aplikasi pencari judul lagu

Kalau Anda sering berkunjung ke tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau kedai kopi dimana musik menjadi salah satu penghangat suasana pasti Anda pernah mendengarkan lagu yang enak tapi tidak tau judul lagunya bukan?

Tentu tidak mungkin rasanya kalau kita menanyakannya langsung ke penjaganya, akan tetapi jika Anda saat ini sedang berada dalam kondisi seperti ini, Anda tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak aplikasi pencari judul lagu yang dapat membantu menemukan lagu melalui alunan suara.

Dengan menggunakan aplikasi yang akan Sipitek ulas ini tentunya Anda tak perlu ribet menanyakan langsung ke petugas di tempat tersebut, cukup jalankan salah satu aplikasi yang ada di bawah nanti secara otomatis aplikasi tersebut akan mendeteksi lagunya.

Akan tetapi setiap aplikasi tentunya punya fitur yang berbeda-beda, menariknya salah satu aplikasi pencari judul lagu yang ada di sini bisa digunakan secara offline lho, sehingga Anda bisa mencarinya kapan saja dan dimana saja tanpa harus terhubung ke internet.

Nah oleh karena itu supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

8 Aplikasi Pencari Judul Lagu Terbaik di Android

1. Shazam

Shazam

Tahukah Anda dari banyaknya aplikasi pencari judul lagi melalui suara yang tersedia di Google Play Store, Shazam merupakan aplikasi yang paling populer. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini dapat mengidentifikasi musik yang sedang diputar secara akurat.

Dengan menggunakan Shazam, Anda juga tak perlu khawatir ketika kuota internet habis, karena aplikasi ini bisa digunakan untuk mendeteksi judul lagu secara offline tanpa harus terhubung ke internet.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Apple Inc juga punya beberapa fitur menarik yang dapat memanjakan pengguna ketika mendengarkan musik, seperti fitur penampil lirik lagu, lagu terkait, layanan streaming, deretan artis papan atas, dan lain sebagainya.

2. SoundHound

SoundHound

Mirip seperti aplikasi sebelumnya, selain bisa mencari judul lagu melalui suara, setelah berhasil menemukan judulnya, dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan dihadapkan langsung dengan lagu tersebut dan bisa langsung memutarnya.

Tidak hanya itu saja, SoundHound juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang dapat memanjakan Anda ketika mendengarkan lagu, seperti fitur lirik lagu yang ditampilkan secara real-time, lagu populer, artis yang sedang naik daun di berbagai belahan dunia, dan lain sebagainya.

Menairknya lagi, dengan menggunakan SoundHound Anda juga bisa mendengarkan video musik yang bersumber dari YouTube.

3. Musixmatch

musixmatch

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang hanya bisa mendeteksi lagu melalui suara saja, dengan menggunakan Musixmatch Anda tidak hanya bisa mencari judul lagu melalui suara saja, akan tetapi Anda juga bisa mencarinya melalui lirik.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini sangat cocok untuk pengguna yang suka bersenandung, pasalnya sebagian besar fitur yang disuguhkan di dalam aplikasi ini memang unggul dari fitur lirik lagu.

Tidak hanya itu saja, Musixmatch juga mampu menampilkan lirik lagu dengan musik yang diputar dari aplikasi lain, seperti Spotify, YouTube, Pandora, SoundCloud, dan layanan streaming musik yang lainnya.

Yang paling menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur terjemahan lirik, fiur ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar bahasa asing dengan cara yang asyik sambil mendengarkan musik.

4. Genius

Genius – Song Lyrics & More

Kalau dilihat dari desain antarmukanya aplikasi besutan Genius Media Group Inc ini memang kurang mengesankan, akan tetapi jika Anda mencari aplikasi pencari judul lagu yang ringan dan akurat maka Genius juga wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, selain mampu mendeteksi judul lagu, aplikasi ini juga dapat menampilkan lirik lagu yang Anda cari. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini juga menyediakan beragam konten menarik terkait musik, seperti fakta dibalik sebuah lagu, dan lain sebagainya.

5. Music Recognition / Visualizer

Music Recognition Visualizer

Lagi nyari aplikasi pencari judul lagu yang ringan dan mudah digunakan? Music Recognition / Visualizer merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu khawatir kinerja smartphone terganggu, karena selain ringan aplikasi besutan Javier Salmona ini juga punya ukuran yang cukup kecil, tidak lebih dari 5 MB saja.

Meskipun demikian, fitur pencari judul lagu yang disematkan di dalam aplikasi ini juga cukup akurat dan bisa diandalkan. Music Recogintion / Visualizer juga punya fitur unik, yaitu lampu storbe, fitur ini mampu mengedipkan lampu flash smartphone Anda secara otomatis sesuai dengan irama lagu.

6. Soly

Soly

Soly merupakan aplikasi pendeteksi judul lagu yang cukup cepat, pasalnya aplikasi ini diklaim dapat mencari judul lagu hanya dalam hitungan detik saja. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 500 ribu kali ini juga dapat dijadikan sebagai aplikasi pemutar musik dan penampil lirik lagu lho.

Tak perlu khawatir kebingungan saat pertama kali Anda menggunakannya, karena ketika pertama kali dipasang aplikasi ini akan menampilkan tutorial sederhana yang akan membantu Anda untuk mengenali setiap fitur yang disematkan di dalam aplikasi Soly.

7. MusicID

MusicID

Lagi nyari aplikasi pencari judul lagu yang gratis dan bebas iklan? MusicID merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menikmati semua fiturnya secara gratis dengan nyaman tanpa risih dengan iklan yang mengganggu.

Meskipun demikian, MusicID juga dapat melakukan pencarian dengan cepat dan akurat, sehingga tak butuh waktu lama bagi pengguna untuk menemukannya, bahkan aplikasi ini juga mampu mendeteksi judul lagu melalui suara cuplikan saja lho.

8. Google Assistant

cari judul lagu google assistant

Ingin mencari judul lagu melalui suara tapi malas masalah mengunduh aplikasi? Google Assistant bisa menjadi solusinya, karena sebagian besar smartphone Android saat ini sudah dibekali dengan aplikasi Google Assistant, namun jika belum terpasang, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Akan tetapi aplikasi besutan Google LLC ini sangat jarang digunakan untuk mencari judul lagu, padahal Google Asistant juga cukup akurat lho. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal tekan dan tahan tombol home  smartphone beberapa detik nanti akan muncul secara otomatis aplikasinya.

Setelah itu Anda bisa langsung mengetikkan perintahnya, yaitu “Cari judul lagu ini” atau bisa juga dengan mengucapkan perintahnya. Setelah itu Google Assistant akan mendengarkan lagu yang sedang diputar melalui suara, jika aplikasi ini berhasil menemukannnya maka akan tampil judul dari lagu tersebut.

Itulah deretan aplikasi pencari judul lagu melalui suara paling akurat yang bisa Anda gunakan secara gratis di smartphone Android. Kini Anda tidak akan penasaran lagi ketika mendengarkan lagu yang enak tapi tidak tau judulnya…

…cukup gunakan salah satu aplikasi di atas dan Anda bisa mengetahuinya dalam hitungan menit. Aplikasi mana yang paling akurat menurut Anda?

Hobi membaca dan menulis berbagai hal seputar teknologi terutama games, aplikasi, dan smartphone. Mulai aktif menulis pada tahun 2015, pada tahun 2016 ia mencoba merintis karir didunia tulis-menulis dengan serius dan mendirikan Sipitek.com.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here