Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai beralih menggunakan layanan TV kabel, dimana layanan tersebut menggunakan jaringan internet untuk menangkap sinyal stasiun televisi.

Pengguna TV kabel biasanya mereka adalah orang yang tinggal di daerah perkotaan yang memang sulit untuk mendapatkan sinyal televisi jika menggunakan antena, karena terhalang gedung-gedung tinggi.

Namun bukan berarti pengguna antena TV sudah tak diminati, masih banyak para pengguna TV Analog dan TV digital yang setia menggunakan antena terutama untuk yang tinggal di pedesaan.

Kalau kita bandingkan kualitas gambar yang dihasil dari TV kabel memang jauh lebih jernih, bahkan Anda juga bisa menonton siaran televisi internasional.

Akan tetapi tentu saja menggunakan layanan TV kabel memerlukan biaya yang cukup mahal.

Lain halnya jika Anda menggunakan antena TV, Anda bisa menonton sepuasnya secara gratis seumur hidup.

Sebetulnya jika Anda memilih antena TV yang tepat, TV analog maupun TV digital juga mampu menampilkan siaran yang tak kalah jernih asalkan memilih antena TV yang tepat.

Salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih antena TV adalah jenis TV yang digunakan.

Kalau Anda menggunakan TV LCD atau LED pastikan Anda memilih antena berukuran sedang atau besar, sedangkan jika menggunakan TV analog pilih antena berukuran berukuran kecil atau sedang.

Penyebabnya karena TV LCD atau LED memiliki daya tangkap sinyal yang kurang baik. Namun sebaliknya, TV analog memiliki daya tangkap sinyal yang jauh lebih bagus.

Supaya Anda lebih mudah mencari antena TV yang tepat untuk televisi kesayangan Anda.

Kali ini Sipitek akan memberikan beberapa rekomendasi antena TV terbaik di 2019 yang bisa Anda gunakan untuk TV LCD, LED, maupun analog.

Di sini saya tidak hanya akan mengulas antena outdoor saja namun saya juga akan mengulas antena indoor berkualitas tinggi.

12 Merk Antena TV yang Bagus dan Terbaik

Karena setiap antena punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, simak semua ulasan di bawah agar Anda bisa memilih antena yang paling tepat.

1. PF HDU-19

Masih ingat dengan iklan antena PF Goceng? produk tersebut merupakan buatan dari perusahaan antena yang cukup ternama di Indonesia, yaitu Professindo atau yang biasa disingkat dengan PF.

PF HDU 19 adalah merk antena TV yang bagus dan cocok digunakan untuk TV analog maupun digital.

Antena berbahan dasar alumunium anti korosi dengan panjang 1,1 meter ini cukup ringan namun sangat kokoh.

Tidak hanya itu saja antena ini juga menyediakan lengan pengunci, sehingga dapat membuatnya tidak mudah miring ketika tertiup angin.

Dengan adanya lengan pengunci tentunya Anda juga bisa lebih mudah memasangnya.

PF HDU 19 menggunakan kabel coaxial 75 ohms yang mampu menerima sinyal televisi dengan frekuensi UHF 470 Mhz hingga 770 Mhz dan memiliki daya tangkap sinyal 7 db – 12,2 db. Harganya sekitar Rp 150.000 saja.

2. PF HDU 25

PF HDU 25 adalah antena outdoor yang memiliki daya tangkap sinyal yang tinggi dan sangat peka daripada antena sebelumnya. Antena ini menggunakan kabel coaxial 75 ohm yang tebal dengan kawat yang lebih besar.

Antena yang dibuat dengan bahan alumunium anti korosi ini dapat menerima sinyal dengan frekuensi UHF 470 Mhz hingga 770 Mhz dengan daya tangkap sinyal sekitar 7,6 db – 13,7 db.

PF HUD 25 memiliki panjang 1,6 meter sehingga bisa digunakan untuk TV digital maupun analog. Punya bobot yang cukup ringan namun sangat kokoh dan mudah dipasang, dilengkapi dengan lengan pengunci untuk memperkuat antena dari tiupan angin.

Di pasaran, PF HUD 25 dijual dengan harga sekitar Rp 250.000.

