebih dari 1,7 juta lirik lagu yang bisa Anda temukan di aplikasi ini.

Tidak hanya itu saja, Genius juga punya beragam fitur canggih yang dapat memudahkan Anda dalam mencari lirik lagu, salah satunya adalah kemampuannya yang dapat mendeteksi secara otomatis lirik lagu yang sedang diputar.

Menariknya lagi, dengan menggunakan Genius, Anda juga bisa menambah pengetahuan terkait musik, karena aplikasi ini dibekali dengan beragam konten menarik yang telah diverifikasi langsung oleh artis atau produser-nya.

3. QuickLyric – Instant Lyrics

QuickLyric – Instant Lyrics

Sederhana, praktis, dan mudah digunakan merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan aplikasi yang satu ini. Yap, kalau Anda malas mencari lirik secara manual dengan mengetik nama lagu atau artis, aplikasi ini bisa menjadi solusinya.

Pasalnya, aplikasi besutan QuickLyrics SPRL dapat mendeteksi lirik lagu dari musik yang diputar pada aplikasi pemutar musik bawaan smartphone, ketika Anda membuka aplikasi QuickLyric Anda akan langsung disuguhkan dengan lirik lagu tersebut.

Jarang terhubung ke internet? Tak perlu khawatir, karena aplikasi yang bersifat open-source ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan lirik lagu di perangkatnya, sehingga lirik tersebut bisa Anda mainkan di mana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.

4. GOM Audio

GOM Audio

Kalau Anda suka memutar musik di perangkat komputer sudah pasti tak asing lagi dengan nama GOM. Yap, saat ini GOM tak hanya bisa digunakan di PC saja, akan tetapi GOM juga tersedia untuk smartphone Android.

Selain dibekali dengan beragam fitur yang dapat memberikan pengalaman memutar musik yang lebih menyenangkan, dengan menggunakan GOM Audio, Anda juga bisa menampilkan lirik lagu yang sedang diputar, nantinya GOM Audio akan secara otomatis mencari dan menampilkan lirk lagu tersebut.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menyimpan lirik tersebut supaya bisa diputar secara offline. Menariknya lagi, GOM Audio juga dibekali dengan fitur equalizer 10 BAND yang dapat memberikan efek suara berkualitas tinggi, seperti Reverb, Playback, Pitch Control, dan lain sebagainya.

5. Lyrics Mania – Music Player

Lyrics Mania – Music Player

Lyrics Mania merupakan aplikasi yang dibekali dengan jutaan lirik lagu populer. Aplikasi yang diklaim punya database terbesar di dunia ini dibekali dengan fitur canggih yang dapat memudahkan Anda dalam mencari lirik.

Ketika Anda memutar musik di aplikasi pemutar musik bawaan smartphone, Google Play Music, Spotify, atau layanan yang lainnya, Lyrics Mania dapat mendeteksi lirik lagu tersebut secara otomatis dan menampilkannya secara real-time.

Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Eight Signs ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi lirik lagu melalui suara yang bersumber dari perangkat yang lain.

Misalnya, ketika ada lagu enak yang diputar di TV dan Anda ingin mengetahui lagu tersebut, nah selain bisa mendeteksi judul lagu tersebut aplikasi ini juga akan secara otomatis menampilkan liriknya.

6. Kpop Lyrics Offline

Kpop Lyrics Offline

Sebagian besar remaja di Indonesia suka dengan musik kpop, namun karena kebanyakan lagu kpop berbahas asing tentunya menjadi sulit untuk dipelajari. Namun dengan menggunakan aplikasi Kpop Lyrics Offline, Anda bisa mempelajarinya dengan mudah.

Pasalnya, aplikasi besutan LimaEfDua ini menyediakan ribuan lirik lagu dari grup idol kpop populer, seperti Bigbang, Ikon, 24M, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline, sehingga Anda bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.

7. BTS Lyrics (Offline)

BTS Lyrics (Offline)

Kalau aplikasi sebelumnya menyediakan lirik lagu untuk lebih dari satu grup kpop, nah kalau di aplikasi BTS Lyrics, lirik yang disuguhkan hanya dari lagu hasil karya grup Kpop BTS saja. Tentunya aplikasi besutan Gorilla Godev ini sangat cocok untuk para fans BTS.

Ada banyak lirik lagu BTS yang bisa Anda temukan di dalam aplikasi ini, mulai dari dari album Dark & Wild, Wings, You Never Walk Alone, hingga album solo seperti J-HOPE, Rap Monster – RM, dan lain sebagainya.

8. Walkman Lyrics Extension

Walkman Lyrics Extension

Namanya memang mengingatkan kita pada perangkat pemutar musik jadul yang cukup legendaris. Akan tetapi meskipun namanya terkesan jadul, fitur yang disuguhkan di dalam aplikasi Walkman Lyrics Extension ini cukup lengkap dan modern.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Topaz29 ini dapat menampilkan lirik lagu yang diputar di aplikasi lain, entah itu pemutar musik bawaan, Google Play Music, Poweramp, BlackPlayerEX, jetAudio, Spotify, dan lain sebagainya.

