Tips & Trik

Cara Extract File RAR dan ZIP di Komputer Menggunakan WinRAR

cara ekstrak file rar zip

Bagi Kamu yang sering mengunduh file di internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan format file RAR atau ZIP, tidak heran jika banyak orang yang orang mengunggah file dalam format tersebut karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya bisa memperkecil ukuran file tanpa mengurangi kualitas, memproteksi file dengan password, dan file menjadi lebih kebal terhadap serangan virus.

Biasanya file arsip berekstentsi RAR atau ZIP di internet umumnya memiliki ukuran yang cukup besar, jika Kamu sering mengunduh file-file besar seperti game atau aplikasi komputer di internet pasti sering menemui menemukan jenis file arsip ini.

Meskipun ekstensi file ini sudah cukup populer tetapi masih ada beberapa orang yang belum tau cara mengekstrak atau mengeluarkan file-file yang ada didalam file arsip RAR dan ZIP di komputer, sebetulnya caranya sangat mudah asalkan Kamu sudah memasang aplikasi WinRAR di komputer yang Kamu gunakan.

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara untuk melakukan ekstrak file RAR dan ZIP di komputer dengan mudah dan cepat secara lengkap agar Kamu bisa lebih mudah memahaminya.

Bagaimana Cara Extract File RAR dan ZIP di PC ?

Tidak ada perbedaan dalam proses ekstrak file RAR dan ZIP hanya saja untuk file RAR Kamu harus mengeluarkannya menggunakan aplikasi WinRAR sedangkan file ZIP Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ini karena secara default Windows sudah menyediakan fitur untuk mengekstraknya.

Meskipun demikian alangkah baiknya Kamu memasang aplikasi WinRAR terlebih dahulu karena aplikasi ini juga bisa mengekstrak kedua file tersebut, selain itu Kamu juga bisa membuat file RAR dan ZIP sendiri untuk berbagai keperluan.

Bagaimana cara extract file RAR dan ZIP menggunakan WinRAR? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silakan cari file RAR atau ZIP yang ingin di ekstrak, jika sudah ketemu klik kanan pada file tersebut maka akan muncul beberapa pilihan untuk mengekstrak.

cara ekstrak file rar zip

Open with WinRAR: untuk masuk ke dalam file tersebut tanpa mengeluarkan file-file yang ada didalamnya.

Extract files…: untuk mengekstrak file yang ada di dalam WinRAR ke lokasi penyimpanan yang Kamu inginkan, jadi file hasil ekstrak akan disimpan dilokasi penyimpanan yang Kamu tentukan.

Extract Here: untuk mengekstrak file yang ada di dalam WinRAR ke lokasi folder yang sama dengan file RAR yang ingin di ekstrak, misalnya file RAR yang ingin Kamu ekstrak berada di folder dokumen maka hasil ekstrak nantinya akan disimpan dalam folder tersebut.

Extract to (nama file): untuk mengekstrak file yang ada di dalam WinRAR ke dalam folder baru dengan nama file yang sama. Misalnya disini saya mengektrak file RAR dengan nama “pantangmulang” maka ketika saya memilih menu ini hasil ekstrak secara otomatis akan masuk kedalam folder baru dengan nama “pantangmulang” di lokasi folder yang sama dengan file RAR.

Jika file RAR atau ZIP yang ingin di ekstrak di proteksi dengan password setelah Kamu memilih salah satu pilihan diatas maka akan muncul permintaan untuk memasukkan password file tersebut. Menu-menu diatas akan muncul ketika komputer sudah terpasang aplikasi WinRAR jika belum tentu saja tidak akan pilihan menu tersebut.

Oleh karena itu silahkan instal terlebih dahulu aplikasi WinRAR di komputer, laptop, atau notebook yang Kamu gunakan. Sedangkan untuk Android Kamu bisa menggunakan ZArchiver.

Bagaimana sangat mudah sekali bukan? Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan bisa membantu Kamu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top