Gadget

13 Merk Flashdisk Terbaik dan Paling Berkualitas

merk flashdisk terbaik

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang cukup populer karena memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh media penyimpanan yang lainnya.

Salah satunya adalah ukuran, media penyimpanan yang satu ini umumnya memiliki ukuran yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan media penyimpanan yang lainnya.

Ukuran yang kecil inilah yang membuat pengguna memilih flashdisk sebagai media penyimpanan data komputer yang memang diperlukan setiap saat misalnya saja tugas kuliah, seringkali kita malas membawa perangkat laptop yang berisi data tugas kuliah biasanya karena ribet.

Nah kita bisa memindahkan data tugas dari laptop ke flashdisk, jadi kita tidak perlu membawa laptop ke mana-mana cukup bawa flashdisk yang bisa diselipkan di saku kemudian Kamu bisa membukanya di PC kampus. Tentu bisa jadi lebih praktis bukan?

Ada berbagai macam jenis flashdisk yang bisa Kamu temui di pasaran, bagi Kamu yang belum memiliki flashdisk dan berencana akan membelinya dalam waktu dekat mungkin Kamu kebingungan memilih flashdisk yang sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu kali ini Sipitek telah mengumpul beberapa rekomendasi merk flashdisk terbaik dari perusahaan ternama seperti SanDisk, KingStone, V-Gen dan lainnya dilengkapi dengan ulasannya yang mungkin saja salah satu flashdik di bawah bisa menjadi pilihan terbaik Kamu.

13 Merk Flashdisk Terbaik

Setiap flashdisk yang Sipitek ulas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya Kamu baca semua ulasan flashdisk yang telah di sediakan agar Kamu bisa memilih flashdisk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Percuma kan jika flashdisk yang nantinya Kamu beli punya keunggulan yang sama sekali tidak Kamu butuhkan? Mending memilih flashdisk yang murah tapi bisa membuat Kamu lebih produktif daripada membeli flashdisk mahal tapi keunggulannya tidak dibutuhkan.

Yuk! mari kita mulai dari yang pertama….

1. SanDisk Extreme PRO USB 3.1 Solid State Flash Drive

Sandisk Extreme Pro

Sebagai perusahaan terkenal yang mampu mencetak berbagai macam flashdisk handal, SanDisk melalui flashdisk terbarunya SanDisk Extreme Pro kembali menghadirkan flashdisk yang memiliki kemampuan baca dan tulis di atas rata-rata flashdisk pada umumnya.

SanDisk Extreme Pro diklaim mampu menerima data 4GB hanya dalam waktu 15 detik saja. Mungkin di antara Kamu pernah merasakan proses transfer file berukuran besar dari komputer ke flashdisk yang begitu lama, karena semakin besar data yang dikirim maka akan semakin lama pula prosesnya.

Nah dengan flashdisk yang satu ini Kamu tidak perlu lama-lama menunggu proses transfer file karena flashdisk besutan SanDisk yang satu ini memiliki kemampuan baca data hingga 420MB/s dan kecepatan tulis mencapai 380MB/s.

Flashdisk ini sangat cocok untuk Kamu yang suka mengirim data besar ke flashdisk karena data berukuran besar akan lebih cepat sampai ke flashdisk yang satu ini.

Bahan yang digunakan pada casing SanDisk Extreme Pro yaitu menggunakan logam alumunium sehingga selain lebih tangguh ia juga tampak lebih elegan. Ia juga sudah mendukung USB 3.1 namun Kamu masih tetap bisa juga menggunakannya di port USB 2.0 dan 3.0.

SanDisk Extreme Pro tersedia untuk dua varian ukuran yaitu 128GB dan 256GB dengan kecepatan transfer yang sama.

2. SanDisk Extreme Go USB 3.1 Flash Drive

Sandisk Extreme Go

SanDisk Extreme Go merupakan generasi sebelumnya dari SanDisk Extreme Pro. Soal kecepatan baca dan tulis data flashdisk yang satu juga patut untuk dipertimbangkan.

Pasalnya SanDisk Extreme Go memiliki kemampuan untuk membaca data hingga 200MB/s dan kecepatan tulis 150MB/s, tidak heran jika flashdisk yang satu ini mampu mentransfer film 4k dalam waktu 40 detik.

Tidak heran jika flashdisk ini memiliki kecepatan yang cukup melesat karena sudah menggunakan teknologi USB 3.1 namun bisa juga Kamu gunakan di port USB 3.0 dan 2.0.

