Dulu untuk memindahkan data dari PC ke smartphone kita memerlukan kabel data, akan tetapi saat ini hadirnya beragam merk flashdisk OTG memudahkan kita untuk mengirim mengirim file dari PC ke smartphone ataupun sebaliknya.

Ada banyak flashdisk OTG yang bisa Anda temukan di pasaran, akan tetapi karena banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung memilihnya. Nah oleh karena itu kali ini Sipitek akan mengulas beberapa merk flashdisk OTG terbaik yang dirancang untuk smartphone Android, iPhone, dan iPad.

Namun setiap merk tentunya menawarkan fitur dan jenis port USB yang berbeda-beda, ada yang hadir dengan port USB 3.0, USB Type-C, USB 2.0, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa merk juga menawarkan aplikasi khusus untuk smartphone untuk memudahkan pengguna dalam mengelola file yang tersimpan di dalamnya.

Oleh karena itu supaya Anda bisa memilih flashdisk OTG yang tepat dan sesuai dengan perangkat yang Anda miliki yuk simak dulu semua ulasannya biar gak salah pilih.

15 Merk Flashdisk OTG Terbarik untuk iPhone dan Android

1. SanDisk iXpand Mini Flash Drive

SanDisk iXpand Mini Flash Drive

Kalau Anda pengguna iPhone yang ingin mencadangkan data dengan mudah tanpa ribet mengunggahnya ke layanan ICloud yang membutuhkan banyak kuota, maka SanDisk iXpan Mini Flash Drive merupakan flashdisk OTG terbaik yang wajib Anda pertimbangkan.

Pasalnya, flash drive yang satu ini dibekali dengan konektor Lighting untuk iPhone dan konektor USB 3.0 untuk PC maupun Mac. Selain itu, untuk memudahkan pengguna dalam mengelola file yang tersimpan di dalamnya, SanDisk menyediakan aplikasi iXpand Drive yang bisa diunduh secara gratis melalui App Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengelola file dengan mudah, entah itu file foto, video, dan lain sebagainya, bahkan Anda juga dapat menonton video yang ada di dalam flashdisk secara langsung tanpa ribet memindahkannya terlebih dahulu ke penyimpanan smartphone.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur yang dapat mencadangkan foto hasil jepretan kamera secara otomatis ketika SanDisk iXpan Mini Flash Drive terhubung ke iPhone Anda.

SanDisk iXpan Mini Flash Drive hadir dalam tiga varian kapasitas, yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB, untuk harganya berkisar antara Rp 375 ribuan hingga Rp 749 ribuan.

2. SanDisk iXpand Flash Drive

SanDisk iXpand Flash Drive

Mirip seperti flashdisk OTG yang sebelumnya, SanDisk iXpand Flash Drive juga dirancang untuk pengguna iPhone. Flashdisk yang satu ini memiliki dua konektor USB, yaitu konektor Lighting untuk iPhone dan USB 3.0 untuk PC.

Akan tetapi konektor Lighting yang disematkan pada flashdisk yang satu ini punya desain yang lebih fleksibel dan mendukung hampir sebagian besar case iPhone. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi iXpand Flash Drive untuk mengelola file yang tersimpan di dalamnya.

SanDisk iXpand Flash Drive juga sangat cocok untuk Anda yang ingin memindahkan data dalam jumlah yang besar, pasalnya flashdisk ini hadir dalam varian kapasitas mulai dari 32 GB hingga 256 GB, sedangkan untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 455 ribuan.

3. SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

Sandisk Ultra Dual USB Drive 3.0

Tak hanya menyediakan flashdisk OTG untuk perangkat iPhone saja, akan tetapi SanDisk juga punya flashdisk OTG untuk perangkat Android, salah satunya adalah SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0.

Flashdisk yang satu ini hadir dengan dua konektor yang dapat menjembatani smarphone Android, tablet, dan perangkat komputer Anda, yaitu satu konektor micro-USB untuk Android dan satu konektor USB 3.0 untuk PC, tak perlu khawatir jika PC Anda masih menggunakan port USB 2.0 karena konektor yang disematkan pada flashdisk ini juga mendukung port tersebut.

Selain itu, SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0 juga dilengkapi dengan fitur plug and play yang dapat mendeteksi secara otomatis ketika flashdisk dihubungkan ke smartphone atau tablet Android Anda.

Flashdisk yang satu ini tersedia dalam enam varian kapasitas, mulai dari 16 GB hingga 256 GB, untuk varian kapasitas yang paling rendah memiliki kecepatan baca hingga 130 MB/s, sedangkan untuk varian yang lainnya sanggup membaca data hingga kecepatan 150 MB/s. Harga jual produk ini berkisar antara Rp 75 ribuan hingga Rp 649 ribuan.

4. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 merupakan merk flashdisk OTG terbaik yang cocok digunakan oleh pengguna yang menginginkan desain flashdisk OTG Android yang simpel. Pasalnya, flashdisk yang satu ini memang punya ukuran yang cukup kecil jika dibandingkan dengan flashdisk pada umumnya.

