Tips & Trik

Cara Reset Printer Epson L110 L210 L300 L350 L355 dengan Software Resetter dan Manual

reset printer L110 L210 L300 L350 L355

Sudah bukan masalah baru lagi jika printer seringkali mengalami masalah yang membuat kita jengkel terutama pada printer Epson seri L110, L210, L300, L350, dan L355 biasanya masalah yang paling sering terjadi adalah printer mendeteksi bahwa tempat pembuangan penuh padahal tempat pembuangan sudah kita buat sedemikian rupa supaya tidak penuh.

Meskipun Anda membuat tempat pembuangan masalah ini akan tetap muncul karena pada umumnya printer akan mendeteksi penuh atau tidaknya Ink Pad Printer bukan dari tempat pembuangan akan tetapi dari aktivitas percetakan yang telah dilakukan sebelumnya, jadi tidak heran jika masalah ini muncul meskipun tempat pembuangan sudah Anda buat.

Apabila printer mengalami masalah yang seperti ini biasanya lampu indikator akan menyala silih berganti alias blink dan pada saat kita gunakan akan muncul di layar perangkat komputer sebuah peringatan.

Setiap printer akan memunculkan pesan peringatan yang berbeda-beda untuk printer Epson seri L210 akan muncul peringatan “It is nearly time to reset the ink levels” sedangkan untuk seri L110 muncul pesan “Service Required“.

Untuk seri lain biasanya pesan peringatannya tidak jauh beda  dimana dalam perintatan tersebut biasanya akan ada kata-kata Ink Pad is At The End of The Service Live atau Ink Waste is Full.

Ini merupakan masalah kecil akan tetapi banyak orang yang merasa kebingungan apalagi jika Anda tidak akrab dengan dunia percetakan mungkin masalah ini akan menjadi terasa sulit untuk diatasi bahkan tidak jarang diantara mereka yang membawanya ke jasa reparasi padahal Anda juga bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350, dan L355 ?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yang pertama Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan software resetter sebetulnya caranya sama saja dengan mereset printer lain hanya saja software resetter masing-masing printer berbeda-beda, dan yang kedua Anda bisa mengatasinya secara manual dengan menekan tombol pada printer tanpa menggunakan software.

1. Menggunakan Software Resetter

Ini merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan karena proses reset akan dijalankan secara otomatis oleh software resetter proses konfigurasi software sama saja dengan printer yang lain akan tetapi software resetter masing-masing printer berbeda-beda.

Untuk software resetter kali ini bisa digunakan pada printer Epson L110, L210, L300, L350, dan L355 silahkan download terlebih dahulu software resetter-nya.

Resetter: Download Resetter Printer Epson L110, L210, L300, L350, L355
Password RAR: sipitek.com

Silahkan download terlebih dahulu sotware resetter-nya melalui link diatas kemudian ekstrak file yang ada di dalamnya. Jika sudah silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silahkan buka file yang bernama Adjprog.exe nanti akan muncul software Epson Adjustment Program seperti gambar dibawah, silahkan pilih Particular adjustment mode.

Epson Adjustment Program

2. Selanjutnya silahkan pilih model printer yang Anda gunakan pada bagian Model Name kemudian pada bagian Port pilih port komputer yang terhubung dengan printer atau bisa juga memilih Auto selection agar software mendeteksi secara otomatis, jika sudah pilih OK.

pilih tipe printer

3. Setelah itu akan muncul dialog baru pada bagian Maintenance pilih Waste ink pad counter kemudian pilih OK.

waste ink pad counter

4. Langkah terakhir berikan centang pada bagian Main pad counter kemudian pilih Check apabila muncul dialog pilih saja OK.

Biasanya setelah menekan tombol Check centang pada Main pad counter akan hilang silahkan centang kembali kemudian pilih Initializaton untuk memulai proses reset apabila muncul dialog pilih OK, disini proses reset akan berjalan apabila sudah selesai akan muncul dialog perintah untuk merestart printer silahkan pilih OK kemudian pilih Finish.

cek dan instalasi

Keluarkan software resetter-nya silahkan restart printer dengan cara matikan terlebih dahulu printer beberapa saat kemudian nyalakan kembali.

Sampai disini printer akan kembali normal dan lampu indikator sudah tidak blink atau berkedip-kedip lagi alias berjalan nomral, silahkan tes lakukan percetakan.

Selain bisa digunakan pada Epson lima seri yang disebutkan diatas software ini bisa juga digunakan pada printer Epson seri L550 pada saat Anda memilih model printer langkah kedua bisa menggunakan model L355, sudah saya coba dan ternyata berhasil.

Bagaimana jika saya tidak berhasil dan mengalami eror? Apabila Anda mengalami masalah menggunakan software resetter Anda bisa reset secara manual. Silahkan simak cara kedua.

2. Secara Manual tanpa Software Resetter

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang mengalami masalah pada saat menggunakan cara yang pertama atau mengalami masalah pada saat melakukan konfigurasi software resetter karena cara kedua ini Anda tidak perlu menggunakan software resetter.

Cara kedua ini dilakukan dengan cara menekan tombol pada printer, namun harus diperhatikan waktu jeda pada saat menekan tombol. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Jika printer dalam keadaan menyala matikan terlebih dahulu kemudian cabut kabel yang terhubung ke komputer dan listrik, biarkan kurang lebih selama 5 sampai 10 menit.
  • Nyalakan printer kemudian tunggu sampai printer diam.
  • Silahkan tekan tombol Resume atau tinta tahan selama 5 samapai 10 detik, kemudian lepaskan selama 2 detik.
  • Tekan lagi tombol Resume kemudian tahan selama 5 sampai 10 detik, kemudian lepaskan selama 2 detik.
  • Langsung tekan lagi tombol Resume kemudian tahan selama 5 sampai 10 detik, kemudian lepaskan.
  • Selesai.

Sampai disini lampu pada indikator tinta ataupun lampu power akan berhenti blinking yang menyala hanya lampu powernya saja berwarna hijau. Singkatnya cara ini yaitu Anda menekan tombol Resume tiga kali yang perlu diperhatikan adalah jeda waktunya.

Silahkan coba gunakan untuk mencetak…

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mereset printer Epson seri L110, L210, L130, L350, dan L355. Semoga masalahnya bisa teratasi, terimakasih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top