9. Lyrix – Save Music Lyrics Offline

Lyrix – Save Music Lyrics Offline

Lyrix merupakan aplikasi pencari dan penampil lirik lagu yang bersifat crowdsourced, dimana Anda dapat menemukan hampir semua lirik lagu yang ada saat ini secara gratis dan cepat.

Selain bisa melakukan pencarian dan menampilkan lirik secara manual, Anda juga bisa melakukan pencarian secara otomatis untuk mendapatkan lirik secara instan. Menariknya lagi, aplikasi yang bisa digunakan secara offline ini juga mendukung beragam aplikasi pemutar musik seperti Spotify, Google Play Music, dan lain sebagainya.

10. Lyrics Match: Music Player

Lyrics Match Music Player

Lagi nyari aplikasi yang ringan dan mudah digunakan? Lyrics Match merupakan aplikasi yang wajib Anda coba. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dragedy ini Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena selain ringan ukurannya juga tidak lebih dari 7 MB lho.

Meskipun demikian, Lyrics Match juga cukup handal, selain bisa menampilkan lirik secara offline, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 ribu kali ini juga mampu menampilkan lirik lagu yang sedang diputar secara otomatis, sehingga Anda tak perlu ribet mencarinya secara manual.

Akan tetapi jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan judul lagu dan nama band atau artis sudah sesuai, supaya aplikasi ini bisa mencarinya dengan cepat dan akurat.

11. Lyrics Editor for LRC

Lyrics Editor for LRC

Ingin menampilkan lirik lagu yang kurang populer atau jarang diputar oleh orang lain? Lyrics Editor for LRC merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan Helleborus ini memang tidak bisa menampilkan lirik secara otomatis.

Akan tetapi apapun lagunya Anda tetap bisa menampilkan lirik lagu tersebut dengan membuat file lirik (.lrc) secara manual. Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir kesulitan ketika menggunakannya, karena tugas Anda hanyalah memasukkan teks lirik dengan tepat sesuai dengan waktu vokal bersuara.

Setelah file berhasil dibuat, Anda bisa memutarnya langsung melalui aplikasi Lyrics editor for LRC atau bisa juga di aplikasi pemutar musik yang dilengkapi dengan fitur penampil lirik. Kalau Anda menggunakan smartphone Xiaomi, Anda bisa menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan untuk menampilkan lirik lagu.

12. LRC Editor

LRC Editor

Sama seperti aplikasi sebelumnya, LRC Editor merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat file lirik lagu secara manual. Hanya saja, aplikasi besutan CG Devworks ini lebih ringan dan hadir dengan desain antarmuka yang lebih sederhana.

Cara penggunaannya juga hampir sama, dimana tugas Anda adalah memasukkan teks lirik pada waktu yang tepat sesuai dengan waktu suara vokal mengucapkan lirik lagu tersebut. Menariknya lagi, selain bisa digunakan secara gratis dan offline, aplikasi ini juga bebas iklan.

13. Soly – Song Lyrics Generator

Soly – Song Lyrics Generator

Sesuai dengan namanya, Soly merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengonversi file lirik .txt menjadi .lrc. Cara kerjanya hampir mirip seperti aplikasi sebelumnya, hanya saja sebelum membuat file .lrc Anda harus membuat file .txt terlebih dahulu.

Tidak hanya itu saja, selain bisa digunakan untuk membuat dan menampilkan lirik, aplikasi yang dikembangkan oleh Soly – Explore Music ini juga bisa Anda dijadikan sebagai pemutar musik.

14. 1lyrics

1lyrics

Namanya memang tak sepopuler seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, akan tetapi kalau Anda mencari aplikasi lirik lagu yang bisa digunakan sepenuhnya secara offline, 1lyrics wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi beustan Dharma Poudel ini pengguna bisa mengunduh file lirik secara massal supaya bisa digunakan secara offline. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mendukung hampir semua pemutar musik populer, seperti Google Play Music, Spotify, Samsung Music Player, Amazon Music, dan lain sebagainya.

15. Chord Guitar Full Offline

Chord Guitar Full Offline

Berbeda dengan aplikasi yang lainnya, dengan menggunakan Chord Guitar Full Offline, Anda tidak hanya bisa melihat lirik lagu saja, akan tetapi Anda juga bisa bisa mengetahui chord gitar dari lagu tersebut secara offline.

Tidak hanya itu saja, selain punya koleksi lirik yang lengkap, aplikasi besutan More Share Corp ini juga dilengkapi dengan fitur auto scroll, sehingga dengan adanya fitur ini Anda tak perlu menggulir halaman secara manual menggunakan jari.

Itulah deretan aplikasi lirik lagu offline dan online terbaik yang bisa digunakan secara gratis di Android. Apapun lagunya, dengan menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas, sekarang Anda bisa mengetahui liriknya dengan mudah. Aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here