Smartphone Android kini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, akan tetapi hadirnya berbagai macam jenis aplikasi canggih membuat Android bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan.

Salah satunya adalah dijadikan sebagai remot TV. Emang bisa? Bisa dong, karena sekarang ini sudah banyak aplikasi remot TV yang bisa kita gunakan di Android.

Dengan adanya aplikasi remot TV kamu tidak perlu khawatir ketika remot bawaan televisi rusak atau hilang, karena kamu bisa mengontrolnya langsung melalui smartphone.

Entah itu mengganti saluran televisi, mengatur volume, ataupun menyesuaikan pengaturan televisi yang lainnya.

Sebetulnya aplikasi yang telah Sipitek kumpulkan ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengontrol TV saja.

Akan tetapi kamu juga bisa menggunakannya untuk mengontrol barang-barang elektronik lain seperti AC, DVD, proyektor, dan sebagainya.

Tentunya tidak semua aplikasi layak digunakan.

Oleh karena itu di sini Sipitek telah mengumpulkan beberapa aplikasi remot TV serbaguna untuk Android yang wajib kamu pertimbangkan.

12 Aplikasi Remot TV Serbaguna untuk Android

Tentunya setiap aplikasi memiliki menawarkan fitur yang berbeda-beda.

Ada yang hanya bisa digunakan untuk TV dengan merk tertentu saja namun ada juga yang bisa digunakan untuk semua merk TV, entah itu LG, Polytron, Sharp, hingga TV tabung.

Supaya kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, silahkan simak dulu semua ulasannya.

1. Peel Universal Smart TV Remote Control

Peel Universal Smart TV Remote Control

Aplikasi remot TV yang pertama yang paling Sipitek rekomendasikan adalah Peel Universal Smart TV Remote Control.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Peel Technologies Inc. ini merupakan salah satu aplikasi remot TV serbaguna yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengontrol Televisi saja.

Namun kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengontrol peralatan elektronik lain seperti AC, Chromecast, XBox, dan sebagainya.

Untuk terhubung ke perangkat yang ingin dikontrol, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta kali ini menggunakan jaringan WiFi.

Akan tetapi kalau kamu ingin menggunakannya tanpa WiFi, kamu tetap bisa menggunakannya melalui jaringan Inframerah.

Salah satu fitur yang cukup menarik yang ada di aplikasi ini adalah adanya fitur pengingat acara televisi.

Dengan adanya fitur ini tentunya kamu tidak akan ketinggalan acara favoritmu, karena setiap kali acara tersebut tayang kamu akan mendapatkan notifikasi pengingat.

2. Google Home

google home

Tak mau kalah dengan developer yang lainnya, Google juga punya aplikasi remot TV yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Kalau kamu menggunakan perangkat Google Home atau Chromecast, aplikasi ini wajib kamu coba.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC ini bisa kamu gunakan untuk mengontrol berbagai perangkat entah itu kamera, TV, bahkan ada beberapa lampu yang juga bisa dikontrol menggunakan aplikasi ini lho.

Total ada lebih dari 5000 perangkat yang bisa dikontrol dengan aplikasi Google Home.

3. Remote Control Universal TV

remote control universal tv

Nyari aplikasi remot TV yang handal? Remote Control Universal TV mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Pasalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh CodeMatics Media Solutions ini memang menjadi salah satu aplikasi remot TV terbaik di lebih dari 100 negara.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengontrol berbagai macam jenis TV termasuk smart TV.

Supaya kamu bisa mengontrol smart TV menggunakan aplikasi ini pastikan kamu menggunakan jaringan WiFi yang sama dengan jaringan WiFi yang digunakan oleh smart TV.

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 50 juta kali ini juga mendukung TV tradisional yang menggunakan inframerah.

Dengan menggunakan Remote control Universal TV kamu juga tidak perlu susah payah melakukan berbagai pengaturan.

Tugas kamu hanyalah memilih merk TV yang akan dikontrol, dan nantinya aplikasi ini akan otomatis terhubung dengan TV tersebut.

