Apps

17 Aplikasi Pengunci Aplikasi Android Paling Ringan dan Canggih

aplikasi pengunci aplikasi

Sering menyimpan data-data penting di smartphone? mulai sekarang kamu perlu memperhatikan keamanan data tersebut, jangan sampai ada orang lain yang mengintip data penting yang telah kamu simpan. Salah satu cara agar kamu dapat mengamankan data penting di smartphone adalah menggunakan aplikasi pengunci aplikasi.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi yang akan Sipitek ulas ini, kamu bisa mengunci semua aplikasi yang ada di smartphone supaya privasi dan data yang tersimpan disetiap aplikasi bisa terjaga dengan aman.

Apalagi kalau kamu sering menyimpan koleksi foto dan video pribadi, tentunya kalau bocor ini bisa menjadi sangat fatal, bahkan mungkin bisa dengan mudah tersebar di internet.

Akan tetapi terkadang, pengguna smartphone bingung memilih aplikasi pengunci aplikasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya, mungkin juga termasuk kamu.

Oleh karena itu Sipitek akan mengulas aplikasi pengunci aplikasi terbaik yang bisa menjadi pilih yang tepat buat kamu, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengunci berbagai macam jenis aplikasi yang ada di Android seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lainnya.

Tentunya setiap aplikasi punya metode penguncian yang berbeda-beda, mulai dari metode penguncian sidik jari, password, hingga pola. Nah biar kamu bisa memilih yang tepat, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik di Android

Berikut ini ulasan aplikasi pengunci aplikasi terbaik yang bisa diunduh secara gratis di Play Store, ada juga yang bebas iklan lho.

1. AppLock (DoMobile Lab)

applock domobile

AppLock merupakan aplikasi pengunci aplikasi terbaik yang ada di Play Store. Tak tanggung-tanggun, aplikasi besutan DoMobile Lab ini telah di unduh oleh lebih dari 350 juta pengguna lho. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi pengunci aplikasi No.1 di lebih dari 50 negara.

Hampir semua aplikasi yang ada di Android bisa kamu kunci menggunakan aplikasi ini, mulai dari panggilan masuk hingga pengaturan smartphone untuk mengantisipasi seseorang menghapus aplikasi AppLock dari smartphone kamu.

Tak hanya itu saja, AppLock juga memiliki kemampuan untuk menyembunyikan foto maupun video yang tersimpan di galeri smartphone.

Nggak perlu khawatir pola atau PIN-mu di intip orang lain, karena saat membuka kunci aplikasi, AppLock akan menampilkan keyboard secara acak dan pola kunci yang tak terlihat.

Selain menggunakan password dan pola kamu juga bisa menggunakan metode penguncian fingerprint, tapi pastikan smartphone kamu sudah dilengkapi dengan teknologi fingerprint dan minimal sudah menggunakan Android 6.0+.

Fitur AppLock lainnya:

  • Tersedia beragam tema
  • Kunci otomatis berdasarkan waktu dan lokasi
  • Kunci toogle Wi-Fi, Bluetooth, sinkronisasi, data seluler
  • Penggunaan memori yang rendah
  • Mode hemat baterai
  • Sembunyikan ikon AppLock
  • Browsing dengan mode penyamaran

Artikel terkait: Cara Mengunci Aplikasi Android dengan Mudah Tanpa Ribet

2. CM Locker

cm locker

CM Locker merupakan aplikasi pengunci aplikasi yang cukup canggih, pasalnya aplikasi besutan Cheetah Mobile ini bisa memotret seseorang yang mencoba membuka kunci smartphone yang telah kamu tetapkan. Jika ada orang yang salah memasukkan kata sandi, maka otomatis aplikasi ini akan memotret orang tersebut melalui kamera depan.

Tidak hanya itu saja kamu juga bisa mengaitkan CM Locker dengan akun Facebook maupun Email, sehingga ketika smartphone hilang kamu bisa menyalakan alarm untuk mempermudah pencarian.

