reset printer epson L130 L220 L310 L360 L365

Dalam dunia percetakan Epson memang dikenal selalu menghadirkan produk yang handal dan tangguh salah satunya adalah dalam produk printer.

Namun ada beberapa masalah yang seringkali terjadi pada perangkat printer yang seringkali kita gunakan terutama pada Epson seri L130, L220, L310, L360, ataupun L365.

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu printer tidak bisa mencetak seperti biasanya di mana lampu indikator tinta dan kertas berkedip-kedip secara bergantian.

Biasanya masalah ini juga disertai dengan munculnya pesan erorr Ink Pad Is At The End Of Its Service Live atau Ink Waste Is Full pada layar komputer yang terhubung dengan printer tersebut.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Notifikasi tersebut muncul karena printer mendeteksi bahwa tempat pembuangan printer sudah penuh.

Tetapi nyatanya meskipun tempat pembuangan printer tidak penuh atau bahkan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak penuh masalah ini akan tetap muncul.

Penyebabnya, karena printer mendeteksi hal tersebut dari jumlah atau aktivitas pencetakan yang pernah dilakukan oleh printer tersebut, bukan dari tempat pembuangan.

Tentunya, semakin sering printer di gunakan maka notifikasi tersebut juga akan semakin sering muncul di layar komputer.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika saat ini Anda sedang mengalami masalah tersebut, karena hal ini bisa kita atasi dengan mudah dengan menggunakan software resetter.

Software resetter ini bisa mengembalikan program yang ada di dalam printer menjadi seperti printer baru.

Karena semua aktifitas percetakan yang pernah dilakukan oleh printer tersebut akan di kembali ke awal, sehingga notifikasi eror mengenai tempat pembuangan tidak muncul kembai.

Bagaimana Cara Reset Printer Epson L130, L220, L310, L360, dan L365 ?

Di sini saya akan membagikan cara untuk mereset printer Epson L130, L220, L310, L360, dan L365 secara lengkap agar Anda bisa memahaminya dan mempraktikkannya secara langsung, cara ini sudah saya coba dan berhasil.

Perlu diketahui bahwa software resetter masing-masing printer tidaklah sama.

Jadi bagi Anda yang mengalami masalah pada printer yang tidak saya sebutkan diatas mungkin cara ini tidak akan berjalan dengan baik karena didalam software yang saya bagikan ini hanya tersedia untuk lima jenis printer saja.

Sebelum mengikuti panduannya, pastikan printer dan komputer sudah terpasang dengan baik.

Silahkan download terlebih dahulu software resetter-nya melalui tautan di bawah ini.

Resetter: Download Resetter Printer Epson L130, L220, L310, L360, L365
Password RAR: sipitek.com

Apabila sudah di download silahkan ekstrak file RAR-nya, kemudian simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka file bernama Epson Adjustment.exe maka akan tampil software bernama AdjProg. Silahkan pilih Particular adjustment mode.

EPSON Adjustment Program

2. Selanjutnya pada bagian Model Name silahkan pilih model printer yang Anda gunakan di sana ada lima model printe yang bisa Anda pilih.

Kemudian pada bagian Port silahkan pilih port komputer yang terhubung dengan printer atau Anda juga bisa memilih Auto selection agar software mendeteksi sendiri port yang terhubung dengan printer.

Jika sudah pilih OK.

pilih tipe printer

3. Kemudian pada bagian Maintenance pilih Waste ink pad counter lalu pilih OK.

waste ink pad counter

4. Selanjutnya akan terbuka tampilan Waste ink pad counter silahkan centang bagian Main pad counter kemudian pilih tombol Check apabila muncul notifikasi pilih OK.

cek dan instalasi

Lalu centang kembali Main pad counter kemudian pilih Insitialize maka akan muncul persetujuan untuk memulai instalasi silahkan pilih OK untuk memulai.

Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.

Apabila sudah selesai maka akan muncul dialog perintah untuk mematikan printer silahkan pilih OK, silahkan pilih Finish kemudian keluar dari software resetter.

Silahkan restar printer atau bisa juga dengan matikan terlebih dahulu beberapa saat dengan cara menekan tombol power kemudian nyalakan kembali.

Sampai disini printer yang Anda gunakan sudah berhasil di reset silahkan coba gunakan untuk mencetak apakah sudah bisa berjalan kembali atau belum.