4. SURE Universal Smart TV Remote Control

SURE Universal Smart TV Remote Control

Sesuai dengan namanya SURE Universal merupakan aplikasi remot TV yang bisa digunakan untuk mengontrol berbagai macam peralatan elektronik, tidak hanya televisi saja.

Salah satu kecanggihan dari plikasi yang dikembangkan oleh SURE Universal Ltd. ini yaitu pengguna dapat mentransfer berbagai macam jenis file seperti audio, video, foto, dan file yang lainnya dari smartphone ke Smart TV.

Sehingga kamu tidak perlu susah payah memindahkannya secara manual menggunakan perangkat yang lain.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebi dari 10 juta kali ini juga mendukung berbagai macam merk smart TV, diantaranya Samsung, LG, Sharp, Toshiba, Panasonic, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengontrol TV tradisional, akan tetapi supaya aplikasi ini bisa berjalan dengan baik pastikan smartphone kamu mendukung inframerah.

5. Mi Remote Controller

mi remote controller

Kalau kamu pengguna smartphone Xiaomi pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Yap, Mi Remote Controller merupakan aplikasi remote TV yang dikembangkan oleh Xiaomi Inc.

Akan tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan di smartphone lain selain Xiaomi, mulai dari Samsung, HTC, Huawei, dan sebagainya.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengontrol TV saja, akan tetapi Mi Remote Controller juga bisa digunakan untuk mengontrol berbagai macam peralatan elektronik lain.

Peralatan elektronik yang bisa dikontrol oleh Mi Remote Controller diantaranya yaitu Ac, DVP player, Proyektor, Kamera, dan sebagainya.

Tertarik untuk menggunakannya? Sipitek juga telah menulis panduan lengkap cara penggunaannya di sini.

6. LG TV Remote

lg tv remote

Sesuai dengan namanya, LG TV Remote merupakan aplikasi remote TV yang memang dikhususkan untuk TV yang bermerk LG saja.

Aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk mengontrol TV lain selain LG. Soal kehandalan tentunya tidak bisa diragukan lagi.

Pasalnya aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali ini diluncurkan secara resmi oleh LG Electronics, Inc. untuk memudahkan para pengguna dalam mengontrol televisi kesayangannya.

Meskipun demikian tidak semua merk TV LG bisa dikontrol menggunakan aplikasi ini. Minimal TV LG keluaran tahun 2012 saja yang bisa dikontrol menggunakan aplikasi ini, apabila tahun rilisnya leih lama dari itu aplikasi ini tidak bisa kamu gunakan.

Selain smart TV kamu juga bisa menggunakannya untuk mengontrol TV tradisional atau tabung, akan tetapi tentunya smartphone kamu harus memiliki fitur inframerah.

7. ZaZa Remote

zaza remote

Nyari aplikasi remot TV yang memiliki antarmuka sederhana dan mudah digunakan? Zaza Remote merupakan aplikasi yang tepat buat kamu.

Yap, berbeda dengan aplikasi remot pada umumnya, Zaza Remote memiliki antarmuka yang cukup modern dan sederhana, akan tetapi aplikasi ini juga cukup mudah digunakan.

Zaza Remote bisa kamu gunakan untuk mengontrol berbagai macam peralatan elektronik yang menggunakan inframerah.

Kalau kamu tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini, pastikan smartphone kamu memiliki fitur inframerah.

Tak tanggung-tanggung, ZaZa Remote mendukung lebih dari 6.000 merek peralatan elektronik, ia juga memiliki database 60.000 remot kontrol yang dapat digunakan secara offline.

Beberapa peralatan elektronik yang bisa kamu kontrol dengan ZaZa Remote diantaranya yaitu TV, DVD, kipas angin, SLR, lampu, STB, AC, dan sebagainya.

8. Video & TV SideView: Remote

Video TV SideView Remote

Video & TV SideView merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Sony Network Communication Inc.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengontrol beberapa peralatan elektronik yang bermerk Sony saja.