Fitur anti-maling juga tersemat di CM Locker, ketika smartphone kamu di gondol maling kamu bisa memotret maling tersebut dan foto si maling akan dikirim melalui email yang telah dihubungkan.

Selain dapat digunakan untuk mengunci aplikasi, CM Locker juga bisa kamu gunakan untuk mengunci layar smartphone.

Fitur CM Locker lainnya:

  • Prakiraan cuaca
  • Tema HD gratis
  • Balasan instan tanpa membuka kunci layar
  • Kontrol musik

3. Norton App Lock

Norton app lock

Tak mau kalah dengan aplikasi yang lainnya, sebagai developer yang lebih dikenal sebagai pengusung anti virus, Norton juga punya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan data privasi di smartphone Android.

Norton App Lock punya beberapa metode penguncian diantaranya yaitu pattern, password, dan PIN. Kamu bisa menggunakannya untuk mengunci aplikasi maupun kunci layar.

Selain itu Norton juga dilengkapi dengan fitur untuk melindungi informasi sensitif seperti foto, video, aplikasi sosial media dan lainnya.

Fitur Norton App Lock lainnya:

  • Anti maling, dapat memotret wajah seseorang yang mencoba membuka kunci lebih dari 3 kali.
  • Mencegah penggunaan game.

4. LOCKit

LOCKit

Sering khawatir data pribadi kamu ketahuan ketika smartphone dipinjam teman? dengan menggunakan aplikasi LOCKit kamu nggak perlu khawatir lagi karena aplikasi mampu menjaga data privasi yang ada di smartphone, meskipun di tangan orang lain.

Uniknya, aplikasi yang diusung oleh SuperTools Corporation ini memiliki kemampuan untuk menyamarkan kunci layar aplikasi sehingga fitur ini bisa membantu kamu untuk mencegah pembobolan sandi.

Jika ada seseorang yang mencoba membuka aplikasi yang telah kamu kunci dan dia salah memasukkan sandi, maka otomatis aplikasi ini akan memotret wajah orang tersebut melalui kamera depan.

Selain itu, LOCKit juga menyediakan fitur untuk mengunci foto maupun video yang tersimpan di galeri, jadi dengan aplikasi ini kamu nggak perlu khawatir lagi data sensitif yang tersimpan bocor.

Fitur LOCKit lainnya:

  • Melindungi privasi secara real time.
  • Kunci notifikasi.
  • Tersedia beragam tema keren.
  • Pembersih notifikasi sampah.
  • Kunci pengaturan sistem.
  • Kunci aplikasi Google Play Store.
  • Mencegah si “dia” mengangkat telpon dari sang mantan.

5. Hexlock App Lock

hexlock

Hexlock App Lock merupakan aplikasi pengunci Android yang cukup canggih, pasalnya di aplikasi ini kamu bisa menggunakan salah satu dari enam profile yang dapat menyesuaikan sendiri pengaturannya sesuai dengan situasi dan kondisi kamu.

Jadi kamu nggak perlu ribet menyesuaikan pengaturannya secara manual, cukup pilih satu profile saja, semua pengaturan yang ada di aplikasi Hexlock akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Aplikasi yang diusung oleh Liquidum Limited ini juga memiliki kemampuan untuk memberitahu kamu jika ada seseorang yang mencoba membobol kata sandi yang telah kamu pasang. Melalui fitur Security Log kamu juga akan tau foto orang tersebut.

Fitur Hexlock App Lock lainnya:

  • Kunci aplikasi perpesanan dan sosial media.
  • Mengamankan foto dan video.
  • Kunci galeri.
  • Kunci pengaturan sistem.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi tanpa Aplikasi

6. AppLock (SpSoft)

Applock spsoft

AppLock memiliki lebih banyak metode penguncian aplikasi mulai dari PIN, kata sandi, fingerprint, pola, hingga gestur.

Yang membedakan AppLock dengan aplikasi lainnya dalam metode penguncian adalah adanya metode penguncian gestur, jadi dengan metode ini kamu bisa membuka maupun mengunci aplikasi dengan hanya dengan gerakan-gerakan tertentu.

