cara download di mega

Kalau Anda sering mengunduh file di internet pasti sudah tak asing lagi dengan layanan penyimpanan awan yang bernama Mega. Meskipun sudah cukup populer, masih banyak pengguna yang belum mengetahui tentang cara download file di Mega.

Selain itu pengguna juga seringkali kesulitan mengatasi masalah-masalah yang muncul ketika mengunduh, seperti masalah limit kuota atau tidak bisa mengunduh sama sekali karena ukuran file lebih dari 1,1 GB.

Meskipun demikian, layanan penyimpanan awan besutan perusahaan yang bermarkas di Selandia Baru ini tetap menjadi pilihan favorit bagi para pengunggah file berukuran besar, pasalnya Mega menawarkan layanan penyimpanan awan gratis dengan kapasitas 50 GB.

Oleh karena itu kali ini Sipitek akan menjelaskan secara lengkap tentang cara download di Mega entah itu melalui PC maupun Android, selain bisa diunduh menggunakan aplikasi Anda juga bisa mengunduhnya tanpa aplikasi.

Akan tetapi setiap metode tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, nah supaya Anda bisa menggunakan metode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda yuk simak dulu semua ulasannya.

Cara Download di Mega Lewat PC dan Android

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh file di Mega, Anda bisa memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita mulai dari metode pertama.

1. Cara Download di Mega Lewat PC Tanpa Aplikasi

Ini merupakan cara yang paling mudah, hanya saja metode ini seringkali membuat bingung pengguna yang barus pertama kali mengunduh file di Mega. Kita bisa langsung mengunduh file seperti biasanya, yang membuat bingung downloader browser memang tidak menampilkan tanda-tanda mengunduh file.

Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir, karena sebelum di simpan ke penyimpanan PC, file tersebut akan disimpan di dalam browser terlebih dahulu.

cara download di mega lewat pc tanpa aplikasi

Silahkan simak langkah-langkah cara download di Mega tanpa aplikasi berikut ini:

  1. Buka tautan file di Mega yang ingin diunduh.
  2. Setelah itu klik tombol Download.
  3. Sampai di sini proses unduh akan mulai berjalan.

Seperti yang telah disampaikan, proses unduh file Mega tidak seperti layanan penyimpanan awan yang lainnya, dimana ketika kita mengunduh file maka proses unduhan akan tampil pada fitur downloader bawaan browser.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena setelah proses unduh di situs Mega selesai, nanti akan muncul dialog persetujuan untuk mengunduh ke penyimpanan PC seperti halnya kita mengunduh file di layanan yang lain.

Tapi tenang saja karena prosesnya akan jauh lebih cepat daripada proses unduh di situs mega karena datanya sudah tersimpan di dalam browser. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengunduh file yang berukuran lebih dari 1,1 GB.

2. Cara Download di Mega dengan IDM

Tanpa IDM sebetulnya proses download file di Mega sudah cukup cepat, akan tetapi jika Anda ingin lebih cepat Anda bisa mengunduhnya menggunakan IDM. Supaya dialog download IDM muncul kita tidak bisa menggunakan metode pertama.

Namun Anda tetap bisa mengunduhnya menggunakan Internet Download Manager dengan menggunakan trik ini. Tapi sebelumnya, pastikan ekstensi IDM pada browser sudah diaktifkan dan aplikasinya sudah muncul di system tray.

cara download di mega dengan idm

Silahkan simak langkah-langkah cara download di mega dengan IDM berikut ini:

  1. Silahkan buka situs AutoGenerateLink.info.
  2. Setelah itu tempelkan URL file Mega yang ingin di unduh pada kolom “Paste your links here”.
  3. Lalu klik Generate.
  4. Klik tautan unduh yang muncul di bawah tombol Generate.
  5. Setelah itu klik Start Download pada kotak dialog IDM.

Apabila IDM tidak muncul, Anda bisa menempelkan tautan unduh secara manual. Caranya sangat mudah, copy tautan unduh yang ada di bawah tombol Generate kemudian buka aplikasi IDM, pilih menu Add URL kemudian paste URL download yang telah Anda copy tadi.

3. Cara Download di Mega Lewat Android Tanpa Aplikasi

Tidak hanya bisa diunduh melalui PC saja, akan tetapi file Mega juga bisa kita unduh melalui smartphone Android. Metode ini hampir mirip dengan metode pertama, dimana kita bisa langsung mengunduhnya tanpa aplikasi apapun.

Anda hanya perlu meminta browser untuk menampilkan situs versi dekstop saja, jika tidak menggunakan trik ini Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi Mega untuk Android.

cara download di mega lewat Android

Silahkan simak cara download di Mega lewat Android tanpa aplikasi berikut ini:

  1. Buka tautan download file Mega menggunakan browser Google Chrome Android.
  2. Setelah itu, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas browser.
  3. Centang opsi Situs Desktop.
  4. Klik tombol Download.

Sama seperti metode pertama, ketika proses download file Mega berjalan file akan disimpan terlebih dahulu ke dalam browser, apabila proses unduhan di situs Mega selesai barulah file tersebut disimpan ke penyimpanan smartphone Android yang Anda gunakan.

4. Cara Download di Mega Tanpa Limit Kuota

Kalau Anda sering mengunduh file di Mega pasti Anda juga pernah mengalami masalah limit kuota transfer. Ketika Anda terkena limit, pada saat membuka link download file di Mega Anda tidak diarahkan ke halaman download…

…akan tetapi secara otomatis Anda di arahkan ke halaman yang berisi tulisan “Free transfer quota exceeded” atau kuota transfer gratis telah terlampaui. Untuk bisa mengunduhnya kembali Anda diminta untuk menunggu beberapa jam.

Nah kita bisa langsung mengunduhnya tanpa harus menunggu beberapa jam yaitu dengan menggunakan VPN untuk mengubah IP smartphone atau PC yang kita gunakan.

Jika Anda menggunakan smartphone Android, Anda bisa menggunakan aplikasi VPN seperti Turbo VPN, VPN Master, dan lain sebagainya. Sedangkan jika menggunakan PC atau laptop, Anda bisa menggunakan ekstensi VPN yang bisa dipasang pada browser, seperti AnonymoX, Touch VPN atau yang lainnya.

Apabila VPN sudah terhubung, jika Anda menggunakan PC atau laptop Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sama seperti metode pertama, sedangkan jika Anda menggunakan Android, Anda bisa lanjut mengikuti langkah-langkah yang ada pada metode ketiga.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk download file di Mega lewat PC maupun Android, dengan menggunakan cara di atas Anda bisa mengatasi limit 1,1 GB maupun limit kuota transfer. Apakah Anda berhasil mengunduh file Mega?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here