Diantaranya Sony TV BRAVIA, Sony DVD Player, Sony DVD Home Theatre System, dan beberapa peralatan Sony lainnya. Akan tetapi kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini di berbagai merk smartphone.

Tertarik untuk menggunakannya? pastikan smartphone kamu terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan perangkat elektronik yang akan dikontrol.

9. Easy Universal TV Remote

easy universal tv remote

Lagi nyari aplikasi remot TV yang mudah digunakan? Cobalah untuk menggunakan Easy Universal TV Remote.

Yap, sesuai dengan namanya, aplikasi yang dikembangkan oleh Big Fishes ini memang lebih mengutamakan kemudahan dalam penggunaannya.

Meskipun demikian, Easy Universal TV Remote juga mampu mengontrol TV yang diproduksi oleh merk-merk besar, seperti LG, Samsung, Sony, Panasonic, dan sebagainya.

Apabila smartphone yang kamu gunakan tidak memiliki port inframerah, kamu bisa menggunakan IR Blaster untuk menghubungkannya.

Tidak hanya itu saja, Easy Universal TV Remote juga bisa kamu gunakan untuk mengontrol Smart TV.

Untuk menggunakan aplikasi ini caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal membuka pengaturan, kemudian tentukan koneksi yang akan digunakan (port IR, IR Blaster, atau WiFi).

Terakhir kamu hanya tinggal memilih merk TV yang akan dikontrol, dan remot siap untuk digunakan.

10. Yatse

yatse

Sebagai pengembang, Tolriq mengklaim kalau aplikasi remot TV serbaguna besutannya ini merupakan yang terbaik saat ini.

Pasalnya, selain memiliki tampilan antarmuka yang modern, Yatse juga cukup cepat dan efisien ketika digunakan. Tidak heran jika sebagian besar penggunanya merasa puas dengan aplikasi yang satu ini.

Bahkan di Play Store saja aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta kali ini mendapatkan rating yang cukup tinggi lho, yaitu 4,7.

Akan tetapi kalau kamu ingin mengontrol TV tradisional aplikasi ini bukan pilihan yang tepat, karena memang Yatse hanya bisa digunakan untuk mengontrol Smart TV saja.

11. Universal TV Remote

universal tv remote

Universal TV Remote merupakan pilihan terbaik jika kamu mencari aplikasi remot TV yang ringan dan mudah digunakan.

Yap, dengan menggunakan aplikasi yang satu ini kamu tidak perlu khawatir kinerja smartphone terbebani, pasalnya ukuran aplikasi ini cukup ringan lho, ukurannya juga tidak lebih dari 4 MB saja.

Meskipun demikian aplikasi ini juga mampu mengontrol berbagai macam merk TV tradisional (bukan smart TV) diantaranya Philips, Samsung, Sharp, LG, Sony, At&T, dan sebagainya.

12. Smart IR Remote – AnyMote

smart ir remote

Jika dilihat dari jumlah penggunannya, aplikasi remote TV yang satu ini memang tidak sebanyak aplikasi sebelumnya. Akan tetapi aplikasi yang diusung oleh Color Tiger ini juga wajib kamu pertimbangkan.

Pasalnya, selain bisa digunakan untuk mengontrol Smart TV, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengontrol TV tradisional atau TV tabung.

Selain itu, Smart IR Remote juga bisa mengontrol berbagai macam peralatan elektronik lain selain TV, diantaranya DVD, STB, DSLR, dan sebagainya.

Akhir Kata

Itulah deretan aplikasi remot TV serbaguna yang berhasil Sipitek rangkum. Perlu diketahui, meskipun kamu sudah memasang aplikasi remot tidak semua smartphone dapat digunakan untuk mengontrol televisi.

Kalau kamu ingin mengontrol TV tradisional, pastikan smartphone yang kamu gunakan mendukung fitur inframerah.

Sedangkan apabila kamu ingin mengontrol Smart TV, pastikan smartphone kamu terhubung ke jaringan yang sama dengan TV yang ingin di kontrol. Jadi, aplikasi yang mana yang akan kamu pakai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here