SanDisk Extreme Go merupakan pilihan terbaik jika Kamu mencari flashdisk dengan kecepatan transfer yang mumpuni dengan harga yang lebih murah.

Dari segi desain ia dilengkapi dengan fitur keamanan untuk menaga konektor tetap aman, di mana konektor flashdisk yang satu ini bisa Kamu susutkan ke bagian dalam casing sehingga konektor tetap aman ketika tidak digunakan.

SanDisk Extreme Go menyediakan dua varian ukuran yaitu 128GB dan 64GB dengan kecepatan baca dan tulis data yang sama.

3. Kingston HyperX Savage USB Flash Drive

Kingstone HyperX Savage

Kali ini flashdisk buatan dari perusahaan pesaing SanDisk yaitu Kingston yang perlu di pertimbangkan, flashdisk yang dimaksud adalah Kingston HyperX Savage.

Kecepatan transfer dan ruang penyimpanan yang besar menjadikannya salah keunggulan dari flashdisk besutan Kingston ini, pasalnya Kingston HyperX Savage menyediakan beragam kapasitas yang bisa dipilih mulai dari 64GB, 128GB, 256GB, hingga yang paling besar yaitu 512GB.

Untuk Kingston HyperX Savage kapasitas penyimpanan 64GB memiliki kemampuan membaca data hingga 350MB/detik sedangkan tulis 180MB/detik.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan 128GB hingga 512GB punya kemampuan menulis data hingga 250MB/detik dan kemampuan membaca data sama saja dengan flashdisk 64GB.

Flashdisk dengan desain yang tampak modern ini juga mendukung USB 3.1 namun Kamu juga bisa menggunakannya di port USB 3.0 atau 2.0.

Apabila Kamu sedang mencari flashdisk dengan kapasitas penyimpanan yang besar Kingston HyperX Savage mungkin bisa menjadi pilih terbaik karena selain menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 512GB kecepatan transfernya juga cukup cepat.

4. Corsair Flash Voyager GS USB 3.0 512GB Flash Drive

Corsair Flash Voyager

Nyari kapasitas flashdisk 512GB yang harganya lebih murah? Mungkin Corsair Flash Voyager ini menjadi pilihan Kamu.

Flashdisk besutan Corsair ini memiliki kemampuan membaca data hingga 295MB/detik sedangkan kecepatan baca 170MB/detik. Ia juga sudah mendukung USB 3.0 namun bisa juga digunakan di port USB 2.0.

Jika dibandingkan dengan Kingston HyperX Savage memang kalah cepat, akan tetapi jika Kamu tidak terlalu mementingkan kecepatan baca dan tulis atau hanya mementingkan kapasitas penyimpanan saja mungkin flashdisk ini bisa menjadi pilihan Kamu karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan Kingson HyperX Savage.

Dari segi desain flashdisk ini tampak lebih modern, dengan adanya hiasan logo Corsair di bagian depan flashdisk tidak hanya tampak modern namun membuatnya menjadi tampak lebih elegan. material casing flashdisk ini menggunakan bahan seng dan alumunium.

5. Kingston DataTraveler Ultimate GT

Kingstone DataTraveler Ultimate GT

Masih kurang besar dengan ukuran flashdisk 512GB? ada satu lagi nih flashdisk dari Kingston bernama Data Traveler Ultimate GT.

Bukan hanya hardisk yang punya kapasitas ruang penyimpanan besar namun ada juga flashdisk yang setara dengan kapasitas hardisk.

Kingston DataTraveler Ultimate GT menyediakan dua varian ukuran yaitu 1TB dan 2TB dengan kemampuan membaca data hingga 300MB/detik dan kecepatan tulis 200MB/detik.

Flashdisk berukuran 75,18mm x 27mm ini bisa Anda gunakan pada port USB 3.0 maupun 2.0. Dari segi desain Kingston Data Traveker Ultimate GT ini juga tampak lebih modern dengan casing berbahan dasar logam.

6. Patriot Supersonic Rage 2 USB 3.1 Flash Drive

Patriot Super Sonic Rage 2

Patriot merupakan perusahaan yang membuat berbagai macam aksesoris komputer, salah satunya adalah flashdisk. Meskipun namanya tak sepopuler SanDisk namun ia juga mampu menciptakan produk yang mampu bersaing dengan perusahaan ternama lainnya.