3. PF HDX 82

pf HDX 82

Sudah mencoba berbagai macam jenis antena, tapi semut masih berkerumun di layar televisi Anda? PF HDX 82 mungkin akan menjadi solusinya.

Antena ini memang di desain untuk Anda yang berada di daerah terpencil yang sulit untuk mendapatkan sinyal televisi.

Dengan antena ini Anda bisa menonton tayangan televisi favorit Anda dengan jernih.

PF HDX 82 memiliki kemampuan daya tangkap sinyal 10 db hingga 15 db dan sudah menggunakan konektor tipe F.

Terbuat dari alumunium anti korosi berkualitas tinggi yang sangat awet dan handal dalam menangkap sinyal televisi.

4. PF HD 14

PF HD 14

PF tidak hanya menyediakan antena outdoor saja namun ia juga punya produk antena yang bisa Anda gunakan di dalam ruangan, yakni PF HD 14.

Antena indoor andalan dari PF ini bisa Anda gunakan di TV digital maupun analog.

Material utama yang digunakan adalah besi dan bagian alas menggunakan plastik, punya desain yang cukup minimalis sehingga bisa diletakkan dengan mudah di mana saja.

PF HD 14 menggunakan kabel coaxial 75 ohm dengan panjang kabel 117 cm, memiliki kemampuan yang cukup peka terhadap sinyal televisi.

PF HD 14 dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 50.000 saja.

 5. Toyosaki TYS-468AW

Toyokasi TYS 468AW

Mau antena TV indoor yang lebih simpel? pilih saja Toyosaki TYS-468AW. Meskipun desainnya cukup simpe.

Akan tetapi antena ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur pendukung lain seperti booster, anti petir, penguat sinyal dan sebagainya.

Selain itu antena ini juga bisa menerima beberapa jenis frekuensi mulai dari UHF, VHF, hingga FM dan mampu menangkap sinyal 20 db hingga 30 db.

Antena ini juga bisa Anda tempatkan di mana saja dengan mudah nggak perlu naik ke atap rumah.

Untuk mencari sinyal yang bagus juga sangat gampang karena antena cantik ini bisa berputar hingga 90 derajat. Dilengkapi dengan lampu power dan indikator.

Toyosaki TYS-468AW dijual dengan harga sekitar Rp 130.000.

6. Toyosaki AIO 200

Antena TV terbaik besutan Toyosaki ini bisa Anda gunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan, desain yang sangat kompak dan sederhana mempermudah Anda saat menempatkannya di dalam ruangan.

Toyosaki AIO 200 mampu menangkap frekuensi televisi UHF maupun VHF mulai dari 70 Mhz hingga 860 Mhz dan sudah dilengkapi dengan penguat sinyal atau booster yang cukup handal di dalamnya.

Tersedia juga fitur Gain Control untuk memaksimalkan kinerja antena dalam menangkap sinyal.

Anda tak perlu khawatir rusak jika ingin menempatkan antena ini di luar ruangan karena antena ini terbuat dari material yang cukup kuat dan tahan terhadap sengatan matahari maupun hujan.

Ingin membawa pulang Toyosaki AIO 200? siapkan dana Rp 130.000 saja.

7. PX HDA-5000

PX HDA-5000

PX HDA-5000 merupakan antena indoor sekaligus outdoor yang punya desain sangat modern dan simpel, dibuat menggunakan material yang tahan air dan panas.

Sehingga Anda tak perlu khawatir rusak jika antena mungil ini di simpan di atap rumah.

PX HDA-5000 mendukung Low Noise Amflipier yang mampu meningkatkan kualitas sinyal televisi hingga 20 db.

Selain itu gabungan STB yang ada di antena ini juga dapat mengusir semut yang ada di layar televisi Anda. PX HDA-5000 bisa di banderol dengan harga Rp 300.000.

8. Titis TT-1000

Titis TT-1000 lebih dikenal karena tahan terhadap berbagai cuaca, bahkan jargon yang diusung antena ini adalah “anti rontok” .

Selain itu antena besutan warga Yogyakarta ini juga cukup peka terhadap sinyal televisi, antena ini mampu menangkap sinyal televisi hingga 100 Km.

Material yang digunakan sebagian besar terbuat dari alumunium berkualitas tinggi, bahan plastik hanya tertanam di bagian terminal kabel untuk memudahkan proses pemasangan.