Dengan menggunakan flashdisk yang satu ini Anda tak perlu lama menunggu proses transfer data selesai, karena memang flashdisk ini sanggup mentransfer data sampai dengan kecepatan 150 MB/s. Selain itu konektor USB 3.0 yang disematkan juga dapat digunakan pada port USB 2.0.

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 tersedia dalam empat varian kapasitas, mulai dari 16 GB hingga 128 GB, sedangkan untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 75 ribuan.

5. SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Sesuai dengan namanya, SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C merupakan flashdisk OTG yang dirancang untuk smartphone Android yang sudah mendukung port USB generasi terbaru, yaitu USB Type-C.

Selain menyediakan konektor khusus untuk Android, flashdisk yang satu ini juga menyediakan konektor USB 3.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan flashdisk ke perangkat komputer, kedua konektor tersebut memiliki kecepatan transfer data hingga 150 MB/s.

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C hadir dalam lima varian kapasitas, mulai dari kapasitas 16 GB hingga 256 GB, sedangkan untuk harga jualnya dibanderol mulai dari Rp 89 ribuan.

6. SanDisk Ultra USB Type-C Flash Drive

SanDisk Ultra USB Type-C Flash Drive

Berbeda dengan flashdisk OTG yang telah diulas sebelumnya, SanDisk Ultra USB Type-C Flash Drive hanya menyediakan satu konektor USB Type-C saja, akan tetapi Anda tetap bisa menggunakan konektor tersebut untuk menghubungkannya ke smartphone Android, tablet, laptop, komputer serta perangkat lainnya yang mendukung port USB Type-C.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola file yang tersimpan di dalamnya dengan mudah, karena flashdisk yang sanggup mentrasfer data hingga 150 MB/s ini mengukung aplikasi SanDisk Memory Zone yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

SanDisk Ultra USB Type-C Flash Drive hadir dalam empat varian kapasitas, mulai dari 16 GB hingga 128 GB, sedangkan untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 92 ribuan.

7. Kingston DataTraveler microDuo 3C

Kingston DataTraveler microDuo 3C

Kingston DataTraveler microDuo 3C mungkin bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda mencari merk flashdisk OTG dengan ukuran mini, pasalnya panjang flashdisk besutan Kingston ini hanya sekitar 30 mm saja.

Meskipun demikian, Kingston DataTraveler microDuo 3C menyediakan dua konektor USB yang dapat dihubungkan ke port USB Type-A dan USB Type-C, sehingga Anda juga bisa menghubungkannya ke smartphone Android, tablet, PC, Mac, dan perangkat yang lainnya.

Untuk kecepatannya, flashdisk ini memiliki kecepatan membaca hingga 100 MB/s sendangkan kecepatan menulisnya bisa sampai 15 MB/s. Kingston DataTraveler microDuo 3C hadir dalam tiga varian kapasitas, mulai dari 32 GB hingga 128 GB.

Sedangkan untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 119 ribuan. Menariknya lagi, produk ini juga memberikan jaminan garansi 5 tahun dan dukungan teknis, sehingga Anda tak perlu khawatir produk rusak dalam waktu yang singkat.

8. Kingston DataTraveler microDuo 3.0

Kingston DataTraveler microDuo 3.0

Sama seperti produk sebelumnya, Kingston DataTraveler microDuo 3.0 juga hadir dengan desain yang ramping dan mudah dibawa kemana-mana, untuk panjangnya hanya sekitar 27 mm saja.

Meskipun demikian, flashdisk OTG yang satu ini juga hadir dengan dua konektor, yaitu konektor khusus untuk port microUSB Android yang biasa digunakan untuk mengisi daya perangkat, dan USB 3.0 untuk menghubungkan ke perangkat komputer.

Kingston Data Traveler microDuo 3.0 hadir dalam tiga varian kapasitas, mulai dari 16 GB hingga 64 GB, semuanya memiliki kecepatan baca hingga 80 MB/s.

9. Kingston DataTraveler Bolt Duo

Kingston DataTraveler Bolt Duo

Kingston DataTraveler Bolt Duo merupakan flashdisk OTG yang bisa menjadi solusi terbaik untuk para pengguna iPhone atau iPad yang kehabisan ruang penyimpanan. Pasalnya, Kingston menyediakan aplikasi Bolt yang dapat memudahkan pengguna untuk mengelola dan mentransfer file dari smartphone.

Selain itu, flashdisk yang satu ini juga dibekali dengan konektor Lighting untuk iPhone dan iPad serta konektor USB 3.1 yang dapat dihubungkan ke perangkat komputer. Kingston DataTraveler Bolt Duo mendukung hampir semua tipe iPhone mulai dari iPhone 5 hingga iPhone X.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya, flashdisk ini hadir dalam tiga varian mulai dari kapasitas 32 GB hingga 128 GB.

10. Transcend JetFlash 890

Transcend JetFlash 890

Merk flashdisk OTG terbaik berikutya merupakan besutan dari perusahaan pembuat produk memori yang bermarkas di Republik Tiongkok, yaitu Trancend JetFlash 890. Flashdisk ini dibekali dengan konektor USB Type-C untuk Android dan USB 3.1 yang dapat dihubungkan ke perangkat komputer.