Lewat produk flashdisk Patriot Supersonic Rage 2 ia membuktikan kalau produk buatannya perlu dipertimbangkan. Pasalnya Patriot Supersonic Rage 2 ini tak bisa di anggap remeh dalam kemampuan baca maupun tulis data.

Flashdisk ini menyediakan tiga varian kapasitas penyimpanan mulai dari kapasitas 128GB memiliki kemampuan membaca data hingga 400MB/detik dan kecepatan tulis 200MB/detik.

Dua varian kapasitas lainnya adalah 256GB dan 512GB memiliki kemampuan membaca data hingga 400MB/detik dan tulis 300MB/detik.

Flashdisk yang telah mendukung USB 3.0 ini juga memiliki desain yang cukup sederhana namun ia sudah dilengkapi dengan keamanan yang cukup baik untuk melindungi konektor USB pada saat tidak digunakan.

7. Patriot Supersonic Mega USB 3.0 Flash Drive

Patriot Super Sonic Mega

Satu lagi flashdisk besutan patriot yang perlu dimasukkan ke dalam daftar ini adalah Patriot Supersonic Mega.

Patriot Super Sonic Mega tersedia tiga varian kapasitas penyimpanan yaitu 128GB, 256GB, dan 512GB masing-masing memiliki kecepatan baca hingga 380MB/detik dan tulis 70MB/detik.

Kecepatan tulis data dari flashdisk ini memang terpaut jauh dari flashdisk Supersonic Rage 2 akan tetapi jika dibandingkan dengan harganya yang lebih murah memang cukup sepadan.

Dengan balutan warna merah sebagai warna utama dan putih beserta hitam sebagai warna tambahan membuat flashdisk ini menjadi tampak lebih elegan. Tidak hanya itu saja bahan casing yang digunakan juga terbuat dari alumunium yang di klaim mampu menahan guncangan hingga 15Gs.

8. SanDisk Ultra Fit USB 3.0 Flash Drive

Sandisk Ultra fit

Kamu sering dibuat ribet dengan ukuran flashdisk? mungkin ini saatnya Kamu harus melirik flashdisk besutan SanDisk ini yaitu SanDisk Ultra Fit.

Karena flashdisk ini hanya memiliki ukuran 19,1 x 15,9 mm saja sehingga Kamu bisa lebih bebas menyimpannya di mana saja tanpa terhalang dengan ukuran flashdisk.

Meskipun kecil tetapi kemampuannya tak bisa diremehkan begitu saja karena ia sudah mendukung USB 3.0, diklaim mampu mentransfer film panjang hanya dalam waktu 30 detik saja.

SanDisk Ultra Fit menyediakan tiga varian kapasitas penyimpanan yaitu 16GB, 32GB, 64GB, dam 128GB.

Untuk kapasitas penyimpanan 16GB memiliki kemampuan membaca data hingga 130MB/detik, sedangkan varian lainnya yang lebih tinggi memiliki kemampuan membaca data hingga 150MB/detik.

Jika Anda berniat untuk membeli flashdisk mungil ini Anda perlu berhati-hati ketika menyimpannya karena ukurannya yang cukup kecil membuat falshdisk Rp 100 ribuan (16GB) ini mudah hilang.

9. DM Fingerprint Encrypted USB 3.0 Pen Drive

DM Fingerprint Encrypt

Apabila Kamu sering menyimpan data sensitif di flashdisk mulai sekarang beralih saja menggunakan Flashdisk dari DM.

Karena flashdisk yang satu ini dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk melindungi data penting di dalamnya.

Jadi, jika Kamu sering mengunci flashdisk menggunakan software pihak ketiga yang perlu mengingat sandi, dengan menggunakan flashdisk ini Kamu tidak perlu mengingat sandi yang rumit karena hanya menempelkan sidik jari saja flashdisk yang satu ini akan otomatis memberikan akses data.

Flashdisk besutan DM ini tidak hanya bisa menyimpan satu sidik jari saja namun ia juga bisa menyimpan sampai dengan enam sidik jari yang berbeda-beda, sehingga Kamu bisa mengizinkan orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses data di dalamnya.

Selain itu Kamu juga bisa membuat partisi baru untuk orang-orang tertentu yang memang di izinkan mengakses data tertentu. Jadi mereka tetap bisa membaca data flashdisk namun tidak semua data bisa mereka baca sesuai dengan pengaturan yang telah di tetapkan.