Selain itu aplikasi yang di usung oleh SpSoft ini juga memiliki kemampuan untuk menampilkan layar kunci palsu yang dapat membuat bingung para penyusup.

Tidak hanya itu saja AppLock juga terkenal dengan kemampuannya yang sangat canggih, dimana kamu dapat membuka maupun mengunci aplikasi dari jarak jauh melalui SMS.

Nggak perlu khawatir aplikasi ini membebani smartphone kamu, karena sangat ringan dan ukurannya kurang dari 4Mb saja.

Fitur AppLock lainnya:

  • Mencegah pemberitahuan aplikasi yang dikunci.
  • Terapkan kata sandi yang berbeda di setiap aplikasi.
  • Aktifkan kunci aplikasi pada waktu-waktu tertentu.
  • Selfie penyusup.

7. Vault

vault

Selain memiliki kemampuan untuk mengunci SMS, foto, video, kontak, dan log panggilan, Vault juga punya fitur Cloud Backup. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mencadangkan data SMS, kontak, foto, video, dan log panggilan ke penyimpanan awan secara gratis.

Sama seperti pengunci aplikasi yang lainnya, aplikasi besutan NQQ Mobile Securtiy ini punya fitur selfie penyusup tapi di aplikasi ini namanya Break-in Alarm.

Fitur Break-in Alarm tidak hanya bisa memotret wajah si penyusup, namun ia juga mengumpulkan data lain seperti PIN yang dimasukkan dan waktu penyusup melakukan pembobolan password.

Fitur Vault lainnya:

  • Browsing dengan mode pribadi.
  • Pengingat panggilan, berfungsi untuk mengetahui apakah panggilan yang masuk panggilan penting atau tidak penting.
  • Menyembunyikan ikon aplikasi dari tampilan smartphone.

8. Perfect App Lock (IDN)

perfect app lock

Aplikasi yang diusung oleh Morrison Software ini sangat cocok untuk kamu yang lebih mengutamakan kesederhanaan dan kemudahan. Perfect App Lock (IDN) memang tidak memiliki fitur yang lengkap namun aplikasi ini tetap memiliki fitur pengunci aplikasi yang dapat mengamankan data privasi kamu dari orang-orang jahat.

Tersedia dua metode penguncian yang bisa kamu gunakan, yaitu pola dan PIN. Uniknya, Perfect App Lock ini bisa kamu jalankan dari jarak jauh melalui SMS yang berisi perintah tertentu.

Fitur Perfect App Lock (IDN) lainnya:

  • Dapat digunakan untuk mengelola tingkat kecerahan layar di setiap aplikasi.
  • Pengunci koneksi USB ketika terhubung ke PC.
  • Membutuhkan sumber daya yang kecil.
  • Kunci rotasi layar.

9. App Lock: Fingerprint Password

app lock fingerprint password

Aplikasi pengunci aplikasi besutan KeepSafe ini punya tampilan yang cukup keren dan sederhana, sehingga kamu tak butuh waktu lama untuk mengenali semua fitur yang ada di aplikasi App Lock ini.

Nggak perlu khawatir ketika smartphone kamu dipinjam oleh teman ataupun orang tua karena semua aplikasi yang berisi data pribadi bisa kamu kunci dengan metode penguncian PIN, pola, maupun sidik jari.

Setiap kali kamu memasang aplikasi baru App Lock secara sigap memeriksa aplikasi tersebut untuk memastikan tidak ada kode jahat yang dapat membahayakan smartphone kamu.

10. IObit Applock

IObit Applock

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, IObit Applock menawarkan metode penguncian Face Lock yang dipadukan dengan kecerdasan buatan untuk mengenali wajah empunya secara akurat, aman, dan cepat.

Sehingga kamu nggak perlu ribet mengingat kata sandi, cukup arahkan kamera smartphone ke wajah otomatis aplikasi yang telah kamu kunci akan terbuka dengan sendirinya.