Untuk membawa pulang antena dengan panjang 75 cm ini, anda perlu menyiapkan dana Rp 125.000 saja.

9. Intra INT 555DGT

Intra INT 555DGT

Dengan Intra INT 555DGT, Anda tidak perlu susah payah naik ke atap rumah untuk menyesuaikan arah antena yang miring.

Karena antena ini dilengkapi dengan remote yang mampu mengendalikan antena untuk berputar hingga 360 derajat.

Dengan hadirnya remote, Anda juga bisa lebih leluasa mencari arah antena yang tepat untuk mendapatkan siaran televisi yang jernih.

Antena outdoor ini mampu menerima sinyal televisi UHF maupun VHF dan memiliki daya tangkap sinyal hingga 28 db.

Hanya dengan Rp 100.000 Anda sudah bisa mendapatkan antena canggih yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Kominfo ini.

10. Sanex WA 950GT

Sanex WA 950GT

Sama halnya seperti antena besutan Intra sebelumnya, antena Sanex WA 950GT juga bisa Anda kendalikan melalui remote untuk mengubah maupun menyesuaikan arah antena untuk mendapatkan siaran televisi tanpa semut.

Antena ini mampu menerima sinyal televisi UHF maupun VHF dengan daya tangkap sinyal mulai 20 db hingga 28 db.

Anda juga tidak perlu membeli booster secara terpisah, karena Sanex WA 950GT sudah dilengkapi dengan built in bosster.

Antena outdoor besutan Sanex ini bisa anda bawa pulang dengan menyiapkan dana Rp 160.000.

11. Krisbow HD-300

Ingin memiliki antena yang lebih ramping? mungkin Krisbow HD-300 bisa menjadi pilihan Anda.

Pasalnya, antena ini cukup ramping dengan bentuk yang memanjang, namun memiliki daya tangkap sinyal televisi analog maupun digital dengan cukup handal.

Kribow HD-300 juga bisa menerima frekuensi UHF maupun VHF yang dapat menghasilkan gambar jernih tanpa semut.

Antena ini dilengkapi dengan kontrol penguat sinyal sehingga Anda bisa mengoptimalkannya sendiri dengan mudah.

Dengan desain yang cukup ramping Anda bisa dengan mudah menempatkan antena ini di mana saja, bahkan di samping televisi sekalipun. Krisbow HD-300 dijual dengan harga Rp 350.000.

12. Philips sdv8622T

Philips sdv8622T

Philips juga memiliki produk antena TV berkualitas tinggi bernama Philips sdv8622T. Di desain dengan teknologi tinggi yang mampu menangkap sinyal televisi dengan handal.

Antena dengan tampilan elegan ini mampu menerima frekuensi televisi UHF maupun VHF.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh antena ini adalah adanya penyaring suara bising yang biasa kita dengar ketika televisi tidak mampu menampilkan tayangan dengan baik.

Karena produk dari Philips ini tidak menggunakan material berbahaya seperti BPR dan PVC, tentunya antena yang dibanderol dengan harga Rp 1.000.000 ini ramah lingkungan.

Baca juga: Aplikasi Remot TV Serbaguna (untuk Berbagai Perangkat Elektronik)

Akhir kata

Kalau antena TV lama Anda sudah tak mampu menampilkan siaran televisi dengan baik, sudah saatnya Anda beralih menggunakan antena TV terbaik rekomendasi dari Sipitek.

Agar mendapatkan tayangan yang jernih Anda juga perlu memperhatikan faktor lain seperti lokasi tempat tinggal, jenis TV dan lain sebagainya agar antena TV bisa bekerja dengan optimal.

Jadi, merk antena apa yang akan Anda beli?

4 KOMENTAR

      • Jenis TV nya sdh disebutkan (Led) oleh pak guntur, krn banyaknya pilihan antenq yg mas reza sebutkan diatas maka dari itu kmi ingin lebih pasti jenis dan type antena yg mana yg lbh baik dr 12 antena tsb. Demikian terimakasih infonya.

        • Pilihan antena dengan ukuran sedang atau besar dengan daya tangkap sinyal yang tinggi, karena TV LED kurang bisa menangkap sinyal daripada TV tabung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here