Flashdisk ini menyediakan dua varian kapasitas penyimpanan yaitu 32GB dan 64GB dengan kemampuan transfer data hingga 3600MB/detik. Tidak heran jika kemampuan transfer yang dimilikinya cukup cepat karena flashdisk ini sudah mendukung USB 3.0 tapi tetap bisa Kamu gunakan di port USB 2.0.

Dari segi desain kehadiran sensor fingerprint membuat flashdisk ini menjadi tampak sangat modern. di mana sensor tersebut bisa secara otomatis membuka ketika konektor USB di gunakan.

10. Samsung USB 3.0 Flash Drive BAR

Samsung USB 3 0 Flashdrive Bar

Samsung merupakan perusahaan yang dikenal dengan produknya yang memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan produk yang lainnya, tidak hanya dalam produk smartphone saja.

Samsung juga memiliki produk flashdisk yang punya daya tahan kuat yaitu Samsung USB 3.0 Flash Drive BAR. Jika Anda sering bekerja keras dengan flashdisk dan mencari produk yang punya daya tahan tinggi mungkin flashdisk yang satu ini menjadi pilihan.

Karena flashdisk ini menggunakan casing berbahan dasar logam yang tahan air dan juga guncangan, sehingga bagian hardware bisa terjaga dengan baik.

Tersedia empat varian kapasitas ruang penyimpanan mulai dari 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB masing-masing memiliki kecepatan transfer data hingga 130MB/detik.

11. Samsung USB 3.0 Flash Drive FIT

Samsung USB 3.0 FLash drive fit

Selain SanDisk, Samsung juga punya produk flashdisk minimalis berukuran hampir sama seperti SanDisk fit.

Falshdisk yang telah dilengkapi dengan teknologi flash NAND ini menggunakan casing logam premium berkualitas tinggi seperti seri BAR yang tahan terhadap air dan pancaran sinar X.

Terdapat tiga varian kapasitas penyimpanan yang bisa Kamu pilih mulai dari 32GB, 64GB, hingga 128GB masing-masing memiliki kemampuan transfer data hingga 150MB/detik pada USB 3.0 sedangkan di USB 2.0 bisa sampai 30MB/detik.

12. V-GeN USB Titans 3.0

V-GEN USB Titans

Tak mau kalah dengan pesaingnya V-GeN juga punya produk flashdisk yang patut dipertimbangkan yaitu V-GeN USB Titans 3.0.

Flashdisk buatan V-GeN ini hadir dengan lima varian warna yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan kapasitas penyimpanannya, V-GeN menyediakan lima varian kapasitas ukuran yang berbeda-beda mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB masing-masing memiliki kemampuan baca dan tulis yang berbeda.

Untuk varian 12GB memiliki kemampuan membaca data hingga 125MB/detik dan kemampuan baca 108MB/detik. Flashdisk dengan ukuran 54 x 20 mm ini memiliki garansi seumur hidup.

13. Transcend JetFlash 820

Transcend JetFlash

Transcend JetFlash 820 merupakan salah satu flashdisk yang punya tampilan cukup cantik dan elegan, ia menggunakan material aluminium berkualitas tinggi untuk melindungi bagian hardware sehingga lebih tahan terhadap guncangan.

JetFlash 820 tersedia dalam beberapa varian kapasitas mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, dan 64GB masing-masing memiliki kemampuan membaca data hingga 90MB/detik dan kecepatan menulis 25MB/detik.

Meskipun kemampuannya dalam mengolah data terbilang cukup lambat, akan tetapi flashdisk ini sudah cukup jika digunakan untuk menyimpan data-data berukuran kecil seperti dokumen, music, dan yang lainnya.

Jika Anda tetap ingin menyimpan data berukuran besar tampaknya Anda harus meluangkan banyak waktu jika menggunakan flashdisk ini, karena proses transfer data akan berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan flashdisk yang saya ulas sebelumnya.

Penutup

Itulah 13 merk flashdisk terbaik yang perlu Kamu pertimbangkan jika Kamu berencana untuk membeli flashdisk baru, setidaknya ulasan di atas bisa memberikan sedikit gambaran untuk menentukan flashdisk mana yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Kamu.

Percuma kan jika kita membeli flashdisk dengan beragam keunggulan, akan tetapi keunggulan tersebut tidak kita butuhkan. Lebih baik membeli flashdisk murah namun bisa membuat pekerjaan menjadi lebih produktif.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top