Flashdisk dengan kecepatan transfer hingga 130 MB/s ini hadir dalam tiga varian kapasitas yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB, sedangkan untuk harga jualnya dibanderol mulai dari Rp 150 ribuan.

Menariknya lagi, untuk menahan percikan air dan debu, Transcend JetFlash 890 dilapisi dengan casing logam ringan yang didesain dengan inovatif supaya tetap nyaman ketika di bawa bepergian.

Selain itu, Transcend juga menyediakan aplikasi khusus untuk Android bernama Transcend Elite, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat mencadangkan dan mengenskripsi data dengan mudah melalui smartphone.

11. Transcend JetDrive Go 500

Transcend JetDrive Go 500

Tak hanya menyediakan flashdisk OTG untuk Android, Transcend juga punya beberapa seri flashdisk OTG yang dirancang untuk para pengguna iPad, iPhone, dan iPod, salah satunya adalah Transcend JetDrive Go 500.

Flashdisk OTG yang dilapisi dengan material seng ini hadir dengan konektor ganda, yaitu konektor Lighting untuk iPhone dan konektor USB 3.1 yang dapat digunakan untuk menghubungkan flashdisk ke PC, Mac, maupun laptop.

Tak perlu khawatir dengan keamanan data, pasalnya flashdisk ini sudah mengantongi sertifikat MFI dan sesuai dengan standar manufaktur Apple. Transcend JetDrive Go 500 hadir dalam tiga varian kapasitas.

Mulai dari kapasitas 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB, ketiganya memiliki kecepatan transfer data hingga 130 MB/s. Sedangkan untuk harga jualnya dibanderol mulai dari Rp 600 ribuan.

12. Transcend JetDrive Go 300

Transcend JetDrive Go 300

Sama seperti produk sebelumnya, Transcend JetDrive Go 300 juga dirancang untuk pengguna iPhone dan iPad. Flashdisk OTG yang satu ini hadir dalam tiga varian kapasitas penyimpanan, mulai dari 32 GB, 64 GB, dan 128 GB, dimana ketiganya memiliki kecepatan transfer data hingga 100 MB/s.

Untuk memudahkan pengguna, Transcend menyediakan aplikasi JetDrive Go App, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengelola file yang tersimpan di dalam flashdisk secara langsung melalui smartphone, bahkan bila perlu Anda juga dapat memproteksi data yang ada di dalamnya menggunakan kata sandi.

13. Adata UC370 USB-C OTG Flash Drive

Adata UC370 USB C OTG Flash Drive

Adata mungkin lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat memori penyimpanan untuk PC, akan tetapi perusahana yang bermarkas di Republik Tiongkok ini juga punya produk flashdisk OTG yang dirancang untuk pengguna Android, salah satunya adalah Adata UC370 USB-C OTG FLash Drive.

Flashdisk OTG yang satu ini hadir dengan dua konektor, yaitu konektor USB Type-C untuk Android, dan konektor USB Type-A untuk perangkat komputer. Selain itu, flashdisk ini juga hadir dalam tiga varian kapasitas, mulai dari 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.

Menariknya lagi, Adata UC370 USB-C OTG Flash Drive juga dilapisi dengan material logam keras yang tahan terhadap percikan air, debu, maupun guncangan.

14. Adata UC360 Micro B OTG Flash Drive

Adata UC360 Micro B OTG Flash Drive

Mirip seperti produk sebelumnya, Adata UC360 Micro B OTG Flash Drive juga hadir dengan dua konektor, yaitu konektor USB Type-A untuk PC dan microUSB untuk smartphone Android.

Akan tetapi desain flashdisk yang satu ini lebih kompak dan simpel bahkan dudukan tali juga turut disematkan untuk memudahkan portabilitas pengguna, tentunya produk yang satu ini sangat cocok untuk pengguna yang suka bepergian.

Adata UC360 Micro B OTG Flash Drive hadir dalam tiga varian kapasitas, yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Sedangkan untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 145 ribuan.

15. Adata UC330 USB OTG Flash Drive

Adata UC330 USB OTG Flash Drive

Merk flashdisk OTG terbaik yang terakhir pilihan Sipitek adalah Adata UC330 USB OTG Flash Drive yang hadir dengan konektor microUSB untuk Android dan konektor USB standar untuk PC dan laptop.

Berbeda dengan produk Adata yang sebelumnya, flashdisk yang satu ini mendukung aplikasi Android bernama ADATA OTG SHARE, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat mengelola file dengan mudah langsung melalui smartphone, entah itu mencadangkan file, memutar musik dan video, dan lain sebagainya.

Adata UC330 USB OTG Flash Drive hadir dalam tiga varian kapasitas, yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB, sedangkan untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 140 ribuan.

Itulah deretan merk flashdisk OTG terbaik untuk Android, iPhone, iPad, dan iPod yang berhasil Sipitek rangkum. Sebelum membeli salah satu produk di atas, pastikan Anda memilih flashdisk yang sesuai dengan konektor smartphone yang digunakan. Jadi, produk yang manakah yang akan Anda beli?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here