Cara ini juga telah saya coba dan berhasil, printer kembali berjalan normal seperti biasanya.

Tetapi apabila Anda mengalami kendala atau masalah silahkan tulis dikolom komentar nanti saya carikan solusinya.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mereset printer Epson L130, L220, L310, L360, atau L365, semoga membantu.

94 KOMENTAR

  1. Coba matikan dulu printernya, biasanya itu karena printer tidak terbaca oleh software resetter.

    Pastikan pada langkah ke 2, bagian Port pilih Auto selection , jika gagal coba pili port-nya satu per satu secara manual.

  2. Coba pakai cara manual aja gan, begini caranya:

    1. Jika printer dalam keadaan menyala matikan terlebih dahulu kemudian cabut kabel yang terhubung ke komputer dan listrik, biarkan kurang lebih selama 5 sampai 10 menit.

    2. Nyalakan printer kemudian tunggu sampai printer diam.
    Silahkan tekan tombol Resume atau tinta tahan selama 5 samapai 10 detik, kemudian lepaskan selama 2 detik.

    3. Tekan lagi tombol Resume kemudian tahan selama 5 sampai 10 detik, kemudian lepaskan selama 2 detik.

    4. Langsung tekan lagi tombol Resume kemudian tahan selama 5 sampai 10 detik, kemudian lepaskan.

  3. SAYA SUDAH IKUTILAH LANGKAH-LANGKAH UTK RESET, NAMUN SAAT TES PRINT TIDAK BISA BERHASIL HASIL PRINT SATU SAMPAI DUA BARIS, MAU SIH SEKALI KALI SETENGAH HALAMAN NAMUN SESDAH TIDAK DAPAT LAGI, SELANJUTNYA UNTUK PRINT BELUM JUGA NORMAL, MOHON DIBANTU GUN

  4. kak, saya sudah ikuti cara restartnya tapi kenapa indikator power, tinta dan kertas masih berkedip terus ya ? padahal saya sudah pakai yang manual

  5. sy biasa reset epson l310….. tp sekarang kenapa gak mau ya…. malah not responding apakah benar katanya harus reset secara online???

  6. Itu kode erorr komunikasi,.

    Pastikan kabel yang menghubungkan printer dengan komputer terhubung dengan baik, bisa di cabut dulu lalu colokkan kembali.

    Kalau masih belum bisa coba atur mode kompatibilitas-nya,

    Caranya:

    1. Klik kanan di "software resseter", pilih "Properties".
    2. Pilih "Kompatibilitas" kemudian pilih "Windows XP"
    3. OK.

    Kalau sudah di atur seperti ini klik kanan pada "software reseter" kemudian pilih "Run as Administrator".

    Sampai disini seharusnya software bisa berjalan.

  7. Mas saya punya printer epson l360. saat ini tidak bisa mengeprint. saya sudah ikuti langkah langkah nya mas,tapibelum juga bisa ngeprint di semua program, apa lagi kendalanya mas?

    • Error 2000020A biasanya disebabkan karena masalah file yang membuat eror Registry di OS Windows.

      Kalau Mba sebelumnya pernah menggunakan aplikasi AdjProg (resseter) kemungkinan file yang lama belum dihapus dengan bersih.

      Solusinya: Mba bisa menggunakan software CCleaner untuk memperbaiki Registry Windows.

  8. gan, punya saya epson L365, sedianya pakai koneksi wireles “CAPLANG”, lalu koneksi/akses point CAPLANG tersebut putus, dan kami ganti baru dengan koneksi/akses point lainnya. Bagaimana caranya mengubah SSID pada printer tsb, karena koneksi CAPLANG sudah diputus? kami tidak bisa ngeprint dg wireles CAPLANG karena sudah putus dan ganti baru. Bagaimana mengubah SSID nya?

    • Beberapa printer Epson memang sering mengalami masalah ini. Untuk mengatasinya, matikan printer saat proses “Check” selesai, lalu hidupkan lagi printer dan langsung pilih opsi “Initialize”.

    • Kode error 2000020A biasanya disebabkan karena file sistem yang salah konfigurasi. Ini biasanya terjadi ketika sistem registri komputer kelebihan data, atau ketika file sistem tertentu menjadi hilang atau rusak.

      Untuk memperbaiki registri, bisa dicoba menggunakan aplikasi Windows Repair atau CCleaner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here