Nggak hanya itu saja, aplikasi besutan IObit Applock Team ini juga punya fitur selfie penyusup yang mampu memotret wajah seseorang yang mencoba membuka kunci aplikasi yang telah kamu terapkan, bahkan hasil foto wajah penyusup juga akan dilaporkan ke email kamu.

Tentunya selain dapat mengamankan data pribadi, fitur ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui siapa yang mencuri smartphone kamu.

Fitur IObit Applock lainnya:

  • Kunci pengaturan sistem.
  • Sembunyikan pemberitahuan aplikasi tertentu dari notifikasi.
  • Mampu menyamarkan layar kunci.
  • Tersedia tema keren.

11. Easy App Lock & Hide Foto

easy app lock

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi yang diusung oleh MobileIdea Studio ini tidak hanya mampu mengunci aplikasi, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk menyembunyikan foto maupun video yang ada di galeri.

Nggak perlu khawatir Easy App Lock & Hide Foto membebani kinerja smartphone kamu, karena selain ringan aplikasi ini juga hanya mengkonsumsi baterai kurang dari 1% saja.

Easy App Lock & Hide Foto juga menyediakan beberapa metode penguncian yaitu sidik jari, pola, PIN dan gestur.

Fitur Easy App Lock & Hide Foto lainnya:

  • Selfie penyusup.
  • Mudah digunakan.
  • Sembunyian ikon aplikasi.

12. Privacy Knight

privacy knight

Aplikasi pengunci aplikasi besutan Alibaba Grup punya banyak metode penguncian, mulai dari sidik jari, pola, PIN, hingga pembuka kunci wajah.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari Privacy Knight adalah Face Lock atau kunci wajah yang telah dipadukan dengan algoritma deteksi wajah yang canggih, pasalnya fitur ini mampu membuka kunci aplikasi dalam waktu 1 detik saja lho.

Selain itu Privacy Knight juga dilengkapi banyak fitur menarik lainnya termasuk selfie penyusup, untuk memotret setiap orang yang mencoba membobol sandi yang telah kamu tetapkan.

Fitur Privacy Knight lainnya:

  • Sembunyikan foto dan video dari galeri.
  • Bersihkan riwayat browser.
  • Mampu menyembunyikan gerakan tangan, untuk menghindari orang yang mengintip sandi kamu.
  • Kunci panggilan masuk.
  • Tema gratis.

13. AppLock (IVYMOBILE)

applock ivymobile

Aplikasi pengunci aplikasi terbaik yang dikembangkan oleh IVYMOBILE ini, tidak hanya bisa mengunci berbagai macam jenis aplikasi yang ada di smartphone saja, namun AppLock bisa digunakan untuk mengunci pengaturan sistem supaya tidak ada orang lain yang mencoba mengubah pengaturan yang telah kamu terapkan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengunci foto maupun video yang ada di galeri, fitur ini tentunya cukup penting jika kamu sering menyimpan foto dan video sensitif di galeri.

Nggak perlu khawatir ada yang mengintip sandi kamu, karena aplikasi ini akan menampilkan keyboard secara acak dan pola yang tak terlihat. Jadi nggak perlu ngumpet lagi saat membuka kunci.

Kalau ada orang yang mencoba membobol sandi aplikasi yang telah kamu terapkan tenang saja, karena aplikasi ini juga akan otomatis memotret wajah orang tersebut bahkan kamu juga bisa melihat data si penyusup secara lengkap mulai dari waktu pembobolan dan informasi lainnya.

Fitur AppLock (IVYMOBLE) lainnya:

  • Ganti ikon aplikasi dengan ikon kalkulator, alarm, ataupun prakiraan cuaca.
  • Kunci berdasarkan frekuensi tertentu.
  • Mode hemat daya, mampu menghemat daya hingga 50%.

14. AppLock | Lock Your Apps

app lock lcok your apps

Aplikasi pengunci aplikasi rancangan Burakgon ini lebih mengunggulkan kinerja aplikasi, pasalnya aplikasi bernama AppLock | Lock Your Apps ini diklaim lebih ringan dari aplikasi sejenisnya yang ada di Play Store, tidak hanya itu saja konsumsi daya dan RAM yang dibutuhkan aplikasi ini juga sangat sedikit.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna ini menawarkan tiga metode penguncian, pola, password, dan sidik jari.

