Salah satu cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android adalah menggunakan aplikasi recycle bin. Kalau Anda suka menggunakan PC Windows pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Akan tetapi Android tidak dilengkapi dengan fitur recycle bin seperti halnya pada Windows, namun Anda tetap bisa menambahkan fitur tersebut menggunakan aplikasi recycle bin pihak ketiga yang dirancang khusus untuk Android.

Meskipun demikian fungsinya sama saja yaitu untuk menampung dan mengembalikan file yang telah dihapus, entah itu file foto, musik, video, aplikasi, dan lain sebagainya. Kalau Anda tidak menggunakan aplikasi recycle bin file akan terhapus secara permanen, namun jika Anda menggunakannya, Anda bisa mengembalikannya kapan saja.

Akan tetapi beberapa aplikasi recycle bin Android yang akan Sipitek ulas kali ini tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda, ada aplikasi yang hadir dengan fitur yang mampu mengembalikan semua jenis file, namun ada juga yang hanya mampu mengembalikan file foto.

Oleh karena itu supaya Anda bisa memilih aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, yuk simak dulu semua ulasannya.

10 Aplikasi Recycle Bin Terbaik di Android

1. Dumpster

Dumpster

Dari banyaknya aplikasi recycle bin Android yang tersedia di Google Play Store, Dumpster merupakan salah satu yang paling populer. Aplikasi besutan Baloota ini mampu mengembalikan file yang tak sengaja terhapus dengan cepat, entah itu file foto, video, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini juga dilengkapi dengan fitur pembersih sampah yang dapat membersihkan file tak berguna untuk mengoptimalkan kinerja smartphone Anda.

2. Recycle Master

Recycle Master recycle bin android

Suka menghapus file penting tanpa sengaja? Recycle Master merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, dengan menggunakan aplikasi ini semua file yang dihapus akan disimpan terlebih dahulu ke tong sampah sebelum di hapus secara permanen, sehingga Anda bisa memulihkannya kapan saja.

Selain itu, Recycle Master juga dilengkapi dengan fitur pengunci aplikasi yang bisa Anda gunakan supaya orang lain tidak mengetahui file yang telah Anda hapus.

Untuk melegakan ruang penyimpanan, fitur pembersih otomatis juga turut disematkan, dengan adanya fitur ini file yang ada di tong sampah akan dihapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu, entah itu per minggu, bulan, atau tahun, Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan.

3. GT Trash

GT Trash

Ingin mengembalikan file yang sudah lama terhapus? GT Trash merupakan aplikasi recycle bin Android yang wajib Anda pertimbangkan. Pasalnya, aplikasi ini memang dibekali dengan fitur yang dapat memulihkan data yang telah dihapus sebelum aplikasi ini terpasang di smartphone Anda.

Ada banyak data yang bisa Anda pulihkan menggunakan aplikasi ini, mulai dari gambar, video, dokumen, audio, SMS, kontak, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, Anda juga bisa meninjau terlebih dahulu file yang ingin dipulihkan.

4. Recycle Bin

Recycle Bin

Sesuai dengan namanya, Recycle Bin merupakan aplikasi yang mirip seperti yang ada di Windows. Aplikasi ini dapat menampung beragam jenis file yang dihapus oleh pengguna sebelum dihapus secara permanen, nantinya semua file yang Anda hapus akan muncul di aplikasi ini.

Anda dapat menghapus file tersebut secara permanen atau bisa juga memulihkannya tanpa mengurangi kualitasnya. Tak perlu khawatir aplikasi ini berhenti dan tidak siap menampung file yang dihapus, karena Reyclce Bin akan berjalan di latar belakang meskipun smartphone di restart.

5. Data Recovery

Data Recovery

Data Recovery merupakan aplikasi recycle bin Android yang cepat dan mudah digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu menjalankan fitur pemindai untuk memindai file yang terhapus.

Setelah itu aplikasi ini akan menampilkan file-file yang telah Anda hapus, Anda bisa langsung memulihkannya atau bisa juga dengan meninjaunya terlebih dahulu. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa mengembalikan beragam jenis data, mulai dari musik, kontak, video, gambar, dan lain sebagainya.

6. Chat Bin

Chat Bin

Sesuai dengan namanya, Chat Bin merupakan aplikasi yang hanya bisa memulihkan pesan yang terhapus di aplikasi WhatsApp saja. Selain itu, aplikasi besutan xharma ini juga dapat mengembalikan pesan yang dihapus oleh lawan percakapan Anda.

Menariknya lagi, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali ini juga menyediakan beragam fitur menarik untuk WhatsApp, seperti fitur untuk mengirim pesan tanpa menyimpan nomor, menghilangkan tanda online, dan lain sebagainya.

7. DiskDigger Photo Recovery

DiskDigger Photo Recovery

Ingin mengembalikan foto yang terhapus tanpa ribet melakukan root? DiskDigger Photo Recovery merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi ini memang hanya mendukung file foto saja, semua fitur yang ada di aplikasi ini juga dapat bekerja dengan baik meskipun smartphone Anda belum di root.

Setelah foto berhasil di pulihkan, Anda dapat menyimpan foto tersebut ke penyimpanan lokal smartphone atau bisa juga ke layanan penyimpanan awan, seperti Google Drive, Dropbox, dan lain sebagainya.

8. Deleted Photo Recovery

Deleted Photo Recovery

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Deleted Photo Recovery juga merupakan aplikasi recycle bin Android yang dirancang khusus untuk mengembalikan file foto. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengembalikan foto yang terhapus sejak lama maupun yang terhapus setelah menginstal aplikasi ini.

Deleted Photo Recovery juga dapat bekerja dengan baik di smartphone yang belum di root. Menariknya lagi, aplikasi besutan GreatStuffApps ini juga mendukung semua jenis file gambar, termasuk .jpg, jpeg, maupun .png.

9. Recycle Bin for Photos

Recycle Bin for Photos

Kalau Anda ingin mengembalikan foto yang terhapus dalam jumlah yang banyak, Recycle Bin for Photos bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, aplikasi besutan Genpack ini dapat memulihkan foto dengan super cepat.

Tidak hanya itu saja, Recycle Bin for Photos juga bisa memulihkan foto yang terhapus di memori internet maupun eksternal. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat bekerja dengan baik tanpa root.

10. Deleted Photo Recovery

Deleted Photo Recovery

Aplikasi recycle bin yang terakhir pilihan Sipitek adalah Deleted Photo Recovery. Mirip seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga hanya bisa mengembalikan file foto yang terhapus saja, tidak bisa digunakan untuk mengembalikan file yang lain.

Tidak hanya bisa memulihkan foto yang terhapus dari memori internal dan eksternal saja, akan tetapi aplikasi ini juga bisa mengembalikan foto yang terhapus dari aplikasi Messenger lho.

Itulah deretan aplikasi recycle bin Android terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menampung dan mengembalikan file yang terhapus. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda tak perlu khawatir lagi ketika file terhapus, karena Anda bisa mengembalikannya kapan saja. Jadi aplikasi mana yang akan Anda gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here