Selain itu bisa digunakan untuk mengunci aplikasi, AppLock juga bisa menyembunyikan foto dan video yang ada di galeri. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini sepenuhnya secara gratis.

Fitur AppLock | Lock Your Apps lainnya:

  • Tersedia tema dengan beragam warna.
  • Kunci balon percakapan Facebook Messenger.
  • Kunci pengaturan sistem.

15. Smart AppLock (App Protect)

smart applock

Kalau kamu mengharapkan aplikasi pengunci aplikasi yang punya tampilan keren, elegan, dan profesional, mungkin Smart AppLock bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Karena memang desain antarmuka aplikasi ini cukup memanjakan mata.

Smart AppLock mampu mengunci aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan privasi, sosial media, maupun pengaturan sistem. Aplikasi besutan ThinkYeah Mobile ini juga bisa kamu gunakan untuk mengunci toogle Wi-Fi, Bluetooth, maupun Hotspot.

Buat kamu yang sering menjadi korban pencurian jaringan internet di smartphone yang memanfaatkan fitur Hotspot, kamu bisa mencegahnya dengan aplikasi ini.

Fitur Smart AppLock (App Protect) lainnya:

  • Kunci aplikasi dengan pola, PIN, sidik jari dan sandi.
  • Sembunyikan foto dan video dari galeri.
  • Selfie penyusup.

16. AppLock – Fingerprint Unlock

applock fingerprint unlock

Suka risih dengan iklan? tenang saja kamu bisa mencoba aplikasi besutan Cheetah Mobile ini. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, AppLock – Fingerprint Unlock bisa kamu gunakan sepenuhnya secara gratis bahkan tanpa iklan. Sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan leluasa, tanpa khawatir terganggu dengan iklan.

Namun aplikasi ini tetap memiliki fitur yang sama dengan aplikasi pengunci aplikasi yang lainnya. Kamu bisa mengunci aplikasi menggunakan pola, PIN, dan sidik jari. Selain itu kamu juga bisa mengunci pengaturan sistem supaya pengaturan yang telah kamu tetapkan tidak diubah oleh orang-orang jahil.

Fitur AppLock – Fingerprint Unlock lainnya:

  • Kunci panggilan masuk.
  • Kunci toogle Wi-Fi, bluetooh dan lainnya.
  • Selfie penyusup, foto dan tanggal pembobolan akan dikirim ke email kamu.

17. Best Applock – Locker & No Ads

best applock no ads

Terakhir, aplikasi pengunci aplikasi tanpa iklan adalah bernama Best Applock -Locker & No Ads. Dengan menggunakan aplikasi besutan Ibrahim Gunduz ini kamu nggak akan risih dengan iklan yang kerap kali mengganggu, karena di aplikasi ini memang tidak ada iklan satupun.

Selain itu aplikasi ini juga punya desain antarmuka yang indah dan ramah pengguna sehingga kamu bisa lebih mudah dan leluasa ketika menggunakannya.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengunci berbagai macam jenis aplikasi yang ada di Android entah itu WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, browser, hingga galeri.

Fitur Best Applock – Locker & No Ads lainnya:

  • Membutuhkan daya yang rendah, sehingga baterai bisa menjadi lebih hemat.
  • Tersedia tema dengan beragam warna.
  • Bisa mendesain sendiri kunci layar.

Kesimpulan

Setiap aplikasi tentunya punya fitur yang berbeda-beda, tapi semua aplikasi yang saya ulas di atas semuanya bisa kamu gunakan untuk mengunci aplikasi yang ada di smartphone Android.

Kalau kamu ingin mengunci aplikasi dengan sidik jari, pastikan smartphone yang kamu gunakan sudah mendukung sensor sidik jari. Kalau tidak, tentu saja itu akan percuma, kamu tidak akan bisa menggunakannya.

Kamu bisa memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi smartphone. Jadi, aplikasi mana yang akan kamu gunakan?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top